Penawaran Peran untuk Panduan.WordPress.com

Saya senang sebagai pemakai wordpress.com. Bukan berarti wordpress.com ini lebih bagus dibandingkan penyedia layanan blog lain. Yang lain tentu memiliki kelebihan lain yang tidak disediakan wordpress.com. Semua tahu ini. Tapi secara subyektif saya merasa wordpress.com ini cocok buat saya.

Barusan saya mencek “proyek penterjemahan wordpress.com“, saya terkejut ternyata proyek itu selesai untuk sementara waktu (karena kemungkinan akan ada entri baru yang perlu untuk diterjemahkan). Hebat, saya bangga dengan rekan-rekan lain yang telah banyak menyumbangkan tenaga dan kemampuannya dalam membantu menterjemahkan bahasa antarmuka untuk wordpress.com. Semoga bantuan itu membantu mempercepat pertumbuhan orang Indonesia yang mau menulis (ngeblog) dengan memanfaatkan fasilitas gratis yang disediakan wordpress.com.

Apapun latar belakang dan  siapapun pemilik wordpress.com, tapi yang jelas ia telah memberikan alternatif untuk kita yang ingin berbagi pengalaman, informasi dan sekaligus sebagai media belajar menulis, menuangkan apa yang ada dalam pikiran untuk bisa dimanfaatkan pihak lain maupun diri sendiri. Kita pandang niat baiknya wordpress.com saja-lah. Semoga layanannya semakin meningkat, memanjakan penggunanya.

Sejalan dengan ini, saya mencoba untuk memberikan sedikit panduan buat pemula yang berminat ngeblog di wordpress.com. Terus terang saya tidak memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik, namun saya berkeinginan untuk membantu memberikan apa yang saya bisa. Karena ilmu tentang wordpress ini banyak bertebaran namun menggunakan bahasa Inggris.

Panduan.wordpress.com itu masih terlalu dini dikatakan sebagai panduan mengingat keterbatasan yang ada pada isinya. Oleh karena itu saya ingin menawarkan kepada rekan blogger lain untuk turut serta bergabung dalam blog panduan.wordpress.com. Dengan disediakannya fasilitas untuk banyak pengguna di WP.com, ingin saya mengajak rekan lain turut terlibat didalamnya. Motifnya tidak lebih untuk pembelajaran bersama. Keuntungan finasial tidak ada.

Tersedia beberapa peran yang bisa diambil, administrator, editor, author, kontributor. Mengenai definisi masing-masing peran saya masih kurang begitu jelas. Namun apapun definisinya saya ingin menawarkan kepada semua blogger terutama para wordpresser Indonesia. Semoga dengan bergabungnya banyak pengguna dengan berbagai peran dalam panduan.wordpress.com akan semakin baik dan bisa membantu para pemula.

Atau mungkin ada ide lain yang memiliki tujuan sama untuk pembelajaran bersama itu?

27 responses

  1. posisi mempengaruhi menu yang bisa diakses pada dashboard
    beberapa waktu yang lalu pernah nyoba2 ngeset satu akun sbg admin, author dst ….

    Kesimpulannya, secara bertingkat, kelengkapan menu dari yang tertinggi sampai yang terendah
    1. admin
    2. editor
    3. kontributor
    4. author

    CMIIW

    oh iya lupa PERTAMAX!!!!

  2. *numpang parkir mobil dulu*
    *tengok kiri-kanan*
    *oh kedua ya?*

  3. itu dia add user..
    ntah skrg apa masi yg diundang itu otomatis ‘tergabung’..

    iya pak guru..baik buruknya pasti ada..
    tp wordpress.com rasanya lbh bermanfaat scr fungsional ngeblog yg terfokus pd konten (gak usah bingung desain)..

    desain wp.com dijamin mudah dipake (dg segala fasilitas terpadunya).. 😀

  4. Trimakasih pak guru..
    Katanya wordpress lebih gampang di akses di Indonesia benarkah? Ya itu awalnya aku pindah WP alasan lain di WP banyak panduan dan bloggers-nya helpfull spt bapak..:)

    ” 🙂 sami-sami jeng. Bener itu, relatif lebih cepet kalau di Indonesia.”

  5. Memang benar Pa Guru ….
    Panduan wordpress sangat berguna sekali untuk bloggers yang baru seperti saya, saya sendiri masih bingung pilihan yang ada di wordpress tapi sedikt-demi sedikit saya pelajari, menurut saya wordpress paling mudah karena bisa diganti bahasa menjadi indonesia.

