Memanfaatkan Kekeliruan Tag di WordPress.com

Saya tadinya melihat kolom sisi blognya NdaruAlqas kok unik, berbeda dari sidebar (kolom sisi) saya yang sama-sama menggunakan theme K2. Tampilan warna dan ukuran font-nya bisa lebih tebal, untuk link warna font tetep standard (biru) sedang font tanpa link berwarna hijau (standarnya hitam dan tidak bold). Serasa berbeda dan sedikit lebih fresh. Kenapa berbeda?

Saya langsung berfikir, jangan-jangan NdaruAlqaz lupa menutup tag html pada teks widgets yang paling atas itu atau disengaja. Saya memang pernah punya pengalaman, namun tidak di widgets kolom sisi, sehingga format huruf semua berubah kalau kita lupa menutup tag html. Dampaknya adalah berpengaruh pada teks setelah tag yang tidak tertutup itu. Inilah yang saya sebut kekeliruan itu, karena lupa tidak memberikan tag penutup yang biasanya harus diakhiri </……>. Akhirnya cara itu saya terapkan di widgets teks “untuk rekan guru” dan hasilnya seperti yang anda lihat di kolom sisi blog ini.

Saya belum mencoba untuk theme selain K2, tapi saya yakin hasilnya akan sama.

Oke berikut “cara membuat kesalahan”nya:

Masuk ke MyDashboard (halaman admin WP) >> Tampilan(Presentation) >> Widget Kolom sisi (Widgets Sidebar). Kalau belum ada Teks Widgets seret saja terus ditulisi apa kek, nah pada akhir tulisan pada teks widget itu tambahi tag <b><font color=”green~sesuai selera”>Bisa juga kita ubah model font-nya (mungkin).

Pada kolom sisi blog ini, tepatnya pada widgets teks yang ke dua (Untuk Rekan Guru) pada bagian akhirnya sengaja saya buat tagย  harapan saya ini akan berefek pada widget di bawah. Sebenarnya kalau diterapkan di widget teks paling atas maka semua widget di bawahnya akan berubah, tapi saya hanya berniat untuk menerapkan untuk teks widget yang kedua itu saja. sehingga berefek mulai dari widgets Komentar.

Jelasnya seperti gambar berikut:

tagย salah

Mau coba membuat “kesalahan” agar bisa ngatur huruf/font standar, begitulah cara kita mengakalinya. Semoga tidak membuat blog anda kacau. Kalau kacau yah tinggal balik lagi saja perbaiki kekacauan yang emang disengajar itu.

Selamat bereskperimen… (*Salam Eksperiman gaya Kang Paijo*)

Iklan

26 responses

  1. Kalau saya lihat blog NdaruAlqas, kayaknya memang dia lupa menutup tagnya Mas. Memang kalau kita menggunakan script HTML, di setiap akhir kita harus menutupnya. Dengan cara ya seperti yang mas tulis di atas .

    Mas Urip, saya berharap di WP kedepan akan ada script yang membolehkan tulisan berjalan. Saat ini pakai perintah (marquee) sampai saat ini belum bisa2.

  2. belajar dari kesalahan ya???
    Aku juga sering pak bikin sesuatu yang dipuji ama client, padahal sebenernya aku melakukan kesalahan ๐Ÿ˜€
    Tapi berguna juga, iya tuh bener kata mas Pra kayaknya klo perintah marquee nya bisa dipakai asyik juga tuh!!!

  3. oh ya.. betul juga nih.. aku udah berpikir gimana cara buatnya..buat info seperti itu.. malah ini ada tutornya.. trim’s pak guru

  4. Walaupun nggak bisa setting css, masih ada peluang otak-atik seputar font, script.
    Saya selama ini gagal memasukkan script untuk eksekusi Flash swf dari photobucket. Gimana caranya ?

