Prediksi Soal UN 2007 dan Kelulusan

“Tulisan ini tidak berisi tentang prediksi soal mata pelajaran seperti yang banyak dicari itu”

Dengan dinaikkan standar nilai ujian nasional, maka tidak hanya siswa sibuk mencari informasi tentang soal UN. Guru juga. Siswa-siswa yang rajin kebetulan kesasar di blog ini sering menanyakan atau sekedar meminta dikirimi bocoran soal ๐Ÿ˜ฆ . Inilah yang sedang terjadi dikalangan siswa, meskipun itu hanya beberapa. Tidak ketinggalan guru juga berusaha membantu mencari berbagai soal yang akan digunakan untuk persiapan/latihan dalam menghadapi ujian nasional. Di samping juga memanfaatkan buku-buku komersial yang dijual bebas.

Ujian adalah segalanya buat siswa kelas 3 SMA dan SMP, kelas 6 SD. Segala upaya dilakukan, baik secara anggun dan kasar. Mereka ada saja yang mengira blog ini adalah blog untuk melayani hal-hal semacam itu. Salah khan? Maka jika komentarnya bernada seperti itu maaf saja langsung dihapus di blog ini. Tapi ada beberapa siswa yang memberikan komentar yang bernada mengingatkan agar rekannya tidak berbuat curang. Yang terakhir ini saya tetep pertahankan.

Dari statistik blog pun tiap hari untuk referrernya selalu ada untuk kata prediksi soal UN 2007 dan jumlahnya cukup banyak. Sekali lagi maaf kalau yang dicari tidak ada dalam blog ini. Sedangkan untuk tulisan dengan judul Perihal Ujian Nasional 2007 selalu menjadi Top Klik di blog ini. Kalau yang ini terkait dengan Standar Kompetensi Lulusan Ujian Nasional 2007 ini. Boleh-lah diketahui. Bisa dijadikan acuan tegas. Tinggal diperkirakan saja model soalnya bagaimana. Demikian inilah saya kira kalau memang hendak mengejar nilai atau kelulusan.

Mungkin ini adalah fenomena yang lazim di saat mendekati masa ujian. Semua baik siswa-guru sambil berharap mendapatkan banyak informasi terkait ujian nasional 2007 nanti. Ada sesuatu yang jelas sekali bahwa beginilah keadaan pendidikan kita. Nilai dan kelulusan adalah target utama, perolehan ilmu divonis dengan angka. Dan ini di gebyah uyah (diberlakukan dengan tanpa pandang bulu, meskipun manusia memang gak berbulu ๐Ÿ™‚ tapi ber-rambut… hallllah nglantur). Sudah bosan memperbincangkan hal ini, tapi kenapa ini tetep saja dijadikan pedoman suatu kelayakan lulus tidaknya siswa.

Masih ada alternatif lain. Peran guru bisa dimaksimalkan untuk hal ini. Lembaga sekolah bisa diberikan kewenangan dalam hal kelulusan. Jerih payah belajar siswa tidak mesti diukur dengan nilai akhir standar nasional sebagai patokan. Ini bukan berarti menghilangkan standar yang telah ada, bahkan kalau bisa ditingkat. Atau bisa juga menggunakan sistem standar nasional dan standar wilayah. Bisa saja siswa tidak lulus berdasar standar nasional tapi tetep dinyatakan lulus untuk standar wilayah. Sebab disparitas antar wilayah jelas selalu ada dengan berbagai alasan keterbatasan. Ini mungkin akan sedikit bisa meredam gejolak anti UN. Saya tidak tahu apakah yang seperti ini sudah pernah digagas oleh pengambil kebijakan tingkat atas.

Gimana yah?

279 responses

  1. Memang problematik pak…..desentralisasi politik mulai dijalankan, walau keepotan disana-sini banya, eee..malah “sentralisasi” kelulusan….. orang kampung saya pa bingung…pak…

  2. Yah, Pak, saya jadi ingat pas saya masih kelas 3 SMA… (sekitar 2-3 tahun lalu).

    Sebetulnya, siswa sendiri berada di bawah tekanan besar (yang saya sendiri juga merasakan, dulu). Kalau tidak lulus bagaimana; kasihan orangtua membiayai; apa kata tetangga; apa kata teman; dan lain-lain sebagainya. Jadi, mereka pun berusaha sebisa mungkin untuk melewati “halang-rintang” ini. Ada yang belajar keras, ada yang daftar bimbel.. tapi ya, ada juga yang googling soal UAN itu. ๐Ÿ˜ฆ

    Tapi, kalau sampai ada yang menemukan soal UAN lewat google… wah, ini bakal jadi tamparan keras buat birokrasi kita. Masa ada yang ng-upload rahasia negara ke internet? ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  3. pengalaman saya UNAS 2005 kmaren..
    saya gak belajar sama sekali…cuman baca doang…
    pake sistem SKS(Sistem Kebut Sekejab),
    soalnya abiz UM-UGM, males bgt pegang buku lagi..
    untunglah lulus, walopun nilai gak memuaskan..
    hehehe
    adik2 SMA, kakak anung jangan dicontoh yaa

  4. bener tuh.. jaman sekarang pendidikan hanya sebatas angka saja bukan penyerapan pelajaran… seorang dianggap pintar hanya dilihat dengan berapa nilai rapornya.. peringkat berapa?? ah padahal bisa jadi nyontek (kaya saya dulu hehehe)

  5. He he …. di awal sudah dipsg diskleimer, warna merah pula’ ๐Ÿ™‚

  6. mestinya pak mentri bikin blog begini ya. siapa tahu, dia juga sudah memprediksikan berapa siswa yang tak lulus tahun ini. ;))

  7. Jumat kemaren, baru nulis berita tentang Try Out UN di Banjarmasin..
    PAra guru protes karena banyak soalnya yang da ada jawabannya, khususnya matematika, trus yang bahasa inggris, disuruh jawab berdasarkan teks, tapi teksnya da ada..

    Anehnya, ada aja siswa yang ngasih jawaban!

    Ini fenomena apa pak?
    ๐Ÿ™‚

  8. Memang siswa – siswi sekarang dipaksa jadi botak sebotak-botaknya pak mentri !

  9. kok kayaknya sekarang angka kelulusan itu jadi momok yang menakutkan buat siswa dan pihak sekolah ya….
    padahal jaman saya dulu biasa-biasa aja kok….

  10. Bener, dulu itu Ujian akhir dihadapi dengan sukacita di kampungku, karena semalem sebelum ujian, listrik untuk pertama kalinya masuk ke kampungku, jadi belajarnya semangat 45!
    Kalo sekarang sih, anak2 malah mending pada megang stik PS atau remot tipi, payah!atau buat contekan?

  11. mengenai kelulusan sma apakah nilai rapor kelas 10 dan 11 mempengaruhi

  12. mungkin karena kita (orang tua, masyarakat, dan guru terutama) selalu menanamkan bahwa nilai jelek berarti BODOH. sehingga akan menjadi tekanan mental yang betul-betul tinggi apabila seorang siswa sampai dapat nilai jelek apalagi tidak lulus ๐Ÿ™‚ gimana pak guru?

  13. @ mrtajib: sekolah dianggap dan tidak diberi kepercayaan sama sekali, sebab sekolah juga punya prinsip asal bos seneng, maka dibuatlah ini itu yang penting siswanya lulus semua. Ada perlakuan khusus agar nilai baik, padahal semestinya proses selama pembelajaran itu yang hasru dibenahi, bukannya ngasih tambahan jam belajar atau les.

    @ sora9n: tapi herannya selalu saja ada kasus soal bocor, yang mbocorkan yah oknum, dasar oknum dimana-mana bikin masalah.

    @ anung: Sebelumnya khan sudah di drill habis-habisan, makanya bisa SKS gitu.

    @ anang: yah makanya mesti ada uji performance/kinerja hasil belajar.

    @ luthfi: biar gak ngumpat-ngumpan.

    @ kancut merah: Lah wong website diknas saja jarang di apdet, padahal tinggal komando saja. Sibuk banyak yg diurus… heheheh

    @ manusiasuper: tidak serius mengelola, asal-asalan.

    @ katakbersalin: sabar saja, dan yang penting tetep belajar, nunggu sadar yang lagi pingsan saja. menteri kita pingsan.

    @ passya: emmm belum terbiasa saja, karena ada penampakan pola yang dianggap baru dalam sistem kelulusan.

    @ antobilang: ada pergeseran kebiasaan yang menyita perhatian dari pada belajar, karena belajar bukan hal yg mengasyikkan bagi siswa.

    @ reza: sepertinya tidak diutak-atik

    @ mardun: untuk guru berlaku seperti itu karena semua petunjuk sistem evaluasi harus dikonversi menjadi nilai, padahal ada hal-hal lain yang tidak bisa terukur, karena indikator2nya lemah. Kl di pelajaran TIK saya tidak terlelu menekankan nilai tetapi hasil kerja dengan unjuk kerja saja cukup, memang agak nyeleweng tapi buktinya mereka bisa menyelesaikan tugas. Ada hal yg semestinya tidak perlu dihafal jadi untuk apa diuji secara teori. Hafal dengan sendirinya saja. misalnya untuk shorcut itu, saya saja tidka pernah menghapal juga.

  14. apo dio penipuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  15. wdow-wadow, hari pertama uji coba UN yang aneh………….soalnya banyak salah ketik……..weleh-weleh….yang ngetik or buat soal belajar bahasa Indonesia ga ya??????????
    hip hip hura……..seandainya dikelasku kebebasan berbicara tentang nilai dihargai………..terkadang aku minder, karna nilaiku tiap smester makin tidak membaik, tapi hal itu lebih sering membuatku bangga!!!!!!
    alasanya karna temenku yang “juara umum” ga pernah bisa unjuk gigi, padahal mereka punya modal gede………aku sering terselamatkan dengan predikat “ga punya semangat belajar”. aku ga perlu takut diledekin selalu kalah dalam perlombaan, walau sebenarnya emang jarang kalah. daripada temenku yang juara umum, nilai biologi dan kimianya diatas 96, tapi seleksi olimpiade di sekolah aja gagal, kalah sama adik kelas pula…….Nah kebukti kan…….nilai ga menjamin mutu………..sekarang dia lagi kelimpungan cari piagam biar keterima PMDK, waktu aku tanya tentang SPMB, dia mengatakan TIDAK. takutkah dia?aslikah nilai-nilai di rapotnya?apa bedanya dia dengan orang2 NATO (no action talk only, cuma teori ga praktek)?????

  16. Sempetin komen ach walaupun 3 hari inikoneksi terasa lemot,
    Sekarang ini guru banyak yang disuruh jadi peramal soal, kira-kira soal yang bakalan keluar di UN kaya apa, termasuk saya di suruh kepsek nyari info tentang soal, saya bilang ya soalnya ngak bakalan jauh beda dari yang udah-udah, abis saya bukan peramal sich

  17. mhn dikirim soal-soal latihan UAN SMK

  18. Masih ingat berita heboh tahun kemarin? Tentang tim sukses itu loh. Kebetulan saya salah satu saksi bahwa itu benar-benar terjadi (dan itu sudah 3 tahun berturut-turut), untungnya saya tidak mengajar pelajaran yang di-UAN-kan, jadinya tidak ditunjuk jadi tim sukses. Teman saya yang jadi tim sukses dan tidak bersedia “menolong” siswa yang menurutnya tidak layak “ditolong” dimarahi habis-habisan oleh kepala sekolah. Masalahnya kelulusan di sekolah saya jadi tidak 100% dan sekolah harus mengadakan ujian ulang yang artinya keluar uang lagi (memalukan ya, hanya uang yang jadi alasan). Lalu kenapa saya diam saja? Karena pasti tidak ada gunanya, instruksi untuk “menyelamatkan” UAN diberikan langsung oleh para pejabat dinas pendidikan dan pemerintahan kepada para kepala sekolah dengan kalimat manis “HARUS SUKSES PROSES DAN SUKSES HASIL” (artinya usahakan tidak ada yang tidak lulus). Yang memuakkan, ketika para pejabat itu diwawancara di televisi, mereka menjawab itu tidak terjadi, atau hanya dilakukan oleh oknum guru. Betul-betul lempar batu sembunyi tangan.

    Kenapa komentar saya banyak tanda kutipnya, tentu anda semua mengerti. Kejadian ini saya tahu persis tidak hanya terjadi di sekolah saya, tapi juga di banyak sekolah. Jadi kalau hal seperti ini masih terjadi, gak perlu deh cari prediksi soal. Dan yang pasti menjelang ujian bukan hanya siswa yang belajar, tapi guru juga. Bukan hanya siswa yang beli pensil 2b, serutan dan penghapus, tapi guru juga. Andai ada yang bisa saya lakukan……arghh!…..kesal.

