Maksud Memasang Widgets Spam Blocked

WordPress.com secara default memanfaatkan layanan aplikasi Akismet secara cuma-cuma. Tujuannya tidak lain untuk mencegah agar komentar yg diidentifikasi sebagai spam tidak masuk ke blog. Pada widgets Spam Blocked itu tercantum jumlah komentar spam yg berhasil ditangkap oleh Askimet.

Beberapa pengeblog wordpress.com memasang widgets Spam blocked di sidebar weblognya. Selama ini di benak saya selalu bertanya apa maksud/tujuan dipasangnya widgets Spam Blocked di menu sidebar itu?

Ada yang bisa memberikan penjalasan?

25 responses

  1. kayanya biar keren doang.. sama halnya dengan statistik situs (hits)

    Helgeduelbek: masak kalau masang spam block tambah keren?

  2. ooo anu Mas.. itu semacam tantangan kpd para spammer kali.. seolah berkata: Hayooo sapa braniii.. coba lagiiii..!! :p

    Helgeduelbek: Kalau dilihat dari isinya kebanyakan promosi web yang bau xxx, atau promosi sesuatu kok. Kalau nantang masak iya? apa emang gitu?

  3. jd ‘stats’ dan ‘spam’ gak usah dipasang aja ya..toh tetap berfungsi.. 😀
    (mungkin nanti ada postingan, asal update security masi ada, knapa mesti update linux-nya? dah susah2 setting lg..) 😀

    Helgeduelbek: Yah terserah yg punya blog sih, cuman alasan kuatnya apa, apakah hanya sekedar menampilkan semua widgets yg disediakan.

  4. Sebagai ucapan terimakasih kepada Akismet, Pak Guru.

    Helgeduelbek: Nah bisa jadi ya, tapi apakah ada artinya tanda terimakasih buat Akismet.

  5. Mungkin supaya tahu hasil tangkapannya Pak.

  6. Awalnya saya juga mempertanyakannya, benerkah ini efektif untuk menangkal spam. Jangan-2 itu hanya untuk hebat-hebatan saja. Dan apakah dampak negatifnya spam di blog kita, kalau dia hanya berbentuk komentar (tdk merusak tampilan, tulisan, dll yang ada di blog kita). Bukankah ada orang yang berpendapat bahwa semakin banyak yang koment di blognya, maka semakin terlihat hebat atau semakin terlihat bahwa dia seleb blog.

    Mas urip mungkin kalau spam block nggak di pasang tidak ada masalah kali ya. Karena sebenarnya saya baru pasang spam blok tersebut di blog saya.Dan sebelum-2nya tidak pernah ada masalah.

  7. kayaknya jumlah spam sebanding dengan tingkat popularitas blog 🙂

    Helgeduelbek: Malah blog kita dijadikan ajang/jalan untuk mencari popularitas oleh para spammer, tapi kasihan kita wegah mengunjungi link yg ditawarkan. Wis nekh!!

  8. lho, komenku koq gak muncul?

    Helgeduelbek: Iyah kok didentifikasi sebagai spam yah… tapi udah di batalkan kok.

  9. jumlah spam / total hits x 100% = persentasi orang yang tidak suka dengan blog anda 😛

    Helgeduelbek: Wah penurunan rumus baru yah, blog ku termasuk banyak yg tidak suka, alaah wis ben! 😀

  10. Klo menurut saya sihhh ini menurut saya lho tapi jangan bilang kalo saya yang ngomong lho yaa cuma saya nyambung kata temen aja yang kata orang sepertinya ini juga katanya lho yaaa…

    * bingung ahhh kaburrr *

  11. alasan saya? biar gaya! hehehe..
    sebenere seperti kata Kang Adhi, sebagai ungkapan terima kasih. Kita dengan sukarela membiarkan tulisan Powered by WordPress, di footer blog kita (nggak ada yang protes lewat feedback). Atau Powered by Blogger (padahal yg ini bisa kita hapus sendiri, tapi banyak blogger di Blogspot tetap mempertahankannya). Nah, karena sudah diberi fasilitas akismet gratis, maka saya merasa perlu berterima kasih dengan memasang Powered by Akismet, lewat widget itu.

  12. secara etika terima kasih, setuju pasang itu.. 😀
    bole diganti teks aja kan..

