Istirahat/Refreshing, Surfing, Tubetorial Ngeblog

Istirahat atau Refreshing Huuh… Nikmatnya!

Setelah memposting tulisan saya tadi saing, saya tidur siang sebentar, ini membuat badan agak nyaman sedikit. Gejala flu berkurang. Cuci muka terus berangkat nonton sepak bola antar pelajar SMA. Kebetulan siswa sekolah saya sedang berlaga, hasilnya kalah 1-0 melawan salah satu SMK. Jarang dilatih sih yah. Di luar kebiasaan saya yang sangat jarang menonton sepak bola (sesekali ternyata asyik juga untuk refreshing). Apalagi sepak bola selevel itu, lah wong yang di TV saja malas nontonnya. Setelah itu pulang bermotor dengan kecepatan 20-30 KM/jam, menikmati enaknya bermotor sambil melihat kanan-kiri jalan.

Sesampai di rumah masih pukul 17.00 merasa capek masih, akhirnya merebahkan badan, tertidur sebentar, bangun tepat menjelang adzan magrib, diabangunkan sikecil. Setelah isya’ makan dengan sayur lalapan plus sambel terasi favorit, isi bensin, badan terasa lebih fit lagi meskipun belum 100%. Tergerak untuk browsing tapi tidak berniat buka blog, berniat untuk mencari hal baru tapi tetep terkait untuk blog juga.

Mengunakan mesin google segara mengetikan beberapa kata untuk “tips blog wordpress.com”, eeee lah malah masuk blog engtech yang menjadi langganan saya itu. Akhirnya iseng ngeklik Link >> WordPress Widgets Wizardy. Sebenarnya lama melihat adanya link ini tapi selama itu malas untuk membukanya. Karena sudah menduga isinya tentang apa. Keisengan berlanjut. Pointer mouse segara saya arahkan ke siderbar dari blog bloggersblurt.wordpress.com yang berjudul Beginner Resource. Berharap mendapatkan hal menarik dari situ.

Di tulisan itu saya sedikit tertarik untuk ngeklik link “There’s a beginner’s tubetorial here“. Sepertinya bener-benar menarik. Sebelum memang belum pernah saya lihat. Sebuah tautan menuju blog lain yang memberikan tautan lebih lanjut tentang video tutorial untuk tahapan awal ngeblog di wordpress.com. Sangat cocok untuk pemula. Meskipun video tutorial yang diberikan itu tidak berdasarkan wordpress.com tetapi dari edublogs.org, namun karena edublogs.org menggunakan mesin wordpress juga maka tidak terlalu beda prinsip penggunaannya sehingga bisa diterapkan untuk wordpress.com.

Jika berminat anda pun bisa mengunduh file tutorial tersebut yang berformat swf. Link-nya saya copy-paste di bawah ini:

Yah meskipun tutorial tersebut dalam bahasa Inggris namun cukup mudah dimengerti. Untuk memainkan video tersebut sebaiknya menggunakan flash player atau sejenisnya.

Saya berharap ada rekan lain yang mau membuatkan tutorial seperti tutorial di atas dengan bahasa pengantar berbahasa Indonesia. Tapi kalau tidak mungkin tutorial di atas itu sudah cukup, untuk membimbing pemula untuk bisa ngeblog dengan wordpress.com.

Begitulah antara refreshing-browsing yang akhirnya gak tahan blogging juga sebentar, saya rasa masih perlu istirahat dengan meninggalkan komputer dulu. Mungkin besok akan refreshing lagi entah kemana, bisa saja ke kebun, atau … mancing di sungai, asyik juga kali yah. Semoga gejala flu serta kebosanan segera hilang. Setelah posting tulisan ini saya akan istirahat lagi semoga besok pagi lebih sueeeger. Istirahat gak blogwakling dulu hehehe kalau tahan sih.

Terimakasih rekan blogger yang telah kasih semangat buat saya.

23 responses

  1. Numpang nimbrung nih Pak…
    Kalo saya ada gejala flu, Ibu biasa nyuruh minum banyak2. Biar banyak kencing, yang penting suhu tubuh terjaga.
    .
    B2T. Hm… Kok saya agak sedikit skeptis ya Pak? Soal pelatihan untuk guru-guru yang punya niat ngeblog tapi ga tau cara persisnya. Masalahnya, tutorial yang diunduh juga memerlukan “pengatahuan berinternet” yang cukup “wah”. Nah, kalau begitu, tutorial yang akan diberikan bukannya lebih bersifat “advance”?

    ” 🙂 Yah, bener saya juga sudah lakukan itu, banyak minum. Masalah guru ngeblog, lalu enaknya solusi gimana yah?”

  2. Sabar Pak Guru. Apabila letih. Istiraat sejenak. Mampir minum teh. Ingat pesan Cak Dokter. Nge-bloglah dengan sehat.

    Hehehe

  3. Istirahatnya jangan kelamaaan pak…kayak saya! Haha

  4. saya donlod tu tutor lambat, padahal saya niat mau me-reproduksi dalam bahasa indonesia. doakan pak ya cepet jadi (tapi kalo kompie saya sudah sembuh dari sakit hiks hiks

  5. “Makan dengan sayur lalapan plus sambel terasi favorit.”

    Saya sudah lama sekali tidak makan menu seperti di atas, dulu kalau di kampung saya sering sekali makan sambel trasi, dan kok sama ya mas, makanan pavorite saya juga sambel terasi.

    Refresing memang sangat di perlukan, apalagi buat kita-2 yang selalu sibuk dengan rutinitas kerjaan yang begitu numpuk. Karena dengan refresing otak kita akan di berikan hal-hal yang baru. Mancing, jalan2 ke kebun itu merupakan refresing yang mudah dan gratis. Tapi kalau seperti saya yang tinggal di jakarta, mana ada refresing yang gratis, Beruntung mas urip tinggal di daerah yang masih banyak tempat refresing yang gratis.

