Ngeblog, Blog, Blogwalking

Ngeblog memerlukan tenaga, pikiran, dan tentu waktu plus biaya akses, meskipun kita sadari bahwa ini kita lakukan disela waktu senggang. Keasyikan dalam blogging kadang semua itu tidak dirasakan. Maka kearifan dalam pemanfaatannya sangat perlu. Termasuk menetapkan tujuan ngeblog. Mencari kemanfaatan sebanyak-banyaknya dari segala aktifitas dalam blogging, sehingga tidak hanya kesia-siaan saja yg kita peroleh.

Berikut ini empat kegiatan utama dalam blog:

1. Menulis di blog

Ini adalah kegiatan dan tujuan utama dalam kegiatan ngeblog. Sebagai ungkapan rasa atau katarsis bahkan narsis. Belajar mengemukakan apa yang dalam pikiran lewat bahasa tulis. Semua orang bisa saja bicara bahkan sampai berbusa, tiba giliran diminta menulis bingung, serasa sulit. Bagi yang sudah terbiasa, dalam hitungan menit sudah bisa menghasilkan rentengan tulisan penuh makna. Jika kegiatan ini tidak terlaksana maka bukan disebut blog namanya. Jadi ngeblog adalah kegiatan santai tapi diperlukan keseriusan kalau memang tujuannya belajar menulis. Mesti berpeluh bahkan sering diperlukan kerutan dahi bagi pemula untuk mengisi tulisan di blog.

2. Menanggapi komentar

Bagaimana perasaan kita kala orang yang kita ajak bicara tidak menghiraukan kita? Umpatan dalam hati bisa muncul. Tapi jika kita memaklumi berbagai keterbatasan blogger yang kita komentari tulisannya, maka hal itu tidak masalah. Memberikan tanggapan atas komentar yang kita peroleh juga sedikit menyita waktu dan memaksa kita untuk selalu perfikir. Bisa dijadikan olah raga otak meskipun ringan. Joke-joke segar sering kita dapatkan dari komentar-komentar, bahkan sering tidak kita duga. Suatu proses belajar dalam kehidupan untuk bisa memberikan tanggapan, saling belajar memberi dan menerima. Dengan komentar tentunya

3. Blog walking

Jalan-jalan mengunjungi blog lain, kegiatan mengasyikkan, khasanah kehidupan dengan hiruk pikuk. Bermacam-macam peristiwa kehidupan bisa kita lirik. Benar-benar fenomena blog ini. Ada semacam hukum timbal balik meskipun tidak harus untuk selalu jalan-jalan ke blog tetangga. Sulit kita jumpai di kehidupan real kita bisa mendengar banyak unek-unek cerita menarik pengalaman pribadi, mengkritisi banyak hal hanya dengan membaca tulisan blog orang lain. Pengalaman berharga tentunya.
Rasanya tidak ada kebohongan dalam setiap tulisan, kalaupun kebohongan kita tulis kita tidak dapat apa-apa. Rugi rasanya menghabis waktu hanya menulis kebohongan. Inilah nikmatnya mengunjungi blog lain. Tidak ada keharusan untuk membaca keseluruhan ini tulisan, kecuali itu menarik buat kita.
Mengomentari dengan ringan atau serius juga pelajaran untuk bisa berpikir kritis.

4. Memenej blog itu sendiri.

Ini adalah kegiatan terkait dengan blog sendiri. Ada yang berkeingan blognya tampil cantik dengan penuh disain cerdas. Ada yang ingin bersahaja dengan maksud agar akses tidak melambat. Tergantung pribadi masing-masing. Ini lebih ke tampilan saja namun perlu, tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Rangkuman tips dari berbagai blogger:

  • Manfaatkan fasilitas yang ada baik, bookmark offline maupun online juga rss reader.
  • Bagi pengelola blog, sebaiknya mem-bookmark semua menu dan sub-menu (dari dasbor atau semacamnya), sehingga aksesnya semakin cepat dengan sekali klik saja.
  • Berikan komentar seperlunya, jangan dipaksakan.
  • Manfaatkan blog editor yang ada.
  • Gunakan waktu secara bijak/arif.

32 responses

  1. Ini contoh komentar yang dipaksakan: Tulisan yang aneh!

    Hehehe… ok, sekarang serius:

    Entah kenapa kalo yang nulis pak Urip selalu saya baca semua. Aneh… Cara menulisnya khusus ya? Hmmm.

  2. “Gunakan waktu secara arif”
    Saya bukan arif pak, saya micokelana. Ha..ha.. ini gak terpaksa lho ngasih komentarnya.
    Pak kayaknya mo gantiin priyadi nih :-D, tiap ari ada aja posting yang baru, ampe jam berapa pak begadangan mulu deh pastinya. Inga..inga besok ngajar lho…??

