Mencari Digital Voice Recorder

Mohon informasi.

Saat ini saya berniat mencari dan membeli alat perekam suara digital. Alat tersebut akan digunakan untuk merekam suara selama proses pengajaran saya di kelas. Lebih lanjut hasil rekaman suara itu akan saya gunakan untuk mengevaluasi cara penyampaian materi pelajaran.

Informasi tentang alat tersebut (baik model mp3-mp4 player) yang saya peroleh selama ini ternyata memiliki banyak kelemahan dalam hal pasokan energinya. Ini sih karena saya memang mencari yang harganya murah, tidak lebih dari 500 ribu. Terlalu banyak banyak pilihan, namun hasil review beberapa alat tersebut minim.

Spesifikasi alat yang saya inginkan sebagai berikut:

  • bisa merekam suara selama 1,5-2 jam penuh tanpa henti
  • kualitas suara bagus dengan beberapa format
  • baterai bisa di charge berulang-ulang dan tahan digunakan selama perekaman tadi
  • ukuran kecil sehingga tidak mencolok saat diselipkan dalam saku
  • harga tidak lebih dari 500 ribu
  • memiliki slot memori tambahan
  • terdapat jaminan kerusakan minimal 1 tahun.

Mohon informasi dari rekan yang pernah menggunakan alat seperti itu. Atau mungkin kalau mendapatkan link tentang review alat tersebut untuk di Indonesia. Bagus lagi kalau bisa merekomendasikan alat dan dimana bisa memesannya.

Terima kasih.

37 responses

  1. Wah… saya belum punya juga untuk spec gitu
    eh belum pernah nemui sich… belum tahu gitu

    makasih ya pak dah berkunjung ke tempat saya..
    tetep ngbloggggggg

  2. yang 600 rb aja pak.. creative muvo yang 1 GB

  3. apa ya??

    *mikir*
    *bingung*

  4. @ 2 : mahal amat …, bukannya itu harga berbulan2 yang lalu

  5. itu dia pak masalahnya di harga. Rekan kerja saya (guru juga) dia membeli MP3/MP4 + recording 1 GB dgn harga 250rb. Untuk merekam tanpa batas, sesuai dengan kapasistas memori. Hanya saja tidak ada slot external, kemudian menggunakan baterai A2.

    saya sendiri belum ada minat beli begituan :-D. BTW udah check di bhinneka.com n glodokshop.com kah bapak??

  6. Wah, jadi terinspirasi juga untuk membeli barang seperti beginian.

  7. mesti yang digital ya pak ?

  8. @ kakaceria: iya sama-sama yah.
    @ grandiosa 12: Iyah seperti sekarang sudah turun lho harganya.
    @ junthit: anu mas ini untuk anu… πŸ˜€ mas junthit ki opo toh?
    @ luthfi: yah mungkin sesuai dengan fitur dan kualitas kali yah.
    @ micokelana: harga murah minta bagus :D, emmm sudah sih tapi sepertinya belum ada yg srek. ada saran?
    @ doetyea: kabar-kabar yah pak kalau sudah dapat hehehe untuk review dll-mya πŸ˜€
    @ wandira: iyah biar gampang mengolahnya, bisa disimpan di dalam hardisk.

  9. Ada sih kayaknya disini, cuman buatan taiwan / cina gitu, tapi ngga tau deh battery ama garansinya gimana,,, Lupa merk nya…sorry

  10. wah..yang murah terus berkualitas tinggi kayaknya susah didapat di indonesia…:)

  11. saya masih menggunakan mp4 player 1 GB an tapi ngak ada slot eksternalnya sich

  12. Nyang ini saya gak tahu, maaf gak bisa urun rembug.

  13. Nggak ngerti nih Pak….ustru kalau sudah dapat saya minta dikasih juga infonya…..(Untuk Beli juga) πŸ™‚

  14. waduh, maap gak bisa bantu πŸ˜€

  15. gak mudeng orang gaptek…..

    kalo saya paling juga pake recorder mp3 biasa yang cuma bisa dipake 1-2jam-an, tapi saya bawa baterai charger cadangan.

