Menginstall Ubuntu di USB FlashDisk

Sekilas info:
Pagi ini mendapatkan tutorial menarik seperti judul tulisan ini. Yang belum tahu dan ingin tahu silahkan dilanjut. Oh yah kenapa harus USB Flashdisk kan bisa pakai CD? yah ini alternatif, lagian praktis gak pakai CDROM Drive khan?! 🙂

Berikut ringkasan hasil penyimakan saya (silahkan dikoreksi jika ada yang keliru):

Yang diperlukan:

  • Sebuah ubuntu liveCD
  • Sebuah usb flashfisk minimal 1Gb
  • Sistem Operasi Linux

Penyetingan USB FlashDisk:

  • Pastikan USB yang hendak dipakai dapat dikenali oleh Sistem Operasi Linux yang sedang berjalan. Kemudian lakukan pemformatan untuk tempat Ubuntu di USB flashdisk itu. Buat 2 pastisi untuk 1 FAT dan 1 lagi ext2.

Penginstallan Ubuntu di USB FlashDisk:

  • Pastikan cdrom drive terpasang dan dapat dikenali untuk mounting LiveCD image demikian juga untuk USB flashdisk-nya pastikan ter-mount dengan bener.
  • Kopikan file-file yang ada di Live CD ke dalam USB flashdisk.
  • Lakukan modifikasi (pengeditan) pada file syslinux.cfg
  • Agar USB FlashDisk dapat digunakan untuk booting perlu dilakukan penginstallan syslinux dengan perintah tertentu.
  • Ok selesai. Lakukan unmount.

Jangan lupa untuk bisa menggunakan USB Flashdisk sebagai OS Ubuntu ubah setting Bios agar boot di urutan pertama.

Demikian ringkasannya.

Jadi lebih lengkapnya semua ada pada link/tautan yang ada di bagian pentahapan tadi.

25 responses

  1. …..baru tau saya kalo ubuntu bisa langsung dari flashdisk….
    tapi kalo flashdisknya isinya sedikit gimana???

  2. sip pak makasih infonya mo coba ach

  3. good good infonya… terus pak untuk mencerdaskan bangsa juga… hehe

  4. Ukuran flashdisk berapa MB yang diperlukan pak?

  5. @ faaz: minimal 1 GB pokoknya, sedikit yah gak cukup to. 🙂
    @ Kangguru: Ok sama-sama pak, sekedar info/info sekilas.
    @ Anang: 🙂 apa yang saya punya saya kasih.
    @ abahapis: 1 GB… saja mas, sekarang khan wis murah.

  6. ini baru namanya pak guru!!

  7. infonya sangat berguna Pak Guru!

  8. Iya benul, pastinya flashdisk yang cukup besar. Tapi flash disk 1 GB itu sudah kurang dari 200rb loh (murah kan, saya beli 125 rb).

    Tapi agak cukup berat klo menurut saya sih pak, ada beberapa versi linux yang minimalis, seperti Damn Small Linux, Slack.

    Tapi dengan adanya berbagai versi ubuntu pastinya akan menambah alternatif menggunakan ubuntu linux.

  9. Iya betul, ada Damn Small Linux, cuma perlu 50 Mb. DSL ini Debian base juga. Untuk Baca partisi NTFS (Mount & unmount) lebih mudah dibanding Ubuntu, tinggal Klik.
    http://www.damnsmalllinux.org/

  10. Tidaaak… Ubuntu Lageee….

    *perasaan berdosa meluap-luap*

  11. Saya pernah tanyak ke bang warnet tentang hal ini, tapi katanya. Eits jangan..ntar plesdis ente bisa jebuwol! Afa betul pak guru?

  12. wah guru kimia yang satu ini memang punya banyak tipsnya yang uhuy deh ttg komputer dan tetek bengeknya… btw. ajarin saya kimia dong! hehehe…

  13. @ NIken: yang kemarin itu masih nak guru 😀
    @ Kang Adhi: Yah semoga begitu
    @ micokelana: yup benul juga.
    @ Odoy: Gimana caranya untuk meninstallnya di UFD?
    @ manusia super: 🙂 ini saya lagi mulai belajar jadi yah harap maklum yah.
    @ ichsanmufti: Belum pernah mengalami atau dengar cerita seperti itu sih saya.
    @ agusset: hehehe saya cuman bagi2 info saja kok, semacam hub-lah. BTW ilmu kimia saya perlahan-lahan luntur nih.

