Panduan.WordPress.com – Tuk Calon Blogger & Pemula

Memperhatikan beberapa komentar yang masuk di blog ini, saya putuskan untuk membuat panduan WordPress.com. Panduan ini ditujukan untuk para netter yang selama ini berkeinginan membuat blog namun mengalami sedikit kesulitan. Karena saya adalah pengguna wordpress.com yang tadinya juga awam dan banyak dibantu rekan blogger lain, maka saya terpanggil untuk balas membantu yang lain juga. Semoga bermanfaat dan semakin banyak blogger baru yang bisa saling berbagi, terutama untuk rekan-rekan guru yang belum nge-blog.

Hari ini juga saya berinisiatif untuk menyalin tulisan tekait wordpress, pada blog tersendiri. Alamat nya adalah di http://panduan.wordpress.com . Judul blog tersebut adalah “Panduan Tidak Resmi WordPress.com”. Saya juga berharap rekan blogger wordpress.com untuk menyumbangkan berbagai tutorial yang bisa dibuat. Blog panduan.wordpress.com ini saya buat atas inisiatif pribadi, dan tidak ada kaitannya dengan pihak wordpress.com. (Kecuali karena saya memanfaatkan layanan blogging-nya saja).

Seperti pada bagian halaman mukanya, telah saya berikan penjelasan bahwa dominasi isi blog panduan wordpress.com itu saya ambilkan dari FAQ dan beberapa tips dari forum.wordpress.com. Saya sangat senang sekiranya ada rekan blogger yang suka relam menterjemahkan beberapa hal penting baik tulisan di FAQ ataupun di forum-nya. Terus terang kemampuan bahasa Inggris saya payah juga. Semua saya lakukan dengan memanfaatkan batuan kamus stardict. Jadi harap maklum jika dalam penterjamahannya agak kacau.

Jauh kedepan saya berharap agar sarana blog ini dapat dimanfaatkan untuk alternatif sumber pembelajaran, layaknya di negeri lain yang segala sudah lebih maju. Saya berharap lagi semoga wordpress.com tetep memberikan layanan gratis untuk bisa dimanfaatkan lebih banyak manusia.

50 responses

  1. sip mas!!
    informasi sangat berguna bagi orang yg mau bikin blog dengan mudah πŸ™‚
    salam kenal ya..

    “Ok lam kenal juga”

  2. mas, dulu waktu masih di blogspot/blogger, aku sering ganti2 lagu πŸ˜€

    odeo, iweb, song2play. gampang banget. lha sekarang pindah kok malah ribet ya perasaan..

  3. wah asik nih ada yg mo bantuin,,,hihihi
    mas aku gaptek pisan nih,,,,gimana ya mo bikin background nya blog si aku,,,,skin,,ama font nya segala macem deh,,biar betah liat blognya??
    mohon bantuannya ya mas,,,thx

    “Ngeblognya pakai apa yah wp.com atau yg lain? Kalau selain wp saya juga lagi mau belajar nih.”

  4. haii..pa guru sehat?…mudah-mudahan sehat saya ga pernah ketinggalan postNya Bp. habis up to date trus.. he.. khan jd ga bosen he… saya mau tanya nih klo masuk blog sendiri tanpa masuk wordpress gimana ya Pa?
    Hatur Nuhun πŸ™‚

  5. πŸ™‚
    he he … saya gak janji bantu …. tapi berusaha turut kontribusi πŸ™‚

  6. Saya juga tidak janji, tetapi saya akan mencoba memberikan kontribusi untuk perkembangan blog panduan.wordpress.com.

    Semoga dengan adanya blog ini, semakin banyak orang yang punya blog, dan semoga bangsa kita semakin cerdas d dalam hal memanfaatkan teknologi informasi, salah satunya ya blog ini.

  7. Appreciate sekali pak guru…

  8. Wuih.. Mantap nih ada forum yang ndak resmi, karena sering kali terbukti yang tak resmi itu yang mudah, ya tidak pak? -btw ringan banget loadingnya tu blog.

