Semakin Mudah Memahami WordPress.com

100% bahasa Indonesia – bahasa antar muka di wordpress.com untuk pilihan bahasa Indonesia.

WordPress.com adalah layanan blog yang sangat cocok untuk orang Indonesia. Sebab kebanyakan kurang memahami bahasa antar muka bahasa asing, sekarang sudah dibahasa indonesiakan 100%. Jadi bagi yang selama ini merasa kesulitan nge-blog terkendala bahasa, pakai saja wordpress.com.

Memang wordpress.com tidak bisa memenuhi semua keinginan blogger, ada keterbatasannya dengan mempertimbangkan berbagai hal, termasuk kenyamanan dan kecepatan akses. Dibandingkan dengan layanan blog gratis lainnya dengan menggunakan wordpress.com kita sangat diuntungkan. Selain adanya pilihan bahasa antar muka 100% bahasa Indonesia, juga keteraksesan-nya sedikit lebih cepat dibandingkan blog-blog yang menggunakan layanan blog lain yang telah ada sebelumnya. Kemudahan/kecepatan akses adalah pertimbangan utama saya memilih wordpress.com. Meskipun tampilannya tidak bisa sekehendak hati para blogger pengguna, tapi itu tergantikan dengan cepatnya waktu akses.

Kembali ke soal bahasa Indonesia di wordpress.com.
Suatu ketika secara kebetulan saya melihat adanya proyek gotong royong penerjemahan ini. Penerjemahan bahasa antar muka di wordpress.com digarap ramai-ramai oleh pengguna wordpress.com. Beberapa bahasa sudah 100% selesai diterjemahkan saat itu, sementara bahasa Indonesia sekitar 60-an %. Akhirnya lewat blog ini saya menulis untuk mengajak rekan lain untuk turut serta. Bukan berarti saya ngerti benar bahasa Inggris, tapi karena saya iri dengan bahasa lain.

Saat itu saya berpikir masak-sih gak ada pengguna wordpress.com Indonesia yang sanggup menerjemahkan, betapa pelit-nya saudara kita yang ngerti bahasa Inggris sampai tidak mau membantu saudaranya yg kurang paham. Apakah karena ketidaktahuannya atau keterbatasan lain, saya tidak tahu. Saya dengan kemampuan pas-pasan sebisanya terlibat di dalam penterjemahan meskipun hanya menerjemahkan beberapa kata dan kalimat, itupun beberapa (banyak) yang di-dismissed karena kurang pas penerjemahannya. Tapi ternyata pikiran saya itu keliru sebab saat ini proyek terjemahan itu kelar. Senang sekali melihatnya. Terimakasih semuanya.

Saya yakin dengan bahasa antar muka 100% bahasa Indonesia di WordPress.com akan semakin banyak blogger Indonesia baru bermunculan dengan memanfaatkan wordpress.com. Harapan saya akan semakin banyak rekan guru Indonesia turut berbagi dan memanfaatkan blog, agar komunikasi terjalin semakin baik.

Catatan untuk pemula: untuk bisa menggunakan dasbor/pengeditan dengan bahasa antar muka bahasa Indonesia (jika saat ini menggunakan default/standar English) kita bisa menyetelnya melalui.
Klik My Profile (di bagian kanan atas dasbor) –> ubah Interface Language dalam dropdown list menjadi Bahasa Indonesia dengan menggeser scrollbar –> Update Profile.

16 responses

  1. Gak pake bahasa indonesia aja udah banyak blogger pak di blantara internet sana. He..he.. :-D. Good job

  2. Memeng WP hebat, dulu saya saat belum kenal WP saya pagi “B”, tetapi setelah kenal WP maka si B saya tinggalkan.

    Pengaturan WP memang tdk sebebas di B tetapi benar untuk akses lebih cepat. Sukses Mas, semoga semakin banyak saja orang yang memakai WP demi perkembangan dan kemajuan ilmu teknologi (dan ilmu yang lain) di tanah air.

