Memanfaatkan Klik Edit untuk Jawab Komentar

Ingin menjawab komentar tamu secara langsung? Maksudnya dengan menuliskan komentar/tanggapan balik di bagian bawah komentar tamu itu. Seperti ini gambar berikut:

contoh

Hal seperti itu bisa dilakukan dengan hanya klik link edit (saya beri kotakmerah pada contoh) di sekitar komentar tamu. Tapi sayang tidak setiap theme menyediakan fasilitas itu. Setahu saya sementara ini hanya ada 2 theme yg disediakan wordpress.com dengan fasilitas seperti ini. Yaitu theme Blix 0.9.1, Sandbox 0.6.1., Benevolence 1.0,Β  dan MistyLook 3.1-wpcom.

blix

sandbox

Dengan klik ikon atau tulisan edit tadi maka kita langsung dibawah ke jendela edit komentar seperti di bawah ini:

ubah

Selanjutnya kita bisa memberikan tanggapan balik untuk komentar itu. Jangan lupa untuk memberikan pembedaan teks yang menandakan bahwa itu merupakan tanggapan kita (empunya blog) .

Untuk theme yang lain sebenarnya tetep bisa kita lakukan juga, tapi kita mesti masuk ke Panel Admin WP.Com ~ Dasbord >> Komentar >> Ubah. Dan ini tentu memerlukan beberapa langkah untuk melakukannya yang berarti memakan waktu dan bandwidth 😦 .

ubah2

Menurut saya jika tidak tersedia fasilitas edit komentar seperti di atas lebih baik kita memberikan tanggapan balik atas komentar-komentar itu pada kolom tersendiri. Ini juga bisa menghewat waktu, karena kita bisa melakukannya secara masal untuk tanggapan beberapa komentar sekaligus.

Tulisan ini juga diposting pada panduan.wordpress.com

30 responses

  1. Hanya pak klo koneksi inet kita agak2 lemot, yah bisa sambil makan nasi uduk baru kebuka tuh editor commentnya. πŸ˜€

  2. IYak, terkadang aku nge reply dengan edit itu, nice info

  3. makanya daku ganti theme yg ada tulisan editnya..hihihi
    trims

  4. he…he.. iya.. manfaat… kalau memanfaatkan kode-kode html di wordpress, termasuk agar pindah ke new windows dari link komentar kalau di klik, gimana caranya ya….

    # Wah untuk wordpress.com belum bisa melayaninya sepertinya pak. Yg seperti itu ada di blogspot saja πŸ™‚

  5. saya lebih suka menjawab lewat komentar baru, karena akan tampil di Recent Comment, sehingga dapat dideteksi pengunjung kalau saya sudah menanggapi komentar tersebut.

  6. ..:X W O M A N:..

    kalau aku lebih suka reply langsung di komennya biar lebih simpel πŸ˜‰

  7. wah… iya bener.. seperti itu bisa keliatan lebih rapi. tapi aku lebih seneng ngisi komen baru… πŸ™‚

  8. Pak kalo misale udah punya komentar 40 trus kta mau nyempil tiap 5 komentar bikin halaman kita sendiri bisa nggak pak? soale khan klo jawabnya langsung 40 itu musti bolak balik gitu ke atas lagi ngerek…turun lagi.. puyeng juga kadang2

    # Demi kenyamanan, saya sarankan untuk menjawab dengan Menu Ubah Komentar saja bu. Toh di t4 Bu evi bandwidth lega jada tetp akan cepat aksesnya. Sebab ini bisa akan digunakan untuk menjawab komentar satu2. Seperti alternatif terakhir ditulisan saya itu.

  9. maksudku nyempil bikin komentar baru kita sendiri gitu pak, soale kadang bangun tidur udah 20 aku bingung klo bikin halaman sendiri ngerek2 itu tadi, jd aku jawab satu2, tapi luamaaa… trims ya pak Urip… :), Oh ya laptopku rusak instal RSS nya ilang jee… lupa websitenya pak please tolong musti nginstal agi deeh… πŸ™‚

    # Wah saya belum pernah tahu caranya kalau yg itu πŸ™‚ Mungkin sudah saatnya bu Evi membuat weblog berbayar nih… biar lebih banyak bisa menyetting, pakai wordpress.org saja trus bayar hostingan, panduan untuk ini sudah cukup lengkap di website wordpress.org.
    Waduh kenapa laptop-nya…? Download RSS Readernya dari sini.. Wah sebenarnya khan bisa memanfaatkan mesin pencari untuk mencari apa saja di inet πŸ™‚ , maaf agak telat jawabnya, ada keterbatasan akses blog nih.

  10. aku pada karo sampeyan kang, ning aku nemune ora sengaja. pas sinau wordpress, perintahe tak tunyuki kabeh trus tak deleng hasile.

