Mari Berbagi RSS/Atom Feed

Asyiknya kalau blogwalking dengan menggunakan alat pembaca rss/atom feed, tidak perlu mengunjugi blog satu-satu. Syaratnya yah harus punya pembaca rss/atom feed, baik yang terinstall di komputer atau secara online. Tapi betapa melelahkannya melakukan penginputan feed rss/atom dari suatu blog jika jumlahnya ratusan biji dengan cara satu-satu. Tapi kalau dilakukan sedikit demi sedikit pasti tidak terasa.

Oh ya bagi yang belum kenal tentang rss/atom feed reader atau news agregator lebih lengkap untuk mengawalinya ada baiknya anda melihat di Direktori RSS Feed Reader / News Aggregators. Di situ kita bisa melihat/memilih layanan program yang akan kita gunakan:

Saya telah mencoba menginputnya beberapa ke akregator (sebuah alat untuk membaca rss/atom feed di KDE Ubuntu), dan sudah saya ekspor menjadi sebuah file yang kecil dengan ekstensi opml. Kemudian saya mencoba untuk menggunakan file hasil eksportan itu untuk saya gunakan ke dalam salah satu rss/atom feed reader yang lain. Kali ini saya import di Wizz RSS 2.1.8 yang merupakan salah satu ekstensionnya mozila firefox. Berhasil, tidak ditemui masalah dan semua feed rss/atom dari akregator itu tersalin seluruhnya ke dalam Wizz RSS 2.1.8.

Jika berminat untuk impor feed dari beberapa blog yang telah saya buat silahkan

  • Diunduh dari sini. (file ter-zip 16 KB). Atau yang di sini juga bisa.
  • Ekstrak hasil download-an itu dan akan didapat file rssexport.opml
  • Untuk mengimportnya silahkan cek di pembaca rss/atom feed yang anda digunakan, cari saja menu impor.
  • Selanjutnya biasa diminta untuk memasukkan file dengan ekstensi *.opml atau xml, pilih saja hasil download tadi.
  • Lakukan edit seperlunya.

Sayangnya tidak semua alamat blog yang telah saya simpan di “Yg Pernah Mampir” itu bisa diambil url rss/atom-nya, terutama blog yang ada di blogspot. Saya tidak tahu mengapa url rss/atom rekan blogger yang di blogspot itu beberapa tidak valid jika saya input ke akregator.

Kalau ada yang sudi berbagi untuk bisa saling melengkapi silahkan untuk diinformasikan sehingga bisa dipakai bersama. Terimakasih, semoga bermanfaat.

31 responses

  1. wah patut dicoba nih, unduh dulu laporannya nanti ya πŸ™‚

  2. yg blogger coba pake atom-nya pak..kl rss biasanya pada error..apalg kl gak valid feed-nya.. 😦

  3. @ anak sultan:
    Monggo dipersilahkan πŸ™‚

    @ Dani Iswara:
    Ok mas saya coba, sebab beberapa malah saya gak tahu, dicari2 url untuk rss/atomnya kok pada gak terpasang. Di blogspot itu secara defaulnya ada apa gak yah mas baik rss atau atom-nya?

  4. ..:X W O M A N:..

    waduh memang pak guru… selalu saja ada yang baru..
    coba ya tapi kok kayaknya saya aga mumet urusan beginian πŸ˜‰

  5. iya pak, saya pakai rss readernya thunderbird, tapi ya itu dulunya nginput satu-satu, sekarang sudah siip. Belum nyoba pakai rss reader lain, tutorialnya boleh di coba nih pak.

  6. kalo saya hanya memasang beberapa RSS dari blogger WP yang ada sindikasi meta di sidebarnya pak…
    ada tutorial aggregator gak pak? di panduan udah ada belum ya pak?

  7. kalo saya sih langsung pake rss feeder-nya opera…tinggal klik icon rss warna oranye, langsung deh ke add di menu feeds…nggak usah setting macam macam…hampir semua rss bisa termasuk di blogspot…oh ya penyebutan yang baku rss feeder atau rss reader sih?…setahu saya yang sering saya jumpai adalah rss feeder…

  8. Kalo saya berhubung rutinitas blogwalkingnya hanya sebatas ke blog itu-itu aja, jadi sama sekali tidak saya masukkan ke RSS Reader. Justru yang saya masukkan ke RSS Reader adalah blog-blog yang jarang saya kunjungi, jadi hanya sebatas untuk membaca informasinya saja.

  9. Langsung coba ach…terima kasih Pak Guru

  10. @ xwomen: kalau manual yah rada mumet. tapi kalau metoide otomatis gak kok. tinggal klik tanda kuning di setiap blog yg ada di bagian kanan address bar itu. daftar dulu sih.
    @ peyek: KAlau gak mau capek kunjungi dulu blog itu kemudian klik saja tanda kuning di bagian kanan addres bar itu kemudian bisa di pilih aplikasi atau feed reader yg on line yang kita punya/langgan
    @ Antobilang: Panduannya belum ada sih di panduan wordpress.com sialhkan membuatnya yah πŸ˜€
    @ imcw: Iyah dulu saya lakukan begitu, cuman waktu mau mengunjungi yang belum sempat terkunjungi yah cara manual saya lakukan. Mungkin yang bener rss/atom feed reader pak.
    @ KenReidy: Oh begitu yah, yang penting enjoy.
    @ deKing: Monggo mas hanya itu manual banget sih yah

  11. Saya malah males pakai RSS Agregator, biasanya lebih senang berkunjung langsung melihat tampilan yang khas. rasanya lebih personal dan lebih dekat ke penulis blog.

