“Mempercantik” Tampilan Desktop Ubuntu

Bukan hal baru, tapi ini hal baru buat saya 🙂

Ini yang baru saya lakukan, “mempercantik” desktop Ubuntu. Bagi pemula seperti saya melihat yang seperti itu yah surprise, desktop bener-bener cantik dengan pernak-pernik widget-nya. Caranya ya install saja gDesklets.

Langkah-langkahnya:

Masuk ke synaptic melalui Sistem >> Administrasi >> Synaptic Package Manajer
Klik toolbar Search >> ketik gdesklets >> Search

2

Setelah ketemu paket instalasi gDesklets Tandai untuk penginstallan dengan memilih Mark for Installation:

3

Paket gdesklets-data akan tertandai juga sebagai depedensi paket gdesklets:

4

Klik Apply untuk memulai penginstallan gDesklets:

5

Klik Apply dibagian bawah jendela:

6

Dua paket segera di-download dan diinstall:

7

Setelah penginstallan selesai silahkan tutup Synaptic Package Manager:

8

Menjalankan gDesklets: Aplikasi >> Aksesoris >> gDesklets.

mulaii

Selanjutnya akan muncul pesan seperti berikut, gak masalah tutup saja:

pesanawal

Selanjutnya akan ditampilkan menu gDesklets, tinggal pilih berbagai komponen dan juga sistem informasi berdasarkan kategori yang mau ditampilkan di desktop Ubuntu. Caranya klik ganda kemudian setelah muncul widget tempatkan sesuka hati. Widget itu pun masih bisa di konfugarsi mulai dari pewarnaan, ukurannya dengan mengklik kanan.

lah ini

Ok Sampai di sini dulu, loh kok cuman seperti itu dibilang cantik… hehehe relatif yang seperti itu cantik buat saya. Bagaimana dengan memori CPU kita yah lihat saja berapa yg kepakai, kalau merasa CPU keberatan yah dikurangi saja tampilkan yang perlu2 saja. Kalau gak puas dengan komponen widget yg ada kita bisa menambahkannya sendiri. Caranya download saja dari gudangnya di:

Untuk yang itu silahkan membacanya langsung di sumber tulisan ini.

18 responses

  1. Ah,, aku maunya kayak apple itu loh tampilanya bisa gak ?

    # Wah saya gak ngerti saya ini khan pemula… 🙂 , tapi mungkin bisa diakali lewat penambahan theme2 yg mirip apple.

  2. Duh, sayang, usb modem-ku belum dikenalin di ubuntu, gak bisa donlot pake Synaptic Package Manajer deh. Kalau donlot file-nya manual (pake Windows) trus nginstall di ubuntunya gimana ya pak caranya?

    # Yah bisa saja. Seteah terdownload tinggal nambahkan saja paket terdownload itu di synaptic package manajer-nya, Seperti yang ada di Screenshot penginstallan itu.

  3. Kalau mau denger-2 musik di Ubuntu pakai apa ya. Apakah file-2 MP3 di windows juga bisa di dengerin di ubuntu. Saya dah coba,tetapi kok ngak bisa,kenapa ya.

    Mas urip, ada solusi?

    # Saya sih pakai XMMS bisa saja. Atau seperti yang disaran oleh imtheface

  4. @prayogo
    bisa kok tapi harus diaktifkan dulu soalnya ada problem dengan lisensi mp3 yg tidak Free, info nya bisa baca disini

    @mr. urip:
    Mantabss boss! ditunggu sharing2 ngoprek berikutnya 😀

    # Saya sih mempraktikkan apa yg saya baca saja om… ngopreknya sih belum waktu-nya masih newbie banget, mohon pelurusan jika ada yg keliru.

  5. wuih secantik mac-book tuch ubuntu, ngak jaadi ach pengen mac-booknya mo ganti pake ubuntu aza

    # Yah bisa saja di bikin seperti itu, banyak pilihan theme dan lain-lainnya. Saya sempat juga mengubah wajah Ubuntu saya seperti Mac itu habissss. Tapi merasa kurang sreg.

  6. @ prayogo
    Rhytmbox yang sudah terinstal di ubuntu bisa digunakan untuk mendengarkan file-file MP3. Setelah menginstal codec-nya 🙂

    @ mr. urip
    thanks udah sering sharing tips2 di ubuntu 🙂

    # Sedikit berbagi…. sebab gak punya banyak sih. Semoga semakin banyak pengguna

  7. kalo saya malah nggak suka yang cantik cantik pak…lebih baik simpel tapi fungsional…performace itu jauh lebih penting…

    # Hanya eksperimen… 🙂

  8. @Raffaell
    Kalo desktop yg mirip apple itu pake desktop KDE, Ubuntu defaultnya pake Gnome
    CMIIW.

  9. keren pak .. klo Kubuntu saya pake Karamba.. more clean tp beeeeeuurtaaatt nya bukan main.. jd sering crash desktop saya..

    eksperimen yang bagus pak.. gud

  10. Sugeng siang Pak Guru…

    Salam kenal dari pemakai openSUSE (^_^)

  11. Saya baru kemaren make UBUNTU pak soalnya saya download ISO nya dan baru beres kemaren, dan ternyata saya senang dengan tampilannya lebih lembut untuk dilihat dibanding dengan windows yang sangat kontras dan tajam dengan warnanya.
    makasih yah udah memberikan tips dan triknya.

  12. Screenlets saya rasa jauh lebih ringan.

  13. wah ketinggalan mas….gdesklet menurutku berat dan kurang bagus…coba SCREENLETS…OK
    UBUNTU IS HUMAN BEINGS

  14. ko gag bisa?pas mbuka gDesklets tiba” kluar sendiri,tak ulang” trus tp kya gtu lg

  15. bagi yang pengen theme mac OS atau OSX seperti yang saya gunakan, bisa saja download dan di customize dari preference, hasil bisa dilihat di blog saya.

    salam

    pnyet dot web dot id

  16. saya mencari gdesklets di synaptic package manager kok tidak ada ya?
    tolong balas di email saya di alexandriayuk@gmail.com

  17. […] – GDesklets saved by k1v1n2008-12-20 – Instalar gDesklets en Gnome saved by cce2008-12-20 – Komentar di “Mempercantik” Tampilan Desktop Ubuntu oleh chiero saved by chukh12008-12-14 – Google Gadgets, Sidebar Untuk Ubuntu 8.04 saved by lokoluis152008-12-14 […]