Penginstallan Aplikasi dan Blog Editor di Linux Ubuntu

Belajar Menginstall Aplikasi Tambahan Di Ubuntu dan Pencarian Blog Editor untuk Ubuntu yang mendukung WordPress.com

Sudah beberapa hari saya berkutat mengenal Ubuntu, menelusuri beberapa bagian yang selama ini belum saya jelajah. Penginstallan di Ubuntu selama ini saya lakukan dengan menggunakan Synaptic Package Manajer atau dengan Terminal/Konsol. Sudah sedikit mulai mengenali tentang yang ini. Namun saya masih belum bisa bagaimana menginstall program yg tidak tersedia dalam synaptic itu. Akhirnya saya ajukan ke google group Ubuntu. Diberi cara penginstallan yang hanya melalui Terminal/Konsol, tapi gak papa jadi tahu. Padahal yang saya mau adalah dengan menggunakan synaptic. Sampai sekarang pun belum bisa.

Kemudian tadi menginstall Google Earth V.4 tadinya bingung juga gimana lagi caranya. Akhirnya saya dapatkan turotial tentang penginstallan, teryata tidak terlalu sulit. Hanya tinggal klik kanan–>properties kemudian tinggal centang opsi exekusi. Setelah itu di klik jalanlah penginstallan GoogleEarthLinux yang berekstensi bin itu.

Setelah itu mencoba menjelajah untuk mencari blog editor untuk Ubuntu yang berplatform wordpress. masih juga belum dapat. Padahal untuk Ubuntu (linux pada umunya) tersedia blog editor bernama BloGTK, Drivel Journal Editor, dan ada juga Bleezer , KBlogger, Kafenio. Bleezer mengharuskan menginstall Java terlebih dahulu (ini belum saya coba). Tapi sayang kebanyakan dengan wordpress sepertinya tidak bersahabat, masih ada lagi yang lain. Kalau performance for firefox saya sudah mencoba tapi rasanya membebani firefox. Mungkin ada yang tahu Blog Editor yang bisa jalan di Ubuntu dengan mesin wordpress.com?

8 responses

  1. wah masa pakai performancing membebani?

    kalau performancing membebani, bisa cari extension firefox lainnya yang bertemakan blog editor juga, saya dulu pernah pakai tuh saingannya performancing, lupa namanya.. search aja di sitenya firefox

    Helgeduelbek: Saya malah menghindari PF2 mau yang berdiri sendiri saja

  2. Postingan-nya ruwet banget pak!! ;p

    Helgeduelbek: Iyah nih saya juga bingung ๐Ÿ˜€

  3. Kalo pake Mambo atau CMS lainnya bisa ngedit blog gak Pak?
    Mari kita terus coba dan belajar Linux. ๐Ÿ™‚

    Helgeduelbek: Walah mambo dan CMS saya belum pernah kenalan sama sekali cuma denger nama saja. Coba bang samosir saja yang ngopreknya nanti agar kebagian ilmu saya

  4. Performancing gak berat-berat amat kok pak. He..he.. kan enak gak perlu ada tambahan lain. Sambil browsing sambil ngisi blog. Mungkin pada saat buka performancing bapak lagi ngantuk jadi berat deh ngeliatnya. ๐Ÿ˜€

    Helgeduelbek: Kalau bandwidthnya besar yah enteng… lah sekarang ditempat saya cuman 50-an kbps terus dikeroyok ramai-ramai. Mau subsidih bandwidth? ๐Ÿ˜€

  5. Pak Urip..terimakasih ya…saya latah ikut2an pindah WP.. rodo2 ga mudheng hehehe… ini artikelnya berguna buat referensi meski tetep kukur2 kepala, mungkin wis tuwo aku ya..

    Helgeduelbek: Wah mbak ini temen Cakmoki dan Mas Dani ISwara itu yah… Selamat datang, selamat bergabung di wordpress.com.

  6. Numpang nimbrung nih Pak…
    Kalau forum ubuntu Indonesia bisa ke http://ubuntulinux.or.id/forum/
    (Promosi yang tidak tahu malu)
    Bukannya kalau pake synaptic malah gampang? Cuma musti konek sih..

    “Gak usah dipromosikan juga sudah dikenal kok, tenang saja bung. Apakah semua yang kita mau sudah tersedia di daftar synaptic?”

  7. Ikut sumbang saran neh, saya pakai BloGTK pak di Ubuntu 7.04 Fiesty Fawn untuk nge-blog di SAH.
    Yang harus diperhatikan file terakhirnya aja kok pak, ini contoh konfigurasinya :

    Server URL :
    http://tjetjeprb.wordpress.com/xmlrpc.php

    Jadi kuncinya adalah file xmlrpc.php

    semoga membantu ๐Ÿ™‚

  8. salam kenal pak Urip ๐Ÿ™‚
    wah, saya telat baca posting ini. gmn pak, sdh ketemu blog editor yg pas buat linux? sy jg msh awam nih, mo ikutan belajar he-he-he