Membuat Harga Komputer Di Daerah Lebih Murah

Di daerah saya harga komputer tadinya melangit. Karena hanya ada 1-2 saja penjual komputer dan perangkat di dalamnya. Kini sudah mulai banyak. Meskipun demikian harga-harga perangkat komupter beserta aksesorisnya tetap terasa mahal, lebih-lebih dibandingkan harga di pulau Jawa. Sebenarnya saya bisa memakluminya karena itu perlu biaya transportasi. Tapi mestinya tetap harus masuk akal, masuk akal menurut saya hehehe.

Sebagai perbandingan saat ini untuk sebuah harddisk 80 GB SATA di daerah saya masih berkisar 550 ribu, sementara di rakitan.com yang selalu menjadi acuan saya ketika belanja komputer baik keperluan sekolah, pribadi atau pesenan teman lain, hanya berkisar 400 ribu. Saya biasanya mau belanja di daerah saya kalau harganya selisihnya tidak jauh dari 50 ribu. Jika lebih dari itu saya memilih belanja di Banjarmasin, hanya dengan sms ke salah satu toko komputer di Banjarmasin itu 2 hari barang sampai di tangan. Harganya selisih 25-an ribu dengan harga acuan saya (rakitan.com itu) dan ditambah biaya kirim tidak lebih dari 25 ribu.

Sebuah strategi menurunkan harga komputer dan kompenen di dalamnya adalah dengan membuat persaingan harga yang lebih masuk akal. Lebih-lebih saat ini sudah semakin banyak pengguna komputer di daerah saya. Yah cara yang dilakukan temen saya yang saya dukung adalah dengan menyebarkan secarik kertas dengan ditempel diberbagai tempat keramaian. Kertas tersebut berisi tawaran komputer lengkap dengan harga yang lebih murah (dengan spesifikasi sama) dibandingkan toko-toko komputer yg ada di daerah saya. Ada usaha kecil-kecilan melayani pesanan baik komputer dan sparepart-nya. Semua dipesan ke Banjarmasin dengan masa tunggu hanya 2 hari. Ongkos kirim yang murah dari Banjarmasin membuat usaha itu terus berjalan meskipun tidak tiap minggu ada yang memesannya.

Dampak dari usaha menyebar selebaran akhirnya ada beberapa toko komputer juga berani menurunkan harga juga. Ini adalah tujuan sejak mula kami menyebar edaran, membuat harga komputer tidak terlalu mahal. Sebuah usaha menekan harga komputer sehingga benar-benar bersaing dan masuk akal. Saya tidak perduli dikata apa, toh saya tidak membuka toko sebagai saingan mereka, tapi sekedar melayani pesanan. Itupun sudah cukup membuat mereka tidak mau kehilangan pelanggannya.

Penyebaran selebaran akan terus kami lakukan sampai harga-harga komputer dan perangkatnya kami anggap wajar. Saya memperoleh keuntungan ganda: pertama jika ada yang memesan dapat untung, kedua membuat toko-toko komputer di daerah tidak arogan dalam menawarkan harga. Sebab selama ini mereka sepertinya telah membuat kesepakatan harga bersama. Tapi yang namanya pasar sah-sah saja membuat persaingan dengan perang harga. Yang diuntungkan adalah konsumen. Jika semua normal maka kami-pun tidak perlu jauh-jauh lagi untuk belanja perangkat komputer. Dengan itu pula semoga pengguna komputer di daerah saya semakin banyak dan semakin melek teknologi komputer walau hanya memanfaatkannya saja.

17 responses

  1. Toko tentu memiliki biaya lebih tinggi, membayar pegawai, sewa tempat dan lain sebagainya. Kalau itu dibarengi oleh after sales n service, maka juga bisa dinilai wajar.
    Berapa juga biaya sms, biaya tunggu, waktu yang dikeluarkan.

    Tapi… ngomong-ngomong, mas Helge kan memiliki jaringan. Kenapa tidak dimanfaatkan untuk membuat aksi dalam jaringan yang lebih luas. Misalnya se Kalteng?.

