Tindak Lanjut Peran di Panduan WP.Com

Niat saya membuat blog khusus tentang panduan wordpress.com adalah untuk bisa saling membantu terutama bagi para pemula pengguna wordpress.com. Konsepnya adalah membuat para pemula mudah mengerti dan terpacu untuk menulis di blog serta memanaj-nya. Memang sementara ini wp.com telah menyediakan fasilitas forum, namun rasanya kurang sreg.

Ceritanya akan lain jika FAQ (Pertanyaan yang sering ditanyakan) juga diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Saya menyadari bahwa selama ini banyak pihak yang terkendala soal bahasa, kalau soal kemampuan menulis saya yakin banyak yang bisa. Inilah sasaran/tujuan utama dari dibuatnya blog panduan wordpress.com. Usaha ini tidak ada ikatan dengan wordpress.com. Hanya untuk media pembelajaran berblogging ria.

Pada tahap awal lebih baik yang bersedia akan mengambil peran di panduan.wordpress.com saya pastikan sebagai Author. Hal ini untuk privasi untuk tulisan masing-masing. Kelak jika mantap dengan berbagai pertimbangan Anda pun bisa mengambil peran tertinggi sekalipun. Yang terpenting adalah niat untuk membantu memahami dan menggunakan wordpress.com.

Berikut ini kutipan langsung yang diambil dari codex.wordpress.org, semoga yang berminat dapat mengambil peran sesuai yang dikehendaki. Silahkan meninggalkan pesan lewat kotak komentar, sodara berniat akan mengambil peran apa, tentu dengan beberapa pertimbangan.

  • Administrator – Seseorang yang mempunyai hak akses secara penuh, yang bisa menggunakan semua fitur administrasi atau pengelolaan blog.
  • Editor – Seseorang yang mempunyai hak untuk dapat mem-publish, mengelola post (tulisan), maupun mengelola tulisan orang lain, dsb.
  • Author – Seseorang yang mempunyai hak untuk dapat mem-publish dan mengelola tulisannya sendiri saja
  • Contributor – Seseorang yang dapat menulis dan mengelola tulisannya tetepi tidak berhak untuk mempublish-nya. (hak publish hanya dimiliki oleh Editor dan Administrator)

Sumber-sumber tulisan antara lain bisa di ambil dari pengalaman sendiri, FAQ wordpress.com, artikel lain yang terkait dengan blogging with wordpress.com.

Atau ada usul bagaimana baiknya? Terimakasih.

Nambah Catatan: Sebaiknya menuliskan alamat email yg valid (gak usah ditulis saat komentar biar aman karena saya bisa ngecek dari komentar yang masuk kalau sodara login di blog anda yg di wordpress.com).

Beberapa blogger sudah saya undang lewat email, yang belum diundang mohon menyatakan kesediaannya dengan meninggalkan catatan di komentar.

MARI BERBAGI PENGALAMAN TENTANG BLOGGING DG WORDPRESS.COM DI PANDUAN.WORDPRESS.COM, SEMOGA BISA BERMANFAAT BAGI PENGGUNA LAIN.

Terimakasih lagi yah?!

31 responses

  1. Pak Guru, tanya dulu. Kalau saya bersedia menjadi penyumbang tulisan di panduan, nulisnya tidak dioyak-oyak kan? Maksudnya, pas sempat nulis baru bisa kirim tulisan gitu nggak apa-apa? Terus, apa tulisan wajib dijlentrehkan di blog atau model dibuat file tutorialnya? Kalau banyak gambar lebih mudah bikin file tutorial baru diunggah daripada langsung dijlentrehke di blog. Gimana, Pak Guru?

  2. Saya sudah invite lho kang di email njenengan yang pakai @suaraku.com.
    silahkan saja gak masalah, pokoknya se-enak masing-2 penulis lah. yang penting memberi pencerahan buat pengguna wordpress.com.

  3. he he he … aku diinpit gak?
    smg tidak 🙂

  4. sebaiknya adminnya satu aja
    ntar kalo tjd apa2 kan gak lucu adminnya saling delet2an akun

  5. makasi pak guru..setuju luthfi..
    lainnya di bwh admin aja..
    kec 1-2 admin mungkin gpp..

  6. Oiya pak, cara ngisi tulisannya gimana?? klo blog.WP.Com saya kurang jelas nih. Klo yg custom sendiri kan user mang bisa daftar terus login ke dashboard. Apa harus kirim tulisan ke bapak dulu :-D, maklum newbie

  7. wah…salu buat pak guru, kayaknya selain di blog wp, gak ada yang sharing ilmu kayak gini.

  8. Pak kalau saya pengen ikut boleh toh? Tapi kalau ndak produktip ndak disemprit kan yah??? Mau ikutan belajar bikin panduan kecil-kecilan nih…

  9. Terimakasih atas tanggapannya, yang lain tetep ditunggu.

    @ Luthfi & Dani Iswara: Saya percaya sama rekan blogger semua, nanti sambil nunggu perkembangan kalau perlu khan bisa saja ada editor yang lebih dari 1 bahkan adminnya, yang penting persamaan persepsi tujuan dibuatnya panduan wp.com. Ini masih tahap awal dan selalu ditunggu masukkan dari rekan blogger wordpress lainnya.

    @ Micokelana: Mungkin harus punya akun di wp.com dulu, mas nico sudah punya khan? Tulisan bisa langsung di publish sendiri tanpa lewat persetujuan saya kalau perannya author. Caranya login di wp.com masuk di panel admin wp (My dasboard) nanti letakkan pointer mouse diatas New pots maka akan ada pilihan mau nulis ke blog panduan wordpress.com

    @ Anjaz: Semoga yang lain juga membuat. Tapi saya rasa sudah ada cuman digarap sendiri-sendiri. Yang penting bisa berbagi.

