Mengenalkan Blog kepada Admin ICT-Kab. (SMK) se-Kalteng

Barusan saya diminta penyelenggara pelatihan admin ICT kabupaten se-Kalteng untuk mengisi materi pengenalan blog, ini sebenarnya intermezooo saja πŸ™‚ . Waktunya sekitar 2 jam. Rupanya perlu waktu lama juga untuk megenalkan isi wordpress πŸ™‚ . Dengan durasi 2 jam itu prakteknya mulai dari register hingga pengenalan menu2 dashboard, posting, ganti tema dan widget, ganti password. Baru sempat itu saja. Jadi masih perlu waktu lagi sebenarnya, tapi karena terbatas yah apa boleh buat yang penting mereka kenal yang namanya blog itu apa. Semoga selanjutnya rekan2 itu mau lebih mengakrabi dashboard dan kemanfaatannya.

Mereka yang mengikuti ini adalah dalam rangka belajar untuk menjadi seorang admin yang harus mengelola ICT di sekolahnya untuk juga melayani sekolah2 di daerahnya masing-masing. Lumayan tiap kabupaten dapat jatah bandwidth 256 kbps melalui jardiknas. Pesertanya datang dari 7 kabupaten saja, 3 kab yang lainya berhalangan. Rekan-rekan itu cukup antusias, maklum mungkin mereka baru mengenal blog. Nah saat ini ada koneksi gratis disediakan jardiknas. Saya kira mereka kalau sudah paham akan arti pentingnya blog pasti akan getol untuk ngeblog. Kita tunggu saja perkembangannya.

Saya cukup terbantu dengan adanya blog panduan tidak resmi untuk wordpress.com. Demikian pula rekan-rekan yang mengikuti pelatihan itu, sebab saya telah kopikan seisi blog panduan wordpress.com itu. Mereka bisa membukanya secara offline, sehingga tidak lagi ketergantungan dengan bandwidth yg terbatas itu. Bagi yang memerlukan salinan panduan wordpress.com bisa didownload dari sini (file Rar 4,27MB). Ini saya tujukan untuk para pemula yang ingin memahami cara ngeblog di wordpress.com. Jangan kuatir semua link berjalan dengan baik (untuk link internalnya saja sih) meskipun dibuka tanpa koneksi internet. Silahkan klik saja file indeks-nya.

Emm selain itu diakhir acara tesebut saya perkenalkan linux Ubuntu serta bagaimana cara mendapatkan CD Ubuntu, Kubuntu dan Edubuntu secara gratis dari shipit. Dan akhirnya mereka semua jadi memesan Cd gratisan itu. Sebenarnya mereka telah saya beri CD ubuntu-kubuntu-edubuntu sisa pengiriman dari canonical yg versi 6.06 dan 6.10. Yah meskipun saya sendiri juga baru kenalan dan belum lama memakainya. Semoga dengan begitu saya bisa sedikit menyebar racun linux (terutama ubuntu) kepada mereka. Sebab tidak ada alasan untuk tidak mencoba linux lewat ubuntu kalau perlu menggunakannya. Ini barang halal dan bebas dari tindak bajak membajak hohohoho.

Ok demikian.

Iklan

20 responses

  1. Pak guru, diterjemahkan ke bahasa inggris deh. Pasti Matt dan konco-konconya bangga. Perangkat lunak mereka dipakai sebagai bahan pengajaran di sebuah propinsi di Indonesia.
    Moga-moga pak guru dapat kredit dari Automattic. He he he.

  2. Pak urip seomga berhasil menyebarkan virus blogging dan open source. Mengenai ubuntu saya juga lagi nunggu kiriman nih.. Lama juga datangnya ya?

  3. Seandainya banyak guru yang seprti bapak maka..20 tahun yang akan datang Amerika menjandi Daerah jajahan Indonesia PD Banget…

  4. Iya, dulu aku pernah aktip pembangunan ICT jakarta, Tenggarong dan Tarakan….huehuehuheuhe

    Semoga, sumbagsih kita ada gunanya ya bro.

  5. Agar tetap sesuai dengan semangat FOSS yang halalan toyyiban, untuk file bertipe RAR, ada baiknya dibuka dengan aplikasi yang tidak membajak juga, karena winRAR lisensinya berbayar, jadi bagi yang tak punya lisensinya ngga jadi halalan toyyiban dunks.. πŸ˜€

    RAR juga bisa dibuka pakai 7-Zip yang free: http://www.7-zip.org/

    thanks πŸ™‚ semangat pak urip!

  6. wah sayang saya ngak bisa hadir di seminarnya pak urip, dapet ilmu WP dan bonus Ubuntu pasti asyiiik tenan selamat pak

  7. @ bangaiptop: nunggu orang yang mau berbaik hati deh klau urusan menerjemahkan πŸ˜€
    @ Roffi : 1 bulan kalau ke daerah saya baru sampai
    @ mbah keman: saya kira sudah banyak mbah… πŸ™‚
    @ Raffaell: saya malah baru kenal dikit2 tentang ICT
    @ Galih : betul itu setuju banget (mbil malu-malu)
    @ Kangguru : itu bukan seminar cuma mengisi waktu luang lo kang.

  8. hidup pak guru!
    berarti sebentar lagi WP akan kebanjiran user dari KalTeng nih..

    btw: ubuntu-ku sudah bisa dipakai, cuma belum beres pak! masalahnya vga onboard ATi Radeon X200, di mb Asus P5RD1 kedetect tapi .. resolusi yang tersedia hanya 640×480, padahal di xorg.conf sudah lengkap resolusinya sampai 1024×768, bisa bantu pak?
    nuwun sebelumnya

  9. waow…waoow…makasih link-nya. kudonlot deh

  10. Asyik asyik. Hebat, kayaknya memang perlu beberapa kali pertemuan pak. Saya pernah mengenalkan blog untuk kalangan sejawat kami, 4 jam gak cukup. Met berjuang pak πŸ˜€

  11. hebat-hebat… kalo saya sih gak ada apa-apanya….

  12. Bravo … teruslah berbuat, sukses ya πŸ˜€

  13. Pak… Di Palangkaraya ada pengenalan Blog juga. Tapi sasarannya siswa SMA, oleh Telkom sih.

    Kemarin Shan-in masuk 2 kelas. (padahal boleh 1 saja, tapi satunya masuk diam-diam… :lol)

    Shan-in kira yang diajarkan apa… Tahunya mengenai Googlepages… (yah, nggak menarikl, pikir Shan-in)

  14. saya hanya bisa mengatakan, selamat. Bila di setiap kabuaten, atau setidaknya propinsi ada guru seperti pak urip, insyaAlah, dunia penddikan di indonesia akan maju…. tidak percaya? Tanyakan saja pada rumput yang bergoyang…

  15. sip pak guru..membuat wawasan kami lbh terbuka lg..toh bukan hanya utk guru saja kan..semuanya bs memanfaatkan..ayo balapan belajar dg para guru..

    Sebenarnya kalau mereka kurang minat juga susah sih.

  16. Alhamdulillah, bagus…
    Sebarkan ilmu dan kurangi pembajakan.

  17. selamat siang pak guru
    saya unduh tutorialnya