Strategi Menjelang Ujian Sekolah

Untuk siswa-siswi Indonesia

Hindari melakukan kecurangan
Jangan sedikitpun berharap untuk mendapatkan bantuan
Jangan berusaha mencari bocoran soal
Karena semua itu akan membuat diri semakin malas belajar
Karena semua itu akan mendatangkan kecemasan

Berikan perhatian penuh untuk semua pelajaran
Jangan anggap remeh pelajaran yang dianggap mudah
Meski ada keyakinan lulus
Karena semua pelajaran akan menjadi pertimbangan kelulusan

Kurangi waktu untuk kegiatan yang tidak penting
Pikirkan hanya lulus, lulus, dan lulus
Hilangkan kecemasan ketidaklulusan
Konsekuensinya adalah belajar lebih tekun

Gunakan hal-hal yang menunjang gairah belajar
Jangan menunggu mood belajar datang
Tapi datangkanlah ia

Selalu ingat… “Saya akan tentukan nasib saya sendiri sekarang”
Mintalah kemudahan hanya pada-Nya, Yang Maha Pemberi

Semoga harapan akan kelulusan tercapai…

21 responses

  1. Waktu jaman kuliah dulu ada orang yang suka bilang ” Lulus mah nomor dua, yang penting dapat jawab soal dengan benar dan yakin” :P.

  2. Usahalah sebaik mungkin,
    Hasil serahkan pada yang Maha Kuasa,
    Allah akan selalu memberi yang terbaik bagimu.

  3. Se-7 Pak, tapi gimana kalau ada guru yang ngajarin curang kaya UAN lalu ?

  4. Berusaha mempersiapkan alat2 sebelum perang, sehingga pada saat perang pasti tdk akan kelabakan. Seperti halnya ujian, kalau kita sudah banyak baca, memahami, saya yakin pada saat ujian pasti akan bisa.

  5. istirahat yg cukup, jangan sampai terkapar sebelum perang ๐Ÿ˜€

  6. Nasehat yang bagus, Pak Guru. Kang Kombor ingat dulu kalau ujian selalu memiliki keyakinan untuk lulus. Apa pun ujiannya. Tapi ada satu kali ujian waktu kuliah yang Kang Kombor nggak lulus, nilainya E. Yang lebih nyesel lagi, malam sebelum ujian adalah final piala dunia 1998 antara Perancis dan Brasil. Kang Kombor memutuskan untuk baca buku semalaman itu. Nggak tahunya … waktu ngadepin soal, apa yang Kang Kombor baca nggak ada satupun yang nyangkut di soal-soal ujian. Ndilalah kalau lagi apes, mau ujian negara kok pake salah baca buku… Mata kuliah itu memang sotoy, keika ujian negara berikutnya, lulus tapi hanya dikasih nilai C. Nama mata kuliahnya Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya.

  7. Support dan do’a dari pak Guru.
    Selamat menempuh ujian bagi para siswa-siswi se Indonesia.
    Semoga lulus dan sukses. ๐Ÿ˜€

  8. Puisinya cocok untuk memotivasi saya yang sedang menghadapi ujian juga… ๐Ÿ™‚

  9. Waktu kuliah dulu kalo ujian pakai rok pendek & duduk di depan sendiri, jadi temen2 pd ngak konsen. Keluar no.1 sambil nyengol-nyengol tangan temen2.

    1 ato 2 minggu kmdian nilai keluar tuh & ditempel lagi. Wow, temen2 bilang, “gila si Kuntilanak dpt A/B”…

    Aku pikir dgn melarikan diri ke ngr orang jejak sdh terhapus (kaya org indian), eeeh ternyata temen-temen (yg bener2 pinter/serius/ngak neko2 kaya aku) seperguruan pd kumpul di kampung tetangga. Kedok terbongkar deh….

  10. yup,

    siapa menabur dengan susah payah akan menuai hasil yang memuaskan pula.

