Mengubah ‘root password’ di Ubuntu

Hal kecil tapi penting di Ubuntu

Agar memiliki hak akses penuh di Ubuntu (GNU/Linux) anda harus berperan sebagai root user. Kalau anda akan memakai hak sebagai root user pasti diminta mengetikkan password root user. Ini adalah password yang anda set ketika penginstallan Ubuntu untuk pertama kalinya itu (kalau memang tidak diubah setelah itu). Password sebagai root user bisa diubah secara manual yaitu dengan membuka terminal/konsol (semacam MS DOS), ketikan pada shell:
sudo passwd

  1. Masukkan password anda semula, di baris Password: kemudian tekan enter
  2. Masukkan password baru pada baris “Enter new UNIX password:” kemudian tekan enter
  3. Masukkan password baru tersebut sekali lagi pada baris “Retype new UNIX password:” kemudian tekan enter.

newpas

Ok selamat, password root user yang baru telah anda punyai, dan selamat tinggal root password yang lama. 🙂

Mohon koreksi jika ada yang kurang tepat pemakaian istilah atau prosedur, demi pembelajaran.

19 responses

  1. Kok beda ya Pak? Waktu saya install ubuntu pertama kali, kok ga diminta ngeset password root yah? Malah diminta bikin ID ma Passwd user, seperti instalasi Windows gitu…
    Jadi pas dulu waktu saya “sudo passwd” ga ditanyain “Password:” tapi langsung “Enter New UNIX Password:”
    Gitu… Apa ada yang salah yha dengan Instalasi saya?
    Trus, ternyata saya baru tahu, bahwa bedanya Ubuntu sama Kubuntu yaitu pada GUI yang dipake…
    hehehe, jujur saja saya terlanjur familiar dengan KDE, bukan Gnome. Kalo tau gini, saya dulu pesen CD Kubuntu saja yah? Hehehe…
    Ohya, Pak guru muter file *.mp3 di Ubuntu bisa ndak? Pake software apa yah? Kok saya ada kesulitan di situ…
    Terima kasih sebelumnya Pak, malah curhat nih…

    “Gak ada installasi yg salah kok. Emang gitu saat penginstallan. Memainkan MP3 saya pakai XMMS tinggal install dari Synaptic Package Manajer (koneksikan ke internet) atau kalau punya CD/DVD repos.”

  2. pak, saya gak ngerti sama sekali tentang ubuntu apalagi kalo dikaitkan dengan keunggulan ubuntu linux dibanding windows??? atau emang beda bangett ya? tapi saya mulai tertarik juga pengen tahu lebih jauh apa itu ubuntu linux???minta saran sebagai pemula bacanya dari bagian sebelah mana siii???saya bener bener buntu…

    “Keunggulan Linux adalah gratis gak perlu bayar lisensi, selebihnya yah kalau ngerti bisa di oprek sendiri, lumayan aman dari virus, bacanya lebih baik dari http://wiki.ubuntu-id.org/PanduanUbuntu

  3. Akhirnya nemu juga tips ini ,makasih ya pak?

  4. Saya sampai saat ini belum juga install ubuntu yang saya dapatkan dari kiriman. Rencana bulan depan saya baru mau install dikomputer sendiri.

    Jadi karena belum install, jadi belum bisa cerita mengenai pengalaman menggunakan ubuntu.

    Mas Urip, terima kasih atas informasinya.
    Postingan di atas akan saya CP di HD saya.

  5. Postingan Ubuntu/Linuxnya diperbanyak pak Helge, biar ane cepet ngerti…
    Thx

  6. Hmm…. kok semua pada pake ubuntu yak, jadi penasaran.
    Bisa download gak yah, cari-cari dulu ah, sapa tahu bisa download dari server lokal, biar kenceng.

    Btw, makasih pak, infonya dah bikin saya penasaran.