  19. cukup sulit bila dikatakan bahwa banyak kok orang orang yang tergiur untuk mendapatkan jawaban dan dengan gampangnya dapet nilai yang baik.

  20. tolong kirim rpp ipa smp kelas 789

  21. Rekans guru..kabarnya uan diundur jadi bulan mei, benarkah gosip yg beredar ini

  22. waduh gimana ya nasib anak-anak sekolah nantinya sewaktu menghadapi UN……………?

  23. Ujian nasional itu proyek besar, jadi ya biarin lah ….. ndak bener itu alasan setandarisasi mutu nasional, apa gunanya kurikulum sekarang??????????

  24. choy tolong saya ya…!!! saya minta tolong kirimkan contoh soal uan buat saya ok

  25. hai kawan-kawanku yang baik aku sebenarnya sangat perlu dengan contoh soal uan smk tapi aku gak pernah mau dikasi tahu juga sama ma kawan-kawan.

  26. Sekedar bertanya dan Maaf, apa yang begini yang dikehendaki dari pokok tulisan ini ???
    1. Kalau nggak lulus UN tahun ini, ….
    mohon dapat diakui lulus UW (Ujian Tingkat Wilayah/ Propinsi/Kab/Kota).
    2. Kalau nggak lulus juga,………….
    mohon dapat diakui Lulus UL (ujian Lokal/Sekolah)
    3. Kalau nggak lulus juga,………….
    mohon dapat diakui lulus UP (Ujian Paket B/Paket C/Pendidikan Luar Sekolah)
    4. Kalau nggak lulus juga,………….
    mohon diakui lulus USR (Ujian Sekolah diRumah/home schooling)
    5. Kalau nggak lulus juga,………….
    mohon dimaklumi agar boleh menerbitkan IJAZAH/Surat Tanda Lulus/STTB sendiri, dan mohooooooon agar dapat diakuiii!

    si Unyil bilang : “Lhah kok….repot-repot amat pakek muter-muter itu pikiran”.
    “Kenape kagak mintak UJIAN NASIONAL ULANG AJE, kan udah pernah ade dan disetujui oleh semuenye nyang di atas maupun nyang di bawah”.
    “Soal diketawain banyak orang, biarin aje, Emang gue pikirin”.
    “Kan tujuannye emang mo Lulus aje. Sekali Lulus HARUS Lulus Nyok!”

    Encing bilang : “Ooooo emang dasar songong (pikiran asal nekat)luh!!
    Semue kan ade dasarnye, kagak asal aje gitu loh!

    Terima Kasih tempat blog-nya.
    dari Encing (orang bilang Bu Cilik gituuuu)

  27. devi estriana ziggi

    duh….. mumet1000000x
    kenapa sih pake tandar kelulusan segala. khan susye yang dari daerah. jadi pada gak bisa ngerjain. wah makin banyak aja ni orang stress.
    pak diknas jangan gitu dunk! banyak lho anak2 di bawah umur yang brani bunuh diri gara2 malu gak lulus. yang pintar aja bisa gak lulus apalagi yang bodoh……
    coba bapak dulu pake standar kelulusan, mungkin juga gak mau…….

  28. itulah repotnya (baca : dampak negatifnya) jika kita ingin membuat sebuah standar pendidikan yang ingin dicapai. sebenarnya maksud dari ujian nasional itu baik, agar bisa tercapai kemampuan pendidikan yang merata, tetapi terkadang, bahkan sering, kemampuan semua orang itu berbeda.

    Kalau saya pribadi lebih mendukung apabila ujian nasional itu di ubah dengan ujian daerah yang soalnya disesuaikan dengan kemampuan murid di dearah tersebut.

  29. apakah soal un tersebut yg tlh di bahasoleh skul2

  30. Wah..Wah..Wah..Sekolah 3 tahun tapi PENGEN LULUS cuman butuh 3 hari…

  31. minta kisi2 uan biar lulus jg brooo ilmu bagi2 dunk ke ragilagung@yahoo.com

  32. udah lama2 sekolah cuma ditentuin 90 menit.
    semoga lulus semua
    amin

  33. wleh……. apakah harus ada uan ?
    apakah uan menjamin kalo kita pinter ?
    apakan uan jg bisa org baik jadi jahat ?

    jawab TUCH !!!!!!!!!!!!

  34. mass minta soal prediksi un dong kirim ke email aku dong Uca_item@yahoo.com PLSSSSSSSSSSSSSSSSSS YA mas!!!!!!!

  35. saya mohon pak mentri jgn membuat soal UN itu jgn dibeda2 kan PLZzz kan kasihan kami P4k……

  36. hmm… sampai saat ini ternyata masih belum ditemukan solusi yang tepat dan tindakan yang logis ya…
    naas sekali…

  37. Tolong Bantuin dunk….
    kirimin ke emailku….
    kisi-kisi soal UAN SMP 2007,please dech….

  38. Untuk siswa-siswi yang mau Ujian Nasional, jangan panik.. walau standar nilai kelulusan dinaikkan. Itu dilakukan untuk mendongkrak mutu pendidikan kita. Saran saya tetap tenang dan percaya diri, juga tidak lupa berusaha dengan segenap kemampuan, serta doa kepada Yang Kuasa, mohon diberi petunjuk yang benar. Jadikan ini sebagai tantangan yang harus dihadapi. Jangan menggunakan pola berpikir tahun sebelumnya, bahwa ujian bisa dilewati dengan cara mudah, praktis, dan cara cepat. Kerahkan semua kemampuan, karena itulah yang akan dibutuhkan dalam mengatasi semua permasalahan dalam hidup ini ! Selamat ! Semoga berhasil !

  39. gak ngerti tuch…………………………

  40. Pak, spt-nya ada komen yg perlu dihapus.

    UAN itu ada regulasinya tentunya, gak ada yg nyoba, apa namanyah, judicial review yach, ya itulah..

    Demokratisasi pendidikan spt-nya memang butuh waktu lebih lama dari yg diperkirakan. Wong prioritas anggarannya buat bayar utang, gimana bisa menjamin kesejahteraan guru, gimana guru bisa terstandar sama, gimana bisa standar murid diserahkan ke guru. Tp, yg ginian memang harus pakar & praktisi yg membahas biar tuntas tass tasss.

    eniwei, Liberalisasi Pendidikan itu cuma issu atow bukan sich?

    Salam Kenal.

  41. Standardisasi kelulusan ?
    Pendidikan dimurahin dulu aja, biar semua anak2 di Indonesia bisa sekolah.
    Kalo semua udah pada bisa sekolah, baru bicara tentang kualitas pendidikan.

  42. Pinter otak boleh aja, asalll, tapi klo pinter ati nurani and pikiran, dijamin dech!!

  43. tolong donk…kirim prediksi soal ujian nasional 2007 ke e-mail ku,,,
    please…….?

  44. kirimi aku soal ujian nasional tahun ajaran 2006/2007 ke http://www.Im_anto@plasa.com or langsung kescull aku smk muhammadiyah 1 ponorogo jln.niken gandini no.19 ponorogo

  45. oii…
    gw mw dunx kisi2 un 2007
    kalo da yang dapet kirimin gW ya
    pliiZZt
    kirimin ke:
    aku_getho@yahoo.com

  46. klo ad yg pnya kisi2/prediksi soal UAN smp 2007 atw apalah ntu namanya tolong kirimin gw yach, di goen_a_one@yahoo.co.id

  47. Weleh.. weleh… Saya juga merasa tidak enak lagi menjadi manusia percobaan UN 2007,,, Coba klo Pa Menteri merasakan apa yang saya rasa,,, saya YAKIN bahwa anda juga pasti STRESS menghadapinya !!!Anda sih enak,, tinggal tanda tangan sana sini,, tanpa memikirkan Matematika,Bhs Indonesia, Bhs Inggris, Ekonomi,,apalah daya saya, saya hanya bisa berusaha dan berdoa kepada Tuhan,, Buat anak-anak INDONESIA kok Coba-coba !!!

  48. kalau ada prediksi matematika uan 2007 kirim ke emailku ya . emailku: wirliang@yahoo.co.id .thanks banget for you and GOD BLESS YOU FOREVER.

  49. Kemaren aq kesandung di salah satu blogs yang ada file pdf dan isinya kisi kisi pelajalan smp gitu. Tapi aq lupa sih alamat webnya. Tapi yang pasti wordpress dech.Suer aq donwload lalu aq buka sendiri. Tapi sekarang filenya tah ke mana. abis admin warnetnya dah di maintenan

  50. wew.. standarisasi jelas diperlukan…
    gak ada alasan.. dari daerah jadi ketinggalan…
    sebenarnya menurutku daerah dan non daerah bedanya cuman di etos belajar aja kok!pa lagi jaman surfing ky gini.. harusnya informasi di pusat juga dah diterima dai daerah… alasan aja!

  51. maksud aku…..ko’ ga ngaca sama tahun lalu. tahun lalu aja banyak yg ga lulus dengan standar sekian…..apa lagi sekarang, makin dipersulit…..

  52. good luck aja deh buat semua yang ikut un.

  53. Duch,,,,cma menghitung hari nech,,,bntar lg bakal ada momen yg udah ditunggu2 ‘n’ mau ga mau hrs dhadapin…???

    “Semoga sukses saja deh”

  54. yang ketauan nyaontek bunuh aja ok bos.

    “Wah jangan donk, mereka lagi berusaha cuman caranya yang tidak bener.”

  55. gimana so’al2 ujiannya ko’ ta’ada prediksinya,

    “Sori memang gak ada prediksi-prediksian, mungkin bapak ibu guru lain ada yang bisa bantu”

  56. STRESSS uan sekarang bikin gila anak2 skull pa lagi standar kelulusannya tinggi bangeeed… pliss deh ketua dedpdiknas tolong tampilin soalnya, or tgl 24 april besok kasih soal yang gampang2.. ok

  57. gmn pnglmn km ttg UAN? Blz y…

  58. duh…gmn neh nanti mnghdp UAN,kmrn aja TO yg k-3 hslx msh blm memuaskan.Gmn sih cr bljr yg efektif,blh mnt tipsx g?

  59. Saya setuju dengan mas Urip .. dibuat standar nasional dan standar regional (wilayah / daerah) .. kemaren, Minggu jam 19.00 di Metro TV dalam acara Oprah Show ditayangkan bahwa masalah pendidikan juga menjadi masalah di Amerika.

    Tapi, reaksi mereka berbeda dengan reaksi orang di Indonesia. Kalau kita baru dalam tataran perdebatan soal standar. Mereka bicara soal kesempatan. Dan berdasarkan penelitian di Amerika, ternyata hanya sekitar 34% saja siswa yang siap untuk melanjutkan kuliah.

    Dan yang membuat saya kaget .. di Amerika tidak ada satu negara bagianpun yang siswanya lulus 100% .. hanya – kalau ga salah – lima negara bagian saja yang siswanya lulus diatas 80% .. sisanya dibawah 80%. Jika di Indonesia semua propinsi lulus 100% .. berarti Indonesia lebih pintar dari Amerika dong?

    Atau .. jangan2 standarnya …?????

    “Jadi ketahuan khan kalau indonesia itu lebih huebat daripada amerika, hebat membohongi diri sendiri, nanti kemajuan pendidikan juga hebat bohong-bogongan saja. Sepertinya itu memang dikehendaki oleh sang penguasa.”

  60. Sweet_me:Terlalu keras belajar bisa menyebabkan impotensi,gangguan rambut seperti kutuan,ketombe yang mengerak di kepala,dan gangguan penglihatan permanen.
    Jadi… santai aja!Tetep yakin,berdoa,dan berusaha.Gak ada perjuangan yang sia-sia! ^_^V

  61. Pokoknya buat yang mau UN, semangat ya!!!!!
    Jadi intinya, Lulus UN dan SPMB sama aja kayak mau nyatain cinta. Diterima atau nggak-nya, yang penting usaha dulu!
    Caiyoooo!! Lagian, yang penting bkn hasil akhirnya, tapi keseluruhan prosesnya.

  62. pak mentri nggak tahu realitas lapangan .banyak sekolah yang kekurangan fasilitas/anggak ada fasilitas bagai mana bisa lulus ujian
    soal yang diajarkan dikota $didesa jauh berbeda pendidikan hanya berhasil kebanyakan dikota krn full fasilitas canggih

  63. aswrb. ada yang punya contoh kisi-kisi ujian sekolah untuk melajaran Kewarganegaran dan sejarah?

    Kalau ada yang ringan hati memberi tahu, akan sangat berterima kasih.

    Mkasih, juga buat kang urip..

