Tips, Tidak Praktis Tapi Cukup Berguna

Pagi ini menyelesaikan postingan untuk dipublish dan sudah ditampilkan di blog ini. Ada beberapa tulisan yang perlu di format subscript dan superscript, tulisan rumus-rumus senyawa kimia. Tadinya berniat untuk menulis langsung di aplikasi pengolah kata Ms Word, kemudian berencana menempelkannya dengan menggunakan fasilitas copy-paste from Word yang ada toolbar optional Editor WP.com, ini biasa dimunculkan dengan tekan alt+V atau alt+shif+V, eee ternyata gak bisa muncul entah kenapa. Sedangkan jika ingin menggunakan mode kode pada editor WP.com ini terlalu ribet harus berulang-ulang mengetik <sub>…</sub> untuk subscripts atau <sup>…</sup> untuk superscripts.

Mutar otak sebentar sambil tetep nulis, coba pakai MS Word (karena dengan ini saya sudah punya otomatisasi penulisan rumus senyawa kimia) kemudian menyalin dan menempelkan langsung ke teks editor WP.com. Berhasil… Setelah saya mengecek pada mode kode ternyata banyak sekali tag-tag html yang semestinya tidak perlu ada. Misal pada saat saya copy-paste tulisan seperti ini CH3COO + H2O <===> CH3COOH +OH

maka pada mode kode muncul banyak tag yg sebenarnya tidak perlu.

<span lang=”IN”>CH<sub>3</sub>COO</span><strong><sup><span style=”font-family: ‘1Lanz Chemistry'” lang=”IN”>-</span></sup></strong><span lang=”IN”> + H<sub>2</sub>O </span><span style=”font-family: ‘URIP’,S” lang=”IN”><===> </span><span lang=”IN”>CH<sub>3</sub>COOH + OH</span><sup><span style=”font-family: ‘1Lanz Chemistry'” lang=”IN”>-</span></sup></p>

Saya coba untuk melakukan copy and paste dari word ke blog editor WLW atau Qumana, kemudian dari situ saya copy-paste lagi dan saya letakkan dalam teks editor-nya WP.com ternyata tag-tag html cukup bersih.

hasilnya pada mode kode tag html-nya hanya seperti ini.

CH<sub>3</sub>COO<b><sup>-</sup></b> + H<sub>2</sub>O <===> CH<sub>3</sub>COOH +OH<sup>-</sup>

Bandingkan dengan tag-tag yang jika tulisan tadi di copy-paste secara langsung dari word ke teks editornya WP.com itu.

Saya tidak tahu apakah jika tag-tag yang sebenarnya tidak diperlukan itu ada akan mempengaruhi kecepatan akses tulisan ini atau tidak. Yang jelas cara copy-paste dari word ke blog editor WLW dan Qumana tag-tag html-nya lebih “bersih”. Kabarnya cara ini juga bisa diterapkan untuk blog editor yang lain, seperti BlogDesk.

Jadi prinsipnya : ketik teks di ms.word >> salin(copy) >> tempel (paste) di blog editor>> salin lagi teks yang ada di blog editor itu >> tempel di teks editor WP.com.

Mungkin akan ada yang tanya kenapa tidak langsung dari blog editor kemudian di publish? Yah begitu juga lebih praktis dan gak ribet bolak-balik sana sini. Lah ini khan saya eksperimen. πŸ™‚ Bahkan MS word 2007 pun sudah bisa langsung untuk posting ke blog. Tapi karena tidak setiap orang punya MS word 2007 itu atau karena pakai OS bukan WIndows, jadi perlu alternatif. Saya mengetik ini kebetulan paka OS windows di sekolah.

Catatan: Untuk OpenOffice Writer hasil copy paste langsung-nya sedikit lebih bersih dari tag-tag sampah dibandingkan copy paste dari MS word.

20 responses

  1. ..Catatan: Untuk OpenOffice Writer hasil copy paste langsung-nya sedikit lebih bersih dari tag-tag sampah dibandingkan copy paste dari MS word…

    Hidup OpenOffice! .. hihihi, bulan lalu baru ‘melegalkan-diri’ nih. Beli WinXP genuine, uninstal ms-office dan pake OpenOffice sajah untuk ketak-ketik…

    *hummm, gak nyambung sama postingannya ya? … maap πŸ˜€

  2. Berarti WOrd itu banyak ‘sampah’nya yah??? πŸ˜‰

  3. ktnya faq wp.com emang gak dianjurkan kopi-rekat dari ms word & sejenis..mungkin krn standar html ms word & sejenisnya itu pake html 3.2 sedangkan wp.com pake xhtml 1.0 transitional?

  4. salin tempel. kopi rekat. yg benar yg mana ya?

  5. hihihi… kalau saya, mendingan copy-pasti sub-nya di blog editor daripada bolak balik pindah dari blog editor ke word editor. πŸ˜€

  6. wah iya tu ribet kalo mo bikin subscript atau superscript… hehe… maturnuwun infonya..

