Screencast Cara Penginstalan Paket di Ubuntu itu

Untuk pengguna Ubuntu pemula

Bagi pengguna awam Ubuntu biasanya bingung setelah melakukan penginstallan suatu paket. Mencari dimana bisa mengkases paket tadi untuk menjalankannya. Ini pengalaman saya yang belum pernah menggunakan linux secara serius.

Biasanya setelah penginstallan paket itu bisa langsung muncul di Menu aplikasi (kalau di windows langsung nongol di Program). Jika setelah penginstallan ternyata tidak ada di menu apalikasi maka kemungkinan ubuntu anda minta di refresh saja si desktop & panel GNOME dengan melakukan perintah $ killall nautilus dan $ killall gnome-panel
di terminal/konsol. Inilah sayangnya gak ada pemberitahuan bahwa setelah penginstallan untuk merefresh komputer. Jika tidak bisa ditemukan juga maka biasanya paket yang anda install itu minta dijalan kan dari terminal/konsol. Caranya ketikkan saya nama paket/aplikasi kemudian enter.

Oh yah yang baru kenal Linux/Ubuntu dan ingin melakukan pemasangan paket aplikasi sebaiknya membaca artikel “How to Install Anything in Ubuntu“. Pada artikel tersebut kita bisa mendapatkan penjelasan yang rinci, dan mudah diikuti. Meskipun dalam bahasa inggris tapi tetep mudah untuk diikuti. Kalau megalami kesulitan memahami karena tidak cukup mengerti bahasa inggris silahkan menginstall kamus smart Stardict. Kamus ini gratis. Tinggal unduh gtk, stardict dan kamusnya dengan urutan penginstallan gtk-stardict-kamusnya.

Selain itu juga disediakan screencast yang bisa juga di download.
Beberapa SCREENCAST tersebut tautannya saya tulis kembali di bawah ini. Jika berminat silahkan download langsung dengan klik kanan >> Save Link As.

File-file tersebut saya buka dengan mesin perambah yang ada di komputer saya (menggunakan firefox) dan dapat berjalan dengan lancar.
Semoga sedikit info ini bisa membantu bagi pengguna pemula Ubuntu.

12 responses

  1. penginstallan ternyata tidak ada di menu apalikasi maka kemungkinan ubuntu anda minta di restart.

    Sebenernya om bila si menu tidak muncul gak usah pake restart kompie segala tapi cukup refresh saja si desktop & panel GNOME dengan menekan perintah $ killall nautilus dan $ killall gnome-panel

    “Ok terimakasih atas koreksinya mas, ditunggu pencerahan ditulisan berikutnya sehingga semakin lengkap dan tidak keliru lagi. Tulisan di atas sekarang telah diedit.”

  2. Hendra Ciptawan

    Ternyata Ubuntu lebih ribet juga cara nginstallnya dibanding Mandrake 😦 Tapi ntar kapan-kapan nyoba ajah ah 🙂

    “Masak iyah sih, maklum saya mengenal linux secara serius yah dari Ubuntu ini”

  3. Aku ga ngerti U buntu pak, aku pake vista waduh itu aja perlu penyesuaian diri dari xp… apa to pak bedanya U buntu dan windows aku ga mudeng jee

  4. Untuk pengguna baru sangat disarankan untuk install applikasi lewat utility gnome-app-install yang sangat amat user friendly.

  5. aplikasi screencast nya pake apa pak??
    tolong di ulas donk
    trims.

  6. wew.. takkira cuma gambar biasa pak guru. ternyata bisa gerak.. eeheheh.. izin dunlud buat koleksi..

  7. Met Gabung yah.
    HORAS
    haloo Team Blogger terimakasih atas perhatiannya, Saya berharap join deh ma aku…
    Hehehe..
    Pengen Kawan yang banyak yah…

  8. waduh pak, numpang tanya ni, sama saya baru pake ubuntu, beli bukunya aja gak ada, yg bahasa indo adanya edubuntu, sama gak tuh?

    saya baru download wine-0.9.34.tar.bz2
    gimana nginstalnya ya?

    saya dulu pernah coba download versi dibawahnya tapi file deb, ada file yg kurang, cobanya di terminal: dpkg -i wine*.deb sekarang permasalahannya bukan file deb, tapi tar.bz2 waduh gimana itu pak?

    katanya file tar bals itu harus di compile dulu?

    waduh diminta petunjuknya ni

  9. bingung, cara muter mp3 di ubuntu? ada yg tau bantuin dong

  10. @ co_keren: Saya pakai XMMS saja bisa tapi yah harus lemngkap codec-nya , Begitu kalau gak salah.

  11. bos mo tanya bagaimana instal dial up di ubuntu 7.04 nama paket aplikasinya apa… dan kalaw ga ada gimana cara instalnya…. tapi yang dari hardisk instalnya…. b4 tararengkiyu

  12. Yhanks you1b7e4f2927c990c4e3044a722043cd45