Bleezer, Blog Editor Multiplatform

Bleezer merupakan editor blog yang bisa berjalan dengan multiplatform, bisa berjalan di Windows, OS X, GNU/Linux. Seperti editor blog lain yang pernah saya sebutkan ditulisan sebelumnya (di sini dan di sini), Bleezer bisa digunakan untuk kerja offline. Bisa digunakan untuk blogging di Blogger, b2, Drupal, Blosjom, Movable Type, Roller, TypePad, MetaWeblog, Blogware, Community Server, WordPress Online (WordPress.com), dan WordPress.

Tampilannya sederhana, tidak neko-neko. Untuk menggunakan di Linux (Ubuntu) cukup simpel, download Bleezeer, kemudian unzip, klik file bleezer.jar untuk menjalankan aplikasi ini, tidak perlu menginstallnya. Dengan catatan di operating system sudah terpasang Java, karena bleezer berjalan di atas Java. Sebelum menggunakan perlu dilakukan pengisian Preferences untuk account blog kita, mulai dari Nama Blog, Type Layanan (milik saya yah wordpress online), User Id, Password, URL Weblog, itu saja cukup yang lain dibiarkan default saja. Setelah itu tunggu beberapa saat untuk menunggu konfigurasi yang mesti terhubung ke internet sesaat.

Sreenshoot Bleezer 0.9.7

Seperti editor blog lainnya, keperluan standar untuk menulis sudah tersedia di Bleezer, hanya saja tidak tersedia toolbar untuk pewarnaan huruf yang biasa saya sering lakukan. Beberapa shorcut keyboard bisa digunakan di blog editor ini. Tapi untuk Pemutus baris dalam paragraf yang biasa menggunakan Shift Enter tidak berfugsi di bleezer. Untuk drag and drop juga tidak bisa dilakukan, jadi kalau mau memindahkan teks terpilih mesti menggunakan Ctrl-X dan Ctrl-V. Kemudian jika kita akan melakukan “Gets Posts” dari postingan guna melakukan pengeditan, yang tertampil hanya sebatas tanpa <!–more–> yang pernah kita berikan. Mode Editor yang tersedia adalah Compose, HTML, dan Preview. Ke depan jika dilakukan perbaikan Bleezer pasti tidak kalah dibandingkan Editor blog lainnya, apalagi mendukung untuk multiplatform.

Jika anda menguduh pada link di bawah maka akan memperoleh Bleezer versi 0.9.7. Ini artinya masih ada harapan akan banyak perbaikan dilakukan oleh pembuatnya. Setidaknya saat ini ada beberapa alternatif pilihan yang tentu saja gratis untuk kita memanfaatkan berblogging ria dengan nyaman.

Postingan ini dibuat dan dikirim dengan mengunakan Bleezer. Seperti merek mobil yah… atau jenis pakaian.

Klik di link ini untuk Download dan melihat Screen Shoot Blezzer

 

Technorati:

Iklan

10 responses

  1. mirip-mirp ama Blog Desk yah pak. Cuman Blog Desk windows only. Wah seru juga nih bleezer. Saya kira tadi bapak mo beli blazer untuk isteri..?? 😀

    Helgeduelbek: Yah seperti itu lah. Cuman Blog Desk apa bisa jalan di linux? Mobil… beli…? Nunggu nabung gaji 5 tahun tanpa makan baru bisa beli 🙂

  2. Terima kasih atas inpohnya Pak Urip, saya memang pake OS X, jadi sungguh bersyukur ternyata ada alat bagus seperti ini dan sekaligus jalan di OS X, hehe… Apa Bapak sudah pernah make? Ada bug-nya nggak ya?

  3. Wah, makin banyak pilihan nih.
    Trims sangunya Pak 😀

  4. apa bisa untuk comment-comment pak?

  5. @ Cay: OS X saya belum pernah coba, baru pakai ubuntu, bug belum tahu nih, tapi biasanya gak lama ada perbaikan dengan rillis berikutnya.

    @ cakmoki: nggih sami-sami cak.

    @ mrtajib: kalau blog editor editor yah gak bisa mengerjakan pemberian/jawab komentar, tapi kalau akregator itu yah kita bisa mantau komentar sekaligus bisa memberikan tanggapan layaknya kita buka blog itu. Apa ini maksud mr.tajib?

  6. Alhamdulillah. Dapet ilmu baru.

  7. Bisa untuk scheduled post tidak?

    “Sayang belum bisa, mungkin versi berikutnya”

  8. saya masih terbuai pake deepest sender je.. tapi ijinkan saya menyedotnya 🙂

    “Sumonggo”

  9. saya sih pakai blogdesk tuh

    anehnya di blogdesk kalau mau kirim image suka gak bisa.. padahal enak loh di blogdesk bisa di resize otomatis dan crop

  10. hohoho, makasih pak guru…
    sejujurnya, ini pertama kalinya berniat pake blogeditor 😛