  64. mmmm…
    UNAS emank salah satu momok yang sangat menakutkan bagi siswa-siswi SD,SMP,SMA…
    Ga cuma itu loh,
    tau ga guru2 pada botak kenapa?
    udah mikirin gaji yang pas2an malah ditambah mikirin nasib murid2nya..
    belum lagi tuntutan dari pihak ortu yang benar2 menyandarkan kepercayaan mereka kepad guru…
    bahwa anak2 mereka harus bisa lulus…
    gmn g botak?

  65. kesian yah klo mpe banyak yang ga lulus…
    adain UN perbaikan donk Pak Mentri…
    saya kira ada juga siswa yang pintar ga lolos UN…
    Itu karena mereka benar2 tertekan sekali dengan tidak adanya UN perbaikan…
    mereka belajar sampe malem bahkan pagi,
    saat UN malah ga bisa konsntrasi…
    Kesian bgt yah…
    Seakan2 pundak mereka dibebani candi borobudur Pak…
    belum lagi miukirin mo ngelanjut kemana…
    biasanya c klo pas deket2 UN bertabur doa2 yang membumbung tinggi ke angkasa,
    karena ga ada lagi yang bisa diperbuat setelah usaha selain berdoa n menyandarkan smua nasib di tangan Tuhan…

  66. Pak Mentri…
    standar nilai jangan disama ratakan donk…
    Coba bpk bayangin sekolah2 yang ada di pedalaman yang notabene fasilitas belajar mengajar nya kurang bahkan ga ada sama sekali.
    bagaimana mereka bisa menyamakan dengan skolah2 yang ada di kota, yang segala fasilitas dan keperluannya terpenuhi…?
    Ibarat kata,
    semut mo ikutan lari sama kuda Pak…
    DuuuuuuuuuuuuuuuH…
    aku yo mumet Pak mikirin adek2 ku yang mau menghadapi eksekusi alam…
    bebas atau mati?
    maaf kalo berlebihan…
    memang mutu pendidikan kita tertinggal jauh dengan negara2 tetangga,
    tapi peningkatan mutu lebih baik tidak dilakukan secara drastis,
    perlahan namuin pasti ae PAk…
    kLo banyak yang ga lulus,
    banyak pula yang ga mau melanjutkan sekolah krn dah males,
    akibatnya banyak pula bertaburan pengangguran2…
    klo org2 desa mungkin sudah pada malas melanjutkan sekolah kalo gagal di UN…
    udah ngeluarin biaya lagi,
    udah gitu ujuannya persamaan…
    emang c ga ada bedanya,
    tapi Pak,kenyataan di lapangan kan beda…
    pasti ada diskriminasi masalah ijazah Pak…
    la wong kuliah ae ngono ko…
    reguler ma ekstensi diperlakukan beda…

  67. pak mentri, yang mau kami minta bkn bocoran soal un yang sebenarnya tp hanya sekdr contoh soal yang cra krjanya sama dgn soal un, coz guru2 aj gak tau model soal sprti ap yang akn keluar pd un 2007 ap lg kami…
    memang mksd depend baik yang selalu mau menaikan nilai standar kelulusan tapi apkh anda tidk memikirkan kemampuan kerja otak kami??? jgn samakan dgn skul di luar negeri donk, sangat bnyk faktor yang mempengaruhi kemampuan kami, mau cri makanan yang bergizi aj susah,,…
    makanya perhatikan faktor2 it….jangan kota aj di kembangkan…

  68. tolong dong dimuat prediksi UN 2007
    soalnya aq nih lagi takut ama nilai yg akan diberikan……………
    ok?????????
    Please

  69. Buat temen2 yang mo menghadapi UAN 2007 g usah panik….
    Belajar aja yang bener, jangan pake sistem kebut semalam. Bisa2 waktu ujian malah ketiduran gara2 malemnya ampe g tidur…Kan bisa k-cau gituuuuuuuu!!!!!!
    Sebagai manusia qt hanya bisa berusaha & b’doa.Yakinlah bahwa apa yang X-an usahakan g akan sia-sia.Semangat Ya!!!!
    X-an pasti bisa ngadepin UAN ini dengan baik.Yakinlah bahwa X-an bisa!!!PD aza lagi…
    –>Good Luck aja buat X-an yang mo UAN.
    –>Moga lulus smua..

  70. UAN mEmAng UjiAn yg PLing mEngErikAn pA Lg SMA gimAnA tdAk? skUL 3 tAoN (1905 hAri)jA LU2SnY cUmA ditEntUin 3 hAri ngerii ng tU????kL0 UntUk SMA knP mEski diAdAin UAN Z??kL0 misALnYA ng diAdAin gmn to?yg pNting LU2s J dLU,toh kLo mo KULiAh oR kER kN msiH Ad tEs jUgA kAn???

  71. wadoew aku bingung bgt ni pengen blajar aja susahe bukan maen padahal bsok senin dah mo ujian gimana nih????????? kasih saran dunk kirim ke bence_056@yahoo.com

  72. Arga says : “Kami ini udah susah pak! jangan tambah penderitaan kami, pake’ soalnya beda lagi, maksudnya tu apa??? apa mau bikin pengangguran di negeri kita yang lagi banjir musibah ini tambah banyak, emang tujuan dari UN itu emang pengen menambah angka kematian akibat stress dan bunuh diri gara-gara nggak lulus UN??????”

    Rife says : “… no comment!! hehehe.. ^_^ “

  73. Bapak-Bapak yang ada di DIKNAS. tolong deh ‘ntar waktu pemeriksaaan jawaban UN jangan hanya mengandalkan komputer. ‘ntar salah-salah komputernya yang heng tapi justru kami yang dibilang bodoh….
    jadi tolong priksa juga melalui jalan MANUAL, ok!!!
    Thank’s.

  74. pak mendiknas yang bisa dibilang BODOH dan TOLOL..maaf kalu saya bilangnya agak keras gini..tapi mau gimana lagi..masa ga ngliat gimana lulusan kemaren yang standar kelulusannya aja dibawah tahun ini banyak yang gak lulus,masa mau dinaikan lagi?apa mau nambah pengangguran di indonesia lagi?liat juga faktor laen donk!!!!!!!!!gizi aja belom cukup ……..

  75. bagi dong contoh soal2 UAN SMA utk kls IPS,buat latihan di rumah. yang banyak aj skalian, di krm ke emailq nathan_@plasa.com.Thanks sblmnya

  76. UN-a siyh gk msLh, waLopun aQ deg2 an jGa
    nGadePinnya…
    Tapi sayanKnya Buku2 Latihan UN ato PredikSi2nya…
    bNyk yg Pny soaL sama Tapi JwbNnya Beda2….

    Nah Lho, Gmana Tu??
    maSa` Gk syg siyh ama anK bangSa Yg keBinGungaann??

  77. hahaha
    pake susah susah mikir
    ntar juga lulus koq
    sante ngeflow aja kalo terlalu dipikir malah gak lulus beneran
    aku dulu aja lulus juga….hehehhe

  78. knapa siih mau LULUS tuh susah bgt. kayaknya tahun ini UN tuu nyeremin bgt…thn kmaren tuh udah mjadi contoh klo soal2 UN sulit dan m’buat bnyk murid yg gk lulus…apa tahun ini mau terulang hal yg sama? kan kasian yg gak lulus…!! dan knp UN mengandalkan komputer..kan bkn mjadi nilai yg mutlak..bisa aja itu karna sistem komputerisasi nilai jd anjlok…mendingan dengan essay deh…dari situ kan bisa keliatan otak masing2 siswa..dan bs mjadi nilai tambhan…lagipula kurikulum skrg kan KBK…katanya lbh diutamakan berbasis kompetensii….! sistem pendidikan skrgsmakin rumit,dan setiap ngkatan berubah,,,emangnya kita kelinci percobaan apa??
    UN jangan sulit2 lah, kita smua ini kan gak mau ngecewain org tua kita…sy tau kalo bapak2 dan ibu2 tidak pernah mrasakan beban seberat ini….emng jaman dulu ada apa mau LULUS aja susah…

  79. PaKk ….
    HeLp Us . . . .

    pak mnTri pNDd. tOLon9 dOoooNg bWaT UN g’ UsaH Pke’
    LJK s9aLA ….!!!

    BUkaNnYa bkIn siSWa2 bS Lu2s, Tp mALaH G’ LULUS!!!!!!!!!

    ToLOng dE PkiRKan!!!

  80. mau minta contoh soal” yg kira” sm… Bukan bocoran c,,, Prediksinya, gitulah istilahnya…

  81. anak yg lg kesusahan

    yg pd bkn soal, jgn yg susah2 knp sih? kami tuh dah susah pyh bljr tp kl toh gak lulus gmn donk? makanya jgn bkin yg susah2 kl gak lulus gmn nsb ank2 indo? mau jualan? kagak mungkin kan? pkrin matang2

  82. Mengenai Blog ,, gimana cara bikin blog biar kelihatan menarik tampilanya..
    makasih ya..
    lihat Blog saya, di : Ivanadr89.blogspot.com

  83. mohon nilai uannya ditarunkan

  84. Tolong kirim kisi-kisi uan 2007 ke email saya.. plizz,,

  85. tolongin gw, kasih tau donk cara ngatasin takut gw….ngadapin UAN….. PLZ

  86. EhMM….UAN?
    KaTa2,,TuH mMbUa BERDEBaR2 JaNtUNg aNk2 SmA pStnYa aNk kls 3 SmA,,,
    MzPUn kTtApN PmRiNtAh dIsATU Si2 MmBuAt kITA kESAl”wLaU BgAi mAnA PuN PmRiNtAh jG MmPuNyAi tUjUn PoSiTf pStinnYa U/KItA sMuA,,iNtInyA SmUa tU TuK bUt kiTa RjIn BljR,,bKN BrUsHa u/MnCoNtEk.
    KiTa kMbLi kDiRI KiTa Aj dEh..kLo kItA BlJr sEENgGaKnYA NgErAsA aDa bEkaL UaN gUw RaSa wHy NoT?…

  87. vdufkehjergtoer ekvgeuyuejg gjerguierfydj djfgyufgsdhgber hjgfugfhjerf hyf d f jufvfhjvfdjgfuegfjksdvgkrgfweegfwvhjdgeuigfj

  88. student.......of care to education in Indonesia

    KeNapa c Standar Nilai kelulusan selalu dinaikin setiap tahun…??? kan kasian potensi siswa/i yang belum bisa kompeten…maksudnya gak semua anak itu pintar…

    kalo Pendidikan Indonesia ingin sama seperti di Luar Negri maka dari pemerintahnya juga harus meningkatkan kualitas gizi anak duuwnnkkkzzzz….jangan cuma main naik2in standar nilai ajah duwnkzz…klo gizi otaknya gak seimbang gimana bisa mikir??????…..

    Liat juga duwnkkk keadaan gizi anak di Indonesia???? kasian kan sekolah2 yang lain…apah pemerintah gak malu kalo di Indonesia banyak sekolah2 yang tidak lulus..????
    ntar di cap pemerintahnya gak beres????

    Ocyeehhh…???

  89. Aye jadi bingun ujian tahun ini
    kaye-kayenye tahun ini bakalan berantakan
    banyak tata care ujin smk/sma sangat berubah, tapi sosiyalisasinya kok engga jelas gitu looo…
    kalo mau ngeruba tata care ujin un sosialisasinya yang jelas dong !

  90. Moga ja UAN taun ni anak-anak SMP 1 BONAGUNG PACITAN lulus smua dg nilai yang memuaskan.klw bpk tau kisi-kisi soal ujian taun ni toloooooooong…bangeeeeet…ksh tau saya&krm ke E-mail saya!!!saya tunggu lho pak……

  91. Dwuhh….pusing banget neh… mana sekarang lagi mikirin uji kompetensi….tanggal 26 maret mau presentasi….ini juga mempengaruhi kelulusan loch…klo uji kompetensi aku ga luluz…sama aja aku ga boleh ikut ujian nasional ‘N ujian sekolah…mana standar nilanya 7…bisa stress deh…..membuat murid jadi gila…mikiran semuanya….belum uji kompetensi, belum lagi mikirin masalah UAN….mana sekarang soalnya beda2…bikin tambah binun aja…

    aku seh berdoa ‘N berusaha aja, mudah2an aja aku lulus ujian ….

