Hari Pertama Ujian Nasional

Di sekolah saya tadi pagi ujian nasional berjalan cukup ketat. Ketat dalam hal pengawasan, baik sebelum, saat dan setelah ujian berlangsung. Tidak selonggar tahun lalu. Kesan yang saya tangkap ujian hari pertama ini benar-benar bersih. Sebab soal baru diambil dari gudang penyimpanan beberapa saat sebelum ujian berlangsung. Dan di tempat penyimpanan itu dikawal ketat oleh petugas.

Sayang sepertinya ada peluang yang bisa dilakukan oleh pihak sekolah yang jaraknya cukup jauh dari tempat penyimpanan tadi. Pihak sekolah terpaksa diijinkan untuk membawa semua paket soal untuk diamankan sebelum digunakan.

Bahkan di kalangan siswa telah beredar rumor tentang kunci jawaban yang tidak jelas sumbernya. Untuk wilayah kota sepertinya tidak mungkin terjadi kebocoran soal. Tapi entah-lah. Rumor beredarnya kunci jawaban sebelum ujian berlangsung itu di duga dari pihak-pihak yang ada di luar kota. Sebab di daerah yang jaraknya jauh boleh membawa soal sehari sebelum pelaksanaan. Sepertinya sudah menjadi trend sejak tahun lalu peredaran kunci jawaban yang tidak jelas asal dan keakuratan kebenaran atas jawaban soal. Ini bisa saja untuk mengacaukan keadaan untuk pelaksanaan ujian tahun ini. Yah sekedar uji kewaspadaan bagi petugas untuk bisa menyelidiki kebenaran rumor itu.

Tapi bagaimanapun di sekolah tempat saya mengajar belum ditemukan gerakan-gerakan mencurigakan. Kalaupun ada jelas tidak mungkin bisa berkutik sedikitpun sebab banyak sekali mata yang mengawasinya. Dan pengakuan kepala sekolah untuk kali ini sekolah tidak mengeluarkan amplop sama sekali, kecuali jamuan air mineral dan snack seadanya. Semoga hari-hari berikutnya ujian juga berjalan lancar dan bersih. Semoga para siswa seluruh Indonesia juga bisa melewati ujian dengan mudah, sebab tidak sedikit waktu yang digunakan untuk persiapan ujian nasional kali ini.

24 responses

  1. Memang, terkadang jarak tidak bisa di atasi. Dan mau tidak mau soal bisa nginep di sekolahan atau bahkann di rumah salah satu guru. Tetapi saya yakin, kalau memang niatnya untuk pendidikan yang benar2 murni. Maka soal2 itu pasti tidak akan bocor.

    Sukses selalu Mas, mohon maaf, karena saya sekarang jarang online. Paling seminggu bisa online sekali atau dua kali. Tetapi saya tetap dan terus mengikuti blog2 dari teman2, termasuk punya sampean.

    Semoga semua ujian di tanah air akan berjalan dengan lancar dan sukses.

  2. Om, saya baca tadi di pos kota… Ada guru nyuri soal ujian Nasional. Kira-kira buat apa ya…kalau untuk dijual dan keuntungannya buat pribadi sih biasa!!! Tapi kalau tujuannya katanya membantu murid2nya gimana tuh!

  3. acara transs Tv mengenai investigasi mengenai sms bocoran ujian…mudah mudahan ini bukan gejala nasional..

  4. keduax 😉
    Kita Optimis semoga bisa bersih, baik proses maupun hasilnya…

  5. Ya, di BorneoNews juga ada berita ME, guru SMK di Ngawi sempat menyembunyikan soal di kantorny. Untung ada aparat yang mencurigainya dan terbukti ada satu amplop yang disembunyikan. Lha, bunuh diri apa?

  6. Kenapa inisiasinya pindah ke bawah lagi?

  7. asyik kalo lagi ujian…

    sekolah jadi tenang. tapi di balik itu banyak yg harap2 cemas.

    btw, blog-nya saya koleksi ya pak.
    terima kasih.

    salam,
    (^_-)

  8. mudah-mudahan ujian nasional kali ini berjalan lancar, tidak hanya disekolah pak guru tapi disekolah-sekolah yang lain juga, bukankah masa depan negeri ini ditangan mereka pak? jadi sangat mengecewakan jika ada oknum yang melakukan kecurangan demi anak didiknya lulus semuanya.

    Selamat Menempuh Ujian Adik-adikku, Selamat Berjuang, masa depan Negeri ini ada di tangan anda semua.

  9. “Semoga hari-hari berikutnya ujian juga berjalan lancar dan bersih. Semoga para siswa seluruh Indonesia juga bisa melewati ujian dengan mudah, […]”

    Semogaaa….

    btw, nama sekolahnya apa siy?

