Feeds Options di Firefox

Ini cerita pengalaman saya pagi ini. Tadi iseng untuk menambahkan feeds rss/atom suatu web agar tersimpan di akregator. Biasanya sih langsung saya masukkan ke daftar google reader, tapi karena sering telat update cara ini tidak lagi saya pakai. Tapi setelah saya tambahkan ke dalam akregator ternyata kok gak bisa, padahal saya sudah terlanjut mencentang untuk selalu menyimpan feeds ke aplikasi terpilih tadi (akregator itu).

feeds1

Tapi gak tahu bagaimana cara mengubahnya agar setiap feed, begitu diklik tidak lagi tertuju ke akregator. Karena gak tahu caranya langsung menuju mbah google yang ahli dalam pencarian sesutau, dan saya dituntun untuk masuk ke linknya mozilla. Maklum orang seperti saya ini asal pakai tapi belum kenal seluruh isi apa yang dipakai. Padahal sudah lama menggunakan firefox tapi yang begituan saja belum tahu. Ketemu juga caranya.

feed2

Berikut ini yang saya lakukan pagi tadi, yang sudah tahu jangan bilang ah gini saja kok ditulis) permisi- yah saya mau bercerita buat yang perlu 🙂 . Yah iseng-iseng biar kelihatan rajin menulis aja 😀

feedd3

Jadi jika ada yang mengalami hal sama seperti saya tadi begini caranya.
Pada menu firefox klik Edit >> Preference >> pindah ke tab ikon feed.
Pindahkan pilihan radio button ke dari subscribe to the feed using ke radio button show me a preview and ask me which feeds reader to use. Ini agar pada saat mengklik ikon feed selalu memperlihatkan feed reader mana yang akan digunakan. Setelah itu tutup dengan klik tombol close.

Edited: Bener yang dikatakan oleh Abahapis bahwa di versi yang lain (yang lebih baru atau firefox under Windows) Preference itu sama dengan Option yang bisa diakses dari menu Tools.

 

 

 

24 responses

  1. Wooo, begitu to pak caranya…
    Beneran, sebelumnya saya belum tahu.

    Pertamax kah?

  2. Eh, klo di Firefox saya adanya kok ndak di Edit >>> Preference, tapi di menu Tools >>> Options.
    Hehehe, kali Firefoxnya beda versi yah.

  3. ketigax, hehehehehe
    oooo, itu cuma buat firefox yang di linux saja kelihatanya…..
    entahlah

  4. Saya semenjak terputus koneksi internet (yang gratis) jadi jarang mengexplore. Apalagi selain koneksi tdak ada, waktu untuk berlama-lama di warnet rasanya tidak mungkin. Bukan karena ongkosnya, tapi karena waktu.

    Info2 seperti ini yang berguna. Ttp, btw ini hanya untuk di linux atau di windows juga Mas?

    tulisannya tak simpen di HD ku ya?

  5. @ abahapis: Yup makasih atas koreksinya, sudah diedit kok.
    @ ndarualqaz: bisa jalan semua asal di firefox baik di windows/linux
    @ prayogo: yah sabar saja mas. Cara di atas bisa digunakan di windows asal browsernya firefox 🙂

  6. Pada menu firefox klik Edit >> Preference >> pindah ke tan ikon feed.

    kok nggak ada tuh preference.(bingung)…

  7. Pak urip kayaknya make firefox di ubuntu tuh, makanya adanye edit –> preference bukan tools –> option.
    Pak guru kan udah Ubuntu Holic 🙂

  8. firefox di linux mang gitu… preference…

  9. Lom ngerti….maaf maksudnya nih kmana y…
    trus buat apaan tuh…

    payah nih, pentium 1 g nyambung. ok d ikut aja dlu
    kali aja ngerti sndiri ntar

    tq mas urip

  10. o gitu ya pak Urip.Boleh nanya gak pak ? Begini , saya mau download pada satu situs, dan yang saya mau semua tampilan itu ada dalam hasil downloadnya, seperti kita sedang online tapi itu merupakan hasil download aja , jadi itu pake software apa yah pak ? Terima kasih.

  11. @ agorsiloku: Kalau di windows bisa akses dari menu tools >> Options
    @ micokelana & anang: Ho-oh saya juga baru tahu bedanya
    @ agus: Itu kalau kita mau menambahkan suatu blog atau website yang punya fasilitas feeds, sehingga kita bisa mengikuti info terbarunya, tanpa harus mendatangi secara langsung ke website atau blog itu.
    @ Rokh Aksiadi: Saya biasa pakai HTTrack website copier. silahkan diklik untuk downloadnya.

  12. he he he, iya, yang versi windows juga ada yang seperti itu, dulu nya aku pake google, karna gak nyaman sekarang pake great news…keren

  13. hemm..daku pake addon sage feeds buat firefox…oke juga kok

  14. tetep bloglines biarpun kadang telat, hehehe…tapi boleh juga yg ini di coba. ntar kalo udah selesai masak dan cuci piring 😀

  15. komen saya mana ya? perasaan tadi ngomen. ketangkep Akismet ato salah komen di blog yg laen ya? *tadi komen dibanyak blog sekaligus sih*

  16. Buat yg di Windows, di Firefox 1.5 ga ada.
    Saya coba install Firefox version 2 dari Live CD Ubuntu, Tab Feed ada di Tool -> Option.

  17. kalau saya bisa pa saya selalu melihat post pa urip dengan feeds di firefox jadi lebih pratis.

  18. kapan ya aku coba kembali?

  19. pak guru, RSS feeder yang SAGE dr firefox kok susah ya?
    ada rekomendasi yang lebih manusiawi tidak pak?
    😉

    #Coba Wiss RSS saja ini add on firefox juga

  20. aduh pak guruku yang bisa digugu tapi gak iso ditiru… aku kapan ngertie iki gak mudeng bahas tentang opooo …

  21. Sama metodenya, Pak, beda aplikasi. Bedanya, saya ke GreatNews.

  22. di mozila beda versi beda pula setingannya.. 1.5.0.1 lebih gampang..

  23. tambah label nya pak. ubuntu

  24. #antobilang
    kayaknya sage gampang deh,
    di sage bisa drag n drop lhoh…
    drag n drop link rss ke box aggregator-nya, trus langsung konek deh..