  16. salam kenal, bung, bang, mas, dst

    saya pakai creative MUVO vidz, 512 MB
    dua jam masih bisa lah buat recording, kata tukang jualnya sih bisa sampai 8 jam
    power juga masih cukup.

    harganya kemarin beli di sekitaran 460 ribuan

    masuk kriteria kan?

    selama pakai, alhamdulillah belum pernah rewel :D, wong baru sebulan kok, hehehe

  17. Pak Guru, untuk kebutuhan recording kini saya menggunakan MP4 Creative MUVO, 512 MB. Pengalaman saya, alat ini mampu merekam hingga 4 – 5 jam bila sebelumnya dicharge penuh. Format yang digunakan MP3, sementara baterai menggunakan jenis lithium yang dikoneksikan ke port USB komputer. Ukuran kecil : 32 x 66 x 15.7 mm jadi bisa dimasukan saku. Harga sesuai keinginan pak guru yakni di bawah 500 ribu, plus garansi 1 tahun. Fitur lainnya : Radio FM, video(MP4), gambar (JPEG). Sayangnya perangkat ini tidak memiliki slot memori tambahan.

  18. Mang Indra, pinjem recorder punya saya ya?
    kok sama?!?

  19. hehehe… pake direkam segala. direkam sendiri, dinilai sendiri juga. muridnya aja disuruh nilai gimana cara pak guru ngajar, biar lebih objektif. atau lihat juga hasil ulangan murid2, kalau jelek2 berarti gurunya bisa jadi “jelek” juga ngajarnya… hahaha…

    soalnya kata pepatah, pisau (apapun mereknya, bagaimanapun kualitas besinya dan siapapun empunya) kalau diasah bakalan tajem (distribusi normal yang namanya tajem berarti gak tumpul alias bisa buat motong sesuatu dengan mudah). nah kalau pisaunya tetap tumpul, berarti yang salah ya yang ngasah pisaunya. hehehe…

  20. @ raffael: Iyah itu masalahnya, banyak pilihan yg produk china itu tapi nyari reviewnya sulit dicari.
    @ anjaz: biasanya merk china.
    @ kangguru: cerita spesifikasinya donk
    @ abahapis, thamrin, venus: ok mas makasih πŸ™‚
    @ ndarulaqaz: bisa gak lebih spesifik sekalian referensi harga.
    @ indrakh: wah info yang seperti ini yang saya cari, terimakasih mas indra kh.
    @ roisz: emang temen atau saudaraan dengan mas indra yah πŸ˜€ makasih yah infonya.
    @ agusset: benur itu pak, tapi saya sendiri juga pingin tahu sebenarnya saya kalau mengajar itu bagaimana. Sebenarnya lebih bagus lagi kalau di shoot sehingga tahu gaya kita mengajar. Yah lagi-lagi alternatif. Saya sendiri merasa mengajar saya masih jelek, maka ini salah satu usaha agar bisa membenahi bagian2 tertentu yg harus diperbaiki. Sebab selama ini gak ada yg ngoreksi. Mengajar khan proses jadi tidak bisa hanya dilihat dari hasil saja bukan?

  21. Wah Pak guru yang satu ini emang hebat… saya doain seiklas2nya semoga bisa jadi guru yang hebat Pak. Amin!

  22. Pak naekin lkagi budgetnya deh… πŸ˜€

  23. saya sama Mang Indra, kebetulan
    saudaraan pak, MP3 Playernya hehehe πŸ˜€

    pak. guru. permisi ke belakang πŸ˜€
    eh, salah. permisi, blog-nya ditautkan πŸ˜€

  24. sudah jadi beli belum pak urip?
    di jogja banyak lho sekarang, setahu saya kalau yang ada slot memory tambahan, itu harga berkisar 450rb-an, itu di COMPUTA, mungkin di toko2 komputer yang kecil2 mestinya lebih murah lagi pak…

    mbok pak urip ke jogja aja…sekalian jalan2 gitu..

