Pencarian Guru Penginspirasi 2007

Informasi untuk turut perduli Dua hari lalu saya mendapatkan email dari Dompet Dhuafa-Republika (CMIIW). Isinya adalah penyebaran informasi tentang pencarian guru pemberi inspirasi dalam proses belajar mengajar tahun 2007 untuk diberikan sebuah penghargaan. Ini ditujukan terutama untuk rekan guru swasta dan honorer yang terpinggirkan oleh penghargaan dari diknas. Adapun kriteria/syaratnya: -Guru Indonesia -Direkomendasikan oleh kepala sekolah atau guru atau orang tua siswa -Mempunyai Upah di bawah UMR -Pengalaman mengajar minimal 10 tahun -Usia minimal 30 tahun -Melampirkan Salinan Ijazah Terakhir -Melampirkan Salinan KTP -Menyertakan Foto ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar -Mengisi Formulir. Formulir Ispiring Teacher Award 2007 dapat didownload di sini. Brosur/Poster-nya bisa didownload di sini. Pendaftaran terakhir tanggal 29 April 2007, ini yang saya terima via telepon dari Mbak Evi (LPI-Dompet Dhuafa). Selengkapnya info bisa dilihat di www.lpi-dd.net Mari kita turut perduli kepada rekan guru yang telah mengabdikan diri namun selama ini tidak mendapatkan penghargaan yang layak. Kita bisa merekomendasikan rekan guru yang dimaksud jika ada di sekitar tempat kita yang memenuhi syarat di atas. Demikian.

Iklan

32 responses

  1. Wah, di sekitar saya banyak guru. Namun tidak ada yang memenuhi kriteria. BTW, salut buat DD.

  2. walah ngak memenuhi syarat nih

  3. kalau mau nyalonin pak Urip gimana caranya? ๐Ÿ˜€

    *catatan: aku bukan kepala sekolah maupun orang tua siswa … tapi aku sudah menjadi ‘siswa’ pak Urip di dunia blog ini ๐Ÿ™‚

  4. Alhamdulillah ada pihak yang peduli dengan nasib guru.

  5. @ doeytea: Wah kalau didaerah perkotaan memang sulit untuk mencari yang memenuhi syarat. Saya sebenarnya punya seorang rekan guru senior yang sudah tua sekali namun semangat pengabdiannya luar biasa meskipun hanya tiap bulannya cukup untuk makan seorang diri saja. Sayang beliaunya tidak mau untuk direkomendasikan untuk itu.

    @ kangguru: kita sudah lebih sejahtera yah… ๐Ÿ™‚ masih ada yang lebih berhak.

    @ Goio: ๐Ÿ˜€ ah bisa saja mas Goio ini, saya ini lebih beruntung kok dan tidak layak untuk turut program semacam ini.

    @ Deking: Yah saya juga baru tahu setelah dihubungi via telepon, sebelumnya saya tidak perhatikan, sebab biasanya tawaran2 seperti itu tidak ada signifikansinya, tapi kali ini saya keliru dan akhirnya saya publish untuk sekedar meneruskan info saja. Semoga lebih banyak pihak yg perduli terhadap guru-guru yang terpinggirkan.

  6. wahduh! kalo sosialisasinya gak manteb n sesama guru tidak saling memotivasi seperti om urip ini, mungkin acara ini tidak pernah terekspos..
    ๐Ÿ˜ฆ

  7. yah, kalo pak Urip merasa sudah beruntung ya hadiahnya disalurkan ke tempat lain saja. Penghargaan tetap disimpan Pak Urip… ๐Ÿ™‚

  8. ayo ! pak guru yang merasa upahnya dibawah UMR daftar..daftar…

  9. Moga beneran aja pak. Trus bentuk penghargaan itu apa ya ? Kalo hanya piagam sih nyablon sendiri. Kalo tambahan insentif memadai dang nggak repot ngurusnya, saya ikut salut.
    Syarat ke 4 agak sulit kayaknya pak

  10. Pak guru ikutan? ๐Ÿ˜€

  11. Mudah-mudahan bisa memacu semangat para guru untuk fastabiqul khairat. Memang susah, menjadi seorang guru. Disaat mengemban tanggung jawab luar biasa dalam mencerdaskan bangsa, ternyata perhatian dan apresiasi yang diberikan baik oleh pemerintah maupun masyarakat sangat memprihatinkan. Semoga DD bisa memberikan contoh tentang kepedulian terhadap dunia pendidikan. Info yang pernah saya terima, DD juga mendirikan/atau mensponsori semacam sekolah alternatif yang memberikan life skill secara komprehensif bagi siswanya.

  12. hidup para guru…

  13. semoga memang bisa menjadi inspirasi

  14. tetap semangat buat para guru, semoga bisa mendidik anak-anak kita bukan cuman otak, tapi sikap, dan hati

  15. @cakmoki
    Moga beneran aja pak. Trus bentuk penghargaan itu apa ya ? Kalo hanya piagam sih nyablon sendiri.

    apakah bentuk ‘penghargaan’ harus selalu diartikan sebagai materi? aku pikir sebuah pengakuan (dalam banyak kasus) lebih penting daripada materi. *eh, ini bukan mengecilkan arti materi lho… yah gitu deh pokoknya ๐Ÿ˜€

  16. Aku memenuhi syarat ga ya…

  17. Pak saya ikut boleh kan.. seperti saya memenuhi syarat untuk itu.. saya ‘unduh’ pak formulirnya ya…
    Makasih banget…
    Saya guru swasta murni lho…

  18. wah… guru swasta disini kaya-kaya pak…

    meskipun aku bukan guru, tapi unduh juga gpp kan… mau dikasi liat ke seorang guru honorer yang menurut aku beliau memang guru teladan ๐Ÿ˜‰

  19. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru swasta & honorer yang jarang sekali mendapat perhatian. Semoga kegiatan ini tetap berlangsung kontinue setahun sekali.

