Ayo Gotong Royong Alih Bahasa Lagi

Ini adalah ajakan untuk kedua kalinya setelah sebelumnya selesai 100% mengalihbahasakan bahasa antar muka WP ke bahasa Indonesia. Saya hanya mengajak untuk yang belum pernah menyumbang terjemahan. Yang pernah nyumbang monggo dilanjut ada proyek baru nih. πŸ™‚ Saya sudah nyumbang menterjemahkan yes no-nya saja.

Seiring perkembangan wordpress saat ini masih ada lagi entri yang perlu diterjemahkan. Tadinya saya kira semua sudah beres, ternyata masih ada lagi sekitar 400 entri yang baru ditambahkan dan belum dialihbahasankan. Tapi ini memang akan bertambah terus sepertinya, tidak mengenal istilah final. Ini bisa kita lihat pada beberapa theme dan juga yang lain masih menggunakan bahasa defaultnya yakni bahasa Inggris. Bagi wordpresser yang memiliki waktu luang, silahkan saja urun pikiran membantu menterjemahkannya.

Jika berminat silahkan klik tautan http://translate.wordpress.com/. Bagi yang belum pernah coba, silahkan login dengan username dan password wordpress yang dimiliki. Untuk menterjemahkan silahkan klik link Translate Random atau All Items, ikuti petunjuknya saja.

Semoga dengan dialihbahasakan layanan wordpress ini semakin banyak wordpresser baru dari Indonesia. Semakin ramai, banyak berbagi sembari menambah wawasan dan juga belajar menggunakan bahasa tulis. Semoga lagi WP.Com tetap gratis dan dengan layanan primanya.

20 responses

  1. Pak,. ituh link nya dibenrin dunk,.. saya terjebak di W3C ternyata setelah diselidiki link nya agak salah dikit,..

    Ak dah coba masuk,.. tapi masih bingung mao translate soalnya riap kali random dapet tag HTML, takutnya klo aku ubah ntar gak singkron ma tag ato CSS lainnya (CMIIW).

    Sesuatu yang membanggakan: Terjemahan ke Indonesia udah lumayan banyak, daripada bahasa melayu apalagi Nepali hehehe,.. πŸ˜€

  2. Ok makasih, link sudah di berenin. Saran saya pakai yang All Items aja kemudian gulung ke bawah, terus pilih kata yang mau diterjemahkan, sesuai kemampuan.

    Kalau ketemu suguhan tag HTML sebaiknya disalin saja dan diletakkan di dalam kotak translate string. yang perlu diterjemahkan adalah kata-kata umum, untuk tag biarkan saja saya kira.

  3. kupikir sudah kelar πŸ™‚

  4. Maaf, mas saya ndak bisa bantu. Tetapi saya hanya bisa bantu doa aja. Semoga sukses selalu. Tapi nanti kalau ternyata saya bisa bantu, pasti akan saya kasih kabar ke Mas Urip.

    se-x lagi mohon maaf…..

  5. Mudah-mudahan Allah memberikan kekuatan dan kelonggaran pada saya untuk ikut berpartisipasi. Mudah-mudahan juga ndak keladuk dadi boso Jowo

  6. Saya mbantu dikit-dikit deh…

  7. pa guru saya mau tanya klo buat blok SPAM gimana ya?… saya sudah donlot aksimet tapi tidak tahu caranya.

    “Kalau di wordpress.com sudah otomatis kok. gak usah ditambah2 paling kalau mau nampilkan perlu di atur lewat widget kolom sisi.”

  8. Kalo ternyata ndak gratiz lagi setelah kita bergotong royong kita harus rela tidak pak?

  9. any blogspot user here..? Yuuhuuu…

  10. pa guru saya mau ganti theme bisa kasih tahu caranya ndak?

  11. Masuk ke My dashboard >> Presentation/Tampilan >> pilih theme >> lihat perubahannya dengan LIHAT SITUS/BLOG, OK

  12. Menarik. Melibatkan komunitas untuk membangun sesuatu yang layak dipakai bersama.

  13. […] sebentar ahirnya aku tertarik tulisan mas Urip (mudah-mudahan benar) yang berjudul Ayo Gotong Royong Alih Bahasa Lagi rasanya tertarik untuk ikutan, toh ini untuk kepentingan bahasa kita. Setelah mengikuti link dan […]

  14. rada njelimet yah. Ternyata perbendaharaan bahasaku sedikit banget. Terlalu banyak bahasa slang dan gado-gado, jadi yang baku gak tau

  15. oke pak. langsung menuju http://translate.wordpress.com/.

    ni saya juga sedang bikin proyek translate tutorial buat beberapa sofware free. yang sedang saya bikin firebird-nya mozilla.

    kalo tang wordpress apa aja pak yang belum di translate, saya mau nyumbang tenaga, nyarinya dimana. ato saya dikirim lewat email aja pak di faaz_alqassam@yahoo.co.id.

  16. aku bantu memanfaatkannya saja πŸ™‚ .. sukses semuanya

  17. @ ndarualqaz:
    Saya sekarang sedang nerjemahkan artikel yang dari lorelle

    Kalau gitu coba pilih yang saat ini paling penting buat pemula dari link ini. Artikel di link itu sangat bagus kalau perlu dan mungkin nanti blog panduan.wordpress.com kita bikin multiuser saja. gimana, sehingga siapa saja bisa upload.