    @ AMD: Pasti boleh, hanya saya nunggu kesediaannya kok. semakin banyak yang berperan semakin banyak yang kita bagi, ttg pengalaman penggunaan WP.com

  10. saya jadi pengunjung setia aja, hehehe…

  11. Pak Urip, di dashboard New Post kok gak ada nama blog panduan.wordpress.com. adanya beberapa blog lain yang saya terdaftar didalamnya :-D.

  12. Maturnuwun Pak Guru, saya sudah dapat tembusannya.
    Saya author ya.
    Salut lho njenengan mau bersusah payah menyediakan waktu, tenaga, pikiran (dana nggak usah saya sebut) dan saya bersyukutr bisa menjadi bagian wordpress. Begitu juga kepada teman-teman yang lain, luar biasa. Sedikitpun tidak mengira bisa mendapatkan ilmu dan banyak teman, rasanya seperti di darat.
    Moga peran teman-teman di panduan bermanfaat. Amin

  13. @ venus : Monggo saja.

    @ MicoKelana: Ok saya invite ulang deh,makai email yg sampean pakai di micokelana.wordpress.com itu.

    @ Cakmoki: Inilah rasanya bisa ketemu temen2 baru. Lewat blog. Semoga kita tetep ikhlas untuk bisa berbagi.

  14. salam kenal,pak urip. trima kasih atas usahanya bikin panduan. hari ini saya baru mulai bikin blog. saya tunggu panduan selanjutnya. semoga para penulis panduan jadi semakin pandai,banyak rejeki dan terus berkarya. bravo pak petruk eh pak HelgeDuelbeK

  15. Terima kasih invitation-nya, Pak. Saya nyari bahan dulu kalo gitu.

  16. wah…tindak nyata yang layak digugu lan ditiru…

  17. * .. nyari bahan .. *

  18. memang bener2 pak guru ya pak, makin banyak aja yg ngeblog di WP, wong ada gurunya sing pinter jee….maturnuwun pak, aku dadi murid aja deh…aku ga mudengan urusan website2an…:)

  19. pa Guru saya mau tanya, saya tidak bisa admin malah muncul tulisan seperti ini:

    “As mentioned earlier we are currently doing some maintenance. Your dashboard is going to be unavailable for 18 mins.”

    kenapa ya pa apa ada yang salah pada wordpress saya?

    terima kasih.

  20. @ Jokotaroeb
    Maksudnya gak bisa login?
    Coba refresh lagi browser sampean.

  21. waduh……saya dikasih peran apa pak? ? ?
    (hehehe males buka email, buka yahoo lambat)
    kaget saya pak, pas login kok your glob saya tambah sama panduan.
    insya allah saya sudah ada tulisan yang akan segera saya posting buat panduan, tinggal tahap finishing

  22. saya masih baru dan sama sekali g ngerti editnya gimana trus buat menu yang lain juga. daftar udah tapi buatnya gimana yaaa????panduannya kurang tuh. bahasanya yang bisa komunikatif lagi dunnkkzz. thanx.

    “Apakah sudah membaca beberapa tulisan di http://panduan.wordpress.com? Kalau masih kurang yah harap maklum lagi permulaan nih. BTW eksplore saja terus di mydashboard yakin akan ngerti sendiri. :)”

  23. yup ga bisa log in tapi sekarang sudah pulih kembali, makasih pa Urip.

  24. Wehehe, ternyata sampeyan toh pembangun panduan.wordpress.com. Wah, baru tahu aku.. hehehe…

    Cafeblogger.web.id rencananya mau saya gabung dengan blog saya. Soalnya agak susah juga promosi dua blog sekaligus 😀

    Tentang pembuatan blog WordPress, insya Allah sudah ada di cafeblogger.web.id category WordPress – NewBie bahkan saya juga udah jelasin cara daftar domain web.id.

    Saat ini pemindahan cafeblogger.web.id ke aku.punya.web.id sedang dilakukan. Jadi info terbaru tutorial wordpress bisa langsung ke aku.punya.web.id

  25. Hmm, baru 2 orang yang bantuin. Kalo artikelnya boleh sama dengan yang di blog saya, saya juga bersedia jadi penulis

    “Ok silahkan boleh saja. Sudah saya masukkan sebagai author loo. Ditunggu tulisannya yang diperuntukan buat pemula yah.”

  26. Undangan udah nyampe, tapi gimana cara masuk dahboardnya? Atau aku cuma perlu nulis di blogku aja tah? Jadi kayak sindikasi gitu?

    “Ok kalau gitu saya invit lagi lewat email sampean yang di kursus.wordpress.com yah. Sebab untuk kemudahan harus punya blog di wordpress.com, sehingga begitu login di blog sendiri bisa pindah dashboar dari blog milik sendiri ke blog panduan.wordpress.com”

  27. salam pak Guru
    makasih dah mampir ke kebonku. bagaimana cara bikin link orang yang pernah mampir yaa.. maaf baru mengenal blog dan blm user friendly… makasih bantuannya
    salam

  28. sayah masih di blogspot.. gara-gara ada panduan.wordpress.com malah jadi pengen punya akun di wordpress. coba-coba nyari yg blogspot ga adah.

  29. pak guru, saya gak bisa login ke blog aku di wordpress. dah berpuluh kali saya coba, saya yakin benar passwordnya. so, saya terpaksa nyatakan lost password… but…idem juga…ini saya coba berkali-kali…PUSIIIINGGGGGG…tolong dong bantuin saya…..