Agar Ubuntu Bisa Baca-Tulis FAT/FAT32

Meng-akrab-i Ubuntu-Linux

Tulisan ini saya buat bukan berarti saya mengerti Linux (Ubuntu), tetapi sekedar menuliskan pengalaman yang barusan saya lakukan, dari petunjuk yang telah ada sebelumnya. Ada pepatah “ikatlah ilmu dengan menuliskannya” maka ini saya lakukan. Sesuai apa yang saya lakukan. Untuk berbagi pengalaman agar yang baru kenal Ubuntu gampang memahaminya.

Hardisk yang terpasang di CPU saya adalah Harddisk tipe SATA terpartisi menjadi 3 yang terpasang pada primary master:
/dev/sda1 = EXT3 (saya khususkan untuk Ubuntu)
/dev/sda2 = Extended
/dev/sda3 = FAT32 (data)

Berikut ini cara mounting hardisk yang memiliki partisi type FAT/FAT32 (pastisinya windows).
Pastikan hardisk terdeteksi oleh komputer, bisa dicek lewat bios atau lewat fasilitas Disk atau dengan Gnome Partition Editor di Ubuntu.

Jika FAT/FAT32 tadi berada di partisi lain dalam satu hardisk dengan Ext3 Ubuntu (sda),
Anggap saja lokasi pastisi windows (FAT/FAT32) berada di /dev/sda3 (seperti hardisk saya tadi).
Folder pemasangan(Local mount folder): /media/windows

Buka konsol/terminal
Ketik/salin –> sudo mkdir /media/windows
jika diminta password isikan saja password yag anda punya-> enter.
setelah itu:
Ketik/salin –> sudo cp /etc/fstab /etc/fstab_backup <– enter
berikutnya:
Ketik atau kopikan –> gksudo gedit /etc/fstab <– enter (akan terbuka gedit = semacam notepad)

Berpindah ke gedit
Ketik/salin –>
/dev/sda3 /media/windows vfat iocharset=utf8,umask=000 0 0
Mengetiknya di bagian bawah teks dalam gedit tadi loo.
Simpan perubahan yang dibuat, terus tutup gedit ini.

Cara me-remount /etc/fstab (memasang partisi lagi) tanpa rebooting komputer

Ketik atau kopikan ke konsol/terminal–> sudo mount -a

Selesai, selanjutnya coba explore isi hardisk dengan fasilitas yang ada, jika data di partisi FAT/FAT32 terbaca artinya yah berhasil me-mount-nya itu.

Demikian saya tulis sesuai apa yang saya lakukan. Semoga tidak lebih membingungkan seperti saat saya mengikuti petunjuk di Panduan Ubuntu Bagi Pemula karena bener-bener awam.

Mari berbagi untuk hal sekecil apapun…
SEKECIL APAPUN…

 

Edited: Untuk membaca partisi linux ext2/ext3 dari Windows bisa digunakan software Ext2 IFS For Windows. Dari sini downloadnya, kemudian install di Windows.

22 responses

  1. sip, makin mantap aja… ikatlah ilmu dengan menuliskannya, selamat berbagi

  2. Pak Guru, maturnuwun atas bagi-baginya. Yang beginian masih abot buat saya wong mau mempartisi PC kerja yang masih pake jendela-jendela saja minta ke MIS, nggak bisa ngerjain sendiri. Apalagi yang Linux. Weleh… pasti tambah minta bantuan kalau nanti saya mutusin PC Dhenok di rumah mau saya instal Linux.

  3. sekali lagi…pak guru idaman…learning by doing

  4. Whuehuehe.. hebbaaaatt euy.
    Pak guru makin jago aja nih.
    Pak, BTW itu sudo mount -a
    apa maksud -a nya. Kenapa harus -a yaa?

  5. Lho? Kalau saya pakai SuSE 10, dan sudah otomatis bisa baca/tulis partisi dengan FAT/FAT 32. Masalahnya cuma kalau hendak mengakses partisi NTFS; kalau tidak salah untuk write-nya masih belum bisa.

    Pernah pasang Ubuntu sih dulu (5.05 kalau nggak salah), tapi cuma sebentar. Jadi nggak ngerti banget deh soal per-Ubuntu-an 😦 .

    @ Arif Kurniawan

    mount -a maksudnya “mount all”; jadi semua partisi yang terdaftar langsung di-mount oleh Linux ybs. Daftar partisinya bisa dilihat+edit melalui file /etc/fstab… (~_@)

  6. Oops,, lanjut trus pak guru…makin gelap.. tapi klipping boleh kan?!

  7. Seep lah… keren2…

  8. Biar dibilang Pro Linux gak apalah… ya kan Pak Urip, berikut ini saya berikan informasi mengenai repositori yang Bapak butuhkan bisa dipesan disini lho…http://www.pusatlinux.com.