    “Makanya saya berinisiatif bikin panduan buat pemula, sedang yang mau belajar sendiri, panduan tidak diperlukan lagi, bisa otak-atik sendiri”

  6. Wah, panduan.wordpress.com ngejar target ya pak, Februari aja udah 18 artikel.

    hehe… Yang jelas saya salut buat bapak, tulisan bapak sangat pembantu buat saya yang gatek ini. Sekali lagi Matur Nuwun pak.

    “Tuku beras nang muara angke
    Wordpress memamg woookkee”

    “Gak ada target, se-sempatnya saja kok. Cuman kalau dikeroyok ramai-ramai hasilnya pasti optimal untuk bisa berbagi khan?! Pantun-ne rekkkk”

  7. mau gabung jadi kontributor gmn ne?

    oia utk tingkatan (level) kontributor penjelasannya ada di halaman ini http://codex.wordpress.org/Roles_and_Capabilities
    cuman.. ntah kenapa web nya g bisa diakses 😦

    “Makasih infonya mas sandynata, sudah bisa saya akses. dan saya telah tahu perannya masing2. BTW mas Sandy mau ber peran sebagai apa nih?”

  8. nambah…

    btw saya prefer pake wp soalnya aksesnya lebih cepat, plugin dan 3td-party tools nya banyak, apalagi sekarang udah ada widgets 😀

  9. gini aja pak, njenengan tawari aja beberapa tulisan, trus yang sanggup buat men-translate silahkan mengajukan permohonan, trus dikasih waktu buat men0translate gitu. habis itu di kirim ke admin.(sesudah di edit sama editor).
    kalo ada artikel yang belum di translate saya sanggup pak. kirim ke email saya ato njenengan upload trus bikin link di blog saya(di buku tamu) trus tak downloadnya.

    “Mau saya sih tidak harus terpusat pada satu pihak, dengan mengambil peran, masing-masing bisa berinisiatif untuk melakukan sesuatu,. untuk mengisi tulisan yang kira2 diperlukan bagi pemula”

  10. Wah, terus terang saya juga lebih sreg pake wordpress Pak, meskipun saat ini saya lebih sering menggunakan blog saya yang baru, di http://chocolate.web.id tapi saya tetap memakai WordPress. Hehehe, ntah kenapa juga… Mungkin karena penggunaan dan proses instalasinya yang mudah. Meskipun saya masih make webhosting gratisan yang tidak support smtp server, tapi yah… nyaman-nyaman aja… Hehehe…

    “Sing fentinks enjoy 🙂 “

  11. Wah enaknya daftar peran apa ya ?
    Kalau diperkenankan, saya ingin memindah dalam format flash secara serial untuk pak Guru, siapa tahu pak guru diminta presentasi.
    Saya pernah bikin panduan blogspot dan wp untuk teman sejawat dokter cuman kurang sip, terlalu singkat.

    “Wah ide bagus itu Cak, boleh juga. Kalau yang lain memerlukan tinggal unduh saja jadinya. Bisa dipakai ramai-ramai. Maturu nuwun nggih”

  12. Saya mah bisanya mbantu merujuk mereka yang mau belajar wordpress ke panduan yang Pak Guru bikin. Kalau pada nanya gini gimana caranya, gitu gimana caranya, saya bilang: baca deh di panduan.wordpress.com.

    Enak tenan saiki, wis enek panduan…

    “Menurut sampean apa lagi yang belum tercakup di situ sehingga apa yang diperlukan bisa tersedia disana kang?”

  13. Barusan sempat rada susah buka blog Pak Urip ini, bilangnya di layar ada masalah di server -tapi yang jelas itu salahnya Matt-.

    Setelah bertarung sekian lama *hiperbolic=on* akhirnya bisa masuk juga ke blog ini…

    BTW, bisa tuh Pak diulas juga salah satu kelebihannya WordPress.com yang mungkin juga relatif jarang under-maintenance dibandingkan punya tetangga.

    “Saya sempat juga mengalami hal yang sama, tapi itu ketika memakai OPERA, sedangkan untuk browser lain lancar saja.”

  14. memang wordpress kayaknya lebih gampang dan mudah, tapi belum tahu juga ya.. masalahnya yang lain juga aku belum tahu mungkin ada yang lain yang lebih bagus ya. tapi untuk sementara ini wordpress yang paling mudah.