  7. Klo saya biasanya menyalinnya ke html code blog editor pak, jadi murni plain teks. Cuman memang agak ribet sedikit mesti ngasih html code manually.

    Menurut info dari MS Office 2007 udah menghasilkan plain text, jadi klo copy paste ke WYSIWYG dia akan jadi plain text (bener gak yah).

    Untuk buat rumus senyawa kimi gitu, belom pernah coba, saran saya convert ke image pak πŸ˜€

  8. Hasil dari Word itu memang masih asli kode di balik layarnya MS-Word kok pak. malah jika yang dikopi adalah semuanya, kode-kode yang membangun tampilan itu bisa satu halaman sendiri, padahal mungkin tulisan aslinya cuma satu paragraf.

  9. Saya nggak pernah pakai rumus-2 kimia seperti itu. Jadi saya tidak begitu paham.

    Kadang (terutama saya) tidak menguasai semuanya, kebanyakan semua bisa karena ada tugas atau tantangan yang lain2. COntoh rumus2 kimia, karena saya jarang berhubungan jadi saya tidak tahu.

  10. » maiden:
    iya ya..saya jg bingung nih..maap..
    • copy → kopi = salin
    • paste → pasta = rekat = tempel

    dl pake Panduan Pembakuan Istilah sesuai Inpres Nomor 2 Tahun 2001 tentang Penggunaan Komputer dengan Aplikasi Komputer Berbahasa Indonesia

    dl googling ‘istilah teknologi informasi‘ juga..

    ada yg baru ya… maap.. πŸ˜€

  11. sebentar lagi wadehel bikin postingan cara bikin huruf arab yang islami πŸ˜›

  12. Kode html keluaran MS Word memang acak adul. Coba saja bikin halaman web menggunakan MS Word, ditanggung kita akan kerepotan kalau mau edit source-nya. Begitu pun bikin halaman web dengan MS FrontPage, kode html-nya juga suka bikin kita jengkel. Makanya dulu Kang Kombor waktu belajar bikin web make 1stPage 2000. Saiki dah nggak belajar bikin halaman web dan nggak pusing sama kode html wong ada WP. Lagipula Kang Kombor kan nggak akan bikin rumus kimia seperti Pak Guru. πŸ˜€

  13. Pakai NoteTab Light gratisan, siiiippp. Tersedia fitur mulai HTML 4.0, 4.01 dan XHTML 1.0 Transitional. Tag-tag nya sudah tersedia nggak perlu nulis lagi. (kelemahannya males nulis tag karena sudah tersedia)
    Setelah bikin di NoteTab Light, copy paste ke editornya WP.

  14. wah, lagi training open office nih pak guru!

  15. πŸ™‚ Goio: Open office lebih memberi janji, semoga pengembangnya selalu semangat, untuk mensejajarkan dengan ms office.
    πŸ™‚ CLO: Yah… sampah berguna buktinya banyak pemulung bahkan pencuri seperti kita hehehehe
    πŸ™‚ Dani ISwara: Hehehe gak mudeng saya kalau yg seperti itu, asala pakai saja je
    πŸ™‚ Maiden: Sudah ada penjelasan yah
    πŸ™‚ Agusset: Maunya gitu cuman cari cara lain saja
    πŸ™‚ Anang: Setelah ini tidak lagi deh πŸ™‚
    πŸ™‚ MicoKElana: KAlau di konvert ke gambar lebih tidak praktis, saya sudah dapat cara kok saran CakMoki itu, tapi lebih suka yang WYSIWYG πŸ™‚
    πŸ™‚ Galih: Iya, makasih… salah saya sendiri khan.
    πŸ™‚ Prayogo: Iya sih
    πŸ™‚ PAssya: πŸ˜€
    πŸ™‚ Kang Kombor: Lah iya kang, saya yang perlu dengan hal itu sebab akan sering nulis gitu je.
    πŸ™‚ Cakmoki: Makasih Cak dapat inspirasi untuk barang baru. Saya dulu pernah coba beberapa cak untuk yg under windows, tapi dah saya uninstall semua. Pagi ini saya nyari2 di ubuntu dalam daftar synaptic package manajer, dan ternyata tersedia banyak pilihan, nanti saya bikin laporannya. ketemu ikan biru, amaya, NVU, GTKedit+ mungkin masih ada lagi tapi saya coba 4 itu dulu.
    πŸ™‚ Peyek: Bukan lagi minum koffice πŸ˜€

  16. pak guru, saya baca di blog anangkublogspot, sampeyan cari tutorial ngeblog di blogger/blogspot ya? saya punya tuh, nanti saya kirim kalo sampeyan mau.

  17. @ venus: Terimakasih, khan pingin tahu juga. ditunggu yah, ada alamat email saya khan?

  18. sent πŸ™‚

    selamat mencoba. super duper gampang kok…

  19. ayo beralih ke open office.. biar gak ketergantungan ama win***…!

  20. pernah coba..ada beberapa artikel di blog saya, menggunakan tips ini..