  5. Kesalahan yang membawa hikmah

  6. Wah, asyik… tolong perbanyak ya laporan uji petik “kesalahan” ini….

  7. @ Prayogo & XWoman: Sepertinya belum mendapatkan persetujuan dari wp pakai marque. Gratisan sih yah

    @ masprim: Sama-sama itu kebetulan saja.

    @ Cakmoki: Saya gak punya pengalaman untuk flash swf, katanya sih bisa di mainkan lewat script sih

    @ kangguru: Bener, barang kali dari situ kita bisa memanipulasi hal lain?

    @ Agorsiloku: Yah apa mungkin ada lagi yah?

  8. pak guru yang suka eskperimen ..:), bikin salah untuk kabaikan ya pak

  9. Salah kok bermanfaat ya, Pak Guru? Zaman sekolah dulu kalau ulangan, njawabnya salah ya salah saja… ๐Ÿ™‚

    Coba diamati yang pakai theme lain dong, Pak Guru, kok hanya K2 saja…

  10. Soal tag HTML ini, tidak hanya untuk K2 saja. Di theme saya yang sebelumnya (“Silver is The New Black”), saya pernah (secara tidak sengaja) membiarkan tag [b] terbuka di salah satu post saya. Hasil yang didapat, mulai dari post tersebut, sampai ke widget-widgetnya, ikut mendapat pengaruh bold. ๐Ÿ˜€

    Kalau memang mau utak-atik widget, caranya Pak Urip ini memang bisa dipakai. Yang penting, ada tag yang dibiarkan terbuka (misalnya [font color=green] ). Adapun untuk menutupnya bisa ditaruh di widget bawahnya (kalau mau) dengan tag [/…].

    Sayangnya, ini tidak bisa diterapkan untuk content-post, jadi tidak bisa mengubah bentuk font postingan kita ๐Ÿ˜ฆ . Kecuali, kalau mau selalu letakkan tag [font … ] di awal post baru, dan biarkan terbuka terus sampai bawah ๐Ÿ˜› .

    Salam eksperimen! ๐Ÿ˜€

  11. ooooo, ternyata itu penyebabnya
    kmrn aku tanya sampeyan via email ttg masalah ini …. ๐Ÿ™‚

  12. @ Wandira: Itu kebetulan saja.

    @ Kang Kombor: kalau di amati gak bisa, ๐Ÿ˜€ harus dicoba.

    @ Sora9n: yah kita nikmati yang ada sambil mencari celah saja.

    @ Luthfi: Duh maaf lama gak pernha ngecek email, paling 1 minggu sekali. Keasyikan ngeblog kalau lagi internetan.

  13. apakah ini termasuk kelemahan konversi xhtml wp.com ya.. ๐Ÿ˜€

    » prayogo:
    saya setuju make marquee utk menghemat tempat,
    tp ada yg berpendapat: ‘marquee is the most annoying xhtml strict tag’

    krn tema wp.com kita pake xhtml 1.0 transitional, maka marquee jg gak dikenal ๐Ÿ˜ฆ (mhn dikoreksi..)

    ktnya bs pake javascript utk marquee di xhtml, tp lg2 di wp.com gak bs dipake.. ๐Ÿ˜ฆ

    “Mas Dani, kalau masalah xhtml daya gak ngerti blas, mohon pencerahannya”

  14. matur nuwun pak guru…
    benar benar ilmu yang benar benar membantu dengan benar..

    ps: dapat ilmu banyak dr pak guru

    “Sama-sama mas, saya ini ibarat jaringan sebagai hub, itupun hub yang tidak terlalu bagus kadang tidak bisa mengantarkan sinyal dengan baik ๐Ÿ™‚ “

  15. Nah yg gini ini aku ga mudeng blass…hehehe pancen aku gaptek yo pak, standar2 aja skrg mo pasang foto yg aku ilangin mo tak ganti foto anakku aja udah ga bisa lagi masang baner cuman copy paste mah bisa ๐Ÿ˜‰

    Yang repot-repot menurut sampean seperti ini, bukan hal penting kok, yang penting nulis. Ini prilaku iseng saja kok mbak. Kalau soal ganti foto di sidebar ada kok caranya di FAQ wordpress yang di sini.