  92. marcos simorangkir

    ya emanK sehh
    kebijakan pemerintah ini san9aT ba9uz
    dapat menin9katkan mutu pendidikan negara kita
    ya…
    tp siswa/i kita seperti dijadikan keLinci percobaan oleh pemeRinTah
    kaLau seperti yg saya lihat itu membuat dampak negatif
    – untuk yg kurang minat dalam belajar org melakukan segala cara untuk mendapatkan kelulusan sepeti membeli jawaban dari dinas pendidikan
    – seandainya siswa tersebut tidak lulus orang tua stress dan bisa2 bunuh diri karena malu di lihat tetangga
    – siswa/i yg tidak lulus tidak punya harapan untuk kedepan, maksudnya tidak memiliki semangat lagi
    – dan banyak lagi yang menimbulkan dampak negatif

  93. tolong cari tau contoh2 soal 2006-2007,,,,,
    masalahnya tingkat kesulitannya sangat tinggi,,,,,

  94. kenapa pemerintah menjadikan siswa-siswi ini sbg alat percobaan,,,,,

    memang bagus dalam meningkatkan kualitas belajar para murid,,,,

    tetapi cara itu terlalu berat,,,,

    kami mohon pemerintah harus lebih bijaksana lagi,,,,

  95. pAk toLoNg dOng niLai sTanDarNya turUnin biar luluS sEmUa GiiitcHu lHooooooh?????

  96. Sebaiknya soal UN nya jgn sulit bgt geto supaya semuaaaaaaaaaaaaaaaaaax tuch lu2s n’ ga puyeng dgn semua tekanan lahr dan batin yg dihadapi menjelang detik2 UN. Duh…….so hard menjalani ini smwa.:-(

  97. makasi buat pemerintah yang membuat saya duduk di bangku sma 4 taon itu pun kalo lulus tahn ini…..

    bukannya saya bego ato gimana gitu… cuma saya ga habis pikir o,25 bisa ngancurin smua…..

    saya rasa bapak mentri pendidikan amat senang dengan banyaknya anak yang putus sekolah… untung rasa malu saya bisa saya kubur kalau tidak mungkin saya akan seperti teman2 saya yang lain… jadi berandalan jalanan….

    semoga hati bapak terbuka deh untuk tidak menjadikan kami kelinci percobaan…

    ๐Ÿ˜›

  98. adakah prediksi soal UAN 2007? Tolong kasih kabar yach……

  99. malang,24 maret 2007
    klo prediksi uan 2007 ga ada
    tp klo unas di les ada

  100. Wahwah.. uan tu gak ada gunanya.
    g usah bljr. Cmn latihan aja yg bner. Tp bkn latihan ngerjain soal. Latian biar lancar ngsms. Latihan biar skill kita bwt nyontek jd mastah..
    Hari H pas uan jarkom dimana-mana. Makanya kami siswa-siswi yg cerdik g da was2 sdikitpun. Hahaha… memang bginilah indonesia…

  101. sumpah!!!
    nyampe sekarang saya jarang banggget baca2 soal!
    padahal UAN 3 minggu lagi…
    herrrannnnn….

    apakah kalian seperrti ini?!

    (jawab yah)

  102. wah……
    UN tinggal menghitung hari. Masa..kamu belon blajar IUS gmn nanti ngerjain soal UN.Emang ye…mulai belajar itu sulitna minta ampunn. tapi kata tmn2 ku yg udah getol ma buku2 katanya enjoy lho! Btw sy punya usul bwt tmn2. Klo mnurut sy kl mo deket2 UN ky gini bwt deh klompok blajar.Mo ma tmn2 skelas or sesekolah. Yg penting da org yg lebih dr kita supaya bisa tanya2 gt! Oh ya..sy ada sdikit masalah ni. Begini sy termasuk mo nanya tmn2 yg oke di pelajaran B.Inggris, gmn cara belajar yg efektif bwt UN. Krn jujur sy kurang di pelajaran ini. Bwt tmn2 Please yahh..solusinya!!!
    TETAP SMANGAT BELAJAR!!!
    KERJAIN SOAL UN DENGAN BAIK!!!
    LULUS MEMUASKAN!!!!
    SAMPAI KETEMU DI PTN FAVORIT!!!

  103. Temen2 smuanya yg bkalan mnghadapi UAN….
    YG SMANGAT Y BLJR’A…JGN PRNH PTAH SMANGAT…smoga kita smua bisa lulus taun ini…amin!

  104. Wuh…..UAN dah depan mata neh….Pusing yach….??????
    Tapi Tetep SeMAnGat yach,,,Supaya “LULUS” n bikin oRtu Bangga….
    Buat kawan2 ku yang seperjuangan….kita karus berjuang buat Naklukin UAN…JAngan PAtah Semangat YAch……Belajar yAng RAjin….Banyak BerDo’a n berikhtiar yach…emank cie…buat Rajin tu susah…bgt…kita tu bawaanya males kaya lagi di gendongin setan he..he..tapi kita harus berusaha….n te2p Semangat,,Pokoknya “GOOD LUCK”…Kususnya….Buat anak2 SMANDA…oya pas UAN jangan Sombong Yach….he..he..he..

  105. hai….^_^

    aq Cyans.aq deg2an nich pkirin UN.Kata guru gw dlm UN sekitar 0,0% ga’ bisa nyontex.WaDuh….Gawat dunx….!!! makanya aq minta contoh soal dunx,BUKAN bocoran tapi sekedar contoh soal yg akn kluar,biar bs d bwt bljr…kirimin contoh soal’a ke email “ian_privates@yahoo.co.id” yach…!!! makacih buanyakkk…bwt my friends BELAJAR YG GIAT YACH,,KLO LULUS SEMUA PASTI NEGARA INI MAJU,MENDINGAN BELAJAR DARIPADA NYONTEX… THANX.God BLess All U

  106. HAI…………..!!!!

    -Kenapa mesti ada UN, klo kebanyakan siswa yg krjain tanpa B’pikir alias NYONTEX…???
    – Apakah UN menjamin kita untuk bisa menikimati keindahan SURGA…???
    Bwt bpk.DEPDIKNAS : ” Pak,buat soal ujian jangan susah2 dunx…tar kita malah ga lulus…klo semua lulus pasti semua orang akan sueneng…Pak,kenapa waktu ujian pake ada 2 pengawas sich…curigaan banget…pak,minta contoh soal dunx,contoh soal loch BUKAN contexan…plisz…sekadar bwt bljr,,kan bapak sendii yg menginginkan anak2 indonesia bs lulus UN tanpa nyontex,,,oleh sebab itu tolong kirimin contoh soal,,,klo ga’ boleh minta STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN (SKL)aja dech…kirimin ke email “ians_privates@yahoo.co.id.” thanx atas perhatiannya..bwt teman2 seperjuangan,sebangsa,dan setanah air ” BELAJAR DUNX,KLO BELAJAR KITA UNTUNG NEGARA UNTUNG,BIAR PEMERINTAH TAU BAHWA WONG DESO BISA PINTAR..MAKANYA TONTON EMPAT…MATA…PUAS2…!!!” GBU.^_^

  107. Mohamad Fachrurozi

    Anak-anak, siswa Indonesia tercinta…
    Jangan belajar Ilmu dunia melulu ya !

    Belajar Ilmu Agama …yang dapat nganter kamu ke Syurga Insya Allah.

    klik aja http://abasalma.wordpress.com

    Barokallahu fikum jami’an

  108. AdUhhhh..
    soaL uan y jgn susah2 donk…
    klu gk lulus kan bisa stesss
    bikin hilang semangat bwt iDup…
    Masa, qt 3th bljr yg nentuin cma 3 pel. doang
    bwt lulus, klu gtu mah dri awal ja bljar y cma math,
    b.indo n b.ingg…
    aq mo donk prediksi soal-soalnya…bwt SMP y..
    krim ke e-mail aq…
    MkciiiH>>>>>BnGGGTttt..
    Pak, meNti peNdiDikn jgn susah-susah, jgn bwat binggung,
    iNgeettttt jgn susah-susah,,,
    atiii2 smoga soalnya gk bocor…
    mkciH y…
    Jgn lupa ngrim ke e-mail aq..
    Thnx bNgt,,

  109. Hi…ni q shinta…mmg berat ya..kita2 udh mo pada uan smua…(bagi yang kls 3)…q kira seh..web ini memuat lat.2 soal Uan or bisa dibilang prediksi2 uan…!!Tapi ga pa2 lah…yang penting kita udh banyak tau..ttg cara memahami soal2…tentunya B.Inggris!!!
    Tolong dunk tambah lagi trik2 dari kalian smua…saling kasih saran…nasib kita khan…sama…!!!hrs kasih semangat satu sama yg lainnya…Ok….klo menang jgn diambil sendiri…ya…!!!Bagi-bagi ma yg lainnya!!!!thankzz..

  110. q juga sama kyk temen2 yg lainnya..klo ada soal2/lat. soal..kirimin ya…ke…”avianty_cutez@plasa.com” thankzz…sekali lagi….!!!SEMANGAT!!!

  111. hajarul 'asyura

    UN tuh gampang pain streessssssss….. enjoy ja gi ๐Ÿ™‚

  112. tolong kirimin prediksi soal ujian nasional smp 2006-2007 (mat, inggris, indonesia)ke e-mail gw donk.. butuh banget nih..
    thx…

  113. ื‘ืจืชื•ืœื•ืžืื•ืก

    Duh,Pak… kalau mikirin UN bisa botak kami para siswa…. Jadi nyantay aja..hehe…

  114. saya sngt kcewa dngn apa yg menjadi keputusan dari dik menti ttgng png ada an soal A B. saya minta agar anda memberi kisi2 uan 2007. tntng SMA & SMK saya harap anda mempertimbangkan isi surat saya ini. terima kasih

  115. semuga anak kelas 3 di indonesia smuanya pada lulus & mampu mengerjakan soal UN
    kepada pemerintah prndidikan yang membuat soal UN 2006-2007 dimudahkan.

    amin

  116. Gi mana ini pemerintah, katanya KBK nggak ada ujian nasional. Tapi, sekarang kok masih ada? Nggak konsisten.
    Ya moga-moga saja keputusan Bapak-Bapak untuk tetap melangsungkan ujian nasional ini tepat, yaitu dapat meningkatkan mutu pendidikan nasional. Amiin …

  117. ya…..
    gimana sih katanya prediksi soal un
    aq sign in kq ga da….
    kecvewa ni….

  118. kalo uada ada prediksi soal2 na kasi tau aq ya!!!!

  119. aq setuju ma ujian tahun ini.soalnya dibuat nggak sama.jadi yang mau nyontek kan jadi sulit.n nggak lupa pula aq doa’in anak2 yg mau ujian tahun ini.moga2 mendapat nilai yg baik n memuaskan.*good luck*

  120. seharusnya kelulusan UN jangan ditentukan oleh pemerintah pusat,karena kita belajar selama 3 tahun masa sih kelulusan ditentukan cuma dengan 3 hari, trus waktu try out mana soalnya pada susah lagi apalagi matematika soalnya pengembangan banget, mohon dipertimbangkan lagi soalnya karena harus melihat kemampuan siswa dong!!!!!!

  121. wah un mah gampang,,asal,,,,,
    1.asal belajar
    2.asal pengawasnya lemah
    3.asal soalnya bocor
    4.asal dikasih kunci jawaban
    5.asal jago nyontek
    6.asal bisa indra keenam
    7.asal nanya dukun
    8.asal kita cucu soeh*R#%
    9.asal mentri kita ga sok2 aksi,pendidikan indonesia masih labil aja udh sok aksi,apalagi klu kinerjanya udah bner

  122. haiii orangtua kuuu,, kirim salam donk buat mas tatang ku tercintaaaa…
    telepon leni ya mas….

  123. call me ya 08565912345

  124. yanuar arifianto

    malleeeees banget belajar untuk UAN soale mau belajar untuk UM UGM dulu semua mohon doakan agar gua lulus yach!!! OK!!!

  125. menurut saya, kurikulum yang dari tahun ketahun selalu berubah, SANGAT menyulitkan posisi murid dan guru di sekolah, standar kelulusan juga sebenarnya tidak perlu di tinggikan lagi, dan menurut saya kenaikan standar kelulusan hanya mempersulit siswa saja bukan memperbaiki kualitasnya, karena manusia mempunyai grafik yang cukup fluktuatif dalam hidupnya, kadang dia atas dan kadang di bawah, sebaiknya, pemerintah, terutama menteri pendidikan lebih mengupayakan tentang pemajuan fasilitas sekolah, karena dalam dunia nyata, TINDAKAN LEBIH BERARTI DIBANDINGKAN DENGAN TEORI SEMATA…

  126. saya kira standard kelulusan yang terus dinaikkan cukup membuat para siswa peserta UN 2007 sedikit merasa kesulitan dan tertekan.gue stresssss nih

  127. kalo bicara soal kualitas pendidikan, jangan lupa!!! urusin donk anak2 putus sekolah, terutama yang miskin supaye biaya sekolahnya murah. jangan mentingin orang mampu doank apalagi orang kaya. apalagi yang dijanjiin gratis uang sekolah. mana buktinya………………..!!!!!!! ZZZZZZZZZZ…….!!!!!! jgn tidur doank bisanya

  128. KENAPA SEH KALU UJIAN MESTI DIPERIKSA PAKE KOMPUTER,KAN SIAPA TAU AJA BANAYAK YANG GAK KENA ATAU TEMBUS
    GIMANA KALO PAKE MANUAL AJA KALO GAK BISA PAKE KOMPUTER

  129. PEMERINTAH TUH SUKA SOK ZAMAN DLU AJA UJIAN NASIONAL KAN GA SE RIBET INI BIKIN GW N9E DOWN AJA SEEH

  130. Diskusi ringan seputar UAN 2007

    Tidak terasa sudah 15 hari menjelang Ujian Akhir Nasional (UAN 2007) yg akan dilaksanakan tgl 17-19 April tahun ini. Tentunya para siswa saat ini sedang berjuang keras belajar dan mengikuti tes-tes try-out yg diadakan pihak sekolah maupun kampus. Selai…

  131. mana soal UN nya ???knp standar kelulusan nya teruz naik??kita,sbg siswa-siswi yg baik,ju2r,dan tidak sombong merasa terbebani dgn nilai standar kelulusan yg teruuuuz….meningkat.PENGEN DI CAP GA????????????????????????????????????????????????

