Website Tutorial Flash

Sekedar info

Menemani rekan guru yang sedang belajar Flash MX untuk pembuatan media pembelajaran, saya tertarik untuk sedikit lebih memahami bagaimana bekerja dengan Flash MX 2004. Kenapa tidak belajar flash 8 sekalian? Jawabnya karena rekan saya belajarnya pakai Flash MX 2004. Selanjutnya yah saya cari tutorial tentang Macromedia Flash MX 2004. Beberapa di web penyedia “ebook-free” tersedia banyak yang kita inginkan (tutorial flash) walaupun berbahasa Inggris. Saya sih gak begitu repot karena ada yang bantu untuk memahaminya, pakai kamus Stardict.

Tutorial flash yang berbahasa Indonesia ada sih tapi menurut saya tidak selengkap tutorial-tutorial yang berbahasa inggris. Setelah googling dengan mengetikkan “tutorial Flash MX 2004” di mesin pencari google akhirnya saya peroleh banyak tutorial tentang flash itu. Salah satunya yang saya ceritakan lewat tulisan kali ini.

Saya mendapati situs tutorial untuk Flash MX 2004 secara online. Tutorialnya cukup mudah diikuti oleh pemula atau orang yang baru kenal flash sekalipun. Dan tidak hanya itu, di url yang barusan saya temui ini juga berisi tutorial untuk yang lain: Flash 8, Excel 2003, Dreamweaver 8, Windows XP, Acces 2003, Dreamweaver 2004. Pada web ini kita bisa melihat tutorial dalam bentuk video juga, sangat memudahkan.

WWW.TEACHERCLICK.COM-lah url yang saya maksud. Dalam halaman pembukanya tertulis :

“This site is designed to offer to the educational community completely free and high-quality software tutorials and online courses. With teacherClick you can learn how to use computers, Internet as well as office, graphics and web development applications.”

Dari web ini bisa dijadikan salah satu referensi untuk pembelajaran siapa saja. Website ini didisain untuk komunitas pendidikan secara lengkap gratis secara online. Isi web ini tutorialnya di bagi menjadi beberapa bagian.

1. Introduction
2. My first Flash Animation
3. Working Environment
4. Drawing
5. Working with Texts
6. Sounds
7. Working with Objects

8. Layers
9. Symbols
10. Graphics
11. Movie Clips

12. Button
13. Movement Animations

14. Form Transformations
15. Effects on Animations
16. Generating and Publishing Movies
17. Introduction to ActionScript 2.
18. Examples of Use of the ActionScript 2.

Selain tutorial diatas juga disediakan link secara terpisah untuk:

  • Video tutorials
  • Exercises step by step
  • Proposed Exercises
  • Evaluation Tests

Lebih lanjut tentang website ini, kita juga dapat belajar bagaimana menggunakan komputer, internet seperti aplikasi perkantoran, grafik, dan web development.

Saya telah mencoba untuk mengkopi isi web ini sehingga saya bisa membukanya secara offline namun link antar halaman tetep berfungsi (pakai websitecopier-httrack). Saya berniat mengkompresi hasil kopian web ini kemudian saya akan upload. Tujuannya agar siapa saja ingin mempelajari beberapa hal namun memiliki keterbatasan akses internet bisa mengunduhnya. Saya tidak tahu apakah tindakan saya ini melanggar aturan atau tidak. Jika itu tidak melanggar maka akan saya upload untuk bisa didownload secara bebas. Untuk yang ini saya nunggu saran saja.

Selain website di atas masih ada lagi yang cukup bagus untuk pembelajaran Flash MX dari flashdeveloper.

Mungkin ada yang tahu link lain yang bagus tentang hal ini?

26 responses

  1. bagus2..trims…lg belajar web development nih..

  2. saya nunggu niat baiknya pak guru aja deh..buat mbagi2 hasil nyedot webTEACHERCLICK deh..
    *mode menunggu*

  3. … “Saya tidak tahu apakah tindakan saya ini melanggar aturan atau tidak. Jika itu tidak melanggar maka akan saya upload untuk bisa didownload secara bebas. Untuk yang ini saya nunggu saran saja… (jo rago Pak dhe ..!)

    …Pak dhe, Hak cipt@ hanya milik Allah Swt. dianjurkan untuk menyebarluaskannya, demi mendapat pahala jariyah…OK ?!ups. tp gak maksa lho..tp tak tunggu up loadnya. suwun.

  4. …Saya telah mencoba untuk mengkopi isi web ini sehingga saya bisa membukanya secara offline namun link antar halaman tetep berfungsi (pakai websitecopier-httrack)… wah dari dl susah kalo mau buka offline tp masih tetep nyambung antar page. makasih, entar tak cobain jg ahh.