  3. niat awal ngeblog, coba coba pake blogspot, interfacenya ngak enak, jatuh hati ke WP interfacenya enak, feature bagus, theme banyak, layanan ok, dan yang paling penting Gratiiiissssss…..hehe bake bandwidth sekolah sih 😛

  4. waduhhh ngeblog emank asikkkk, kita bisa punya web sendiri he… tapi saya masih pusing dan bingung Tag itu apa sih??? 🙂

  5. Aku tadi sempat surprise waktu buka dashboard, ternyata sudah pake bahasa Indonesia. Jadi penasaran, kapan ya bisa ada WP versi Jowo?

  6. Mudah-mudahan makin ramai.
    😀

  7. terkadang sedikit puyeng kalo pake bahasa indonesia.. itu-itung belajar bahasa inggris. 🙂 ikut ahh proyeknya pak guru…

  8. saya juga turut senang dengan perubahan ini, wordpress memang benar-benar mengetahui keinginan penggunanya dan dapat mengajak orang-orang untuk membantu proyeknya.

    saya juga semakin senang dengan wordpress karena saya merasa kecepatan wordpress meningkat, apakah anda juga merasakannya?

    sebenarnya tidak perlu ke wordpress kalau ingin mendapatkan layanan blog berbahasa Indonesia karena sudah banyak blog host lokal seperti boleh.com, indosiar.com, blog.m3-access.com, dll dengan kecepatan IIX tentunya

    ngomong-ngomong soal blog lokal, saya jadi ingin mencoba menggunakan service lokal saja nih dibanding punya orang luar!

    Pak Urip sudah mencoba servis blog lokal? Sepertinya sih cukup bagus juga, dengan desain simpel dan lebih cepat diakses untuk masyarakat Indonesia.

  9. wah saya sudah melihat-lihat ‘hot blog’ di jajaran blog host lokal ternyata isi blognya kurang begitu menarik buat saya, penghuni komunitasnya juga tidak seramai wordpress. jadi sepertinya memang wordpress yang paling mantap 😀

  10. ayooo…ayooo. badaftar rame-rame

  11. heuheuheu…..
    saya baru belajar ngeblog biar bisa bicara bebas dan tanggung jawab(mudah2an..)..

    wp emang paling enak sih,simple.

    vipa wp

    “Yup, kalau sekedar mengutamakan menulis saja, ngeblog dengan wp.com pilihan yang tepat, kalau untuk bereksperimen: blogger dan blogsome yah”

  12. Proyek yang menarik dan menantang…

  13. Maaf lsg aja,ada beberapa pertanyaan nih,saya msh baru di wp.
    1. Cara bikin navigasi/link di header seperti punya mas ( blog,judul tulisan dll ) bgm?
    2. Saya coba bikin wp ( karpalawanabaja.wordpress.com )trus sidebarnya di tambahanin widget tapi kok malah jadi melorot kebawah kenapa ya?
    3.Cara masang template/theme dari free template ( contoh winner web) bgm ya?
    TK.Atas semua jwbnya ditunggu sekali saya dah mentok nih.Tlg bls juga jwbnnya ke e-mail.

  14. @dyan:
    1. Buat new page (bukan new post) saja. maka otomatis akan menjadi tab link seperti yg kamu maksud.
    2. Biasanya ada tag html yang belum sempurna (ada tag penutup yg belum dibuat)
    3. wordpress.com tidak mengijikan template dari luar, yg diijinkan hanya template bawaan dari wp.com saja 😦

  15. permisi mas2 sekalian, knp saya belum pernah menemukan blog/web yang membahas mengenai pembuatan blog/web terstruktur, yang ada pembahasan mengenai kedua hal tersebut tidak beraturan. padahal kesulitan utama dalam melaksanakan sesuatau adalah “dimana harus memulai”. mungkin saja ada web yang menyediakan tutorial tsbt dengan baik, tp ko semuannya menggunakan bahasa asing.
    mana nih orang indonesia?