Tamu Blog Kita

Intermezo

Beberapa hari lalu saya iseng mulai membuat daftar tamu blog, dan sekarang sudah selesai. Hanya tamu meninggalkan komentar dengan menuliskan alamat url blog yang saya tulis. Ini sebagai ganti kumpulan tautan antar blogger. Dari daftar itu saya bisa instropeksi, menganalisa isi tulisan dan membandingkan dengan beberapa tulisan para tamu blog ini. Hasilnya pasti berbeda baik isi, gaya tulisan, latar belakang blogger…variatif sekali. Ini telah menambah wawasan dan pengalaman baru buat diri saya. Tidak mudah jika dilakukan tidak lewat internet.

Dari daftar tamu blog ini, ada yang hadir hanya beberapa kali kemudian tidak lagi berkunjung. Ada juga yang rutin, saya yakin niatnya adalah untuk menjalin persahabatan. Tapi sayang ada juga yang blognya tidak dirawat lagi, mungkin karena kesibukan atau keterbatasan tertentu.

  • BTW, ingatkah siapa komentator alias tamu pertama di blog kita? (silahkan dicek di My dashboard >> Komentar, langsung saja tuju ke komentar halaman terakhir.
  • Apakah sampai saat ini juga masih rutin bertandang di blog kita?

Alhamdulillah sampai saat ini saya masih sering berhubungan dengan tamu pertama blog ini. Edited: Inilah tautan isi komentar tamu pertama saya itu.

Terimakasih teman… telah banyak berbagi selama ini. Juga blogger lainnya yang sudi meluangkan waktu untuk mengunjungi blog ini. Terimakasih dan saya harap tidak bosan. Jika ada kritik dan saran silahkan saja disampaikan baik secara terbuka atau via email. Ditunggu selalu. πŸ˜€

70 responses

  1. Yap, saya akan jadi tamu tetap anda, silahkan di links tempat saya yah, he he he

    #Sudah mas… saya letakkan di halaman “Yg Pernah Mampir

  2. ingatkah siapa komentator pertama di blog kita? kk kelas ….

  3. Wah, nulisnya manual pak? atau dengan script? dipublish juga dong scriptnya.. πŸ™‚

    #Walah saya ini gak punya pengetahuan untuk bikin2 script mas. Yah manual dengan beberapa trik, kalau di wordpress.com sepertinya tidak mengijinkan scripts-scriptsan gitu. Mungkin sampean bisa membuatkannya untuk yang lain? πŸ™‚

  4. Tidak berkunjung bukan berarti tidak mengikuti perkembangan blog anda loh πŸ˜›

    # πŸ˜€ Ok bos sangat dimengerti, terimakasih πŸ™‚

  5. waw…banyak banget pak guru?
    tapi saya ini termasuk setia lho pak…hihihi..meski ndak selalu meninggalkan komentar..hihihi

    #Yah itu nyatanya. Mas anto memang cakep dah… sudah rajin ngunjungin blog saya… hahahaha

  6. Absen Hadir pak guru πŸ˜€

    # Oh ya… sudah ngerjakan PR belum, kalau sudah kerjakan soal nomor 5 di papan tulis kemudian kita bahas πŸ˜€

  7. ya..mudah2an kita bisa istikomah untuk saling silaturahmi πŸ˜€

    #Yah mas, sepertinya memang itu harus

  8. semoga ga pernah ada tamu terakhir ya pak (alias jangan sampe berhenti ngeblog)

    #Yah semoga bisa selalu di beri kesehatan oleh Tuhan, dan juga koneksi internet lancar dan tambah murah

  9. Rajin sekali bikin tautan.
    Tamunya sak embreg, … banyak tamu banyak rejeki.Amin
    Saya kalau mertamu tidak lupa ngelirik sidebar kanan, terutama daftar Blog Guru. Makin banyak, ikut senang πŸ˜€

    # Semoga begitu Cak. Saya kesulitan untuk mendapatkan blog-2 rekan guru, sebab tidak banyak yang mengakui tentang ke-guruannya. padahal saya yakin banyak lho cak. Mohon jika tahu di kabari untuk menambah tautan gurunya. Terimakasih.

  10. wah, klo saya mau cari teman-teman lainnya, bisa lewat blog ini…..Entar deh, sambil iseng-iseng saya klik aja yang ada didaftar tamu yang pernah mampir.
    Makasih Pak…

    #Sama-sama mas, ok silahkan, kalau perlu kopi saja ke blog sampean jadi praktis.