  13. Bener untuk gaya pak 😀 (masalahnya counternya keren kok). Trus sekalian ngasih tau ke publik bahwa blog ini udah diprotek ama Akismet SPAM Filter. Mungkin begitu kali pak. He..he…

  14. menurut saya untuk gayanya si akismet aja sih, biar ketauan kalo si blogger pake plugin dia, plugin dia laku. kok si blogger mau ya diakali gitu sama akismet..

    hehehe…pemikiran ngasal 😛

  15. Kalau saya mah alasannya simpel, tombolnya bagussss… hehe…

  16. Memberitahu pembaca bahwa kita ‘peduli’ spam ?
    Secara kita, user, bisa langsung melihat jumlah komentar spam dari statistik dashboard, sedangkan pembaca tidak.

  17. Kang Kombor pasang itu karena:
    1. Akismet memang mumpuni nangkepin SPAM. Di blog WP yang diinstal sendiri, kalau nggak dikasih plugin anti-SPAM, blog akan dibanjiri berupa komen SPAM yang memang sebagian besar isinya promosi web esek-esek.
    2. Tanda bahwa blog sudah dipasangi Akismet.
    3. Seperti kata Kang Adhi dan Dirac, sebagai ungkapan terimakasih kepada Akismet.
    4. Gaya? Nggak lah. Emang tombol itu gaya?

  18. Pak Guru udah berapa kali nangkepin SPAM ? Sudah ada 2000-an ? Semakin tenar berarti semakin banyak spam yang masuk lho 🙂

    tapi kadang-kadang ada juga koment dari situs2 aneh yg justru tidak dimasukkan sebagai spam, tapi termoderasi….

    Helgeduelbek: Belum banyak… masih kalah dengan punya Kang Kombor. Selama ini blm ada spam yang termoderasi. Kalau komen temen yg termoderasi ada termasuk komen sampeyan pernah sekali. padahal gak ada link-nya lho. kenapa yah?

  19. Memang kalo dipikir lebih jauh tindakan untuk “memajang” spam block terbilang; nggak ada gunanya…alias semata-mata buat ngisi tampilan sidebar sitenya yang kosong aja biat terlihat kompak. Tapi setelah aku tanya ma yang majang tuh spam block (teman blogger gue) katanya sih spam block selain berfungsi sebagai penyaring comment reader juga mampu mencegah spamming action, iklan-iklan yang tidak diinginkan dan juga mampu menjadi perisai dalam mengahalau virus yang kebetulan mau mampir ke blog kita…katanya sih githuu|||||tapi pastinya sih aku nggak tahu, memang susah jadi orang yang baru melek IT..naasiibb…2x!!

    Salam Indonesia…..

  20. asalamualaikum kang gini ngomong2 soal spam kayanya aku tertarik deh hehehe ya biar tambah keren atau apa lah yang jelas ya buat jaga2.trs mohon tutornya dunks gi mana cara masangnya ,soalnya saya dah instal aksimet ,trs wp saya berbasa indo ,bingung nih cara masangnya di sebelah mana??? mohon bantuannya ,terima kasih bgt klo di bantu ?
    di tunggu ya mass!!
    salam kenal dan sukses menyertai sampaian makasih .

  21. Sory mas saya sih masih baru jd accountny wordpress , jd blogny masih suci sama SPAM . hehehehe …..
    *Kabuuuuuuuuurrrr ……* :-“

  22. bagaimana kalau memasang pengunjung tekhir?

  23. Kunjungan Blog Regedit, Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. O iya…Teman boleh minta bantuannya? Saya lagi ikut lomba Speedy Blogging Competition 2008, dimana criteria penilaiannya blog adalah banyak pengunjung, posting dan komentar. Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Please….. Kalau Boleh Kunjungi blog saya ya hari ini saya baru posting artikel tolong komentarnya kalau bisa komentarnya berkaitan dengan artikel yang di pilih teman. Ini alamatnya : http://regedit.blog.telkomspeedy.com/ terima kasih banyak satu lagi kalau mau tuker link masukan saja link teman di Guest Book insya Allah swt besok langsung saya pasang link teman.

  24. alasan saya pasang widget spam blocked sebenarnya biar sidebar blog saya penuh…maklum masih newbie…sidebarnya gak ada isinya…huehehe..

    salam kenal yo mas…