    CAPE DECH……………………………………………….WAKAKAKAKAKAKAK!!!!!!!!!!!!!!!!

  132. Kenapa sich harus ada tem independent nya?kan pejabat za yang haruz pake team independent supaya ga korupsi.Coba deh pak president dan anggota DPR ngerjain soal2 UAN klo bs jago.jangan korbankan generasi muda dengan 3 mata pelajaran.mohon dimengerti.

  133. buat teman2 satu bangsa dan satu angkatan qt jangan sampe dibodohi oleh permainan pemerintahan,mereka tuh takut qt lebih pintar dari mereka.iya kn iya donk benerkan bener donk?!!!Chayo bwt angkatan tahun sekarang

  134. kenapa harus diadakan UN??? nyatanya banyak orang yang pintar tdk lulus.mereka selalu mendapat juara tapi gagal dalam waktu UN apa ini adil???

  135. aq sbg siswa sangat kecewa ma pemerintah yang tiap tahun menambah nilai standar kelulusan, n tahun ini tahun ini waktux cukup singkat. apa sich mau pemerintah. apa mau mau memperbanyak jumlah pengangguran dinegara kita yach?

  136. tak terasa sudah mau un kembali,saya hanya meng himbau kpada ka2 kls saya yg kls 12 & teman2 saya yg kls 9 untuk belajar dengan giat,karena sudah berulang kali diadakan try out tetapi masih saja nilainya kurang memuaskan…….

  137. hai………….smua ank kls 3!!!!!!!!!!!!!!!!un bntar lg,nich…
    gmn persiapn@??ttp semagat ya..
    yakinlah qt bsa…(n_n)
    yaknkan pd dri qt un tuch mudah,so berusha ya!!!
    but jgn lupa qt tuch g bsa pa2 tanpa AllAH.
    “””””””to smua ank kls 3 sma dimana pun nda brda,,kmi ank SMAN 5 wira bangsa.mendoakan agar smua ank2 di indonesia LULUS 10000000000000000000000000000000%”””””” AJA AJA FIGHTING,,,,,,,,,(n_n)

  138. Guys, ga terasa ya uAn sebentar lagi. .
    Ayo donk semangat, jangan karna standar na di naikkin qta jd patah semangat. .
    Yakin deh, kalo Allah pasti ngebimbing qta, asal qta mau berusaha!!
    SEMANGAT!!! Jia you!!!

  139. aghhhhhhhhhhhh!?
    Un d depan mata guys!?
    ya Allah semoga semua anak kls 3 Tahun ini dan seterusnya dapat lulus dengan harapan nilai terbaik
    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>AMIEEEEEEN

  140. wah wah wah gua yang sering bolos skul sengsara nih
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    gimana pendidikan indonesia mau maju, kalo cuman dengan standar nilai ?
    sekolah-sekolah nya dunk bro…… di standar kan……!!!!
    cape de…………

    >> pak mentri belom meliat kan sekolah-sekolah yang ada diluar jawa kondisinya kaya’ gimana?

    >> apalagi ada tuntutan sekolah bertaraf internasional huakakakakakakakaka….gimana SBI mo tercapai pak? gurunya aja masih suka main sogok-sogokan – -”

    >>>>>>>>>>>>>>>>>> uan 2007 ?

  141. kenapa ada un ? padahal setiap sekolah memiliki pengajaran yang berbeda dari guru nya, buku panduan yang digunakan. huuuuuhhhhh

    kenapa un dipercepat , padahal materi-materi pelajaran lom ada yang selesai?

    fuck you politik !!!!!!!!

    inti dari uan …… sekolah bukan ajang tempat menuntut ilmu , kreatifitas , pengalaman , dan wawasan . sekolah cuman berfungsi sebagai ajang menghabiskan uang, mencari teman, dan mendapatkan nilai dengan cara apapun .cuih.

  142. mana lu mentri pendidikan? sini hayu ribut lu ama gua!

  143. >>aduduh… un tinggal sebentar lagi,, dah kaya lebaran aja.. mangkanya lo lo yang banyak berbuat dosa kudu bertobat jangan liatin gw aja di sebuah stasiun tv.. aduh badan gw yang semok bikin konsentrasi yang pada mau uan jadi ga karuan yaa !!!!!!
    >>>>banyak beramal ya biar lulus ujian nasionalnya..

    >>buat para kelas XII moga lulus ujian nasional tahun 2007!!!
    AMIIIIIIIIIIIINNNNNNNNNN……………

  144. subhanaloh ya…
    anak muda jaman sekarang,, sudah mulai kurang ajar ya sama orang tua,, terlallu…
    saya sebagai mentri pendidikan akan merevisi soal yang telah dibentuk agar menjadi lebih mudah agar kalian senang…
    PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS! PUAS!

  145. santai bang mentri

  146. emang pak mentri bisa bikin soal

  147. UAN 2007???
    cape DEh!!! pa mEntri memEntingKan egOisme bAngsa TAnpa mLIhat kNYataAn dLM masYarakat!!di sAmain sm mLAysia yg emang skul na udah memenuhi fasilitas,nah indonesia fasilitas dari hongkong!!!

    qlo da fsltas duitnya bth bnyak qlo UN mwnya lulus smwa,tuh mentri gak mikir apa???
    sendirinya dah bOTak eh ngAjak oRg lain bOTak juga!!!

    UN itu gk ADIL!!!mending skul cm 3 pljrn aja gk usah bljr yg lain toh gk mnntukan klulusan
    so buat apa bljr PPKN,Sejarah,Fisika,Kimia…
    GAK PENTING KALEEE YAA!!!

    BLAJAR ajA deH bUat UN,tApi meNtri iNdo eMg eGois!!!

    sMangaT bRow CHAiyo…cHAiyo…bLAjar n bUKtikAn Qta BS!!

    MENTRI JANGAN EGOIS DUNKS!!!AROGAN!!!

  148. ehmm…sabar sabar deh bwt plajar indonesia…

    ikuti aja UN n bdoa biar duit UN,pendidikan gak dkorpsi

    jd fsltas skul terpenuhi n siswa bs lulus sesuai standar…

    amien..

    smga pak mentri n yusuf kalla ngertiin kita,jgnan maunya mrka yg di ngertiin…

  149. mo gimana lagi, pasrah aja ya! guru aku aja ga tahu pa2 ketika ditanya ttg UN. katanya dah tanya kemana-mana ga da yg tahu,sampe dinas P&K aja juga ga tahu! Nasib! BAKAL GMN NICH NASIBKU NTAR?

  150. hah bosan liat buku…….Mungkin aku bukan 1.1-nya orang yang lagi menderita ni malem,,,tapi ampir 140 orang lain temen2 aku yang harus belajar Matik ma Eko,,,,
    besok ada Post test terakhir sebelum UN 13 hari lagi,,,,duh aku udah bosan banget,,,pingin lepas dari buku matik yang rasanya belakangan ini jadi pajangan yang bikin hati ser2,,,,

    kira2 apa gunanya post test???? aku liat makin di test nilainya makin turun,,,b.ing aku pertama 9,4-kedua 8,4-eh kemaren praUAN jadi 7,6…..gila ga tuh????

    lagian menurut aku yang namanya try out itu jadi ajang lomba pamer nilai di mading deh ama anak2,,,,n pasti lomba nyontek,,,duh kasian banget,,,temen aku,,yang ranking trus di kelas ga lulus praUAN,,,tapi yang corot,,,eh jadi juara 4….hampir copot deh ni jantung,,,,

    jadi….cuma mau bilang maaf ya,,,buat yang baca,,,lgi perlu temen curhat nih,,,tapi yang bisa di curhatin jauhnya minta ampu,,,,

    so buat yang ikut un tahun depan siap2in diri buat lebih sakit dari pada aku,,

  151. apakabar teman tentang un sekarang

  152. Ujian Nasional sdah gak ada gunanya lagi.Mentri pendidikan sangat Goblok,bodoh,Katrox,gak punya otak.keinginannya sih bagus.biar bangsa indonesia kliatan pinter dimata international.tapi sebaliknya malah menjerumuskan bangsanya sendiri ke keterbelakangan.bener2 gak punya otak itu DInas Pendidikan.Matanya Sudah Ditaruh didengkul kali ya.

  153. uan.??
    prroyek yang bernilai milyaran rupiah u para pejabat yang bernaung didepartemen pendidikan…:D
    ga mikirin nasib siswa/i smu smk…

  154. tolong kirimkan soal prediksi uan 2006/2007 sekalian dengan jawabannya

  155. uan cuma buang2 waktu gw aja.
    kirim dong prediksinya…

  156. bismillah…mudah”an UN pada tahun ini saya bisa lakukan dgn baik…dan mudah”an…semua soal nggak terlalu sulit dgn apa yang saya bayangkan.untuk semua siswa…ujian di mana tempat kita menentukan hasil selama kita belajar.dan kita akan selalu berdo’a kepada ALLAH mudah”ada muzizat yg diberikan seperti bocoran dan lain lain….kekekeke…

  157. aloooooooooooooooo tmn2 yang akan ngikutin UN giat bljr ya n jgn lupa bljr juga soal2 yang ada di buku detik2 UN sama prediksi soal UN. Yang mau dapetin bisa hubungin aku ke no 08123795230 ta tungguin yachhhhhhhhhhhhhhh
    Buat pak mentri tolong dong jgn mempersulit kami yang mau UN………………
    Beri kelonggaran buat kami napa??????????????????????????

  158. Ada yang punya info ALL ABOUT UN ga????????? Bagi2 dong infonya. Hubungin aku ke no 08123795230. nama aku mey. CHAYOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO UN PASTI SUKSES AND JANGAN LUPA BERDOA. PASTI QTA BISA LU2SSSSSSSSSSSS. AMIN.
    “HAPPY EASTER”
    GBU 4EVER

  159. mas minta donk.. latihan UN, kalo ga lulus saya disuruh minggat dari rumAH…

  160. pakah dengan adanya uan menjamin hidup lebih baik?

  161. aq suka uan, apalagi klo nilainya nambah terus i love u akbar.

  162. pak mentri,saya mo nanya,kenapa sich 12 tahun sekolah hruz gagal dlm 3 hari?kenapa g sekolah aja yg nentuin klulusan,yg ngajaR KMI KN GURU,BUKAN BAPAK!!!!1!!!!!!!!!!

  163. Tolong kirimi saya prediksi soal-soal UNAS SMP 2007 via email ya??? Adik saya sangat membutuhkanya

    Terimakasih banyak

  164. kirimin aqu dnk soal prdiksi ujian nasional SMP…

    ke email : ilhammaulana85@plasa.com

    or ilhammaulana85@gmail.com..

    di tunggu yah secepatnya…

  165. uan udah menjadi sesuatu yang sangt menyeramkan
    pak/bu tolong kami…
    kami hanya anak2 pelajar yang tak berdaya
    jangan jdikan kmi percobaan tahun-tahunan.
    dimana tiap tahun pelajay selalu di berikan cobaan yang besar…..
    maka berilah kami sdikit dispensasi pak/bu
    seandainya anda punya anak…
    tentunya akan seperti kami2 ini….

  166. ujian nasional harus lulus donx!!!

  167. UN??????

    SIAPA TAKUT!!!!!!!!!!!!!!
    ayo semua anak2x kelas 3 yg ada di seluruh indonesia………….

    kita tunjukkin klo kta semua bisa lulus 100% se-indonesia…..

    kita buktiin kepada BAPAK-BAPAK yang ngurusin soal UN,klo kita semua bisa lulus dengan baik dan dengan nilai yang memuaskan…..

    Kita ga boleh takut ma kenaikan standrat nilai kelulusan tahun ini…

    ok?

