Belajar Flash dengan Mudah

SoThink…. Opo yo?! ๐Ÿ˜€

Satu lagi yang baru saya tahu, bahwa ada alternatif untuk bisa mempelajari flash dengan mudah. Salah satunya adalah dengan menggunakan Sothink SWF Quicker. Bahkan untuk mengubah file swf kita bisa langsung mengubahnya tanpa perlu konversi swf ke fla layaknya untuk macromedia flash.

Lebih lanjut lagi masih terkait dengan software itu ada software lain yang bisa digunakan untuk mengubah file flash yang sudah diubah ke bentuk exe ke bentuk fla yaitu dengan software sothink decompiler. Saya yang baru belajar ini ingin tahu apa yang terjadi dari dibalik animasi flash yang bagus2 itu. Dan saya dapat caranya yaitu dengan memanfaat software yang ada, meskipun kita hanya bisa memanfaatkan yang trial/demo saja. Berminat untuk mencoba atau ingin tahu silahkan mengunjungi websitenya dari sini.

Baru saja juga saya temui tutorial dasar flash yg menggunakan sothink SWF quicker yaitu di http://ballz.ababa.net/suryascience/sothink.html (berbahasa Indonesia-lah). Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang software tadi silahkan masuk forumnya. Di situ juga tersedia banyak tutorial yang lengkap. Bagi mereka yang sudah bangkotan dalam penguasaan animasi dengan flash tentu itu tidak begitu masalah. Tapi bagi pemula seperti saya model belajar instan sangat perlu, baru nanti belajar yang lebih “berat”. Belajar flash perlu ketelatenan, sebab sering frustasi kalau memang niat kurang kuat.

Jadi kalau dulu saya tanya kepada instruktur saat belajar flash MX apakah mungkin file exe atau swf itu kita ubah-ubah atau dimodifikasi, mereka jawab tidak mungkin, maka dengan software2 tadi semua menjadi mungkin. Apakah para instruktur itu belum tahu yah? Dan saat ini saya sedang mencoba untuk membahasa indonesiakan beberapa anamasi untuk pelajaran kimia untuk saya pakai sendiri. Yah baru dalam tahap itu bisanya. Kalau sudah bisa baru bikin media pembelajaran berbasis flash atau web sendiri dari nol.
Oh yah di linux kalau mau bikin/belajar flash pakai software apa yah?

Powered by ScribeFire.

31 responses

  1. PERTAMAX!!!!

    Mungkin bisa coba Flash4Linux pak urip. Tapi belum pernah nyoba juga. URL-nya di: http://f4l.sourceforge.net/

  2. Sothink SWF Quicker memang sip pak, gak perlu bikin animasi karena udah tersedia pilihan animasi teks, images dan shape, asyik.
    Sedangkan Sothink SWF decompiler bisa langsung integrasi di browser (IE) untuk menangkap flash sekaligus konversi.
    File exe tetap bisa ke swf atau fla, kalaupun ada locking password, tetap bisa dibongkar, hehehe.
    Monggo dikembangkan terus flashnya ๐Ÿ™‚

  3. bakalan flashmania nih… meski kadang kalau “kepepet” waktu dan lain-lain Powerpoint masih tetep jadi pilihan

  4. Mas urip, bagus nh blognya..
    http://www.educationt.blogspot.com/
    makasih atas evaluasi blognya..

  5. pengen bikin flash dilinux tapi sepertinya blom begitu fleksibel, sekarang sie msh pake macromedia flash mx dengan bantuan wine. ๐Ÿ™‚

  6. makasih kang infonya. saya mo belajar flash lagi aaaaaaaaaah.

  7. mauliate, terimakasih, arigato gazaimasu, thank you, atas infonya, saya juga mau belajar…ada nggak petunjuknya ?

  8. yep yep namanya SoThink SWF Decompiler. Balikin file swf jadi .fla, jadi bisa dipelajarin lagi action scriptnya.. keren tuh buat yang mau belajar dari yang expert ^ ^

  9. ketinggalan…. >.> jadi ngespam 2 kali deh >..>

  10. Cuma mau ikutan rame rame aja kali ada manfaatnya ya…

  11. mending belajar step by step dari awal Bos. Pake SWISH kalau mau gampang, tapi tetap lebih ebat Flash (apalagi yang 8, sip).

  12. tapi mas nggak ada petunjuknya!

  13. Pak, mohon petunjuk.. saya ko ga bisa tuh udah coba convert exe jadi swe ato fla pake Sothink SWF decompiler. gmana yah? saya coba confert majalah digital, karna pengen belajar page flip. mohon kalo ada yang tahu ato punya source file Page Flip yang bagus…soalnya kalo beli mahal harganya… makasih banyak. Plis imel saya di gnugazer@gmail.com… Hatur Nuhun.

  14. THANKS pak.. smoga tuhan membalas kebaikannya. salam kenal dari saya ๐Ÿ™‚

  15. Wah, blognya bagus nih. O, anda nulis pake ScribeFire yang ada di Mozzila Firefox ya…

  16. ada yang punya tutorial atau template untuk movie atomic

  17. eh ma,mbak saya mau tanya kalo supaya hasilnya bisa
    full screen gimana??
    mohon bantuannya……
    tolong kirimkan ke e-mail
    riki_nani@yahoo.co.id

  18. wuaaaaaaaa makasih info-nya kebetulan saya sedang belajar Flash untung ketemu artikel dari mas ini..

    Klo mau belajar flash link yg bisa ngasih byk tutorial dimana ya mas???

    makasih

  19. mohon info klo mo belajar flash dan butuh tutor di jogja, ada yg bisa bantuk gak ya?

  20. Tollloooooooooooooooooooooooooonggg dunk………
    ada yang tahu gak crack or serial numbernya sothink swf decompiler v. 4.1 plzzzzzzzzzzzzzzz or imel ya di rendhez@rendhezdesign.co.cc matursuwun sebelumnya

  21. klo pengen yg ngga pake crack bisa coba sothink swf decompiler v.4.0
    yang portable
    tinggal ketik “sothink portable” di http://www.4shared.com
    silakan coba

  22. Saya lagi belajar flash mx 2004, saya mau tanya nih lagi bingung,
    Bagaimana caranya untuk melink menu dilink kemenu misalnya home dilink ke kontak,ke produk,ke testimonal dll.?
    Tolong jawab ya?

  23. Saya lagi belajar flash mx 2004, saya mau tanya nih lagi bingung,
    Bagaimana caranya untuk melink menu dilink kemenu misalnya home dilink ke kontak,ke produk,ke testimonal dll.?
    Tolong jawab ya? kirim ke hermanbrewok@gmail.com

    Terimakasih sebelumnya Ya

  24. wah makasih bgt buat info nya…..
    keep contact trus y bang….

  25. mas bikin tutorial yang skalian praktek dong

  26. bagaimana cara membuat upload button dan submit button menggunakan flash mx 2004?
    dan bagaimana cara kalao qta membuat searxh engine dengan flash mx 2004
    tlng di blz secepat”y ke email w.ok

  27. saya ingin membuat profil daerah kabupaten tapi dalam bentuk flash, bisa ga ya, tolong saranya (bisa langsung ke email saya babolat_aja@yahoo.com), sebelumnya makasih atas bantuannya

  28. assalamu’alaikum

    mas belajar flash mudah nda sih??
    kalo boleh kriimkan cara=-caranya ke saya dong?
    lewat emailku?

    makasih

  29. ada yang lebih mudah lagi gak

  30. tolong ajari cara membuat kartun