  3. Numpang nimbrung nih Pak…
    Indahnya kalau kita bisa berbagi isteri ilmu, pengalaman atau informasi berguna kepada orang yang mungkin tidak kita kenal sama sekali. Ada ikatan hati di antara sesama blogger. Ada kecenderungan untuk berpikir kritis di setiap huruf yang kita ketik. Ada wacana, konflik, trik dan intrik (kayak telenovela?).

    Pokoknya, ada macam keuntungan tidak langsung (atau langsung) yang kita dapat. Kalau saya sih, tidak terlalu mementingkan traffik. Asal sudah sering bersilahturahmi (baca:blog walking) ke tetangga, bukankah sudah memperpanjang umur?

  4. ini sebagian dari blog-walking yang saya lakukan πŸ™‚

  5. Terus terang, apa yang mas urip tulis membuat saya tertarik untuk selalu membacanya. Entah mengapa? Tanya kenapa.

    nb: mas urip tolong buka blog saya, di bagian komentar (rame-rame ke wordpress) ada tulisan yang sepertinya mas urip harus ambil filenya, karena katanya mas urip mau coba-2 blog yang lain. Mungkin tulisan itu berguna untuk mas urip

  6. kadang Blogwalking nggak perlu berkomentar kan?

  7. Saya nuli komentar ini tidak sia-sia pak, karen cepar, apalagi begitu di RSS reader keluar, langsung buka….. tapi kok masih ketingalan dengan komentator lain….

    berarti masih ada sia-sia dikit….hi hi hi

  8. klo saya sendiri sich..cuma pngen refresing aja dari pada suntuk ya udah saya blogwalking… πŸ˜€

  9. ngeblog… salah satu ajang curhat, menuangkan emosi. he2.

  10. he he he … nyadar juga saya … dulu bikin judulnya catatan harian, krn waktunya longgar …
    eh taunya … skrg sibuk banget meskipun gak kuliah di semseter ini (fokus 2 my riset) …
    sampe ada yang nyindir : suruh ganti judul catatan sak kobere πŸ™‚

  11. Termasuk menetapkan tujuan ngeblog….

    heheheh..saya masih bingung pak!Kemana tujuan saya?

  12. Menggunakan waktu secara saya? Walah… bisa berabe!

    *nama saya Arif tetapi sapaan Kombor lebih merakyat dan terasa akrab.

  13. wah saya sebagai babu ya cuman nunut internetan sama ndoro saya. alias saya ngenet gratisan via kantor! salam kenal… salam hangat dari ternate

  14. @ Wadehel: saya juga sering mbaca lengkap setiap tulisan temen. Tulisan sampean itu sering menukik, dan gak terduga. Berguru dimana sih kok nakal dan unik bener tulisane.

    @ micokelana: hehehe. Priyadi itu sapah yah…? Saya hanya mencoba disiplin nulis, biar otak tidak tertidur. Mumpung blog gratis dan ada yang kasih semangat, terimakasih semuanya.

    @ Pramur: Iyah itu harapan kita bisa nambah panjang hidup, dengan kebaikan. Makasih lohhh atas pencerahannya di forum ubuntu indonesia.

    @ gnine: πŸ˜€ bener, id gnine asal muasalnya apa yah opo ada hubungane dengan GNU?

    @ Prayogo: iyah yah kenapa sih πŸ™‚ ndak gede roso. tuk NB-nya sudah diambil mas, makasih yah, tambah pengalaman.

    @ Wanatirta: Bener, apalagi kalau tulisannya canggih, jadi mung melongo mau komentar gak bisa.

    @ mrtajib: Yah gak mesti petromax toh kang, mosok sia-sia lah gak ah…?

    @ Kierdy: Itu juga tujuan.

    @ PriyayiSae: tul.

    @ Luthfi: Lah mbok gitu saja judule lebih nyentrik.

    @ Niken: Tak mungkin orang ngeblog tanpa tujuan, hanya gak mau ngasih tahu aja kali πŸ™‚

    @ Kang Kombor: Artinya apa yah arif tuh? πŸ˜€

  15. ngeblog memang belum mendatangkan duit, ketenaran ataupun prestasi bagi saya, ngeblog menghabiskan waktu saja, padahal saya tahu waktu itu adalah uang, tapi kenapa juga masih ngeblog? ntah kalo saya dah ga ada koneksi internet gratisan, apakah saya sempet ngeblog seperti sekarang ini?

    *blogger galau*

    hehehehe

  16. kalo blogwalking, harus kasih pesan nggak? mm … pertanyaan yang ga penting ya? hehehe … (daripada ga kasih comment!)