  12. pake layanan google juga bisa p’ guru. http://www.google.com/reader/ . kalo [ada] yang pake IE-7 juga integrated langsung tombolnya ada di sebelah address bar.

    * guru sekarang pinter pinter ya’ *

  13. saya sendiri sudah menggunakan RSS tapi menggunakan tools yang disediakan firefox, tinggal klik jadi.

  14. Kalo saya pake GreatNews, kalau mau berbagi OPML saya silahkan ambil disini.

    http://www.myraffaell.com/qzplx_xml.xml

  15. Sage! rss reader saya πŸ˜€ , dulu waktu blum tau juga gitu pak, dikopi (copy link location) trus paste di setelah bikin live bookmark, tapi sekarang tinggal klik di gambar oranye sebelah address, masup deh ke bookmark, ff rulez!

  16. Kalau aku pakai Outlook 2007. Fasilitas RSS-nya keren. Kita bisa download full article dan enclosure-nya sekaligus. Jadi sekali donlot kemudian bisa dibaca secara offline dan tetap full article.

    Salam.

  17. Ijin mengunduh pak guru.
    Maturnuwun..

  18. sekedar info tambahan nih, pak. yg blogspot, sebenarnya udah ada rssfeed dari sononya. tapi memang saya juga nemu beberapa yg gak kebaca rss-nya. biasanya setelah saya tanya yg punya blog, itu karena mereka pernah bongkar2 template sedemikian rupa sehingga…halah, pokoknya gitu kira2. saya pake bloglines, tapi kadang juga mbencekno. suka telat, kadang malah dobel2, yg udah kebaca ditampilin lagi. sebel !

  19. @ galih: kalau saya kadang langsung saja dari akregator bisa langsung komen kok, kalau pas ingin komen sih.
    @ indrariawan: hehehe sama saya juga kadang ngecek dari situ.
    @ jokotarup: yah kalau sudah ada di eksport saja terus dibagi-bagi yah
    @ raffael: wah makasih mas yah, ini maksud tulisan saya agar kita bisa berbagi dengan apa yg kita punya.
    @ iway: iyah nih saya baru tahu juga, inilah untung bisa kumpul dan dapat pengetahuan dari rekan blogger.
    @ dewo: wah saya baru tahu itu mas. makasih yah
    @ abahabis: Nggih mas monggo ke mawon
    @ venus: Oh gitu yah… makasih infonya saya jadi dapat info resmi nih dari pengguna blogspot, sebab saya baru belajar makai blogspot juga. Kalau saya pakai akregator yah lumayan tepat waktu.

  20. @ Semuanya:
    Ada tutorial langkah demi langkah gak, bergambar. Kayak yang di panduan itu lho. Punya bukunya tapi lagi blum ada waktu khusus. hehehe biasa nih, saya cari matengnya aja
    Trims

  21. ah saya mah tetep pake google reader, walao lambat,

    gampang baca rss blog – tinggal ketik J, J, J, J, J hehehe

  22. @ cakmoki: Maksudnya untuk rss/atom feed readernya nggih cak? Kalau iyah sepertinya gak sulit kok, untuk yang berbasis windows tinggal unduh dari sumbernya, kemudian install dan tinggal nambahin url rss/atom feed nya saja. Silahkan blogger lain yang bisa membatu saya kira masih banyak yang memerlukan lho.
    @ grandiosa12: Saya sih punya yg di my yahoo, google reader, blogline. tapi karena akses internet tergolong payah yah lebih sedikit cepet makai yang berbasis OS tertentu.

  23. Kalau saya pakai “Blog Surfer” di admin panel. Tinggal masukin aja alamat blogger2 ‘langganan’ saya, ntar muncul deh. Bisa diakses lewat [Dasbor | Blog Surfer]

    Tapi cuma buat blogger di WP doang sih; kalau yang lainnya kayaknya belum disupport tuh. 😦

  24. Saya sudah ada di del.icio, my yahoo, bloglines, feedburner, google reader, technorati, dll sampai lupa. Maksud saya rss yang dapat mengorganisir itu semua, karena masing-masing punya gaya settingan sendiri.
    Gimana, ada jalan nggak ?

  25. Wah pantes Pak Guru bisa “bereaksi cepat”, saya butuh waktu yang sangat banyak kalau ada postingan yang menarik. Selalu ketinggalan. Benar-benar masih di lingkaran gaptek.

    Trims infonya.

  26. Pengen nyoba…
    tapi rada gaptek sama urusan ginian neh ! ;p

  27. Untuk blog saya, silakan pilih

    feeds.feedburner.com/maidenlife – Untuk feed yang disort berdasarkan update terakhir
    feeds.feedburner.com/tOekang – Untuk feed yang disort berdasarkan tanggal dipublish

  28. Pak GreatNews disebut dong… Hehehe. BTW, MS Outlook 2007 juga sudah diselipi dengan kemampuan untuk langganan RSS loh. Saya dulu pernah make versi beta-nya.

  29. ini blog saya: http://www.ohyeach.blogspot.com kalo mau ambil feednya silahkan

  30. Hi boys!434e87c2328990c06d76542d24f542ae

  31. memang saya juga puyeng euy buat blog walking tapi masih tetep aja pusing apa itu feed heh he

    pagi-mentari.blogspot.com