Program yg Jalan di Wine dan Autopatcher tuk Windows

Hari ini saya dapat informasi tentang Wine, sebuah emulator untuk menjalankan program berbasis windows di linux termasuk di Ubuntu. Sudah lama tahu ada Wine tapi keingintahuan program apa saja yang bisa dijalankan di Wine baru hari ini terpenuhi. Saya dapat dari Frank’s Corner dot org. Ternyata banyak sekali program under windows yang tetep bisa dijalankan di Linux melalui perantara Wine. (Koreksi kalau saya keliru 🙂 ) Dari situs itu kita juga bisa mendapatkan tutorial yang mudah dipahami tentang bagaimana menjalankan Wine di Linux, baik melalui sesi tanya jawab maupun panduan singkat penggunaan Wine.

Berikut ini daftar link untuk mengetahui aplikasi under windows apa saja yang bisa dijalankan di wine yang kita tongkrongkan di Linux pada umumnya. Tidak ketinggalan seperti yang telah diketahui banyak linuxer adalah program untuk menjalankan games yg biasa dijalankan di windows tok.

Working applications
» Graphics/animation
» Home/Education
» Internet
» Multimedia
» Office
» Scientific/technical
» Utilities
» Webdesign

Working games
» Action
» Emulators
» First Person Shooters
» Puzzle
» RPG/Adventures
» Simulation
» Strategy

Lebih lengkap lagi daftar-nya ada di Wine Application DB – Browse Applications

Yang kedua adalah mendapati informasi tentang Autopatcher untuk upadate windows. Ini saya dapat setelah baca dari tabloid Komputek edisi 514 di sesi basictek. Ini adalah alternatif untuk mengupdate windows kesayangan anda. Bagi yang menggunakan bajakan, kalau mau update secara online pasti ditahan oleh WGA (windows genuine Advantage) dengan tanda “bintang laut”. Yah memang sebelumnya tetap harus terkoneksi dengan internet untuk mendownload autopatcher itu. Jika mau ambil yang full berukuran 330,84 MB, kalau mau yg lite yah sedikit lebih kecil dengan beberapa konten yg dikurangi. Beruntung kalau ada temen yang sebelumnya sudah memilikinya tinggal salin saja.

Sambil mengetik postingan ini saya sedang download Autopatcher itu dari sini. Rencananya akan saya coba untuk komputer di sekolah yang semuanya masih menggunakan windows XP. Dengan memiliki autopatcher itu maka segala kelemahan di windows XP katanya bisa diatasi. Selain itu dalam paket autopatcher versi full juga terdapat add ons. Untuk diketahui bagi yang belum tahu 🙂 , autopatcher ini ada beberapa versi : full, lite, update, QMUP, beta. Silahkan baca sendiri selengkapnya di situsnya www.autopatcher.com. Kalau tertarik silahkan download sesuai windows yg anda pakai sekarang, mulai windows 2000, windows XP, windows 2003.

Powered by ScribeFire.

11 responses

  1. Wah jadi semakin tertarik menggunakan Linux secara permanen nich.
    Tetapi kemarin main2 ke toko komputer dan liat laptop yang ditanami MAC juga jd tertarik…hehehe
    Manusia memang terlalu banyak keinginan

  2. sip deh, thanks pak guru…

    *langsung coba*

  3. semoga komunitas linux dan windows bisa beriringan dengan damai seperti postingan bapak guru…walau linux masih diatas windows atau tulisan linux masih diatas tulisan tentang windows…;)

  4. Wah Sudah lama Ga menggunakan Wine Pak guru 🙂 Tapi buat Linuxer yang doyan main game lebih baik pake Cadega Pak Guru, memang harus bayar , tp tenang , bajakannya juga sudah ada kok (opsss) . Salam !

  5. ada ngak ya, yang jual cd autopacher? bisa berjam-jam kalau download pake dial up

  6. sebuah emulator untuk menjalankan program berbasis windows di linux termasuk di Ubuntu.

    Kan singkatannya Wine klo gak salah “Wine Is Not an Emulator” berarti bukan emulator tuh pak guru. Tapi sebagai awam saya juga gak tau harus nyebutnya apa yah, tapi klo disebut emulator memang layak juga sih.

  7. hm…langsung saya coba aya pa.

  8. sebelum install aplikasi macem2 via wine, mending di cek dulu kompatibilitas nya, karena walaupun sebuah aplikasi windows bisa dijalankan namun ada kemungkinan tidak bisa optimal, misal: jalannya lambat/ada feature yang tidak jalan. Dan satu lagi yang perlu diperhatikan, kadang ada aplikasi yang bisa jalan dengan wine versi tertentu saja, versi terbaru tidak menjamin bisa menjalankan semua aplikasi. so.. rajin2 aja baca petunjuknya (referensi) di website-nya wine atau si frank corner.

    FYI, untuk yang berbayar ada aplikasi namanya CrossOver, kelebihannya dia (katanya) lebih stabil

  9. sedang mencoba untuk menjalankan editor kesayangan saya PSpad dan notepad++ 😉

  10. oke di lanjut dan akan dicoba…….so ap program2 retail bisa yach kayak laporan pajak n PIB beacukai ???
    ada yg bisa bantu…..??