Bulan Pertama Ngeblog

Blog bagi saya adalah hal amat baru di bulan pertama ngeblog. Tidak punya pengalaman mengelola/membuat website, bermodalkan coba-coba saja. Hanya berkeinginan ingin menulis suatu yang mungkin sedikit bisa dimanfaatkan. Bahkan yang saya tulis bukanlah hal aktual atau baru. Tapi bagi saya semua itu sekedar untuk menyampaikan buah pikiran atas sedikit pengetahuan sambil belajar menulis. Herannya sampai sekarang tulisan terasa kaku, kurang luwes saja. Rupanya tidak mudah menulis. Jadi saat ini menulis adalah hanya menerapkan teori berak saja.

Pada bulan pertama ngeblog, tidak terlalu banyak ide yang bisa tertuang, kebanyakan yang saya lakukan adalah untuk melihat-lihat isi blog blogger lain. Sebagai blogger pemula memang tantangan awal adalah “apa yang akan saya tulis”, tidak terpikir itu tulisan akan dibaca orang atau tidak. Diperlukan tenaga (kemauan) yang cukup kuat untuk membuat kelanjutan mengisinya. Dan Ternyata benar bahwa semua hal yang ada disekitar kita bisa dijadikan bahan tulisan. Bisa saja hal yang kita suka atau yang kita tidak suka, bisa berita atau fakta, bisa ilusi atau imajinasi, pendeknya apa saja.

Sebagai blog pemula selain harus menulis juga diperlukan pengenalan diri di blogosphere. Blogwalking-lah istilahnya, dengan harapan akan ada pandangan tentang ngeblog itu bagaimana. Harapan berikutnya adalah agar tulisan kita diberi apresiasi baik isi maupun penulisannya oleh blogger lain yang telah sudi mampir di blog kita. Ini biasa bagi blogger pemula.

Pada bulan pertama (sejak 3 Agustus mendaftar di wordpress.com) tulisan saya hanya ada 8 saja. Yang pertama adalah Arabic di windows XP, ini saya tulis karena saya punya pengalaman bahwa ternyata dalam windows XP ada fitur yang selama itu belum saya ketahui yang berimbas di microsoft office juga sanggup untuk menulis fonta arabic. Ini saya dapat secara kebetulan saja. Dan ternyata tutorial di MyQuran ternyata sudah dibahas cukup detail.

Berikutnya ada 2 artikel tentang sedikit uneg-uneg tentang mengajar kimia yang merupakan kegiatan keseharian saya. Kimia terkesan mudah ternyata dianggap sulit bagi kebanyakan siswa atau mantan siswa. Kemudian cerita saya selama proses penginstallan kamus offline yang bener2 smart, kalau belum silahkan mencobanya. Sebab dengan kamus itu maka tidak ada alasan untuk tidak bisa mengerti tulisan yang berbahasa inggris. Pesan saya jangan menggunakan program Alzip dan 7-Zip saat mengekstrak file-file kamus stardict sehingga tidak korup.

Juga ada ungkapan keraguan untuk bermigrasi untuk menggunakan linux. Sekarang saya sudah tidak lagi ragu, karena sudah sedikit bisa menggunakannya. Memang benar tidak alasan untuk tidak bermigrasi, dari-pada menggunakan software bajakan. Yah meskipun demikian terserah masing-masing saja. Yang penting merasa enjoy sajalah.

Sempat membuat daftar situs-situs yang menyediakan buku-buku gratis yang semestinya sih tidak gratis. Ini adalah kumpulan tautan situs yang pada saat kenal internet menjadi situs langganan mencari buku-buku baik terkait komputer ataupun bidang lain. Kemudian saya tambah-kan daftar itu dari situsnya Kang Kombor (yang ini tanpa permisi ๐Ÿ™‚ ). Rupanya tulisan ini cukup banyak dibaca orang juga.

Saya tutup bulan awal ngeblog ini dengan pengalaman pertama penyelamatan data karena terhapus tidak sengaja. Yah dengan menggunakan software Handy Recovery ( pasti bajakan-lah) saya masih mencari penggantinya untuk yang freeware atau open source. Saya kira program semacam ini sangat penting untuk dimiliki yang diperlukan ketika terjadi “kecelakaan”.

Akhirnya… saat ini ngeblog adalah hal penting untuk tetap dilakukan bagi saya. Sayang akhir-akhir ini kegiatan yang mengasyikkan ini sedikit terganggu dengan semakin lambatnya akses ke wordpress.com pada koneksi jaringan saya. Diperlukan kesabaran untuk bisa sekedar posting atau bahkan sekedar untuk blogwalking. Semoga keadaan segera membaik.

Salam…

Powered by ScribeFire.

23 responses

  1. Hehehehe, sama Pak. Bulan-bulan pertama ngeblog ya blogwalking, nulis dikit-dikit. Mulanya sih almost totally in English, tapi sekarang banyakan nulis pakai bahasa Indonesia. Posting pertama berkaitan dengan baliknya saya ke IT, setelah nyantrik di skripsi sama jadi marketing ekspor.

    Untung ada plugin Performancing di FireFox. Jadi kapan pingin nulis tinggal tulis tanpa harus login dulu ke WP. Lebih cepat.

