Install AVG Anti-Virus di Ubuntu 6.06 ~ Gampang

Sebelumnya antivirus ClamAV telah berhasil saya install di Ubuntu 6.0.6. Bukannya dikarenakan ubuntu saya  terkena virus. Hanya ingin belajar cara menggunakannya. Setelah tahu yah sudah dapat pengetahuan baru. Tapi karena selama menggunakan Windows XP saya percaya sama AVG, maka di Ubuntu pun saya akan coba percayakan ke AVG juga. Sekali lagi ini untuk antisipasi saja, sebab di GNU-Linux kabarnya gak banyak virus alias relatif lebih aman dari serangan makhluk jahat itu.

Tadinya saya baca artikel di sini untuk penginstalan AVG. Kesan pertama sulit, banyak langkah yang harus diikuti. Jadinya yah pikir-pikir. Tapi setelah pengalaman kemarin menginstall APTonCD yang begitu mudahnya untuk penginstallan berkas berkestensi *.deb, saya putuskan untuk ngecek AVG di situs resminya, dan saya jumpai di sana tersedia AVG dengan format berkas deb juga.

Kalau mau download klik saja di sini. Ukuran file AVG Free for Linux 7.5.0045 sebesar 33 MB.

Setelah terdownload saya langsung klik ganda saja dan benar proses peng-installannya mudah sekali, tinggal klak-klik saja dan berhasil. Jadi tidak perlu makai mode terminal atau konsol yang seperti dos itu. Hanya saja menurut petunjuk kita harus mendaftarkan diri walaupun AVG itu gratis. Nah yg ini pakai terminal itu. Akses terminal di Ubuntu saya dari Aplikasi >> Aksesoris >> Terminal. Ketikkan avgscan -register terus enter selesai deh. Di sini kita dapat kode nomor registernya, gak usah diapa-apakan, tutup saja terminal.

Seteah selesai restart Ubuntu. Selanjutnya untuk menjalankan AVG yang telah menggunakan GUI di ubuntu saya bisa diakses lewat Aplikasi >> Aksesori >> AVG for Linux Workstation.

Setelah itu kita bisa menggunakan scanning virus seperti biasanya.

Jadi sementara ini di Ubuntu saya ada 2 antivirus terpasang, rencananya akan saya remove/uninstall salah satunya, masih mencari hasil review mana terbaik untuk digunakan.

19 responses

  1. Bukanya linux bebas dari virus pak?

  2. tidak juga ..
    Linux juga bervirus
    Namanya buatan manusia pasti ada bug-nya

    baca ini –> http://stason.org/TULARC/os/linux.virus.html

  3. keren pak…. q lagi cari2 antivir buat linux… kelupaan ma avg..
    dah coba avast but ga detect virus2 baru macam mr coolface ma my sharona…

    moga ajah avg bisa

  4. Siiip, abis nyedot harvestmoon saya akan langsung nyedot avg. Terimakasih pak.

  5. mmmh, pak. itu nanti updatenya gimana? harus nyedot segede itu lagi atau incremental?

    saya nungguin pak urip update dulu ah 😀

  6. *wadehel

    tinggal pake sudo avgupdate -o dari konsole pak… inget pake sudo ya pak.. klo ga ya …g bisa update…

    update -an nya incremental.. kecil paling cm berapa kb ajah

    *helgeduelbek
    btw pak… waktu saya mengikuti petunjuk bapak

    “Akses terminal di Ubuntu saya dari Aplikasi >> Aksesoris >> Terminal. Ketikkan avgscan -register terus enter selesai deh. Di sini kita dapat kode nomor registernya, gak usah diapa-apakan, tutup saja terminal”

    pas saya buka… malah error

    “AVG7 Anti-Virus command line scanner
    Copyright (c) 2006 GRISOFT, s.r.o.

    Init core / init avi failure.”

    bisa bantu pak???

  7. paling gak kalo Linux di Install AntiVirus bisa sebagai SO pembersih virus dr HD/USB FlashDIsk bervirus 🙂

  8. enaknya klo diinstall AVG, pirus-pirus yang menjangkiti winblows juga kedetek. Jadi si winblows ama ubuntu bisa begandengan kayak orang pacaran 😀

  9. makasih buat tulisannya bos! kalo bos ngga’ jadi member planet, mana kita tau kalo avg ada buat ubuntu :D. welcome to the club :).

  10. @ Abahapis: Sudah dijelaskan sama Nur Aini Rakhmawati khan.
    @ Nur Aini Rakhmawati: Terimakasih infonya yah.
    @ Wadehel: Ok bos, sama-sama Untuk upadte sudah dikasih penjelasan sama KAYGENZS.
    @ Kaygenz: Waduh saya lakukan begitu saya dan berjalan dengan normal kalau soal seperti itu saya tidak bisa kasih solusi, yang lain pasti bisa kasih penjelesan.
    @ milisdad: Hehehe bener itu
    @ micokleana: Hehehe bener lagi.
    @ buitenzorg812: Sama-sama mas ini tulisan pemula banget.

  11. mana nie artikelnya… dibikin dunk… ntar keduluan saya loh.. he.

  12. FYI, sekarang avast juga sudah ada versi untuk linux.
    Bisa dilihat di http://www.avast.com/eng/avast-for-linux-workstation.html

  13. bermanfaat buat yg dual/triple/lbh-boot linux dan wind0ws..dan jangan lupa back up..back up..back up.. makasi pak guru..

  14. suwuuun sing katah tekan suroboyo^_^

  15. saya sudah install antivirus AVG-nya
    tp kok ga bs jln yah antivirus AVG-nya?
    ga ada respon apa2 pas run test,
    please advice….

  16. Cak Urip,

    link untuk download clamavtk nya dong, saya coba
    tanya mbah google tapi belon dpt wangsit juga.
    Kalo bisa japri di email saya juga ya
    suwun

  17. bagus juga neh buat pemula seperti saya ^_^, moga aja ada artikel yang baru yah ,lam kenal semua

  18. KALAU DI MANDRIVA GIMANA MAS CARANYA MAKLUM NEWBIE

  19. Install dah berhasil ubuntu 8.04.. pas mo update ERROR..
    googling bentar dan ketemu solusinya.. 🙂
    untuk update AVG di linux… baca
    http://www.howtoforge.com/avg_antivirus_ubuntu_feisty_p2