  10. Pa kalo soal jawaban bocoran saya juga sudah mendengar tapi entah itu betul atau tidak saya sendiri tidak tau, yang jelas bocoran itu sudah per paket A dan B.

  11. hari pertama ujian uan saya udah hari ke 10 ujian mid semester. sama mumetnya.

    halo pak udah lama gak silaturahmi.

  12. Semoga ujiannya lancar,
    Semoga para siswa mengerjakan ujian dengan baik,
    Semoga para pengawas tidak kerepotan mengatasi kecurangan,
    Semoga para orangtua puas melihat hasil UNAS anaknya,
    Semoga para guru puas melihat hadil UNAS anak didiknya,
    Semoga para petinggi puas melihat kelancaran dan keberhasilan UNAS
    Amiin.

  13. Wah, wah.

    Kalau hari pertama, Bahasa Indonesia untuk semua jurusan Shan-in kira jujur-jujur saja.

    Yang gawat itu hari kedua.
    Matematika untuk IPA
    Ekonomi/Akuntansi untuk IPS
    Bahasa Asing untuk Bahasa

    Itu yang susah, karena di setiap tahunnya, siswa sering terjegal di mata pelajaran tersebut.

    Hari kedua penjagaan harus diperketat! Yosh!

    (halahh… Shan-in juga sedang Ujian Nasional nih)

    Eh, sudah lewat hari kedua. Tapi penjagaannya biasa-biasa saja ya di sekolah Shan-in di Palangkaraya?

  14. jangan pada nyontek yah anak anak

  15. selamat mengawas.

  16. saya masih dag dig dug nih smp baru minggu depan jadwal shownya

  17. saya agak miris melihat UAN, benar2 memperlihatkan bahwa institusi pendidikan kita menindas, sehingga membuat siswa dan guru saling tidak percaya ke pemerintah =(

  18. UN 2007, seperti tahun-tahun sebelumnya penuh dengan rekayasa (paling tidak di daerah saya). Masih mending soal bocor, artinya siswa masih mengerjakan soalnya, ini lebih parah. Boro-boro mengerjakan soal UN, para siswa tinggal nunggu jawaban yang dikirim via sms. (ini beneran lho … karena terlihat di depan mata). Saya mungkin hanya salah satu guru (pengawas UN)yang prihatin.. seperti pak Urip.

  19. Mang seru-seru yang tidak perlu kali ya…..
    Ujian nasional sepertinya sudah menjadi “KEBOHONGAN pUBLIK” yang sangat besar, seperti kejadian di kabupaten saya, dengan dalih keinginan untuk mendapatkan peringkat 5 besar propinsi, segala usaha naik yang halal maupun yang “haram” dicoba diterapkan guna mencapai “keberhasilan” semu UN. Beberapa hal yang dapat dicermati dan terindikasi kecurangan pada umumnya adalah :
    1. Penarikan Soal yang dilakukan oleh fihak sekolah, yang kemudian dikerjakan oleh guru mata pelajaran terkait dan kemudian jawaban didistribusikan lewat SMS atau WC.
    2. Pengawasan yang sudah dikondisikan untuk “tidak terlalu” ketat.
    3. Jarak bangku antar peserta Ujian yang dibuat lebih rapat.
    4. dsb-dsb-dsb (maskudnya dan saya bingung, saya bingung, saya bingung)
    …….. trus pendidikan seperti apa sih yang sebenarnya kita berikan kepada anak didik kita ini?
    Pada sisi lain terlihat sekali kekecewaan pada siswa yang memang benar-benar telah siap ujian, tetapi harus mengalah dengan kondisi rekan-rekannya yang tinggal menunggu jawaban.
    Sebenarnya yang ujian ini siswa apa gurunya sih….

  20. ngadutrafik 2007

    Mudah2an aja sepupu saya bisa lulus ujian akhirnya :).

  21. mr. urip bagaimana kabar ujiannya kemarin Murid-murid Mr urip lancar-lancar saj kan mengerjakannya???….
    tapi buset masih kecolongan juga ya di sana sini kecurangan ujian nasional…
    kapan ujian nasional bisa benar-banar bersih dari praktik2 kecurangan???

  22. klo di bandung sih ada kejadian lucu, bayangin aja di koran ada foto siswa yg lg ngerjain UN “dengan bantuan” handphone. untung aja mukanya disensor 😆

    dan untungnya lg si anak tersebut bukan berasal dr tempat saya jaga sebagai anggota Tim Pemantau Independen untuk wilayah Kota Bandung.

    yah semoga anak-anak didiknya pada lulus deh…

    kasian kan klo mereka harus ngulang lg taun depan

  23. selamat menikmati UAN semoga kalian semua GAK LULUS……..!!!