Kejanggalan Koneksi Kabel Reset Case CPU

Beberapa waktu yang lalu kami merakit sebuah CPU untuk komputer baru lab komputer kami. Seperti biasa semua kami beli secara terpisah, jadi kami rakit sendiri. Anehnya pada Case CPU koneksi kabel power Switch-nya tidak dapat berfungsi. Akhirnya untuk penginstallan kami menghidupkan CPU menggunakan penghubung dengan ujung pena saja sebagai ganti tombol power. Begitu setelah semua beres akhirnya kami berusaha untuk mencari mengapa sebelumnya tombol power kok tidak berfungsi. Maklum case CPU kami bukan yang bagus. Akhirnya saya iseng untuk memasang saja kabel untuk reset ke tempat colokan power switch itu.

Setelah selesai dipasang dan arus listrik dihubungkan kami pun langsung memencet tombol reset pada case CPU tadi. Dan benar komputer bisa berjalan normal. Untuk diketahui di lab komputer sekolah kami masih menggunakan windows xp sp-1 (hehehe yg ini jelas bajakan, rencananya tahun ajaran nanti kami akan migrasi ke ubuntu dengan catatan bisa memfungsikan multiset sebagai ganti betwin). Sampai langkah tadi tidak terdapat kejanggalan. Kejanggalan yang saya rasakan adalah begitu tombol reset di tekan ketika komputer sedang berjalan komputer tidak mati mendadak, tetapi justru mati secara normal bak kita telah melakukan shutdown secara normal. Biasanya jika tombol reset di tekan maka komputer akan restart tanpa basa-basih.

Ada yang bisa membantu menjelaskan kejadian tadi?

Spesifikasi CPU yang kami gunakan adalah prosesor pentium dualcore 2,8 GHz, ram 512 MB, 2 VGA (on board + tambahan), hardisk 80 GB SATA, Motherboard Merek Next (lupa serinya), Cassing Biasa. Kondisi kabel power Switch tidak berfungsi.

9 responses

  1. berarti reset itu sebenernya tombol power pak, ketuker kali labelnya 😀
    pc dengan win2k ato xp kalo ditekan powernya akan shutdown normal

  2. iya tuh.. trial eror perlu di lakukan…
    btw

    keduax

  3. itu karena setingan power managementnya ketika ditekan power button (yang koneksinya ditukar ke reset button) aksinya adalah shutdown. apa nggak sekalian casingnya dibongkar bagian power buttonnya? mungkin ada kabel yang nggak konek atau putus di tengah kabel (dicek pakai multitester).

  4. kayaknya yang menjadi masalah adalah tombol powernya…memang bila tombol power ditekan (dalam kasus ini telah ditukar dengan tombol reset) secara default windows akan shutdown dengan normal, makanya sejak dulu saya tidak pernah mematikan komputer dengan ritual [start-shutdown], cukup tekan tombol power…lebih cepat dan praktis…

  5. 🙂 ilmu baru lagi… angkut!

  6. itu mah sih kabel powernya aja gak berfungsi. bukan masalah dari motherboard dsb. komputer aku aja cuma pake 2 kabel buat powernya. kalo mao nyalain tinggal cantolin. hue hue hue ^^

  7. Boz kalo itu sih emang wajar, sebab yang jadi panutan dalam merakit cpu adalah motherboard… soal case kalo yg power di case mati sama reset bisa dituker… yg penting di motherboardnya nyolok kemana… gak hanya itu bisa juga balikin lampu hdd ma power jadi tuker…

  8. yang rakit O’on tuh

  9. Yang sy tahu Mekanik TOMBOL reset itu pada prinsipnya sama saja dengan cara kerja Tombol POWER. Sekedar untuk ON/OF aja.. (mengkoneksikan kaki + dan – pada pin2 di motherboard). Jadi kalau kabel Reset ini dihubungkan dengan pin powerswitch pada motherboard maka ia akan berfungsi seperti normalnya tombol Power bukan berfungsi sebagai tombol Reset lagi seperti yang seharusnya (Bukankah ujung kabel yang dikoneksikan di motherboarboarnya adalah ke pin Powerswitch bukan ke Pin reset?) Mengenai Tombol power yang ga berfungsi ada kemungkinan Tombol ini macet, biasanya cara kerjanya ditekan kemudian tombol akan kembali secara otomatis, nah mungkin karena pegas yang ada udah ga kuat lagi daya dorongnya mengakibatkan tombol ga bisa bergerak dengan baik. Cara mengatasinya bisa dipakai pelumas atau dibongkar dan diperbaiki ring/pegas nya. Namun ada juga tombol power yang pakai komponen tanpa pegas (ukuranya pun kecil) ini sih susah diperbaiki harus di Lem Biru (dilempar ganti baru.. 😉 ). nah itu menurut pandangans saya… semoga ada manfaatnya. Trims.