  25. eh sorry pak perkiraan harga dari saya ngaco ya?.. maklum belum ke BEC (bandung electronic centre) lagi

  26. @ agusset: Amin… terimakasih. jadi malu…
    @ micokelana: sayang belum ada yang subsidi nih.
    @ roisz: wah saya kira bersaudara beneran. Ok silahkan, kalau link blog sampean di blog ini ada di halaman Yg pernah mampir.
    @ antobilang: πŸ™‚ belum, kalau ke yogya mah nunggu libur sekolah, masih lihat-lihat dulu, kalau sudah sreg baru deal.
    @ grandiosa12: πŸ˜€ yah maklum saja sampean khan gak di bandung, bener khan?!

  27. saya setuj tuh pak ma indrakh…creative plng keren lah.. saya pake creative muvo slim yang 256 (tapi sekarang dah g di jual lg kaya’nya.. yangada yang 512)…enak di pake .. baterai bisa di charge.. saya pake buat ndengerin lagu dari pagi ampe sore di kantor masih oke trus.. charging langsung dari USB komputer.Klo 256 mb bisa dipake buat ngrekam 3-4 jam dengan format WAV…harga 256Mb pas dulu aku beli 240rb. klo yang 512 paling sekitar 390 an rb…
    pesen pak.. klo bisa jangan beli yang produk cina(Ax, Suntech, Sunwa..dlsb).. biasanya sebentar juga rusak.. punya temen saya 3 bln ajah dah rusak. garansi juga ???(*tanda tanya*)
    Creative seep lah.. (/*bukan maksud ngiklan loh pak */)

  28. Pak Guru, memangnya harus digital? Kalau seperti yang anda jabarkan, rasanya ndak perlu digital bisa kan? Soalnya dengan budget 500 ribu banyak banget perekam analog yang memiliki kualitas mikrofon bagus. Malah saya pernah lihat produk Sony yang memang mikrofonnya cocok untuk merekam suasana di kelas atau rapat.

    Kalau toh mau yang digital, produk2 model olympus atau samsung lumayan bagus kok pak. Dan rasanya harganya nyampe deh hehe

    Produk MP3 Player Creative seperti MUVO memang punya kemampuan merekam yang bagus, tapi saya meragukan ketajaman mikrofonnya, apalagi kalau untuk merekam suasana di kelas.

  29. Gimana pak, dah dapet? secara daya tahan creative muvo emang yahud dibanding merek2 yang itu tuh, tapi itu dia ketajaman miknya agak mengecewakan. Hmmm, kalo buat daya tahan batere sekarang dah ada yang pake batere lithium persis batere hp nokia gitu. Tapi sayang ndak ada slot external memorina.

    @luthfi
    iiih itu mah murah amir, ane beli yang 256 harganya 520rb bo (setaon yang lalu tapi, hiks)

  30. Mau buat rekam yang lagi pada rame ya, Pak?

  31. Dulu aku juga membutuhkan piranti perekam. Tapi karena tidak punya uang utk beli, akhirnya aku manfaatkan ponselku saja. Dulu aku pakai SE K500 dan bisa merekam 2 jam lebih. Kualitasnya oke. Transfer ke lapie/kompie bisa pakai InfraRed.

    Sekarang sih teknologi sdh berkembang, kita bisa pakai PDA atau ponsel canggih dgn memori eksternal yg bisa diganti dengan yg kapasitasnya besar. Tidak hanya voice recorder, tapi bisa juga foto dan video.

    Kesimpulannya, kalau kita punya ponsel yg ada fasilitas voice recorder, maka kita tidak perlu beli piranti khusus perekam suara. Ntar barang bawaannya jadi kebanyakan.