  7. Sependek yang saya tahu
    Pas nginstall Ubuntu sebenernya user root tetap ada cuman demi keamanan passwordnya di buat random, jadi pas anda jalankan perintah $sudo passwd itu ya tinggal buat password baru gitu dech
    CMIIW

  8. @ junthit: Sama2 man Itu hal kecil kok, dan saya masih awam juga tentang ubuntu ini.

    @ Prayogo: Saya dulu juga gitu nunggu bisa beli hardisk, sebab lebih enak eskperimennya bebas resiko kehilangan data. Apalagi kalau gak punya pengalaman. Tapi kalau mau hati2 sebenarnya bisa kan install dipartisi lain dari hardisk yg ada.

    @ CLO: wah gak janji, Tapi di website lain saya kira bertebaran kok, apalagi kalau ikut diskusi di group / milis ubuntu indonesia.

    @ Abahapis: Dari apda download kalau lambat aksesnya mending beli Cd programnya saja. Selamat mencoba.

    @ kangguru: yah memang tetep ada, yg penting bisa dijalankan, toh gak ngganggu proses penggantian password.

  9. Yah kirain ngubah password root tanpa tahu password root, ternyata….

  10. Pak Guru, ajarin saya dong…

  11. kerenn.. ga nyangka ternyata da pak guru juga yang pake ubuntu.. wakakak…

    saya dah pake Kubuntu(ubuntu with KDE GUI) selama 6 bulan lebih… ga pernah da masalah..malah karena bebas virus kompie saya jadi alat scanning buat kompie2 temen yang kena viruz……

    dah nyoba Edubuntu bon pak??? Ubuntu version for educational purposes??Biasanya buat aplikasi server…. da daftar tabel kimia juga lho pak.. xixixixixi

  12. @ dnial: Kayaknya pernah baca itu deh… bisa khan?
    @ Al Jupri: Wah saya juga lagi belajar.
    @ Kaygenz : Sudah, di Ubuntu juga bisa ditambah fasilitas yang dari Edubuntu, Kubuntu juga kok.

  13. saya install edubuntu, diterminal saya bisa login sbg root, tetapi di GUI nya administrator passwordnya kok ‘wrong password’ terus kenapa ya..terima kasih atas pencerahannya.

  14. kalo pas di terminal diketikan sudo -s [enter], minta passwd dan diisi passw user, itu sudah masuk dengan tampilan

    root@host:~#

    itu sudah termasuk root bukan? karena aku mengalami, ketika aku melakukan itu trus aku “exit” dia keluar menjadi

    user@host:~$

    Yang jadi masalah adalah, ketika aku mengetikan sudo -s lagi, maka akan langsung masuk root dan tanpa meminta passwd lagi.

    Gimana caranya agar ketika abis keluar trus ketika mengetikkan sudo -s dimintain passwd lagi?

  15. tanks mas,atas info mengubah password root. eh mas mau tanya, phpku
    dilinux kok gak jalan ya.. aku pake ubuntu. nyimpen nya di
    /var/www kan? tapi kok gak bisa disimpen disitu ya?
    padahal hak aksesnya dah tak ubah. mungkin code untuk mengubah hak
    aksesku salah ya? aku pake “chmod +x /var/www” tapi kok tetep gak
    bisa nyimpen.

  16. ok bozz… mantap.. thankyu 🙂

  17. saya lupa password root ubuntu 8.04, gimana cara ngereset nya ya?

  18. Aku mau coba setting Network Config di Ubuntu spy bisa brosing internet. Jadi aku masuk ke Administration->Network.
    Tapi ada komentar tanya password sbb:
    “Enter password to perform administrative task: ”

    Trus setelah diinput, password root yg sudah di-create di terminal
    (sudo -s) ternyata “incorrect password” alias ditolak.

    Apa password yang dimasukkan di sini password root (=administration?) atau yang lain?

  19. alhamdulillah akhirnya saya bisa akses root, terima kasih tips nya