    Namun sayangnya karna ndak resmi jadi banyak juga yang ndak janji bantu.. hehe, saya juga, karena ilmu keWePean saya masih cilik..dengan tetap berusaha tentunya

  9. Kalo utk edit CSS bisa g ya??

  10. @ Venus: wah saya belum begitu ngerti kalau di blogspot, yah beginilah di WP.com, silahkan nikmati yang ada saja.
    @ Chinonk: Monggo saling belajar sama-sama.
    @ Kierdy: Yah gak bisa mesti login dulu, kecuali kita pakai komputer sendiri, terus semua di bookmark atau dimasukin favorit. Jadi gak perlu loading lagi deh.
    @ Luthfi: Tetet ditunggu
    @ Prayogo: Itu yg diharapkan terutama untuk pendidikannya.
    @ Biho: Semoga.
    @ Ichsanmufti: Gak papa, sebisanya saja, ini untuk pembelajaran bagi pemula kok.
    @ Dylin: Tidak bisa, harus bayar dulu kalau mau itu.

  11. Ide bagus sekali.
    Silahkan mampir ke blog saya untuk mencoba fasilitas MP3 Audio dari wordpress.com

  12. Silakan dibikin Pak Guru. Nanti isinya Kang Kombor catut untuk bahan bikin buku panduan wordpress … Hahaha…

  13. wah,. bagus bagi2 ilmu, saya dulu kelabakan pertama pake cms nya wordpress tapi akhirnya ya nanya kiri kanan,, lama2 bisa juga

  14. @ tembang kenangan: weleh kesasar kes ini yah. makasih yah, itu lagunya bisa didownload gak?

    @ Kang kombor: Walah gitu too, khusus Kang Kombor silahkan saja πŸ™‚ .

    @ mbah keman: Yah setidaknya semakin banyak temen-temen guru yang mau nulis diblog untuk belajar, itu tujuan utama saya.

  15. Asyiik, ntar saya link biar nambah info untuk teman-teman saya.
    Ok, ndukung penuh Pak. Moga bisa ikut berkontribusi walaupun sama-sama pemula. Sesama tunak-tunuk boleh berbagi kan πŸ˜€

    “Boleh donk, kita semua khan pada belajar”

  16. informasi yang bagus nih

  17. pa guru saya mau tanya blog saya ko tulisannya jadi miring gitu ya padahal ga saya apa-apakan cara buat supaya dibalikin ke semula gimana tu pa?
    Hatur Nuhun 8)

  18. Coba ganti theme yang lain dulu, terus nanti coba kembalikan ke theme Freshy yg tadinya bermasalah. Biasanya bisa saja berubah. Kok bisa begitu tadinya di modif di mananya yah. Saya dulu pernah mengalami hal serupa, font mengecil semua. saya ganti ke theme lain normal aja. Ok dicoba dulu yah

  19. salam kenal ya pa mau numpang gabung nih panduannya sangat bermanfaat sekali
    Thax be 4 8)

  20. pa guru sudah coba saya ganti tapi tetap aja ga berubah, waktu saya hanya mau posting aja tapi malah ngerubah semuanya. ada solusi lain ga pa?

  21. Ada kemungkinan ada tag html <i> yang belum tertutup dengan tag </i> sehingga beberapa menjadi italic gitu.
    Coba edit tulisan terakhir yang di posting itu. Perhatikan mulai dari bagian tulisan yang miring itu. Kemudian dari mode Visual pindah ke mode HTML (kode) perhatikan tag <i> yang semestinya tertutup dengan </i> .

  22. pak ane lagi bingung nih, kok tag html yang saya kasih di posting saya kelihatan di tampilan, padahal selama ini saya pake wordpress gak pernah gitu?

    bantuin ya pak!

  23. pak, pertanyaan saya diatas gak usah ditanggapi ya pak, emang dasar sayanya yang oon. saya nulis tak di mode visual. hehehe sekarang dah beres.