  14. TERIMAKASI bLOG…..

    SAYA guru smp di NTB, karena memberi saya informasi tentang LINUX

  15. Hi… Gw mau tanya klo linuxlain bisa di instal lewat flash disk g?

  16. adakah tutorial step by stepnya?

  17. Saya mau komentar,kok larinya ke pencarian?

  18. @ abdul karim: sama-sama mas.
    @ blue: Seperti komentar temen sebelumnya ada kok DSL itu dan beberapa yg lain saya lupa apa namanya
    @ milisdad: Ada cuman bahasa inggris, tulisan ini saya ringkas, sedangkan untuk step by stepnya tinggal lihat di sumber aslinya pada link2 yang ada di tulisan di atas.
    @ madsyair: Mungkin ada sedikit masalah saat pengetikan, pointernya mousenya masuk ke kotak pencarian.

  19. coba komentar lagi, aaah.
    kayaknya browser yang masalah. saya pake mini opera 3. info:untuk linux lain bisa dilihat di http://www.pendrivelinux.com

  20. Windows Xp juga sekarang bisa kok dimasukin ke flash disk ^^ mau tau ? kirim email aja ke saya

  21. trus gimana kalau menginstall microsoft office di flashdisk..soalnya aku pernah nyoba copy ke flashdisk tapi kok nggak mau dibuka..tetap harus manggil ke HD..thanks

  22. Kalau linux diinstall di flashdisk, dikasi beberapa antivirus yang definition nya terbaru mungkin akan sangat bermanfaat ya pak? bisa untuk nyecan komp orang yang kena virus. stress belakangan banyak komp disekitar kena virus

  23. Tanya Mas,

    Yang di edit pada file syslinux.cfg apa aja ?
    trus di kurangi ataua di tambahin aPa?

  24. saya telah,
    coba tapi maksud
    “penginstallan syslinux dengan perintah tertentu.”? itu apa

    jadi mentok deh

  25. Ini kira2 yg perlu diedit pada syslinux.cfg

    DEFAULT persistent
    GFXBOOT bootlogo
    GFXBOOT-BACKGROUND 0xB6875A
    APPEND file=preseed/ubuntu.seed boot=casper initrd=initrd.gz ramdisk_size=1048576 root=/dev/ram rw quiet splash —
    LABEL persistent
    menu label ^Start Ubuntu in persistent mode
    kernel vmlinuz
    append file=preseed/ubuntu.seed boot=casper persistent initrd=initrd.gz ramdisk_size=1048576 root=/dev/ram rw quiet splash —
    LABEL live
    menu label ^Start or install Ubuntu
    kernel vmlinuz
    append file=preseed/ubuntu.seed boot=casper initrd=initrd.gz ramdisk_size=1048576 root=/dev/ram rw quiet splash —
    LABEL xforcevesa
    menu label Start Ubuntu in safe ^graphics mode
    kernel vmlinuz
    append file=preseed/ubuntu.seed boot=casper xforcevesa initrd=initrd.gz ramdisk_size=1048576 root=/dev/ram rw quiet splash —
    LABEL check
    menu label ^Check CD for defects
    kernel vmlinuz
    append boot=casper integrity-check initrd=initrd.gz ramdisk_size=1048576 root=/dev/ram rw quiet splash —
    LABEL memtest
    menu label ^Memory test
    kernel mt86plus
    append –
    LABEL hd
    menu label ^Boot from first hard disk
    localboot 0x80
    append –
    DISPLAY isolinux.txt
    TIMEOUT 300
    PROMPT 1
    F1 f1.txt
    F2 f2.txt
    F3 f3.txt
    F4 f4.txt
    F5 f5.txt
    F6 f6.txt
    F7 f7.txt
    F8 f8.txt
    F9 f9.txt
    F0 f10.txt