  16. hehehehehe, pak itu bukannya gak sengaja. emang saya sengaja kok. kebetulan kemaren pas kuliah pemrograman web lanjut, saya bikin modulisasi desain web dengan php. disana teorinya, sebuah scrip html akan berpengaruh pada semua baris script lain dibawahnya selama dia belum ditutup, tetapi hanya berlaku pada tulisan yang tidak diapit tag html tersebut (makanya link tetep biru).

    dan kalau, melihat modulisasi paba wordpress (saya coba install wordpress di kompie saya), ternyata sisi kanan (widget) merupakan suatu modul di dalam modul (bingung tho???) maksudnya, halamn widget merupakan suatu halaman tersendiri yang lepas dari halaman utama, tetapi dipanggil ke halaman utama sehingga bisa tampil di halaman utama. dan kebetulan lagi, halaman widget tidak menggunakan frame atau table untuk membatasi antar menunya, jadi apabila kita kasih tag di bagian paling atas, selama tag itu belum kita tutup, tak itu akan mempengaruhi semua tulisan tanpa tag yang sama dibawahnya.

    jika saya tiap widget diset untuk dimasukkan pada table (jadi sistem widget pake sistem tabel) maka hal ini tidak akan terjadi, tetapi masalahnya, ketika saya modifikasi kolom widget itu dengan table, tampilannya malah ruwet, jadi saya kira wordpress membiarkan masalah tag yang rada error ini tetap ada, daripada mengorbankan tampilan yang sudah baik dengan menggunakan sistem table.

    ohya pak, sebenarnya saya bisa saja membuat “kesalahan” itu mulai dari judul widget teks paling atae dengan cara memberi widget diatasnya, tapi tanpa judul dan hanya diisi tag html saja (jadi widget teksnya serasa tidak ada, padahal ada, isinya cuma tag, jadi tidak ditampilkan.

    dan kita juga bisa membuat setiap judul widget dengan warna berdeda dengan teknik itu, jadi kita balik buat tag nya kalo seharusnya dibuka baru ditutup, kita tutup aja di widget teks yang ada dibawahnya.

    cara ini akan saya gunakan di blog saya biar kelihatan lebih semarak.

    dan saya terimakasih pada pak urip yang sudah ntebarin hal ini, semoga bisa bermanfaat bagi yang lain. (hiks,hiks, sebenarnya saya sudah nyiapin artikel tentang hal ini, tetapi keduluan sama njenengan, jadi ya gak saya tampilin.)

  17. ntar dah aku cobain…
    mudah2an gak amburadul..
    maklum, cuma ngerti dikit .. heheheh

  18. Wah makasih pak urip, dg postingan ini sy jadi lebih explore blog ini. Banyak hal2 yg baru saya tahu hehe…jd malu.

  19. Lebih unik kalau kategori/tag/label dibikin ada yang besar ada yang kecil, trus warna warni lagi. Kalau di blospot namanya “Tag Cloud”

  20. wakakak teryata kesalahan itu perlu yah, tapi kenapa banyak orang takut berbuat salah, akhirnya jadi culun dan pembajak ya,,, kayak kita he he

  21. kalo WP bisa dimasukkan shoutbox di widgetnya gak?

  22. Kalau mau goblog-goblogan sich biar gak pusing dengan html…pake saja Microsoft Front Page…bereeeeessssssssssssssss………

  23. lha itu nanti msh tetep valid xHTML apa nggak?

    “Setelah saya test ternyata kesalahan bukan soal masalah tag yang belum tertutup, itu gak masalah, justru ada 20-an tag yang salah dan itu secara otomatis sudah terbenahi”

  24. Tidak terucapkan kata-kata terima kasih atas kesalahan ini mas urip ๐Ÿ˜‰

  25. OH..gitu toh dari kesalahan kita bisa mendapatkan keuntungan ya…thanks infonya