Spam Sudah Menerobos Pertahanan Akismet

Kemarin blog saya sudah kemasukan komentar spam. Isinya tentang penawaran poker. Saya gak pikir panjang, langsung delete it sambil ngumpat-umpat dalam hati (hehehe gak boleh yah). Langkah berikutnya pasang penghalang agar gak langsung nyelonong itu spam.

Bagi yang belum tahu untuk jerat komentar spam semacam itu biar gak bisa nyelonong lagi tidak ada cara lain, manfaatkan fasilitas yang disediakan wordpress.com ini.

Masuk dasbor >> Pilihan (Option) >> Diskusi.

Setelah masuk disitu silahkan tulis kata-kata penjebak di kotak Moderasi Komentar kalau ingin memoderasi setiap komentar yang menggunakan kata-kata yang sudah masukkan itu. Kalau ingin menjebloskannya sebagai spam langsung, isikan tulisan kata penjebak di kotak Daftar Hitam Komentar.

Seperti yang saya lakukan, saya ketik kata poker di kotak daftar hitam komentar. Maka jika ada orang yang menggunakan kata poker dalam komentarnya ia akan dianggap sebagai spam. Tidak hanya itu kita juga bisa menggunakan alamat email yang biasa dipakai para spammer, atau IP-address. Kalau IP mereka rupanya menggunakan nomor IP pindah-pindah jadi gak praktis terlalu banyak.

Kalau mau coba silahkan komentar dengan menggunakan kata poker maka dijamin komentar anda tidak bakal nongol, tapi masuk bui sebagai spam 🙂 .

Iklan

18 responses

  1. tapi domain .info juga kena jaring spam terus loh :p
    terutama kalo komen ditempatnya wordpress.com yg ngaktifin akismetnya..hehehe…jadi pernah di tempatnya kang murtajib dulu sampe berkali2 komen, kirain kompinya yg lelet, ga taunya komennya kena jaring spam 😀

    “Iya mas, karena domain dot info memang sudah di black list sama WP.com, karena selama ini banyak yang memanfaat kan untuk nyepam. infonya ada disini, sudah bacakan khan?”

  2. Sebenarnya saya masih heran dengan jumlah spam tertangkap akismet yang mencapai 6000an. Banyak banget yah….
    Btw p**ker kan singkatan kelompok kerja, pak 😀

  3. nah itu td…kena jaring kan 😀 hehehe
    kl yg ini ga

  4. aku belum pernah makenya. Sepertinya belum ada yang masuk kategori spam di tempatku. Semoga tetap begini untuk waktu yang lama 🙂

  5. blog saya juga kemasukan spam serupa, dan saya delete, tapi saya belum bikin pertahanan, apalagi artikel kaya pak rip ini. Nanti klau berkali-kali, baru akan saya gunakan jurusnya pak urip yang kaya ini…. tapi kalau mereka jurusnya ganti, gemana pak?

    “Yah kita ganti jurus lain lagi kang”

  6. Kirain saya aja 😛 selamat menikmati pak, hari ini saya udah dapet 100 lebih (lebihnya banyak) spam yang mengandung kata yang sama. Solusi sama seperti bapak, masukin ke blacklist aja.

    “Siiip dah”

  7. Di tempat saya juga kena, Pak. Tapi belum saya hapus.

  8. makasih ya pak atas informasinya

    tapi kemarin saya membaca blognya siap gitu “lupa lagi” nama BLOGnya malah kangen karena tidak kedatangan spam.

  9. He he he, sama seperti yang saya alami dengan blog saya.
    Beberapa hari yang lalu saya juga menerima beberapa komentar tentang foker…….

    Makasih Mas atas solusinya…

  10. @ jokotaroeb, prayogo: Ok sama-sama, semakin pinter saja para spammer mencari celah, sekedar hanya untuk mempromosikan dagangannya.

  11. payah juga tuh mang Kismet…udah sering salah tangkap…malah kebobolan pulak..

  12. yup, 4 spam berhasil menerobos askismet, kewordnya ‘poker’, aneh juga pikir saya, selama ini segala macem bentuk spam yang masuk di blog saya baik itu yang hosting sndiri maupun pake wp selalu berhasil di blok, namun yang 4 biji itu dengan keyword ‘poker’ bisa lulus..

  13. pak, kalo kita nemuin blog yang sangat membuat kita tidak nyaman (mis pasang gambar porno, fitnah ke pihak lain) kita lapornya ke siapa pak?

  14. 🙂
    punyaku baru 1 yang tertangkap
    stlh berminggu2 ga dapet spam euy 🙂

  15. Sekarang saya sudah terbebas dari tawaran nakal makelar poker ituh.. sepertinya semua warga wordpress kena svam yang model ginian ya pak

  16. barusan cek ada 21 spam masuk moderasi, 2 biji yang langsung dikenali sbg spam (disini)

  17. silahkan kunjungi web kami untuk main po-ker

    nyoba ngerjain askimet sama wordpress. hehehehehhe