  15. numpang nanya:….Aku msh bingung gimana daftarin blogku ke webmaster google dan yahoo. Di situ kan dikasih 2 cara nempelin Meta tag yg dikasih ato upload html file ke directory WP. dua langkah ini aku coba click dan spi skr belum berhasil.. apa krn wpku wp.com, bukan wp.org? apa ada cara yg lain? mksh byk..

  16. saya pernah ngeblog di indoblogger, terus di blogspot dan terakhir di worpress, dari ketiganya saya paling suka wp. alasannya: wp banyak fasilitasnya, Wp mudah dimengrti, wp tampilannya keren..dan yang paling asyik adalah komunits wp suka bagi2 ilmu…kayak pak guru.

  17. […] Maret 6, 2007 · Disimpan dalam berburu kembali lagi berburu, nanya lagi ttg meta tag dan hml file ke panduan wp, thegadget, helgeduelbek […]

  18. @ Ali301:
    Tidak usah di daftarkan, ini akan otomatis akan di kenali oleh Search Engine setelah beberapa hari, Dengan catatan sampean masuk ke DARSBOR (Panel Admin WP.Com)>> Pilihan (Option) >> privasi >> Pastikan Kenampakan Blog terpilih pada tombol radio “Saya ingin blog ini tampak di mesin pencari seperti Google dan Sphere, dan di senarai publik milik WordPress.com.”
    demikian.

  19. O.. gitu to. makasih banyak penjelasannya bos… piss

  20. Mohammad Charles

    halo pak… saya baru saja coba membuat blog saya sendiri,, Alhamdulillah registrasi dll nya lancar dan saya dapat aktifkan mengikuti petunjuk yang bapak tulis

    cuma saya masih bingung menampilkan foto, ko hasil browsingan saya dari foto friendster saya nda keluar ya ??(dah saya ikuti caranya sampe potong gambar) ko nggak muncul fotonya di profile saya ya ?? atau muncul di postingan saya ini

    link saya charles280575.wordpress.com (betul nggak nulisnya >>?), gimana cara saya menjadi bagian dari blog nya bapak atau para blogger lainnya ??apakah sama caranya seperti Yahoo Messenger ??

    trimakasih banyak untuk bantuannya ya pak

  21. Wah selamat deh. Yah diisi dulu saja blognya nanti kalau sudah ada isinya saya add ke blogroll deh. Caranya yah mesti add blog roll atau bikin link saja di teks widget.
    Kalau gambar gak muncul mungkin ada prosedur yang terlewatkan, saya pernah alamin hal semacam itu. BTW maksudnya brosingan dari FS apa yah. Fotonya mesti diapload dulu khan?

  22. ..BTW mas Sandy mau ber peran sebagai apa nih?”

    kalau diijinkan saya mau jadi editor, ato kalo ketinggian levelnya, jadi author aja gpp deh 😀

  23. sebenarnya pandung lengkap tentang wordpress udah ada di http://www.wordpress.org sayangnya kita harus mengerti bahasa inggris untuk memahaminya…bahkan forumnya pun sudah lengkap disana…

    untuk wordpress.com versi gratisan memang boleh dikatakan terlalu mudah dan terbatas untuk customize, tetapi bagi mereka yang memang serius menekuni wordpress dan bisa mengubah css semaunya lebih bagus memang menyewa sebuah hosting lalu menginstall cms wordpress via fantastico…nah bagi mereka yang selama ini menggunakan wordpress gratisan akan bingung begitu disodorin wordpress versi hosting…yang sebenarnya jauh lebih lengkap fasilitasnya karena ada fasilitas plugin dan kebebasan dalam pengembangan widget…

    salam kenal dari saya

    imcw
    http://dekock.wordpress.com

  24. Ok salam kenal juga, suatu saat kalau perlu mau nyoba juga deh.

  25. bang…Apa khabar nih…
    Waah tambah hebat…sebuah hal yang patut dipuji ketika membuka lagi blog “PANDUAN WORDPRESS”. Saya salut, saya juga sempat berfikir untuk buka tutorial panduan wordpress. Tapi abang disitu sudah ada.

    Mau tanya nih…
    Saya pengen nyumbang TULISAN seputar tutorial wordpress untuk pembaca,Gimana caranya nih… 🙂

    Ini dulu bos..Salam hormat dari saya
    Ooyi

  26. Kalau kita “nempelin” image di blog kita tapi hasil “nyuri” dari “tempat lain”, APAKAH ITU AKAN MENHABISKAN SPACE di WP kita?

    Karena saya suka “make” image dari biggo untuk kartun dan huruf atau yang lainnya.

    Terima kasih.

  27. @mading:
    Saya kira tidak juga