    Tetapi jika belum punya ponsel dgn fasilitas voice recorder, mau tidak mau, demi menghemat biaya, bisa saja kita beli piranti voice recorder yg harganya lebih murah ketimbang harus beli ponsel multifungsi tersebut.

    Salam.

  32. Pak guru urung pendapat ya..kayaknya idenya bisa diusulkan kesekolah πŸ˜€ pake proposal..idenya nanti bahan ajaran bisa didownload ama murid jd bisa diikuti diluar jam kelas berikut pdf materi belajar ^.^ yang bisa di download lewat situs sklolah ..jadinya ntar bisa kebeli usb, kamera bwt ngerekam pak guru in action sama apa lagi ya…mungkin klo cukup sekalian beli laptop baru πŸ˜€

    peace
    -br-

  33. Met kenal, saya newbie nich… mau kasih ide, kalo ga sip mohon maaf…
    kalua menurut saya pake aja fasilitas yg sudah bpk miliki sekarang, mungkin Hp, laptop etc…
    tinggal modif dikit kok, kasian kan kalau alat yg udah ada ga dipake maksimal… ….

  34. Yusuf 'UCHUY'Ardhianto

    Kalo mo nyari MP3+ voice recorder yg bagus, selain di glodok, coba dech khususnya utk warga Bandung di JP (Jaya Plasa(, atau BEC (Bandung Electronic Center).

  35. Yth Pak Guru
    Saya baru aja beli Spectra Maestro Eon 1GB, bisa: MP3 player, voice recorder, fm radio, flash disk; cuma Rp 225rb di Lebak Bulus (Jkt), mungkin kalau di Glodok bisa Rp 200 ribu. Microphone-nya sangat peka. Saya test di tokonya dengan jarak 50-100 cm dari mic, suara saya dan 2 pramuniaga terekam dan terdengar kembali dengan jelas. Connect via USB ke PC.Ukurannya lebih kecil dari kotak korek api. Bentuknya yg modis bisa dijadikan hiasan kalung. Cocok utk merekam diskusi, seminar, rapat, pengajaran, dll.

    Ada voice recorder yg berfungsi sebagaimana namanya, yaitu merekam semua suara di sekelilingnya, gunanya untuk merekam diskusi, wawancara (jurnalistik), pengajaran dll. Setau saya Hp Nokia Communicator 9300 dan 9500 mempunyai mic yg sangat peka shg cocok sbg voice recorder.

    Ada juga voice recorder yg cuma merekam suara didekatnya saja (sekitar 10 cm dari mic). Yg kedua ini kadang disebut memo recorder, fungsinya sebagai alat pengingat jika kita tidak bisa mencatat. Krn hanya merekam suara didekatnya saja maka hasil rekaman hanya fokus pada suara utama. Biasanya voice recorder pada handphone adalah memo recorder ini. Karena umumnya mic handphone hanya menangkap suara didekat saja supaya pendengar lebih fokus, tidak perlu menangkap suara belakang (backsound). Jika ingin dijadikan voice recorder yg lebih peka, bisa menggunakan/menambah extra mic yang lebih peka, dengan menyambung via cable pada jack handsfree.

    Voice recorder yg mahal spt Olympus (> Rp 750 ribu) microphone-nya bisa diset agar peka sekali untuk merekam suara-suara di lingkungannya atau cukup budeg shg hanya fokus dg suara didekatnya saja.

    Selamat mengajar, smoga berguna.

  36. ikutan lewat,

    saya sudah lama pake’ safa, untuk berbagai macam keperluan, harga waktu itu cukup murah,dimensi cukup kecil, baterenya kecil juga, suara cukup bagus hanya sayang file recordernya bukan mp4 atau extensi yg umum melainkan menggunakan .zvr (tidak familier).

    sekarang lagi nyoba yg lain, ada yg bisa bantu?

  37. Saya juga lagi cari voice recorder yang bagus untuk rapat, mohon referensinya. Kalo bisa jaraknya lebih dari 100cm. Kalo jarak segitu mah cuma buat wawancara atau ngerekam suara sendiri.