    Jen, komputer kuwi kaya pacar wae, kudu digauli terus ben ngerti maksute. mbyoh…mbyoh…

  11. theme Benevolence 1.0 juga begitu lho pak, bisa edit langsung, aku praktiknya setelah melihat milik mister Urip, eh.. ternyata bisa..
    kalau mau belajar pakai wp yah.. di blog ini saja.. lengkap!
    terimakasih telah bagi ilmu

  12. wah ini yang aku cari.. thank yah atas pencerahannya.

  13. sekarang lagi tren yang kaya giini too. pantesan kok banyak yang pake klik edit komentar… ternyata dari sini asalnya… btw makasih..

  14. Saya sih masik keukeuh tetap tidak mengedit komen, konek di sini masih menyedihkan Pak. Mending bikin koment satu untuk semua, bisa lebih cepat, kopi paste dulu dari notepad.

    Kecuali kalo komennya udah lebih 50-an kayaknya ndak mungkin dijawab sekaligus, mending bikin posting baru menjawab semua pertanyaan… Hehe…

  15. yes! pak urip balik ke theme awal lagi…!!!
    enak yang ini deh pak..

  16. memang paling enak pake cara ntu pak.. ngikut dibelakang….

  17. wah.. udah balik lagi themenya seperti semula.. yang kemaren pusing diliatnya pak.. hehehe..

  18. waaah pantesan pada cepet2 banget bales komentar ternyata…. ada cara jitu. nice tip pak guru…

  19. tambahan pak, untuk Theme: MistyLook by Sadish, tidak pake icon, tetapi tulisan edit this…

    # Ok makasih. Diedit ya

  20. Setahu saya sementara ini hanya ada 2 theme yg disediakan wordpress.com dengan fasilitas seperti ini. Yaitu theme Blix 0.9.1, Sandbox 0.6.1., Benevolence 1.0, dan MistyLook 3.1-wpcom.

    Hwalah itu dicobain satu2 themesnya pak…?
    Aku pernah juga nyobain2 themes, tapi gak perhatiin yg begituan…hehe karena gak tau sih. Yang terpikir mmg cara rumit masuk dari dashboard ituh…

  21. tadinya pengen juga pake ini pak. Tapi ndak jadi, gara2 koneksi makin lemot aja. Lagipula ada seninya juga scrolling ke atas ke bawah berkali kali hehehhe

  22. makasih mas buat infony…

  23. […] Komentar. Poin kedua yang penting adalah area komentar. Di area ini pengunjung (baik pengunjung setia atau musiman) dapat memberikan aksi timbal balik yang tentunya diharapkan merupakan sesuatu yang positif bagi kemajuan blog itu sendiri. Seperti yang pernah saya tulis di blog iT.Channel, komentar menjadi satu fitur teramat penting pada sebuah blog. Justru terkadang kita menganggap remeh terhadap fitur ini dengan membiarkan kondisinya terbengkalai. Contoh situasi ini adalah membiarkan setiap komentar dalam bentuk apa saja tanpa perlu kita saring terlebih dahulu. Banyak sekali saya lihat komentar yang diberikan oleh pengunjung suatu situs blog yang hanya menulis komentar tidak berkualitas, menghujat sesama blogger, atau memberikan komentar tidak sesuai konten yang dibahas. Sebagai pengunjung, cobalah memberikan komentar yang lebih baik dan elegan, walaupun diselingi dengan humor atau sedikit nyeleneh, tetapi harus tetap dalam koridor kebersamaan, bukan harus sama persepsi atau memaksakan persamaan persepsi kita terhadap blogger lain. Untuk pemilik blog, cobalah menjawab setiap komentar secepat mungkin dengan elegan dan tepat ditujukan dengan yang bersangkutan. Bila perlu setiap komentar dari pengunjung langsung diberi komentar di dalam kotak komentar yang sama, seperti yang mas Urip tulis pada blognya tentang “Memanfaatkan Klik Edit untuk Jawab Komentar“. […]

  24. Saya gak tetap, kadang pakai edit coment kadang bikin kolom koment sendiri hi hi…

    Nice tips juga, bpk rajin benar ya bagi ilmunya…
    ^_^

  25. wah kebetulan saya pakai MistyLook πŸ˜€

  26. kami coba

  27. Great boysd712ae10d3207d5e357563eff36ac56f

  28. Yhanks you62c294684580f6a58fcc9d42d95769e4

  29. maaf banget dan butuh jawaban sekali. saya bingung dengan blog (maklum masih baru mencoba). darimana saya harus memulai untuk memanfaatkan klik link edit? setelah saya cari-cari di blog, tidak ada tulisan tersebut tertera. mohon petunjuknya Pak secara jelas. kalau memungkinkan kirim saja ke ruangdiskusi@yahoo.co.id. atas jawabannya saya ucapkan terimakasih

  30. Nice idea..,tapi sayangnya fasilitas edit komentar tidak dimiliki blogspot..arrghh 😦