    Yo, nulis lagi yo..

    Saya tunggu tulisan-tulisan selanjutnya Pak Guru.. ๐Ÿ˜€

  2. teori berak mamang lebih pas
    nulis yo nulis
    masalah bobot no 8888999999

  3. Bulan pertama ngeblog, saya juga Mei 2006… di friendster… tujuannya cuma ngumpulin naskah yang sudah dimiliki agar kalau lagi di luar kota bisa dilihat lagi. Masuk friendster juga sudah lama. Tapi karena nggak ngerti, ya dibiarkan berdebu. Terus nyoba blogspot. Ternyata angka statistik itu tiba-tiba menjadi penting. Ketemu sama wordpress bulan Nopember, mulai migrasi ke sini. Pengunjungnya satu dua sampai belasan saja sudah menimbulkan semangat. Tapi, dasarnya memang hanya sekedar ingin menulis saja dan menyimpan tulisan yang dulu-dulu hanya berupa guntingan koran. Blog kemudian menjadi teman, selingan, sekaligus hiburan… Ternyata juga, banyak pengetahuan didapat dari para blogger yang tak mungkin didapatkan di dunia nyata dengan mudah.

    Situs Helge menurut saya fenomenal, jadi tanpa ijin saya masukkan ke tag fenomena.

  4. idem ah sama kangguru
    *tos dulu kang!*

  5. kalau saya pak, bulan pertama cuma posting 4 postingan itupun dua hasil migrasi dari milis dan blog di FS. yang dua postingan lagi hanya sepenggal paragraf saja. hehehe.

    asik nih pak, tetep theme ini aja, pak urip banget!!

    # Yah sepertinya dgn K2 no problem… aman…

  6. saya bulan pertama nge-blog cuma bikin 1 artikel ,
    2 bulan selanjutnya baru bikin artikel baru..

  7. semuanya terasa seperti bulan pertama bagiku..

  8. blog pertama saya di aboutbandung.blogspot.com(sekalian iklan) bulam maret 2007 lalu dan hanya 3 post.
    Ya..seperti judulnya, diblog ini saya mencoba menjelaskan tentang kota saya tercinta(!!!)Bandung, itupun dengan “pencarian” ide yang lamaaa banget n kayaknya udah stuck dengan pertanyaan “apa yang mau saya tulis?”.
    Mudah mudahan blog ini bisa jadi awal mula saya untuk terjun di dunia blogging.
    Terima kasih Pak Urip atas space-nya n tulisannya bagus koq, mudah dipahami tanpa bahasa yang neko-neko!

  9. gak kerasa udah 9 bulan ya pak ๐Ÿ™‚ Aku masih tetep suka baca tulisannya baik dulu maupun skarang

  10. wordpress.com sedang bermasalah…tidak ada yang bisa dilakukan untuk merubah tampilang blog, cuma bisa buat nulis post doang… ;(

    #Itu juga yang saya alami beberapa hari lalu saat mau ganti theme ternyata kacau, gak sesuai dengan yg kita pilih malah kembali ke setingan semula. Wis makanya adem ayem sajalah dengan tampilan yg ada.

  11. Wah, kok sama pak.Nulis dulu, edit belakangan. Saya sekarang masih bulan pertama. belum genap sebulan. Tulisan saya pendek-pendek, susah skali bikin artikel panjang. tapi, yang penting selalu belajar yang baru serta belajar terus dan berlatih:-)

  12. Oooo begitu ya….., saya juga pemula banget nih Pak…. banyak yang ingin saya tuliskan, tapi….

  13. kalo untuk recovery data, bisa pake freeware pc inspector file recovery,bisa didownload di snapfiles.com. info sy dapat dr maseko.com

  14. sayapun penganut teori bapak

  15. ternyata kebenyakan temen punya pengalaman yang sama hihihi. jadi gak minder lagi!

  16. *hadir*

  17. saya baru belajar dua minggu, baru punya pak urip yang kasih komentar ke blog saya, apalagi saya cuman seminggu sekali ke warnet. ngomong-ngomong pak urip udah dapat Uang Makan untuk PNS ….

  18. Saya mulai di wordpress juga tahun 2006, Pak Guru. Tapi saya impor isi blog saya di Bloger sehingga kelihatan dah lama. ๐Ÿ™‚

    Kemudian saya tambah-kan daftar itu dari situsnya Kang Kombor (yang ini tanpa permisi ๐Ÿ™‚ ). Rupanya tulisan ini cukup banyak dibaca orang juga.

    Weh… sekarang ngaku. Hehehe, nggak apa-apa Pak Guru, selama belum saya pasangi creative common, bebas saja. Toh saya juga ngambil dari tempat lain.

  19. waduh judulnya aneh pak, tak kirain baru satu bulan ngeblog, ternyata menceritakan bulan pertama ngeblog to ๐Ÿ˜€

  20. @dalam hati

    ๐Ÿ˜€ ***IDEM***

  21. memang tak cukup hanya dengan teroti berak, harus juga dibarengin dengan keterampilan menata feses ituh. Ternyata sekarang bapak produktif sekali, beda dengan saya yang masih sembelit..: D

  22. saya juga baru pertama ngeblog (setelah weblog saya ancur bbrp hari yg lalu)