  5. Siip Pak Guru.
    Biasanya yang agak merepotkan di Flash masalah ActionScript.
    Misalnya: agar halaman tampil fullscreen, on-off sound, pergantian antar frame, exit dll.
    Perintah-perintah script tersebut enaknya dicopy, lalu bisa disimpan di text editor dengan diberi keterangan masing-masing script.
    Jadi penulisan script sementara bisa copy, sambil edit dikit-dikit. (untuk menghindari kekhawatiran melihat script flash, pengalaman pribadi). Lama-lama hapal juga, nggak hapalpun nggak apa.
    Yang penting bisa nge Flash.
    Selamat beranimasi ria dengan flash.
    Ayo, ayo rekan guru tercinta, nggak usah nunggu pelatihan, ikut pak Urip saja. *ikut menghasut*
    😀

  6. @ anung: nggih sami-sami.

    @ antobilang: Ok sabar yah, semoga semuanya bisa berjalan nantinya, saya harus uji dulu agar gak mengecewakan.

    @ Yusuf: Ok saya nunggu saat yang tepat saja, selamat mencoba.

    @ cakmoki: Yup bener, guru banyak yg baru denger dengan action script, kalau yg udah biasa sh emang gak masalah dalam belajar flash ini. Perlu waktu yg cukup untuk bisa flash cak.

  7. Di tunggu uploadnya mas, karena saya juga mau belajar flash.

    Di tunggu ya…

  8. mas saya menunggu tutorial flash yang lebih banyak untuk tingkat pemula sampai menengah dari yang menggunakan script sampai non-script. terima kasih.tirose_rag

  9. heheh, mo nyedot koneksi lelet banget…

  10. muhammad risal spd

    ok deh kami tunggu. soal melanggar hukum saya rasa tidak karena ditampilkan di internet itukan untuk umum. biardeh kami jadi saksi dipengadilan.

  11. Terima kasih atas info nya…saya juga termasuk salah seorang pemula dalam flash.

  12. Wuih . . . .

    aku tak menyangka ada tutorial di internet . . .

    makasih banyak nih . . .

    aku lagi blajar maenin flash . . .

    maklum pemula . . .

    klo dari buku yg di jual di toko2 kurang banget ilmunya . . .

    makasih bgt . . .

    klo ada lagi hubungin aq dunk . . . (handry_tibi@yahoo.co.id)

    pengen banget blajar dari tmen2 . . .

    makasih yaaaaa. . .

  13. saya sangat berterimakasih jika anda berkenen mengirimkan file tutorial macromedia flash mx 2004 tersebut ke email saya karena saya sangat kesulitan. terimakasih

  14. terimq kasih pak… guru. ide..idemu aku terapkan loh di karyaku

  15. siiip, kita tunggu!!!. “ilmu akan bermanfaat bila di sebarkan/di ajarkan” kata emak saya

  16. Gua Pengen Banget bisa Blajar n Ngerti Banget tentang Flash,,so Please diajarin!!!Thanks

  17. sebenarnya flash itu g’ susah2 amat, yang repot barangkali cuman bikin action script nya tapi kalo cuman pake logika bikin film sih dan outputnya hanya presentasi satu arah, ga’ susah tapi emang butuh waktu untuk menyusun skenario dan disiplin pada setiap job scene, kapan2 saya sharing file presentasiku di flash yah!

  18. pak guru saya mo tanya gmn cara downloadnya????
    biar uang saya gx abis di internet dan bisa belajar dengan tenang di rumah !!!!!!!!!!
    pak guru tolong ih dibales sekarng juga!!!!!!!!11
    hehehehehe!!!!!!!!!!!!!!! 🙂

  19. pak dhe saya mo tanya, saya kan mo buat website, nah saya mke dreamweaver untuk softwarenya. trus yg mo saya tanyakan klo saya nginstal dreamwever.saya harus menginstal apa saja? didalam dreamweaver tersebut:):);)

  20. mas masa sih gak ada yang berbahasa dan lengkap srta enak buat dipelajari,waduh aku sampek pusing gimana caranya belajar flash 8
    tolong ya mas,
    kirim jawaban ke email saya

  21. mas masa sih gak ada yang berbahasa indonesia dan lengkap srta enak buat dipelajari,waduh aku sampek pusing gimana caranya belajar flash 8
    tolong ya mas,
    kirim jawaban ke email saya

  22. saya mau nanya tentang “scene”. sbtulnya fungsi pasti Scene itu bagaimana sich??

    btw, yang mo E-book about flash, silakan krim email ke mercyarafat@yahoo.com
    banyak ney ama gw,klo cuma yang dsar2 banyak.yg heboh jg banyak

  23. saya mau nanya tentang “scene”. sbtulnya fungsi pasti Scene itu bagaimana sich??

    btw, yang mo E-book about flash, silakan krim email ke mercyarafat@yahoo.com
    banyak ney ama gw,klo cuma yang dsar2 banyak.yg heboh jg banyak

    maksih ya…

  24. Pak dhe aku pingin banget bisa flash tapi tutorial yang mudah sulit carinya, boleh deh aku dikirimi lewat j00d11@yahoo.co.id, trim”s