  24. Mungkin pada saat ngetik tampilan toolbar belum sempat muncul yah, kemudian sampean ngira itu lagi di menu editor HTML (code), padahal itu di visual editor. Semestinya di refresh/reload dulu sampat toolbar text editornya muncul.

  25. Waaah setubuuh….eh setuju…hehehehe…aku yg bagian nanya ya pak Urip, maklum aku gaptek suraptek kotek2..

  26. Mas .. tanya dong, saya coba buat tautan link ditulisan eh kok malah tulisan saya yang digaris semua. Piye toh caranya?

  27. @ SenyumSehat: Nanti setelah paham gantian yah. Ok. tetep senyum juga.

    @ Erander. Coba mas cek di http://panduan.wordpress.com/2007/02/18/cara-membuat-link-tautan/

  28. pake wp mas,,,,

  29. wah pak guru ini… bener2 salesnya wordpress… harusnya dapet wordpress marketing award… matur nuwun atas petunjuknya… ditunggu jurus-jurus rahasianya lagi…

  30. Mas nanya donk..cara hapus blog di wp gimana caranya ya?

  31. pa guru makasih ya banyak atas sarannya blog saya sudah normal lagi πŸ™‚
    Htur Nuhun Pisan 8)

    Jangan bosen ya pa πŸ˜‰

  32. @ Chie: Masuk ke dash board, >> Menu Option (Pilihan) >> Sub Menu Hapus Blog (Delete Blog).

    @ Kierdy: Sama-sama, jadi dapat pengalaman baru khan.

  33. Makasih banyak …^_^ ..saya kirain ada di menu user heheh..

  34. Wah ini baru info yang bagus nih !

  35. ujian jngan terlalu Sulit

  36. minta Prediksi UN 2007 DonKz???? ama jwabnYa,,,

  37. makasih ya..
    qu sbg pemula t’bantu bgt..
    slam knal..

  38. Alhamdulillah … akhirnya ketemu juga blog yang ngebahas panduan wordpress…
    Makasih banyak, Pak …

  39. Akhirnya ada juga teman lain yang mau ngajarin buat blog. Thank’s kesediaannya. Lam kenal dariku

  40. Pak guru tny nih, bagaimana caranya mempromosikan sebuah milis dr Yahoo ke halaman WPku?q dah dpt HTML codenya tp ga th cara masukinya,tlg dong??q akses WP pake hp dgn sofware operamini

  41. Ni ada tambahan panduan menggunakan wordpress untuk bikin blog ato web. Yang aku tulis kebanyakan concern ke menggunakan wordpress dengan cara instalasi sendiri. Karena lebih gampang di custom, dari pada bikin web dengan daftar ke wordpress. Walaupun install sendiri tetap gampang kok. Coba deh cek ke: http://webku.zxq.net

  42. alhamdulillah….akhirnya ketemu juga info ini

    tanks ya…

  43. fachrizalandassociates

    trims… meskipun terlambat bagi seorang pemula seperti saya…

  44. boleh tuh panduan cara bikin wordpressnya. kbetulan ku baru mau belajar. n tadi nyoba daftar di wordpress ternyata bisa. klo boleh bagi tipsnya untuk mempercantik tampilan blog. bisa dikirim ke email
    asyfar@plasa.com.
    .

  45. waduh gila,,,
    makasih bgd nieyh panduannya..
    awalnya blog aq polos ja, tapi karna da panduan ni blog qu bisa gaya dikit…
    tahanks y…

  46. […] rekan maya : Nusa Indah dan guru-guru saya di masa lalu sampai kini, misal dari Mas Urip yang mengajari tak langsung memanfaatkan wordpress, atau berkunjung ke sini, dan banyak lagi blogger-blogger yang membantu memaksimalkan tampilan, […]

  47. Selamat sore Indonesia..

  48. 085646665139_gita alfajar web. Suwun..