    Ciayouuuuuuuuuuuuuu

  168. saya sebagai siswa kls 3 smk jurusan bisnis manajemen merasa keberatan tentang peraturan UN sekarang padahal yang berhak meluluskan siswa adalah duru yang bersangkutan karena hanya guru yang mengtahui kemampuan siswanya…….. Okay………………. daaaaaaaaaaaaaaaaaaaah

  169. Bagi yang memiliki kumpulan soal-soal latihan/prediksi/kisi-kisi Ujian Akhir Daerah Sekolah Dasar 2006/2007 terutama untuk DIY, kalau tidak berupa soal, paling tidak berupa kisi-kisi yang akan menjadi bahan ujian SD. Kirim ke Lestari_atun@yahoo.com ya….
    Atas kesediaannya saya ucapkan banyak terimakasih, semoga bisa menjadi amal bagi anda………thx

  170. anak bangsa
    8th Apr 2007 di 5:12 pm
    pak mentri,saya mo nanya,kenapa sich 12 tahun sekolah hruz gagal dlm 3 hari?kenapa g sekolah aja yg nentuin klulusan,yg ngajaR KMI KN GURU,BUKAN BAPAK!!!!1!!!!!!!!!!

    SETUJU BANGET!!!
    KELULUSAN GAK BISA DITENTUIN CUMA DALAM 3 HARI DUMZZZ!!!!

    BUKAN ORANG LAIN YANG MENENTUKAN KAMI LULUS APA TIDAK! TAPI GURU” KAMILAH YANG BERHAK MENENTUKANNYA! KARENA MEREKALAH YANG TAU BAGAIMANA KEMAMPUAN DAN PRESTASI KAMI. BISA AJA TOH KALO PAS UN, SISWA YANG HARUSNYA BISA LULUS TAPI BERHUBUNG DY SAKIT, APA BISA DIKATAKAN DY TIDAK LULUS! UN TIDAK BISA MENJAMIN!

    HAPUSKAN UN!!!!!!!!!!!!!!!!!

  171. mantan ketua OSIS SMA "Bonkar" 05/06

    U N sudah tinggal satu minggu lagi, tapi saya prihatin sekali melihat kondisi anak-anak SMA sekarang, khususnya lagi bagi teman-teman di sekolah…

  172. aDuh…

    pGn mInta pRedIksI soal-soal untuk uan 2007…

    sMa g sma pRa uNas kemaRin yNg daRi pEmEriNtah…

    moHon baLaZanNt sCePat mungKin…
    soalNy uanNy tinGgaL iTungan JarI uy…

    mKasih…

  173. Memang UN itu bila kita ingat akan membuat perasaan qta berdebar-debar,tp Qta harus tetep sadar klo qta gak bs lari dari UN..

    Pesen aq buat anak2 yang bentar lg ngehadapin UN yg tinggal ngitung hari,yaitu:
    1. Qta harus rajin2 belajar..
    2. Qta harus berdoa kepada Allah SWT..
    3. Jangan lupa minta di doain ama Ortu qta..
    4. Minta maaf ama orang2 yang pernah secara sengaja atw becandain yang ampe sakit ati ma qta,terutam ma guru2..
    5. Jaga fisik kalian biar nanti tetep tenang dan fit..

    Klo itu semua dah terpenuhi,insya Allah Qta semua pasti bakalan lulus…

    Amiiiiinnnn….

  174. apa soal UN SMA tahun ini bakalan lebih sulit dari tahun sebelumnya?????

    alove@tokill.com

  175. kang guru, minta kisi-kisi soal un 2007, soalnya saya minggu depan mau ujian.kalo bisa kirim ke e-mail saya.
    saya tunggu balasannya.
    Terisa Kasih

  176. ada kisi kisi atau prediksi soal un khan????
    tolongsaya minta itu!!!!!!!
    kirim ya
    thanks

  177. temen-temen smua belajar yach, bagi yang mw jalanin UAN bae SD-SMP-SMA/SMk . .
    ..key,,,
    .gud luck bro . . .

  178. om cc tante aku minta kisi2 sama soal2 UAN MTK DONK PLZZZZ 3 hari lagi nih, MTK AJA oke

    analyst_xv@yahoo.com

    plzz

  179. TLG SOAL-AOAL PREDIKSI UN SMP 2007,
    TOLONG KIRIM KE EMAIL SAYA,,,

  180. memang uan telah menjadi momok yang sangat menakutkan bagi siapapun, bukan hanya murid yang kebingungan dengan hal ini, guru pun ikut kelabakan menangani semua ini. tapi saya sebagai seorang pendidik merasa perlu untuk mencari informasi sekadar untuk menambah referensi untuk dijadikan latihan soal. tidak ada salahnya untuk mencari prediksi soal uan. toh prediksi itupun belum tentu benar.ini hanya salah satu upaya saja,selain belajar dengan sungguh-sungguh dan tentunya berdoa. terima kasih. CAYO yang mau UAN. uan bukanlah segalanya, tapi lakukan yang terbaik untuk itu sebagai ibadah.

  181. yah itu (-) 4 hari lagi Q bertempur ngadepin UAN yang standart nilainya 5,00. itu memberatkan bagi siswa-siswi. Apalagi X ini gak bakal ada ujian paket C. kalo g mencapai nilai 5,00 bakal kemana aku nanti!!!!!???

    Thx…
    Coba pikir2 lagi donk MENTRI PENDIDIKAN!!!

  182. tolong kirimkan kisi2 soal UAN SMA PLIZZZZZZZZZZZZZZZZZ
    empat hari lagi mau UAN.

  183. cOoL_kiD(Ce y9 Lg nUn9gU UN)

    GiLEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE……………
    PeMerinTaH g mikiR aPa??
    mSa qTa belajar cape2 cUman dPertAruhiN dLm wkT 3HARI????
    jLn teRBaek clw mw lUlus yA pNtr2 nyOntek……..
    dRpd kPedEaN tyUz g lulUs?
    maSa dePan tUwH……
    woi mEntRi,,lo dEngEr kagak???

    (sUaRA hAti aNak2 keLas XII SMAN 1 PRABU,paLembang)

    YaNg mw beRbagi ma Gw BisA hUb di 081367333703.

    bUbbyE………. (^_^)

  184. UAN adalah sarana bangsa Indonesia untuk membuat nilai/ijazah itu penting. pdahal kalau menurut saya UAN itu tidak penting. seandainya kita lulus pasti masih ada ulia lagi untuk masuk ke tingkat pembelajaran yang lebih tinggi.

  185. Wa pak saya tertipu agaknya dengan blog bapak,saya kira di blog bapak terdapat prediksi soal UN. Maklum saja, saya pada smester 2 di kelas 3 SMA ini merasa diteror akan bayang2 tidak lulus. takut kalo2 pada saat UN nanti tidak bisa mengerjakan. mengapa saya takut? jangan berfikir bahwa saya adalah pelajar yang bodoh dulu(agaknya iya),tetapi saya melihat bahwa ada juga pelajar yang dapat dikatakan pintar tetapi tidak lulus. hal tersebut,berdasarkan penelitian dalam karya tulis saya,dapat disebabkan ujian yang diujikan tidak selaras dengan kepandaian yang mereka miliki.
    Menurut saya sebagai pelajar kelulusan tidak boleh ditetukan dari Ujian Akhir saja. Ujian Akhir kan hanya sebuah Instrumen untuk pemetaan tetapi kenapa harus dijadikan sebagai penentu kelulusan. Yang menentukan kelulusan seharusnya adalah akumulasi semua nilai yang telah kita dapat sejak belajar dari kelas X sampai XII.sehingga ada penghargaan yang kita apat dari perjuangan kita selama belajar di bangku SMA. udah dah pak saya mau belajar dulu..UN udah di depan mata, takut jadi korban..

  186. Well PAk, Actually this is Great idea if to add potencial of All Students in this country (RI Lovely)…

    But, the Problem rght nw Is, meningkatkan dan menjadikan Pelajar Indonesia Itu bermutu, harus Ada step2nya..
    dan itu berkala….
    Klo kita dilihat dari sisi efektifnya, Ujian NAsional kali ini menimbulkan banyak pertentang..
    banyak siswa yang dikatakan MAmpu harus diperhadapkan dengan Situasi yang seperti ini…
    Tapi mau gmn lagi.
    This the best way! anak bangsa harus bisa menyesuaikan dengan standar belajar yang di tentukan..Itu baru bisa di katakan Siswa yang Unggul yang Mampu bersaing in Global Era…
    Tapi, kita juga tidak boleh melupakan konteks kita sebagai negara yang baru berkembang, dan juga negara yang masih banyak dilanda MAsalah yang silih bergantiii!!!
    Duh Ribet bagddd!! (^_-”
    kita tidak boleh menipu Diri kita sebagai bangsa Indonesia, yang memiliki banyak pelajar yang berada di “BAWAH KEMAMPUANNYA DALAM PENDIDIKAN” baik pendidikan Pelajaran, kesopanan,kedisiplinan…yang akhirnya membawa kita pada KETERBELAKANGAN….

    maka, hal yang paling baik jika dalam membangun intelektual bangsa dimulai pada PENDIDIKAN dalam DIRI MASING2….

    SAYA RASA UN kali ini AKAN:

    BUKTIKAN PELAJAR INDONESIA ITU BISA
    YANG MAMPU COBA MARI BERSAMA
    BANGUN INDONESIA, MENUJU NEGARA ADIDAYA
    MINTA, PADA YANG KUASA
    SEGALA KEPANDAIAN PASTI KITA PUNYA
    PERCAYALAH UJIAN NASIONAL BAWA BAHAGIA

    YUN ZHANG
    SMA NEGERI 1 MANADO

  187. tapi apa benar dengan uan itu siswa-siswa dengan sendirinya akan menjadi lebih bermutu dan meningkatkan kualitas? buktinya mereka sekarang malah sedang gencar-gencarnya membuat simulasi contekan. jujur aja, sekarang saya bakal menghadapi uan, dan saya sama sekali ga merasa adanya perbaikan kualitas pelajar indonesia dengan adaya peningkatan standar UAN kali ini (dengan soal dua paket, pengawasan super ketat, dan penaikan nilai standar)
    yah, mohon maaf kalo omongan saya rada ngaco ya, habisnya kesadaran saya nyaris habis sih, UAN di depan mata..(>_

  188. Yth : Pembuat Soal UAN SMA /SMK

    kalo membuat soal jangan yang susah2. kalo ada contoh soal mohon diberikan , karena kami semua pengen lulus bareng2
    Gak pengen seperti tahun lalu .
    Tahun 2007 kok malah banyak peraturan2 yang tidak diketahui sekolah maupun murid tolong di jelaskan masalah itu!!

  189. Kami akan buktikan omongan bapak mentri benar,kalo UN taon ne soalny mudah2,he3x.
    Ayo smua ank bangsa UN 2 hri lg ne,ayo kita semua buktikan pada dunia,bahwa kita BISA LULUS UN TAON NE!!!!!!!
    N moga2 kt g ad yg ngulang y!!!!
    GOOD LUCK!!!!!

  190. saya merasa terbebani dengan sitem UN yang sekarang, karna terdapat 2 soal antara A dan B, yang sudah pasti tidak sama jawabannya
    aku harus bagaimana?
    smua cara akan saya coba untuk bisa luluz

  191. bErJuaNg 3 tahun ke sKuL (PaNaz-uJaN)… cUma di tentuin dengan Waktu 3 Hari….?? keNaPa Juga sTandaR keLuLusan masiH di gUnaKan maLah di NaikaN…?? paDahaL khaN bisa di Liat taHun kemaRen masiH ada yaNg terTinGgaL…..

  192. Aku tertekan….. ada tips g?

  193. Yudhi Arie Baskoro

    Kalau pas, Ujian tiba2 sakit kepala [alias] pusing. terus yang dach dipelajari hilang. kasihan dech, sia2 sudah 3 tahun berjuang. ๐Ÿ™‚

  194. Pak panitia ujian nasional? saya mnt bantuan bapak dengan cara mendoakan kami semua agar dapat lulus,please?

  195. Ujian nasianal telah dipelupuk mata semua siswa yakin siap menghadapi ujian nasional, usaha senantiasa dilakukan dengan berbagai cara, PM, Belajar kelompok, Bimbel dengan lembaga lain bahkan kita telah melaksanakan doa bersama dengan tujuan lulus ujian nasional- lulus dan lulus untuk seluruh siswa tercinta. Tapi hati masih berdebar hampir seluruh orang tua siswa bergetar jiwanya karena ini ujian KBK angkatan pertama. Untuk itu sekali lagi mari kita berdoa bersama kepada ALlah SWT semoga semua siswa berhasil dengan gemilag amin ya robalalamin

  196. ujian akhir nasional suadah mulai hari ini,tapi kawan-kawan g’ usah panik ya soalnya UAN adalah intropeksi bagi diri kita.dan sebagai ujian bagi kawan-kawan semua.kita doakan agar uan kali ini semuanya lulus….. amiiiiin yarabbal ‘alamin.