  11. Amien, semoga para siswa yang baca jadi semangat. Semangat untuk membuat contekan, he..he…

    Pak Urip kayaknya dari 100 % siswa masih ada sekitar 30-50 % yang mengandalkan contekan. Bagaimana bapak menanggapi hal tersebut..??

    Helgeduelbek: Besaran persennya sih saya tidak tahu persis, tapi kalau di sekolah saya dalam ujian nasional sepertinya tidak sebanyak itu. Yah itu dilakukan karena banyaknya peluang untuk bisa melakukan itu. Pengawasnya kurang awas, atau sengaja dibiarkan. Itu juga bisa menunjukkan ketidaksiapan seorang siswa. Semestinya ini bisa dicegah dengan mengeledahnya dan siswa seharusnya lebih mempersiapkan diri agar lebih percaya diri. Biasanya saya dan kebanyakan guru lainnya yang mengawasi, dari raut wajah dan sikap siswa saja sudah bisa menduga seorang itu melakukan tindakan menyontek atau tidak.

  12. menjelang ujian biasanya doa doa sehabis sholat saya jadi agak panjang dan makin kusyuk :p

    Selamat belajar dan mengikuti ujian akhir…ingat nasehat pak guru Urip…semoga sukses!

  13. @ wanatirta

    Saya sepakat sama anda….

    buat pak Urip (dan semua yang mau jawab)
    1). Apa tanggapan Bapak mengenai sindikat perjokian?
    setahu saya untuk di kota saya sendiri sih sindikat perjokian untuk kelulusan SMU, masuk SPMB, ataupun masuk PTS masih tetap hidup dan eksis dari tahun ke tahun. Sayangnya pula, sindikat ini sampai masuk ke dalam tubuh lembaga pendidikan itu sendiri.

    Dan sedihnya jaringan itu tidak hanya beroperasi di kota saya saja, melainkan keliling hingga Jawa Tengah, tergantung Perguruan Tinggi incaran dari si pasiennya. Bahkan terkadang ada layanan ekstrem, yaitu si Joki yang menempuh bangku perkuliahan dulu selama 1 semester, baru selanjutnya digantikan oleh si Pasien.

    2).Bagaimana tanggapan Bapak Guru mengenai masih banyaknya Universitas yang tidak sekedar menjual ilmu lewat bangku perkuliahan, namun juga menjual ijazah lewat jalur instan, cukup sediakan sejumlah dana maka ijazah S1 pun keluar ?

    Aturan Pengerjaan Soal:
    Jawaban ditulis singkat dan jelas. Panjang Jawaban tidaklah penting, yang penting kualitas jawabannya. Waktu pengerjaan Soal tidak terbatas. He..he..he.. (cuma becanda Pak, jangan tersinggung ๐Ÿ™‚ )

    Makasih pak buat jawabannya.

    NB: buat yang merasa tersinggung atas komentar ini, silahkan layangkan ke blog saya saja, jangan nodai blog Pak Guru.

  14. SKS: Sistem Kebut Semalam….

  15. Nambahin pesan :

    Tidur yang banyak, makan yang banyak hehehe…
    (Kebiasaan dulu suka nglembur dan lupa makan…jadi harus ngendon di RS sehabis ujian)

    Belajarnya normal saja, ga usah pake dikebut (^_^)

  16. belajar yang rajin,olahraga,makan,refreshing,n yg pasti bwt cewek belanja dulu,hehe..biar pikiran tenang dan senang

  17. ijin mengutip posting ini ya pak buat di tempelin di sekolah, ntar ditulisin by:Urip >> urip.wordpress.com
    Nunggu izin mode : on

  18. @ CLO: Hehehe Silahkan , terimakasih di iklankan.

  19. Huuf…ada yang tahu cara biar ngga males belajar?

    Sapa aja jawab deh…butuh nih….

  20. biasannya malam minggu siswa2 hanya main2 aj. tapi mlm ini sy diminta mengisi pengajian + doa bersama. moga2 UM UGM bsk lancar, juga ujian nasionalnya. amin.

  21. kalo belajar untuk mahasiswa yg salah salah jurusan gmn?
    bls ya:)