  11. Saya sebenarnya selalu mampir sini kok Pak, cuma akhir2 ini tidak bisa meninggalkan jejak (komentar).
    Sementara menyerap ilmu (terutama tentang Linux)dulu di tempat Pak guru dulu biar besok2 bisa nyambung komentarnya πŸ˜€
    Lha kalau sudah masalah Linux sama sekali buta jadi mau komentar cuma tergagap-gagap saja hehehe

    # Yah gak papa mas, kalau tentang linux saya ini balum bisa, tapi begitu dapat pengalaman saya tulis. jadi terkesan sok ngerti linux padahal masih nol. Itu sekedar berbagi pengalaman untuk pemula penguna linux. Saya juga kalau sampean nulis soal balapan motor atau sepak bola saya cuman komen gak mutu, lah gak ngerti blas je.

  12. Hehe pada ngaku semua, ikut ah..
    Blog pertama yang saya buka kalo gak blog saya yah punya’e pak guru ini, kadang komen kadang gak… abis selalu saja ada yg baru dan fresh… nambah ngelmu gituh…

    #Yah setiap orang pasti memliki sesuatu yang bisa disumbangkan kepada yang lain, mungkin bisa dimanfaatkan. Kalau saya sendiri begitu ada tulisan yang baru saya langsung klik saja blog. Ok mari terus berbagi dan jalin persahabatan.

  13. ikutan absen kelas pak guru ah..

    # Yu jak pak-ae

  14. Kalau mau komen di blognya Pak Guru saya suka bingung, habis sudah banyak yang mewakili sih…

    # Yah gak papa mas, tidak usah dipaksakan lah wong sudah terwakili, biar tidak sia-sia. Yang penting kita semua tetep silahturahim satu sama lain walau lewat blog.

  15. hadir!

    #eh yang lainnya ribut sumber suara gak ketahuan… angkat tangan saja gak usah pakai suara πŸ˜€ (ini gaya saya kalau lagi ngecek kehadiran di kelas πŸ™‚ )

  16. wah mantab kalee…

    #Akang biho mah sekarang sudah punya cara khas dalam berkomentar, boleh ditiru atuh kang. *arep melu logat sunda ning ora iso, ada yang mau ngajarin bahasa sunda gak? *

  17. saya masuk daftar tamu juga kan???

    # Sepertinya begitu, bisa diperiksa mbak. πŸ™‚ semua yang pernah mampir dan meninggalkan url blog atau websitenya.

  18. kebanyakan orang liwat (blogwalking), mbaca tapi gak meninggalkan jejak…khususnya para seleb blog atau orang sibuk yang gak sempat untuk komentar.
    jadi wiken buat bikin daftar fans ya pak xixixi…mantab!

    # Akhir pekan untuk menyelesaikan saja. mulainya sih sudah beberapa hari sebelumnya, kalau lagi gak pingin ngapa-ngapain salin tempel dari komentar saja. dan itu hasilnya. Kalau fans sih sepertinya bukan, tapi teman. πŸ˜€

  19. saya belajar blog yah mengerti dari bapak guru ini lah, makasih yah pak..
    dan kendala saya jarang nulis blog itu diantaranya :

    Jarang masuk ke internet, yah karena beberapa faktor
    Out of idea, mungkin tidak seperti kalian yang sering online ke dunia internet untuk mencari ilmu, saya kebanyakan offline dengan mengerjakan beberapa web(karena saya web developer) jadi yah kalau ada kesempatan menulis saya gunakan tapi kalo ada kesempatan online saya lebih suka blogwalking sih
    Lebih suka baca daripada nulis

    Jadi yah gitu deh..

    # Yah saya juga belajar dari temen2 juga kok jadi sambung sinambung untuk berbagi pengalaman. Meskipun sampai hari ini saya masih belum banyak tahu dunia perblogan. BTW please berbagi ilmu tentang pembutan web-nya donk, gak akan disaingin kok sudah ada rejeki masing2 hehehehe *guyon lho*

  20. ..:X W O M A N:..

    lah… udah dibikin postingan ini aja, baru deh pada ngaku rajin ngunjungin blog pa guru ini πŸ˜€
    – Komentator pertama di blog saya Antobilang
    – Tamu yang pertama datang itu Kang Biho
    mmm… klo blognya pa guru akhir2 ini saya lebih sering bacanya aja ketimbang komennya pa πŸ˜‰
    oh iya pa, ada yang lupa komentar pertama di postingan pertamanya di link donk πŸ˜€

    # Yah saya paham tidak semua orang punya selera dan kepentingan yang sama. Saya akhir2 ini lagi belajar Ubuntu/Linux, saya mencoba menerapkan prinsip ‘Ikatlah Ilmu dengan Menuliskannya”. Ok deh iyah lupa saya kasih tautannya hehehe. Ok deh saya tautkan.