  197. kita semua tadi sudah memulai kegiatan UAN,,
    kita semestinya sadar dan berusaha keras untuk menjawab semua pertanyaan,,,
    masa 3 tahun kita menempuh pendidikan di SMA,dengan 3 hari ini kita menentukan hidup dan mati kita,,,,,,,,
    Berusahalah,,,,,,,, Chayo!!!!!!!!!!!!!!!
    SEMANGAT
    percaya Allah SWT pasti akan menolong kita,,,,,,

  198. minta soal uan donk,,
    pelit lu kalo ngga ngasih

  199. mana soalnya ni paragh lagi buru” cari soal boocoran ni kasi dunk please….. si ganteng menanti ^6

  200. ini jawaban uan mat 2007
    catet ya..
    1.a 2.b 3.c 4.d 5. . . .
    Adu Boo Cape Dee..
    SMANGAT SMUA ANGKATAN 26/27 ok”..

  201. ee tmen” ini ada doa mau uan :
    Allah hummaj’alnaa fii ta’allumi wal imtihaanaati.
    artinya:
    ya Allah jadikanlah ujianku berada dalam keberhasilan

  202. Bapak/Ibu guru yg terhormat tolong donk kasih bocoran soal UN untuk SMP plz T_T

  203. plzzzzzz kasih bocorannya dong tentang SOAL UN plzzzzzzzzz

  204. tolong sampein ke depdiknas!!!!!!!!!! klo masyarakat Indonesia mo sukses , seharusnya nilai standar UN ga gede2 amat kaya sekarang GOBLOG

  205. KAYAKNYA PEMERINTAHAN SEKARANG KAYA TAI YACH NILAI STANDAR KELULUSAN AJA GEDE2 AMAT

  206. masa iya seeech jaman sekarang percaya sama prediksi soal uan?
    padahal yang namanya prediksi cuaca aja sering salah
    apalagi ujian….
    coba dech jawab,siapa temennya bawang hayooo……..??????
    hah…. cabe dech…………….. :p

  207. sebenarnya ngak ada yang mesti ditakutkan dari un 2007 karena soalnya pada mudah semua

  208. kalaupun ada yang mesti buat sekarang ya…. kalau nungguin hasilnya yang kabarnya keluar 16 juni.

  209. Mending nyontek dare pade cari bocoran, ini ma ga ada usahanya. Tapi klo mo lebih bagus lagi ya blajar yang giat, buat orang tua lo bangga. Klo itu hasil lo ngerjain sendiri kan puas. remember this

  210. Ehh lo semua yg mau cari prediksi soal2 UAN cari aja tu di web site “www.mana ada.com. Lo semua pada goblog ya masa cari prediksi soal UAN, ga jaman. mending lo lo blajar, kan lebih afdol dari pade cari prediksi ga ada untung nya. ya klo ketemu, klo ngga kan rugi, rugi tenaga rugi uwang buat bayar warnet trus memperlihat kan ke goblokan lo. saran gue belajarlah wahai anak2 bangsa endonesia dan dekatkan lah diri lo kepada penciptamu yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Eh jangan sampe ada anak SMPN 2 malang yg cari prediksi ato bocoran ato apalah yg bisa ngebantu lo untuk lulus. gua yakin ga di berkahi Tuhan om2 neng2.

  211. Hayoooooooooooooooooooooooooooooo maju dan semangat mengerjakan UAN dan berdoalah serta Pasrah ,Occeeeeeeeeeeeeeee!

  212. jiao yo!!!
    terus belajar dan berdoa
    ^_^

  213. Berjuang anak-anak smpn 24 mks jangan lihat soal atau kunci jawaban di internet tidak ada hanya omong kosong

  214. SBY jangan menyulitkan kami dalam belajar kalau nilai kelulusan terus dinaikan maka akan banyak siswa yangtidak akan lulus.

  215. ayo sman 1 parongpong kalian pasti lulus.
    by XA

  216. parah soal matematika banyak yang nge-jebakin

    sebenerny mudah2

    bnyk tmn dan es ak yang kejebak

    yah gak jadi 100 dong

    menjengkelkan!!!!

  217. Donny

    kindaeki@yahoo.com

    uan taii loooooeee…

    bikin gw strrrrreeeeessss….

  218. agus kichi hermansyah

    enak ya ujian kemarin teman-teman, bagaimana kira-kira hasilnya, memuaskan nggak?????????? kalo saya belum ujian ne, rencananya sih bulan yang lalu. tapi karna satu dan lain hal ujiannya diundur, susah ya, gimana gak susah kalian sudah pada selese, tapi saya di sini ada setengah mati untuk persiapkan diri saya untuk saya ujian. bantu saya donk???? kalo kalian mau bantu saya kirimkan kalian punya resep ato apa yang bisa buat membantu saya dalam mempersiapkan ujian saya. kirim di cines_4345@yahoo.co.i
    d, saya tunggu ya…………….

  219. Angkatan 2006/2007

    Buat semua PESERTA UN/UNAS qtq udah berusaha semampu yg qtq bisa sekarang yg harus qtqa lakuin yaitu BERDOA. BERDOAlah kepada YANG DIATAS AGAR QTA bisa lulus bersama2. AMIN
    angkatan 2006/2007 PASTI LULUS 100%
    AMIN
    Ciayooooooooooooooooooooooooooooooooooooo
    bye my frinds
    GBU

  220. hay mari kita berdoa untuk semua yang telah kita lakukan selama belajar 12 tahun, semoga kita semua dapat luluz dengan nilai yang baik dan memuaskan

  221. hay mari kita berdoa untuk semua yang telah kita lakukan selama belajar 12 tahun, semoga kita semua dapat luluz dengan nilai yang baik dan memuaskan.
    oy pengumumannya kapan

  222. pa mentRi ga pernah ngerasain jadi siswa zaman MOdeRn seh…???
    baPak mah jadul ah…,,kita tuh pusiiinggg,,lebih pusingggg dari nyamuk
    aedes egypty cari mangsa????tau ga???
    kiTa berjuang belajar berdoa buat ngebahagiain ortu n jadi generasi
    muda yang oke punya n bertanggung jawab…tapi apa??
    Bapak2 dsna malah ngalangin2 kt buat maju…
    buat apa nilai dibatesin klo yg dpt nilai bagus malah buat onar dimana-mana???he..he..
    maaf Paak…ini cuma curhat doank ko…abisnya pusing nunggu hasil UN
    yang maju mundur….

    makasih yaa…
    seManGAT BAPAK2 YG TERBAIK!!!!

  223. Soal yang paling susah

  224. ya udah semangat terus yach, cayyo. jangan berkecil hati dan putus asa. ingat Allah mungkin memiliki rencana lain buat umatnya. terus belajar dan berdoa. Good Luck
    Tapi kalo w ndiri blm UN coz tahn ini tap yang memberatkan ada hot issue ktnya tahun ini nilai 6.0 dan mata pelajaran 6 em cukup membuat kepala w muter.

  225. why not, mengapa gak bisa. uan yo hadapi dengan penuh kesabaran and pastinya minta doa ma ortu and guru lo masing masing.

  226. and tolong emailin soal prediksi UAN 2007 ke alamat email gua. nyang jitu jitu. and thanks

  227. tolong kirimin saya prdiksi unas tahun 2008 ya??? kirimin lewat e-mail ya..,

  228. tolong kirimin soal-soal mata pelajaran kelas 6 SD yach?kirimin lewat e-mail ya……….

  229. ga tau gimana pemikiran bpk2 mentri..
    maen naikin2 nilai semenah2..
    apalagi ada berita mau ada tambahan mata pelajaran uan..
    kenapa seperti itu..

    coba mikir..dan coba gimana klo bpk2 mentri punya anak yg mau ujian
    lalu tidak lulus..apa bpk2 mentri mengeluarkan kebijakan seperti itu gara2 anak bapa sudah pada lulus dan lalu menjerumuskan yg di belakang sanah..

    tolong di pertimbangkan

  230. wrakadah…, i think this blog is very funny, actually i just browsed in the internet and find this blog. D’ya think u r writing can help students or make them become not happy to ya?

    c’ya

    Coaching Teacher

  231. Aduuuh!!!
    kayaknya sulit banget ya ujian nanti….
    Tpi hrs te2p optimis dong…
    Pasti bisa dan harus bisa!!!!!!!!!!!

  232. tolong saya aditya nanda kelas 3 SMK taruna terpadu bogor,

    meminta soal UAN 2007.saya ingin lulus dengan tidak memalukan…
    belajar sudah namun rasanya kurang…

  233. wah…!ujian sekarang ditambah lagi mata pelajarannya ipa men… gimana sih pemerintah tak adil nya masa ditambah lagi…. yo…

  234. harusnya jangan ditambahnya “seharusnya kita harus usul kepemerintah
    pak pemerintah jangan tambah donk………

  235. cupu ! ! !

  236. sekolah di tentukan dengan 3 pelajaran, namun mungkin sekarang menjadi 6 pelajaran kayaknya gak banget deeeeehhh…. lebih baik sekolah yang menentukan. siapa anak yang pantas lulus dan yang gak!!!guru-gurukan yang lebih tahu daripada pemerintah. kita sering denger dan selalu ada pihak yang membanding-bandingkan dengan negara tetangga yang batas ketuntasannya lebih tinggi dari kitalah atau gimanalah. saya ingin tekankan lagi kita ini orang INDONESIA dan harus punya inisiatif sendiri tentang cara apa yang dilakukan dalam kelulusan atau gimana? thanks

  237. aku sangat setujuuu…. dengan begini kualitas anak-anak Indonesia akan meningkat.oleh karena itu,saya sebagai anak Indonesia yang sangat menginginkan perubahan ingin segera KABUR DARI NEGERI TERKUTUK INI?!?!
    IDOEP REGGEAE
    RASTAMAN LIVE UP

  238. Ya,, gito dech…

  239. NILAM ma gimana yang laen aja,,,, tapi klo kata NILAM ma jangan ditambah pake pel IPA!!!!!
    Gila aja 3 pel aja uda riet apalagi 4!!!!
    ya g ci kawand????!!!!!!!
    emang ci itu cmua untuk Indonesia maju n g ketinggalan ma negara2 laen kya SINGAPUR..
    tp kta NILAM ma klo mo nambahin 1 1 misalnya taun ckalang nambah fisika trus taun dpan bio trus kimia…
    Jd kan kta2 g tlalu kaget..
    ya g cy?????

  240. Yah Ujian bagi kita semua ujian nasional itu
    Saya sebagai guru, kepala saya sebagai kepala sekolah (maksud saya atasan saya) kepala kandepdiknas, kandepag, kepala kanwil., menteri-menteri sampai polisi-polisi sehingga kapolrinya dan Presiden yang terhormat.
    Menjadi ujian secara nasional untuk seluruh warga nasional agar kelihatan mana yang berprestasi dan mana yang tidak??? Bukan begitu sodara?

  241. yah MemANg uJIAn ci..
    tapii kLO bAKat qt bKN di 6 pel itu gmn???
    yang tau standar kepintaran siswa/ siswi hany guru y9 tau bkn pemerintah…
    buat apa qt belajar pelajaran selain 6 mata uan itu di sekolah slama 3 th,kalo9 hanya di tentukan hanya 6 hari…

  242. kalo ujian udh 6sub kansusah baiknya kita penjurusan sejak smp jadi bisa jadi ahli di satu bidang

  243. Sebenarnya apa sih UN tuh??? kayaknya g penting banget sih dan g masuk akal. Masak qt sudah lama belajar selama 3 tahun kok ditentukan hanya beberapa jam saja, kayaknya g logis tapi dari situ kami bisa belajar bahwa sesuatu itu pasti ada ujiannya masak sudah beberapa lama ga ada ujiannya jadi qt g naik2 maknya aq setuju kalau mutu pendidikan kita harus dibenahi dan jangan mengambil keputusan yang banyaka merugikan siswa dan orang tua murid.
    Thank’s

  244. Sangat-sangat setujulah klo pendidikan Indonesia itu segera diperbaiki mungkin aku betah sekolah g kayak sekarang males banget sekolah sampai-sampai lebih enak kerja daripada sekolah.
    semangat trus perjuangkan pendidikan yang bermutu untuk anak bangsa kita.
    setuju???????
    Thank’s

  245. Pusing aku melihat Pemerintah sekarang

  246. UNAS BOLEH BOLEH SAJA,ADA YANG PUSING KEPALA,,,,APA SIH TUJUAN PEMERINTAH UNTUK MENAMBAH MATA PELAJARAN MENJADI ENAM, APA INDONESIA ITU MAU DI JADIKAN NEGARA PENUH MASALAH.GURU YANG BERTAHUN2 MENGAJAR TAPI TIDAK BERHAK MEMBERIKAN NILA PRISTASI DARI MURITNYA, ALANGKAH IRONISNYA BUAT PARA PENDIDIK BANGSA.