  17. Buat yg nomer 1 skr ini lagi brantakan abis, nomer 2 lebih sering dilakukan deh, nomer 3 yang paling sering dilakukan, walau kadang kalo kburu2 cuman sempet baca doang tapi ndak ninggal komentar, nomer 4 hidup wp!! hahahaha

  18. No.1: Walau berat bagi saya, masih bisa belajar dari blogger lain.
    No.2: Komentar bisa jadi guru dan kadang bisa bikin terkekeh karena ada komentar menggelitik.
    Dan saya mohon maaf karena membalas komentar setelah praktek, jadinya terlambat menjawab.
    No.3: Rasanya rugi kalau nggak baca semua.
    No.4: Saya termasuk payah untuk mengelola, kepingin indah dan cepat akses, sayang tak berbakat.
    Kesimpulan:
    Maturnuwun Tips-nya Pak Guru.

  19. Pak guru saya belum bisa mengelola dengan baik blog saya, lha masih ga mudeng, tapi kalau komentar bisa…iwak kembung bergetar-getar… biar ga nyambung pokoknya komentar…heuhuehue…

    Salam,
    Evy

  20. Tulisan mantab nih pak guru

    Ngeblog emang berfungsi sekaligus sebagai “otak pitnes senter”. Dan menariknya seakan para blogger telah menjadi keluarga se-atap satu sama lainnya..

    Berbagi komen berbagi rasa, saling mempedulikan saling mencintai..

    *salam cinta dari blogger pemula

  21. yang paling penting poin terakhir tuh…
    ngeblog mulu bisa lupa waktu….

  22. jarang blogwalking…dikarenakan koneksi yg lelet..

  23. Saya saya juga jarang mo sering2 blom dapet akses internet gratis je…
    paling blogwalking, kalo mo do blog semangat tetep besar tapi blom bisa kontinyu lha wong nulis aja gak punya gaya bahasa kekekeh. Semoga bisa dapet yg gratisan kaya kang urip biar bisa asyik getoooh. Thx.

  24. Bagi saya, blog itu sendiri seperti belantara. jd sy mulai dr yg paling sy kuasai, lalu secepat mungkin belajar jika ada cukup waktu… tnq ya om πŸ˜€

  25. ternyata blogwalking dini hari bisa ngebuat kita rada nggak fokus baca isi postingannya. Serius loh, ini aja aku baca tulisannya Pak Guru jadi rada lama.

    BTW, tulisan yang mencerahkan… Makasih loh pak Guru….

  26. @ gradiosa12: Bener, ada akses gratis itu yang juga saya lakukan sehingga berkesempatan blogwalking. Salut bagu blogger yang sudih dan rela mengeluarkan uang dan tentu saja waktu.

    @ kancutmerah: Sepertinya itu komentar yang cerdas.

    @ neeya: Selamat belajar menjadi seorang pimpinan semoga sukses. Ada yang lebih utama daripada sekedar blog.

    @ Cakmoki: Sesuai kesempatan kita masing-masing saja. Ada yang lebih utama. Saya yakin blogger lain sudah paham dengan keadaan. Njih sami-sami cak.

    @ senyumsehat: Mau gimana lagi emangnya. Parik-annya itu kok yah dapat saja seee. Tetep senyum!

    @ ichsanmufti: Itu yang saya rasakan… bener, serius.

    @ passya: Mumpung lagi semangat yah gak papa.

    @ bu guru: Yah kita semua maklum kok pokoknya enjoy aja, tapi kenapa yah blog bu guru kok gak bisa diakses dari tempat saya untuk beberapa hari.

    @ CLO: Gak papa, kalo sempat saja, yang penting tulisannya ditabung. Begitu ada kesempatan bisa diposting. ok.

    @ ilham: Yah semestinya begitu sehingga selalu saja ada yang
    dipelajari.

    @ kenzt: Santai saja mas… Yang perlu serius saat nulisnya hehehe.

  27. Pak guru , saya sekarang juga lagi belajar ngeblog, saat ini saya sedang blogwalking πŸ˜€ ( hayah ngomong opo iki)

  28. Kesimpulannya, ngeblog adalah hobi πŸ™‚ yang mengasik-kan πŸ™‚

  29. Pak kayak komentar yang sudah-sudah,

    berapa waktu yang dihabiskan buat blogwalking, trus gimana sih caranya biar bisa nulis bagus kayak bapak, Baca apa aja Pak?

  30. Eheuheuehu
    gue ngeblog karena punya penyakit akut ga bisa berenti nulis XD~ *hiperbolis.com*

  31. Blog Walking dulu ah

    wakkakakakakakak

    berapa banyak Blog yang anda walkingin dalam satu hari????

  32. ini juga lagi bloggwalking neh… kunjungi saya juga yah di http://www.mothers-project.blogspot.com