  21. jarang komen, tp slalu mampir kok *habis ngga mudeng yg ditulis* πŸ˜€

    # Kalau saya asyik mbaca blog sampean karena isinya uniik sekali tentang manusia2 kecil yang cerdas. BTW RSS feed/atom blognya kok saya cari gak ketemu yah? Kalau ada khan enak bisa diintip dari jauh.

  22. wah ide brilliant juga pak guru, jadi memperbesar komunitas. Tambah akeh koncone, siippp pak.

    # Yah itu saya pilih karena kalau diletakkan di siderbar terlalu banyak dan panjang. jadi saya letakkan di halaman khusus. Silahkan dimanfaatkan untuk menjalin persahabatan yg lebih luas.

  23. Kapan2 saya diajarin ngeblog lagi nggih Pakdhe, biar gak males kalo nulis kalo udah bisa ngeblog.

    # Ok kita belajar sama-sama lagi, kalau sudah lancar ajak yang lain yah pak. Kalau perlu saya bisa bantu harinya Kamis atau Jum’at saja. Bagaimana pak Aji?

  24. Tapi bapak kita yang satu ini seleb blogβ„’ yang peduli terhadap blogger kelas bawah :D. Buktinya komentar beliau selalu hadir hampir di setiap postingan saya.

    *Gerakan Jangan Komen di Seleb Blog gak berlaku di blog ini..hehe (minta maaf karena memuji)

    # Seperti gak ada lah yang namanya blogger kelas bawah, yang penting kualitas tulisannya khan. Saya suka tulisan sampean sayang saya tidak mudah untuk mengikutinya, awam banget kalau soal2 bahasan filsafat atau agama. πŸ™‚

  25. halo pak, numpang nongol lagi, udah lama saya gak tebar komentar nongol…..

    # Apakabar nih, apa oleh2 cerita dari hasil pulkam-nya?

  26. Hasil kerja yang bagus sekali. Perlu waktu berapa lama sampean bikin daftar itu ya ?

    # Yah mungkin kalau di total paling 2 jam Kang, itu khan saya lakukan di waktu senggang tidak seketika saja. Sekarang yang lain jadi gak usah bikin begitu lagi tinggal salin-tempel saja kemudian diedit seperlunya.

  27. saya selalu mampir ke blog Bp untuk mengetahui informasi2 terkini tapi saya jarang meninggalkan jejak, saya juga sudah link Bp ke blog saya supaya lebih mudah

    #Terimakasih, Sama saya juga sering intip lewat rss feed reader kok. Sebenarnya untuk info terkini sampean salah alamat mestinya ke detik dot com saja :D.

  28. saya ikut absen pak πŸ™‚

    # πŸ˜€ yang bener itu bukan absen kan…? mungkin maksudnya… saya hadir begitu. Kalau absen malah tidak hadir khan?!

  29. Saya juga hadir….

    ku rajin baca punya bapak… apalgi yg terkait dengan UAN, UNAS dan sbgnya…. awalnya gak mau ngerti.. ternyata setelah sy dalami kenapa banyak orang mempemasalahkan UNAS tersebut sy baru tau merek memperdebatkan apa…. dan keinginnya seperti apa….

    aku add di blogroll sy yah…

    # Terimakasih mas, demikian itulah kondisi pendidikan SD_SMA dinegeri ini sudah kehilangan jati diri. Guru pun juga begitu. Ok silahkan.

  30. hemmm …gmana ya Om …gini aja deh ..it is easier to say hello than to say goodbye, sayonara, aufwedersehen & ciao my friend …hehehehe

    #Ok begitu juga boleh πŸ˜€

  31. Saya akan selalu jadi pembaca setia blog mas urip. Walaupun sekrang saya tidak bisa setiap hari online. Akan tetapi saya masih bisa seminggu sekali untuk ke warnet.

    Semoga pertemanan kita ini akan langgeng Mas. Btw saya masih dalam daftar temen mas urip nggak sih?????

    #Yah itu yang menjadi kemakluman banyak pihak. Semoga demikian biar umur kita panjang, BTW apakah ini termasuk jalainan silahturahim yah? Wah bisa dicek sendiri mas di daftar tersebut.