  247. sekolah sekarang bukan menjadikan anak tambah pintar,,, tetapi …..menjadikan anak dan orang tua menjadi stres.

  248. kalau semua punya pendapat boleh boleh saja, sekarang kan jaman DEMOKRASI , UNAS 3 MATA PELAJARAN SAJA SUDAH PUSING APA LAGI KALAU DI TAMBAH MENJADI 6 MT PELAJARAN,OOOOHH BOSAN AKU MENDENGARNYA, SEBAIKNYA AKU JUALAN NARKOBA SAJA.

  249. kita terima saja kenyataan ini ,saya doa kan semua mata pelajaran akan muncul di soal un

  250. menurut saya bukan standar kelulusan yang harus pemerintah,dari tahun ke tahun tingkatkan,justru hal yang paling penting itu adalah pengawasan terhadap berjalannya uan itu sendiri,buat apa jika lulusan bernilai menjual,namun rapuh dalam ruhnya karena didapatkan bukan dari hasil keringat sendiri

  251. Serahkan saja seuanya kepada Guru BP/BK karena merekalah guru-guru yang paling sakti. Bisa membuat siwa pintar pelajaran apapun, bisa membuat siswa memiliki motivasi dan keinginan sendiri untuk lebih care dengan tujuan belajar dan merencanakan masa depannya. Masalahnya apakah benar saat ini guru BP/BK sudah dioptimalkan oleh sekolah? Apakah para guru BP/BK juga sudah berusaha untuk mengoptimalkan dirinya untuk selalu menjadi orang sakti yang siap membantu permasalahan2 siswa? Wallahu aโ€™lam bishawab…

  252. ….nulis lagi
    Pemerintah mau memutuskan apa aja silahkan… kita laksanakan aja deh! Tapi bukan berarti pemerintah harus arogan memaksakan kehendak loh…
    Soal UN 2008 kan udah ga bisa ditawar2 lagi, jadi hayu beraksi aja, Action… ayo Pemerintah gmn action mu supaya UN ini sukses sesuai tujuan awal. Buat para pelaku sekolah… hayu action nya apa. Para guru sudah pasti punya action real jg khan… Nah para orangtua ga usah stress tapi Hayu Action nyatanya dilakukan misalnya lebih banyak menyisakan waktu untuk mendampingi putra/i nya agar bisa lebih fokus ke belajar, dikontrol saat berada di luar sekolah. Buat qt pada umumnya juga ayo atuh meberikan support kepada para siswa agar berhasil pada UN 2008 nanti dengan aksi sekecil apapun, mudah2n dengan begitu semua siswa dapat lulus UN.
    U kedepan mudah2n pemerintah bisa lebih bijak lagi dalam memutuskan sesuatu… Guru di lokal daerah/wilayah lebih faham tentang siswa/i nya so berilah kesempatan u mereka memberikan penilaian dan hak untuk menentukan Lulus tidaknya seorang siswa… Otonomi meureun lah gitu jadi penentuan kelulusan bkn dimonopoli ku pamarentah. Haur nuhun.

  253. ….masih nyambung
    dan untuk adik-adiku para siswa sekolah yang akan menghadapi UN, jangan putus asa. Inilah jaman Anda… inilah kenyataanya, dan disitu ada tantangan yang harus kalian lewati untuk dapat melangkah lebih jauh ke jenjang pendidikan berikutnya. Dengan gagal UN tahun ini berarti akan ada waktu yang terbuang karena kalian tidak dapat melanjutkan studi ke jenjang pendidikan selanjutnya (sampai kalian memperoleh surat kelulusan tersebut). Jangan sia-siakan waktu, mumpung masih ada kesempatan mulailah dari sekarang juga:SEKARANG JUGA!, atur waktu dengan baik dan fokuskan pada kegiatan belajar kalian. Banyak berkonsultasi dan bertanya dengan guru atau siapa saja yang bisa membantu kamu. Jangan berfikir untuk brbuat curang! Percayalah bahwa kalian pasti bisa, pasti mampu! Berusahalah sampai titik maksimal! Pengorbanan! Kurangi jam maen, jam nongkrong, atau kegiatan2 lainnya yang kurang penting DEMI MASA DEPAN YANG CERAH! Akang do’akan semoga kalian semua dapat LULUS dengan SKOR MAKSIMAL pada UN tahun ini.
    Wassalam.

  254. UN……? g ngerti juga seh… kenapa harus ada UN. Siswa belajar 3 tahun lebih dari 13 mata pelajaran.., kenapa yang mempengaruhi kelulusan cuma matematika, bahasa indonesia dan bahasa inggris ?????
    Padahal kita, para siswa punya kelemahan di setiap matapelajaran yang berbeda.
    Untung lah…… bagi mereka yang suka matematika, bahasa indonesia dan bahasa ingris.
    Babak belur lah…… bagi mereka yang benci matematika, bahasa indonesi dan bahasa ingris.

  255. menarik juga judulnya.
    UN suatu yang sangat dilematis mengingat sangat tidak konsistennya beberapa sekolah dengan menghalalkan semua cara demi meng”Upgrade” nama baik sekolah.
    Jika anak didik saja udah didik dengan cara curang maka jangan harap generasi yang muncul menjadi generasi yang bisa menjadi harapan.

  256. pak mentri gitu banget sich…! fisika, kimia, biologio itu kan susah… bukunya aja ada 3. tapi ada baiknya sich..! jadi belajar 3 tahun gak sia2. Pak mentri nanti bikin soal2nya jangan susah2 ya….!

  257. Glia… UN skarang susah bgt…

  258. pak tolong solusi nya. cara contoh bahan soal ujian nasional smu jurusan IPS matematika ,ekonomi ,bahsa indonesia, geografi,sosiologi
    ma kasih ya informasi nya ya pak

  259. Sya seorg siswa d PGRI sprt ny sya pun mrsa sngt kbratn
    ats naik ny nlai stndarisasi.n bnyk yg mrs sprt sya saat ni

  260. shruz nya mendiknas{mas bambang s}ikut ujian nasional untuk 6 mata pelajaran.coba lulus apa ga???????????

  261. gua setuju banget ama usulan tiar, coba deh pak mentri ditest juga dan yang nungguin para siswa, kira kira bisa nyontek gak ya ??? boleh deh standarnya 5,25 untuk siswa dan pak mentri…. kita adu yuuk mana yang lulus ????
    Klo pak mentri gak lulus, kita tukeran tempat yuk ? GUA yang jadi mentri….

  262. wah bnr tuch past nilai ny ancur bgt cuz ky ny w pngn tau pa menti bs ngrjain atw omdo{omong doank] lagian gw bngng knp hrz knaikn pdhal dah bnyak yang kg lulus………………
    EMANK ORG YANG ANEH……BETUL GA TUCH????????????????????

  263. Kita tekankan kepada anak didik, bahwa proses belajar itulah yang sangat penting. Bukankah proses itu lebih penting dari pada tujuan proses itu sendiri???!!!???
    jadi, Proses belajar disekolah 3 tahun ditingkat SMA/MA atau SLTP itu lebih penting daripada sekedar ijazah yang cuma satu lembar, atau hanya sekedar Ujian Negara yang cuma beberapa hari, sebab jika proses belajar tepat, dan disiplin waktu, jelas !!! UN tidak perlu dirisaukan….
    Banyak-nya siswa berkerumun di Bimbingan belajar, itu sebuah contoh yang menyakitkan dalam dunia pendidikan kita? lantas bagaimana fungsi sekolah sebenarnya????????? (maaf terlalu banyak tanda tanya).Mugkinkah kita harus gubah syair lagu “terima kasih Guru” menjadi “Terima kasih Tentor”.
    Jadi sebagai pendidik lebih baik kita intropeksi diri kita, dengan Memperbaiki kompetensi diri kita sebagai seorang pendidik, dan bagi siswa tentunya ditekankan masalah proses belajar agar lebih serius dan aktif disekolah, cukup selesai sudah dalam mikir tentang UN yang katanya seperti hantu pocong tersebut.
    Wassalam. Mahbub alwathoni Guru KIMIA MAN-MODEL Singkawang.

  264. Untuk bapak menteri pendidikan yang terhormat,,
    izinkan saya memberi saran untuk bapak menteri..
    kalau bapak ingin seenak bapak menaikkan standar kelulusan dan menambah-nambahkan mata pelajaran yg diujikan,,coba saja bapak menteri yg terhrmat ini merasakan apa bapak bisa lulus????..di jaman bapak khan tdk ada UN jadi bapak blm bs merasakannya..

    to: Bapak Menteri Pendidikan

  265. wahai anak” kelas 3 sma diseluruh nusantara …..
    ayo…. terus semangat
    hadapi UN dengan senyuman..

  266. pak mentri emank sok pinter coba dulu pak mentri merasakan apa yang dirasakan anak sekolah sekarang tambah botak tu kepala. dulu pak mentri skul kan ga’ ditentuin negara yang nentuin sekolah jadi kalo gurunya g’ ngelulusin bisa – bisa sekolah dihancurin. serbuuuuuuuuuuuu brakkkkkk burn………….
    waduh gimana tuh kan kepseknya jd takut jd lulus semua tuh murid2nya padahal otak udang
    saya setuju tuh kata mas ucil
    harusnya negara memberi ujian dulu sebelum menjabat jadi mentri ato yang laen ntar baru di kasih tau kepada publik kalo gak lulus ga’ usah menjabat deh…. kan masyarakat g’ tau kalo dia pinter ato goblok
    bukan cuma bisa ngomomg ama kampanya cuman buat menarik perhatian
    BIARR IMPAS TAU’………

  267. Indo bisa kasih apa sie ke kita tiap hari kasih pajak brang2 jg mkin mhal…tp kita jgn “take” mulu bisa gak kita “give” jg??
    kita menuntut Indo, agar bisa membuat kita selalu bangga menjadi kewarganegaraan Indo…jadi kalau ke luar negri sebut nama Indo jg bangga bgt gtu, ngara g gni gtu loww…kren kan…
    tapii… ap yang udh kita prnah prbuat untuk Indo?? prnahkah kita membuat Indo bangga???

  268. ternyata UAN membuat anak2 sekarang menjadi streess. adik saya aja yang baru kelas 3 SMP aja udah streesss. mana dia harus fokus untuk menhadapi UAN, pihak sekolah masih aja menjejali dengan tugas2 yang menumpuk.menurut saya anak2 produk sekarang bakal banyak yang MKKB( masa kecil kurang bahagia), soalnya masih kecil aja udah di bikin strees oleh sekolahnya.

  269. skrg prsaingan makin ketat, pndidikan jadi pnting bgt, mulai dari kecil di cekokin bnyk pngtahuan biar nanti gede nya gmpang hidup nya..pribahasa nya bersusah-susah dahulu bersenang senang kemudian..hihi
    yang pasti jgn pernah anggep bljar itu beban.. belajar itu fun koq..^^
    jadi lbh pnter dr org2 jg fun loww..hihi mka nya cari tau bnyk hal yoo..
    imbangin bljar nya sama main jgn main terus tapii, aplagi ampe lupa waktu gtu..hueee..^^

  270. Ass..,

    biar bagaimanapun UN udah d depan mata.
    Kami cuma bisa berusaha dan berdo’a.

    Do’ain ya biar saya LULUS UN.

  271. waaaaahhhhhh……tw ah gelaps yg pntg q nanti bs lulus/. doax ja. unas sma ja dre thn kthnm. yg pntg tu LULUS. AAAAMIIIIIIIIn.

  272. kan kelulusan tingal tergantung kita dan tergantung sang pencipta, oleh kerana itu banyak-banyaklah ber do’a agar diberi kemudahan dalam menghadapi Un

  273. FC:\WINDOWS\hinhem.scrC:\WINDOWS\hinhem.scr

    knp Un smp mesti ditmbh IPA?
    nambahin beban belajar aja, tau gitu dr dulu aja cm blajar IPA, MTK, B.Ind, B.Ingg ga ush pake blajar yg lain2, trus knp mesti ada UAS? gmn indonesia mau maju klo mau lanjutin ke sekolah tingkat tinggi aja hrs bnyk ujian yg hrs diikutin, dan yg diujikan cm 4 MATA PELAJARAN pdahal yg dipelajarin banyak bgt. jd guna dr plajaran IPS, PLKJ, KWN dll apaan?

  274. mbe jak sak tedownload no

  275. Lulus pasti, cari kerja tidak pasti ………….

  276. kirimi saya soal-soal uan smk di emialku

  277. […] 29, 2008 · Uncategorized untuk link prediksi UN klik disini […]