    Bukankah, selain missi awal tercapai, juga ada peluang.

  2. Jika melihat selisih harganya memang lumayan tinggi tuh pak, tapi akses toko yang lebih dekat dan pelayanan purna jualnya perlu dipertimbangkan juga. Bisa dibayangkan, jika pak urip beli di Banjarmasin, udah nunggu 2 hari, selisih biaya + ongkos kirim +-50rb, trus ketika barang diterima ternyata cacat, kemudian pak urip kembalikan lagi ke Banjarmasin (ongkos kirim +-25 rb)nunggu lagi +-4 hari, kena biaya kirim lagi, wah, apa nggak tambah mahal tu pak jatuhnya?

  3. tinggal du publish usahanya di blog tuh pak kali aja jangkauan pasarnya lebih luas

  4. Agorsiloku: Wah kami itu iseng saja sekedar melayani pesanan, sambil menekan harga pasar di daerah saya. kalau cakupan lebih luas biasanya mereka sudah punya channel tersendiri pak konsumen-nya.

    Abahapis: Iyah juga sih, tapi alhamdulillah selama ini belum pernah ada komplain. Kecuali kalau pesenan barang yg tidak baru.

    Kangguru: Halah pak wong itu cuma iseng saja kok. Lagian pengunjung blog ini kebanyakan dari pulau Jawa yang tidak mungkin tertarik tawaran harga yg pasti lebih mahal.

  5. grandiosa12 (males login)

    *oh jadi ini toh yang merusak pasaran*

    hhihihihi

    kaboorr seribu langkah.. takut dijewer pak guru

  6. saya rasa harga tersebut bisa saja wajar jika memang daerah yang di tuju cukup jauh dan membutuhkan ongkos transport tambahan

  7. solusi harga komputer/aksesoris komputer mahal di daerah ya beli secara online mas…memang sih ada resikonya tetapi akan bisa menekan harga lumayan…

  8. Wah hebat nih trik dan tips nya. Sosialisasi komputer agar tidak gaptek sekaligus upaya menurunkan harga agar terjangkau.
    Sekali mendayung, 2 pulau terlampui 😀

  9. Lebih murah lagi jika jualan barang BM (black market).

    (*** cepetcepetkabursebelumditangkep ***)

  10. Strategi yang mantap Pak…
    Semoga bisa berhasil dech

  11. Pengalaman saya laen lagi pak, saya beli hardware komputer lebih murah lagi, ada anak seorang penjual komputer di Banjarmasin yang suka menjual barang punya bapaknya, biasanya dia jual setiap malam minggu buat “dugem”. Ruginya cuman gak ada garansi .. Hardisk 160 Gb Seagate, saya beli cuma 200.000, … Kalo ada barang bagus bisa nanti saya kirim ??? Mau Pak ??

  12. ide bagus, tujuan mulia, semoga sukses pak Helge
    Btw wordpress udah memperbaiki kesalahan sepertinya yah pak, sehingga kesalahan yg kita sengaja dengan membuga tag html dan tidak menutupnya sudah ga berpengaruh lagi…
    Atau browser IE yg saya pake ini yg salah..?

    @ Semoga hasilnya signifikan. Kalau pakai firefox masih berlaku tuh trik membuka tag tanpa menutupya.

  13. wah wah… mestinya saya menunda beli komputer nih,… nunggu harag ancur dulu heheheh 🙂

  14. Ya Atur-Atur Aja, King Artur Uda Ga Ada Kan?
    Tapi Uda OK Kok, Dari Ide Yang Minimal Kamu Bisa Menghasilkan Yang Maksimal.

  15. ndek mana ya kiraaa2 Q dapat membeli komputer dengan harga yang relatif kecil tapi dengan kualitas yang gak kalah sama pasaran sekarang ini

  16. memang susah kalau orang yang tinggal di daerah ingin punya komputer, kalau beli keluar daerah malah ongkos perjalanan yang menghabiskan biaya buat beli komputer, harusnya ada cara biar penetrasi komputer ke daerah rata.