Install Tablix di Ubuntu – Program Pembuat Jadwal Pelajaran di Linux

Pagi tadi mendapatkan informasi segar dari Nirwan yang telah memberikan komentar tentang program pembuat jadwal. Asyiknya lagi ada 2 pilihan. Dua-daunya opensource. 1 Jalan di windows, 1 lagi jalan di GNU/linux.

  • Tanpa pikir panjang saya langsung buka Synaptic Package Manajer.
  • Setelah loading, langsung saya klik tool bar search untuk mencari dan memastikan keberadaan Tablix. Dan akhirnya ketemu juga.
  • Dari hasil pencarian dengan menggunakan kata Tablix terdapat 3 paket instalasi. Yaitu Gtablix, tablix, dan tablix2.
  • Saya pilih untuk mencentang semua saja, caranya dengan klik kanan masing-masing paket, untuk membuat penandaan. Otomatis depedency yang diperlukan tercentang semua juga, total semua kalau gak salah sekitar 18 MB.
  • Setelah itu langsung Klik Apply pada tool bar Synaptic Package Manajer.
  • Klik saja Tombol Terapkan (All Marked Changes) dan pen-download-an program segera dimulai. Maka setelah selesai penginstallan akan segera belangsung secara otomatis.
  • Setelah selesai komputer di restart.

Oh iya untuk menginstall aplikasi tambahan yang repository-nya tersedai di internet yah kita mesti terhubung dengan internet. Kecuali kita memiliki CD atau DVD repository.

Untuk mengkases G-Tablix di Ubuntu saya saya akses lewat Aplikasi –> Pendidikan –> Gtabix
Setelah muncul tampilan seperti dibawah ini maka Gtablix siap untuk digunakan. Loh kok Gtablix bukan tablix sih, Hehehe, Gtablix ini merupakan Graphical user interface untuk Tablix.

tampilan awal gtablix

Manual untuk tablix ada di sini. Jika ingin menanyakan berbagai hal silahkan masuk di Mailing Listnya ini.

Demikian penginstallan program di ubuntu/linux yang simpel dan dengan cara yang khas (Synaptic Package Manajer).

NB: Jika ada prosedur penginstallan yang saya tuliskan kurang pas mohon perbaikan.
Untuk tutorial cara penggunaan Gtablix kalau memang belum tersedia dalam bahasa Indonesia nanti akan saya buatkan sesuai pengalaman, masih harus dipelajari dulu. Atau kalau sudah ada yang mahir silahkan, saya lebih senang bisa belajar lebih mudah.

8 responses

  1. Siip pak saya juga mau coba ach abis yang asc udah malu makenya bajakan sich

  2. Sip.. walau gratis mudah-mudahan aja bisa meng-kover sebagian yang penting dari pembuatan jadwalna.. *halahh.*

    makasih untuk infonya pak guru..

  3. Wah senang banget bisa bekerja dengan linux ya.

    Mas Urip, sekedar info aja. Baru saja saya menginstall Ubuntu di komputer dan bisa, kini juga sudah bisa konek dengan LAN, internet. Senang banget rasanya.

    Saya pengen semua komputer di kantor akan saya rubah ke linux.

    WELCOME TO LINUX AT MY OFFICE

  4. Ayo para guru, segera instal aplikasinya. Gratis nih!

  5. Download dulu aja ah, lagi tunggu cd linuxnya semoga gak lama lagi dateng..

  6. klo buat jendela bill gates cm ada asc aja ya??? ada yg open source ga buat windows???

    td dah donlot yg disini:

    http://www.lalescu.ro/liviu/fet/

    tp koq ga jalan ya programnya???
    mohon bantuannya pak urip… makasih

  7. tengkiyu paa. orang baru nich, rencananya mo pake ubuntu, minta doanya yach :(,

  8. Bagaimana cara penginstalansemua linux yang baik dan benar tolong berikan contoh