  9. Silahkan bergabung di planet.ubuntu-id.org

  10. Mas Urip, bisakah dalam satu jaringan di pasang OS linux dan windows. Apakah mereka bisa koneksi?

  11. ::Prayogo:
    Maksudnya koneksi antara PC yang pakai linux dengan PC yang pakai Windows? Kalau sekedar transfer data saya biasa lakukan melalui SSH. Kalau layar program dari Linux lantas nongol di PC Windows, saya pakai Cygwin diinstall di PC Windows.

  12. Siiip udah mulai lebih teknis nih, lanjut terus.

    @prayogo bisa om mereka saling konek dengan protokol samba

  13. @ Syarif Winata: Saya tunggu sharing pengalaman berikutnya terutama linux-nya, ok.
    @ Kang Kombor: Wis sing penting enjoy saja dulu kang.
    @ passya: saya malah banyak mengharap untuk bisa belajar dari sampean-sampean ini. Ditunggu yah .
    @ Arif Kurniawan: kukuruyuuuuuk. 😀
    @ sora9n: di ubuntu 6.0.6 gak otomatis. maksaih saya dapat ilmu, bahwa mount -a artinya itu. saya khan cuman kopi paste saja.
    @ Dhitos: pakai lampu hp saja kang, masih kelihatan kok.
    @ Rizki: 🙂 yang keren yg mana yah?
    @ Deni Triwardana: Yah bener pak, bukan masalh pro-kontra cuman agar mendapat pengalaman baru yang legal :D. Nuhun info-nya, mahal juga yah, kalau digudang linux apa lebih murah?
    @ milisdad: Terimakasih, tapi saya masih bayi di ubuntu ini, baru bisa memanfaatkan planet ubuntu.
    @ Prayogo: Sudah dijawab temen-temen, saya juga belum pernah mencoba, dan memang bisa
    @ Tj: siip saya belum pengalaman masalah seperti ini.
    @ wahyu: sebenarnya saya pingin menghindari hal teknis, tapi agar para rekan sesama baru belajar bisa saling memnfaat pengalaman.

  14. aku tiap kali ke sini ga bisa komen. aku ga ngerti soal ginian. lha aku gaptek pol je, mas.*mbrebes mili*

    “Hehehe, iyah nih akhir2 ini saya sedang belajar linux makanya tulisan ini sesuai dengan keseharian saya, yah jadinya itu yang saya tulis, maaf yah. Tapi fokus bahasan saya tetep kok, gak jauh dari pendidikan, komputer dan blog”

  15. tengkyu mas…. tutorialnya berguna sekali di saat saat penting dan mendadak. 😀 so akhirnya bisa membuka partisi windows gw

  16. Saya coba abiword dari ubuntu/kubuntu masih di bawah windows. Sayang gambar wmf jadi hitam, sementara gambar-gambar seperti punya microsoft terkadang diperlukan juga. Gambar jpg kalau dikecilkan gambarnyamalah terpotong. Untuk mail merge gimana xml-nya gak ada. Gak bisa baca dari ms excel lagi. agak repot kalau copy paste lagi. lha biasa pakai punya pak lik sam itu.

  17. Terima kasih ya mas, saya sebagai new comer merasa sangat terbantu sekali.

  18. terima kasih…
    aq juga jd dah bs…
    tambahan bwt file system NTFS :
    di /etc/fstab
    ubah
    vfat iocharset=utf8,umask=000 0 0

    menjadi
    ntfs-3g silent,umask=0 0 0

    😀

  19. assalamualikum mas…
    saya pemula di linux khususnya ubuntu mas…saya pingin tanya gimana caranya agar files portable saya seperti google earth atau semacamnya dapat berjalan di ubuntu.. terimakasih sebelumnya…email saya adoenetwork@gmail.com…saya mohon bantuannya mas..!!!

  20. thankx ya BOSSsSSS

  21. saya punya structure HD seperti ini bos :
    Device Boot Start End Blocks Id System
    /dev/sda1 * 1 2550 20482843+ 7 HPFS/NTFS
    /dev/sda2 2551 19457 135805477+ f W95 Ext’d (LBA)
    /dev/sda5 2551 7650 40965718+ 7 HPFS/NTFS
    /dev/sda6 7651 16907 74356821 7 HPFS/NTFS
    /dev/sda7 16908 17168 2096451 82 Linux swap / Solaris
    /dev/sda8 17169 19457 18386361 83 Linux

    nah pertanyaan saya, bagaimana agar masing2 pastisi ntfs itu dapat terbaca dari linux? saya menggunakan distro crunchbang yg untuk eee, dan saya menggunakan mininote merk forsa FS3801, processor intel atom.

    selain itu, keyboard juga tdk berfungsi dengan sebenarnya, misal saat mau nulis [at] untuk email tdk mau muncul, sehingga saya copy paste dari symbol [at] yg ada.
    tolong di bantu om, sambil aku cari source sana sini neh di internet.. hehe
    (untuk dapat terkoneksi neh, jadi bisa tlasartlusur di gugel) hehe