  32. wah…wah… rajin sekali pak guru. semoga muridnya juga. bayangkan saudara-saudara sekalian, 475 tamu yang tlah diteliti satu2.
    weleh…weleh. akeh tenan pak. kalo saya baru 3. lg blajar otak-atik blog saya.

    #Walah wis dihitung toh… pasti salin tempel ke spread sheet yah. Sy juga baca tulisan sampean kok lah ini. πŸ™‚

  33. saya suka baca blog ini tapi ga isi komen ehehehe….blognya pak guru bagus lho. isinya mantap dan enak dibaca. berwarna pula hahaha… πŸ™‚ top deh!

  34. Kalau saya naruhnya di Blogroll karena saya selalu logged in di WP sehingga dari Blog Info tinggal klik Add To Bloggroll. Kalau yang blognya dari selain WP baru manual masukin ke blogrollnya.

  35. Wah, komentator pertama kita sama ya, Pak!
    Kalau saya mah, sekarang sering baca blog Pak Urip lewat GreatNews, jadi jarang ngasih komen. Kalo baca sih tetap setiap hari.

  36. trima kasih, dah mampir,pak. tapi maaf, saya salah pencet, jadinya terhapus komennya pak urip. tadi maunya ngedit,eh,terhapus. maaf,lagi belajar .

  37. jangan lupa, PriyayiSae adalah tamu blog anda yang paling sae. he2.

  38. Salut πŸ™‚
    Jangan-jangan sampeyan biasa nulis buku?

  39. thanks sarannya pak..akan saya pertimbangkan.

  40. Saya kadang mampir kadang absen. tapi nggak selalu ninggalin pesen….Bisa naik kelas nggak yach? πŸ™‚

  41. sebenarnya mungkin banyak teman blogger yang sering berkunjung, namun barangkali tidak ada tulisan pak guru yang perlu dikomentari atau teman-teman pada lagi tidak mood untuk berkomentar, ya..akhirnya mereka berkunjung tanpa meninggalkan jejak sedikitpun selain jejak pada peningkatan grafik kunjungan. πŸ™‚

  42. Blog Pak guru yang satu ini memang selalu memberikan informasi yang bagus πŸ™‚ dan up2date . Salut buat pak Guru !! Salah satu panutan saya buat bikin blog yang bagus… πŸ™‚

  43. Hehe, sering mampir, tanpa salam, dengerin cerita tuan rumah, dengerin tamu lain, belum sempet ikut nimbrung, tapi ikut ngopi, gak pamit, terus kabur πŸ™‚

  44. Pak kalau namunya lewat RSS, kecatet apa enggak? (seperti yg bapak tahu…mode gaptek “on” hihihihi)

  45. duh nyindir saya jarang mampir. tapi saya baca lewat bloglines lho.. *halah* πŸ™‚

  46. Saya membaca posting Bapak dari blog surfer kok πŸ˜€

  47. Pak Guru satu ini, pancen oye ;-).

  48. ckckckck…
    rajin sekali nih pak guru bikin daftar nya..
    cckckckc..
    sampe empat ratus lebih tamu nya pak guru nih…
    mantep lah pak..

    keep on good article …

  49. siippp…empat jempol deh buat pak guru kita…
    oya itu ditulis manual atau pake skrip/plugin? bagi kita dong…

    tentang bertamu melalui rss…
    kalau saya sih selalu berusaha membaca secara langsung…soalnya kalau melalui rss terkadang (ini kadang-kadang lo) gak ap2det…
    lagian lebih afdol saja rasanya…

  50. Ikutan gabung, pak guru. πŸ™‚ Mudah-mudahan saya bisa sering-sering mampir. Saya simpan linknya di blog saya juga kalau begitu biar gak lupa alamatnya.

