Pengkopian Situs ttg Materi Pembelajaran Kimia

Sambil belajar untuk mempersiapkan tes yang semakin dekat (15 Mei nanti πŸ™‚ ) saya berusaha mengumpulkan beberapa materi pelajaran kimia yang banyak bertebaran di jagad maya. Caranya adalah dengan menyedot isi websitenya, agar sewaktu-waktu bisa dibuka kembali secara offline. Software andalan tidak lain adalah HTTrack website copier.
Beberapa website yang lumayan untuk pembelajaran biasanya saya dapat dari Wilton High School Links to Chemistry Tutorials tapi sayang akhir-akhir ini situs tersebut sedang bermasalah. Yang selama ini berhasil saya kopi adalah:

  1. #1 Website for Learning Chemistry
  2. SMILE PROGRAM CHEMISTRY INDEX
  3. Science Help Online Chemistry
  4. Home Page of R. Logan
  5. Friends School Chemistry Homepage
  6. Engines for Educators
  7. Chemistry About
  8. ACT Chemistry Notes
  9. A Level Chemistry
  10. Ask A Scientist – Chemistry Index
  11. Chapter Outlines of Chemistry
  12. Chem4Kid
  13. ChemGuide
  14. Chemical Bonding
  15. Chem-mistery
  16. ChemTeam Full
  17. CHEMTUTOR
  18. Foundation_of_Chemis web
  19. General Chemistry
  20. General Chemistry Online Frequently asked questions
  21. Home Experiments
  22. HyperPhysics
  23. Introduction to Chemistry chemweb online
  24. Structure and Bonding in Chemistry
  25. UNC Chemistry Fundamentals
  26. Virtual Textbook of Organic Chemistry
  27. Welcome to the Chemistry Tutoring Center at Towson Univ

Sementara ini saya belum sempat untuk memberikan link-nya, silahkan manfaatkan mesin google saja. Insya Allah jika berkesempatan saya akan upload hasil kopian website-website tadi (ukuran filenya rata2 di atas 10 MB).

27 responses

  1. Sip. Manteb pak guru!

  2. Kalo sayah pake teleport pro mas, lebih bagus lagi kalo di pack ke zip dan di aplot…hehehe

  3. Wah baru tahu ada pendidik seperti anda. Makasi infonya πŸ™‚

  4. Wah, salut buat pak guru yang satu ini.
    Pak urip, saya ada rencana untuk menulis materi2 pelajaran kimia di blog saya sambil saya baca2 kembali buku2 kimia saya, kasihan buku2 kimia saya nganggur, jarang saya sentuh.
    Tapi saya ndak tahu materi apa saja yang sesuai dengan kurikulum sekarang ini, terutama yang agak ringan2 gitu.

    Ada saran Pak?

  5. @ koesna aka abahapis:
    Saya sudah pernah upload silabus-kurikulum kimia untuk SMA, silahkan di unduh untuk dijadikan pedoman, semoga membawa banyak manfaat atas tulisan sampean di blog.

  6. Terima kasih Pak Urip…
    Saya langsung install HTTrack website copier…padahal baru hari kemarin saya install offline commander, sekarang pgn nyoba HTTrack juga
    TErima kasih

  7. Hasil DL nya di buat CD pak ???

  8. yang nomer 6 kayaknya ada hubungane dengan mechanical, bener gak pak urip?

  9. saya yang nggak punya basic, apa ngerti pak?

  10. kok semuanya bahasa orang sono ya, ada ndak pak yang bahasa tanah air.

    Soalnya kalau baca bahasa mereka, lama memahaminya. Maklm saya terlahir dengan bahasa jawa.

  11. ??? ??? ??? kimia, gak mudeng. but lumayan juga buat refenrensi adik yang lagi persiapan ujian akhir semester.

  12. gak mudheng 😦

  13. @venus : yo, memang bukan untuk dirimu…wakakaka

    wah..pak urip, ayo belajar buat tanggal 15!! biar bisa ke jogja cepet2…hehe

  14. kimia…pelajaran jaman sma yg bikin aku susah napas. krena susah πŸ˜€

  15. KIMIA = Kalo Ingin Maju Iya Action!

    bwahahaha πŸ˜› ngawurisme πŸ˜‰ Pak Guru emang TOP Deh!

  16. Simbah kepikiran kayak film kartun…. bagaimana menciptakan zat kimia yang bisa menghacurkan sampah..tanpa memakan tempat dan menimbulkan pulusi…jadi hemat biaya dan hemat tempat..

  17. wew keren ouey.. saya malah menghindari untuk ketemua kimia sesudah lulus sma.. πŸ˜€
    binggung ama huruf dan angka-angka yang terkandung didalamnya..
    lebih suka matematik..

    semangat pak guru.. ciayo..

  18. Haiya!

    Terima kasih, Pak.

    Kebetulan lagi nyiapin SPMB nih~

  19. informasi yang sangat menarik… tq pak guru

  20. lama gak tengok, wow pak guru makin hebat saja ya……kalau semua web icopy…wah…..nanti muridnya bingung semua pak…

  21. bingung mau komen berhubungan dengan kimia πŸ˜€

  22. Duuuh…coba dulu gw SMA ketemu bapak guru yang atu ini yak, kali ga sampe dehh dapet nilai 0.5…paling gede 2.0 he..he..he..

    Sebenernya pengeeen banget menguasai…tapi IQ gw ini jongkok banget dahh kl bwat yang atu ini…

    Maybe someday gw rada pinteran, so…pak guru, keep sharing πŸ˜€

  23. Hi boys!af4f74b1dfb706ec55f65a9b75649aab

  24. bingung cara download video dari situs You Tube. tolong donk bantu!
    Pak Guru cantik sekali

  25. […] telah saya temui dan telah saya letakkan di kolom sisi samping blog ini (Link Kimia) dan juga pada postingan sebelumnya, berikut ini beberapa link yang saya baru dapati terkait dengan materi pelajaran kimia, sangat […]

  26. perkenalkan saya teh ti sunda, mau ngajak sillaturohiim sekalian mau belajar banyak tentang kimia, kebetulan saya lagi bikin TA/skripsi tentang arang aktif dari blotong pabrik gula…….. ada yg bisa bantu saya gak ya…??? pliss… i butuh banget, ntar kirim via e-mail nuryanto_1984@yahoo.co.id, i tunggu banyak masukkan, saran, dll, dari kawan2 semua…

  27. Bisa nggak yah,… saya kopi artikel disini untuk blog saya, tentunya dengan menyebut sumbernya.

    @ns: Boleh saja pak setiawan.