  20. wah, programnya oke juga nih…

  21. kombor dot com was suspended and move to http://arif.widarto.net/

  22. guru teater masuk gak ya. hehehehehe……
    upah saya ngajar teater cuman 150 rb perbulan kan udah masuk.
    cuman ngajar teater itu di indonesia masuk dalam kategori pekerjaan jadi guru gak???

  23. Saya pengen jadi guru, ada tidak ya yang mau rekrut saya.

    He he he, mumpung nih

  24. Salam kenal lagi pak Guru,

    Saya sedih banget nih pak ,baca akan ada penghargaan buat guru, apa mungkin saya yang ketinggalan berita.
    Kakak saya sudah mengabdikan dirinya lebih dari 25 tahun. dan sebagai tenaga pengajar di Sekolah swasta. Pernah memcoba ikut tes pegawai negri, lulus tapi tak punya uang. Bahkan ketika sekolah beliau tempat mengajar, memperoleh siswa sangat sedikit. Dia ikut berjuang untuk ikut mempromosikan dan mencari murid. Beliau memang terkenal galak dan tegas, sampai tugas BP pun dia pegang. Beliau mengajar Bahasa Indonesia. Tapi beliau juga mengajar pelajaran yang Lain. Mengajar dibeberapa sekolah, salah satu diantaranya sekolah yang membebaskan muridnya bayar atau tidak. Dan saya tahu sekali gaji yang dia terima kadang Rp. 100,Ribu kadang lebih sedikit kadang kurang . Dan saya pernah mengajar disana untuk menggantikan beliau, bertahan sampai 2 tahun. Saya tidak bisa seperti beliau, tapi saya bangga punya kakak seperti beliau. Sewaktu beliau meninggal guru dan ratusan murid maupun bekas murid berdatangan. Menangis dan ngotot ikut memandikan ( anak perempuan ) dan yang laki-laki ikut menggotong kerandanya bahkan sampai menutup kembali kuburannya. Itulah sekilas tentang beliau, semoga beliau di terima di sisiNya, Amien.
    Dan semoga guru-guru yang memang mengajar dengan ikhlas mendapatkan penghargaan ini.

  25. Nah ini yang ditunggu tunggu, saat nya paradigma guru menjadi lebih hebat daripada murit…

  26. Lama nggak jalan-jalan di blog, ketinggalan berita nih.Sibuklagi dan letih mempersiapkan un. Berita bagus, sayang baru baca.

  27. aku hampir sebulan gak ngeblog bukan karena liburan ngeblog tapi karena sibuk, padahal tiap hari laptop terkoneksi ke internet. tetapi memang ada kangen yang muncul kalo kelamaan gak blogging

  28. Berapa UMR nya aku bisa ikut ngak yah?
    Guru dapet penghargaan, suatu yang sangat membanggakan.
    ada dunia antah berantah dimana aku hidup, guru merupakan kelas yang termarginalkan…hik hikk…ayo Guru…met berkarya.

  29. Mohon maaf sebelumnya dan nuwun sewu pada pak Urip Yth.
    Diluar kontek pembicaraan, barangkali postingan ini dapat dibaca siapa saja. Terimakasi kepada siapa saja yang peduli pada masalah pendidikan generasi mendatang. Diantara tulisan tsb adalah:

    Memperhatikan soal peddidikan, konsen pemerintah kita masih terasa sangat minim. Potret ini tecermin dari beragamnya masalah pendidikan yang makin ruwet. Kwalitas siswa masih rendah, pengajar kurang profesional, bahkan aturan UU Pendidikan kacau. Lhaaโ€ฆ, padahal dampak dari pendidikan yang buruk itu, negeri kita makin kedepan makin terpuruk. Keterpurukan ini dapat juga akibat dari kecilnya rata-rata alokasi anggaran pendidikan baik di tingkat nasional, propinsi, maupun kota dan kabupaten.

  30. Jadi ingat masa lalu sebagai pengajar di lembaga pendidikan bahasa Inggris. 8 tahun mengabdi untuk kemudian harus mengundurkan diri di saat krismon tiba. Lembaga mengalami kebangkrutan dan nasib kami menjadi seperti kebanyakan buruh waktu itu. Namun seperti guru lainnya, hal yang paling menggembirakan bagi seorang guru adalah melihat anak didiknya mendapat pelajaran baru dalam hidupnya dan bisa memanfaatkannya untuk kemaslahatan hidupnya dan orang-orang di sekitarnya.

    Pak Urip, dengan segala kerendahan hati, kami mengundang Bapak dan rekan-rekan guru untuk membangun jaringan guru blogger di Jaringan Blog Indonesia. Kami akan sangat gembira bila para guru bisa memiliki ajang sosialisasi dan networking yang lebih solid di samping link building yang telah dilakukan.
    Terimakasih.

    Laugh, light n laughter
    Gaus Surahman
    Jaringan Blog Indonesia

  31. oke! walau guru itu tanpa tanda jasa, jangan sampai melunturkan semangat pengabdian, toh walau pas-pasan dan banyak utang, kan masih guru setiap bulanya ada tanda terima