  51. Salam kenal pak Guru ! Saya baru belajar blog seminggu yang lalu, sekarang sih sudah punya tapi masih belon bisa membuat tampilan yang lebih baik, mudah-mudahan bisa dibantu dengan saran atau caranya sekalian. Trang terus saya masih gaptek tentang html dan sejenisnya.
    Oh yaa, saya guru juga dan pak Ersis yang punya webersis.com adalah mantan dosen saya. Sekali lagi salam kenal pak .. Jadilah anda yang pertama ngasih komentar di blog saya

  52. Subhanallah, baik banget sampean ini Pak.

  53. Hadirrrrrrrrrrrr….

  54. panjang banget listnya pak…kira kira ada yang pernah ngitung jumlah blogger di seluruh indonesia atau yang berbahasa indonesia?…

  55. Busyet banyak amir…. Keren Pak.

  56. […] in Selancar, Blogger, Blogging Terinspirasi pada tulisan Pak Guru nun di Kalimantan sana tentang Tamu Blog Kita, saya tergelitik untuk mencari tahu siapa komentator pertama di blog ini. Yeah, komentator perdana […]

  57. wahhh dari guru jadi ‘seleb blog’ neh,kapan bs foto bareng sm minta tanda tangan neh, hehehe…slamat yaa…

  58. klikharry kok gak ada. kan sering mampir juga, he..he..

  59. @ ck: makasih yah… btw berwaran apanya yah
    @ kang kombor: boleh saja yang penting merasa lebih praktis mana saja lah kang.
    @ amd: saya tahu lho… πŸ˜€
    @ madsyair:@ priyaisae: πŸ™‚ namanya juga sae… SAE itu ukuran kekentalan oli motor itu khan πŸ˜€
    @ nolbuku: wah paling bisa deh kalau nulisi buku, kalau nulis mah sepertinya harus banyak baca dari blgo sampean itu. πŸ™‚
    @ ivan: πŸ˜€ ok deh
    @ thamrin: wah tergantung nilainya bagus apa gak? πŸ˜€
    @ manusia super: wah kenapa man?
    @ anjaz: yah bisa jadi gitu sebab tidak setiap topik bisa dimengerti atau menarik untuk dikomentari πŸ™‚
    @ carolus agung: walah kita ini saling belajar khan.
    @ irwan: Wah saya sendiri juga sering gitu itu je
    @ evy: wah saya gak tahu mbak, mungkin masuk yg data statistik pembaca feed itu.
    @ ferigunawan: Wah bukan itu maksud saya lho…
    @ Arief Fajar Nursyamsu: makasih mas yah
    @ saniroy: itu mah hanya untuk kimantep yg dalang itu mas.
    @ orido: yah itu sebenarnya sudah lama untuk saling bertautan antra blog kebetulan baru selesai itu.
    @ haysnaidra: wala sampean saja yg bikin, saya bikin manual.
    @ indrakh: monggo mas… senang dapat kenalan
    @ yunizar: Yah mas salam kenal juga, selamat bergabung di dunia blog indonesia utamanya blog para guru.
    @ alief: itu iseng, alias kurang kerjaan, kasih kerjaan dong bisa buat nambah 2 gizi πŸ˜€
    @ telmark: gak usah teriak… ngacung saja πŸ˜€
    @ imcw: saya pernah minta dibuatkan daftar blog id wordpress, tapi gak diijinkan 😦
    @ micokelana: iyah ada amir hamzah, amir x, amir y, amir z πŸ˜€
    @ traju: seleb blog itu opo to?
    @ klikharry: emm sepertinya baru kali ini meninggalkan url blog khan?!

  60. wah, tamu bapak banyak sekali yah πŸ™‚ saya masukin link bapak ke blog saya yah, agar anak dan cucu saya nanti nggak lupa dgn link ini dan bsia menikmati ilmu yang bapak tuliskan πŸ™‚
    Salam kenal

  61. nggak nyangka tamunya segitu banyak.. banyak gitu..

  62. Komentar: Hahahahahah dst.

  63. eits… saya masuk kategori tamu yang mampir trus ilang dong pak hehehe.. Insya Allah mampir2 lagi kok..

  64. ini kan guru blog saya, jd klo saya login wordpress saya sering menyiapkan waktu untuk mampir ke blog ini.. πŸ™‚

  65. mas, setelah saya liat daftar pengunjung blog ini ternyata banyak juga yaa…
    dengan “pengikut” sebanyak ini berarti bisa bikin partai & ngajuin diri jd presiden di pemilu mendatang nih πŸ˜€

  66. kecil pgn discuss tt kimia lebih banyak ma bapak..boleh?

    # Boleh silahkan

  67. pingin share pembelajaran bahasa inggris SMA

  68. wah aku ndak inget ik, dulu komentator pertama blogku sapa ya? secara dulu ku make blog sejuta umat ‘friendster’ sebelum pindah ke yang sekarang,,hehehehhe

  69. cara bikin git gimana mas?????
    tolong ya mas,,, akuw bingung nih!!
    coz aku masih beginner
    tolong yuaa!!!!!!