  6. niat istirahat malah dapat ide baru ya

  7. Wah, hebat pak guru nih, idenya gak ada abisnya.

    Met istirahat pak,moga sehat selalu.

  8. saya donlod tutornya koko lambat bgt ya pak, sebenarnya saya ni sudah niat bgt me reproduksi tu tutor dalam bhs indonesia. (doain aja sesegera mungkin kompie saya sembuh dari sakit ya pak)

  9. Ikut dong mancing iwak pak…fotone aja deh, hayyoo sendirinya ga pasang foto 🙂 lha wong fotoku wis burakan di tiap blog gitu lho…mo nonton apa lagi? hahaha

    “Sayang rencana mancing batal karena hujan mbak. Emmm …Sudah pernah mbaca tentang saya

  10. Mancing ?
    Nyindir apa kesamaan hobi nih.
    Namanya blogger sejati, mau refreshingpun masih sempat ngasih oleh-oleh download-an.
    Monggo Pak, diaturi refreshing, semoga bugar kembali 😀

    “Hehehe lama gak mancing Cak… Mungkin akan ada nuansa lain sekarang. BTW sore ini rencana mancing e malah hujan deres di tempat saya, batal dah. Jadi yah di rumah saja.”

  11. Saya itu kalau browsing dalam rangka refreshing justru melakukan blogwalking. Tapi karena kebanyakan refreshing akhirnya brosingnya isinya ya hanya blogwalking. Bedanya, saya nggak bawain Sampeyan oleh-oleh seperti yang dibilang cakmoki.

  12. mancing ke kali? asyik tuh pak….jangan lupa bawa laptop biar sambil ngeblog… 😀

  13. lhah, katanya capeeeek…kok malah muter2 surfing ini gimana? hehehe…

  14. awas kecemplung lohh.. kan butuh konsentrasi tinggi surfing
    *halah*

    wah Pak Urip masih terus memperjuangkan agar para guru di Indonesia bisa mempunyai jaringan blog yah.. sepertinya alot Pak, menurut saya sih tutorial membuat blog di wordpress kurang begitu efektif yah untuk menarik minat guru. Kalau dari awal memang sudah tidak tertarik ngeblog ya tidak akan berguna. Jadi, apa solusinya supaya para guru tertarik mempunyai komunitas di dunia maya? Menurut saya kuncinya ada pada koneksi internet negara Indonesia sendiri. Kalau internet masih mahal, masih berjalan secepat bekicot, masih tidak stabil alias sering down, ya otomatis para guru sebagai pekerjaan yang memiliki banyak kesibukan juga enggan menjelajah blogosphere, dipikir mungkin, “Lah wong saya sudah banyak kerjaan mesti persiapan ngajar ini itu, koreksi tugas dan ulangan murid, rapat-rapat, mana sempat lagi ‘main-main’ ke internet, mana buka websitenya aja lama banget dan mahal.. cape hati deh!”

  15. Pak guru, kalo menon-aktifkan SNAP ada pengaruhnya gak ya? kayaknya, SNAP bikin tambah lama proses loading… makasih..

  16. wah…kaykanya pak guru rajin menelusuri teritorialnya wordpress neh, kalo aku seh, malas bgt, soalnya bahasa inggris pas pasan hehehehehe

  17. Masih jetlag pak, tolong dibantu…

  18. Dasar pak guru, mo istirahat malah dpt hal yg baru…ntar sakitnya g sembuh loh. Met istirahat ya pak, smg segera baikan.

  19. Numpang nimbrung nih Pak…
    Kalau menurut saya, tutorial/ pelatihan ngeblog penting, cuma kalau “status” peserta pelatihan adalah orang2 yang notabene sudah hafal prosedur berinternet, sepertinya jadi hal yang sia-sia.
    .
    Menurut saya, bagi mereka yang sudah jago surfing, tahu cara mengunduh, buka email,chatting, dsb.. Cukup diberi penjelasan singkat tentang web pribadi, nanti masalah fitur, bisa ikut forum atau tanya teman yang sudah belajar.
    .
    Nyatanya, ada banyak guru yang kurang faham cara “berselancar”. Nah, kalau soal ini, maaf Pak, saya kurang ilmu. Saya KKN di sebuah kabupaten di Bantul dan salah satu proker kami adalah menjelaskan secara intensif tentang Teknologi Informasi, khususnya cara berselancar dan memakai aplikasi office. CMIIW

  20. Numpang nimbrung nih Pak… (lagi)
    Maaf, slah tulis… Itu seharusnya “kecamatan di Bantul” karena Bantul adalah nama Kabupaten. Hehehe… Maafin saya Pak Bupati…

  21. sip deh, dapat tutorial baru lagi…

  22. Pak Urip, kok komentar Pak Urip di blog saya, tentang sitibank kok nggak muncul ya, padahal di sidebar komen muncul?

    “Wah tadi juga gak langsung muncul begitu saya kirim, tapi pikir saya masih dalam proses, begitu saya klik back untuk resend ternyata ada duplikasi jadi saya close, sebab berarti sudah masuk komen saya. Saya gak tahu kenapa terjadi mungkin perlu refreh atau reload kali yah?”

  23. ya kadang2 kita perlu ngelakuin kegiatan nyantai…
    intinya harus ada variasi hidup mas, jangan monoton, jangan posting melulu…sekali2 perlu diselingi makan dan tidur (eta mah harus atuh nya)

    selamat melanjutkan hidup mas
    salam dari saya