Mengedit Animasi Untuk Pembelajaran

Boleh atau Tidak Boleh sih?!

Hemmm terus terang saya tidak bisa membaut animasi flash dengan baik, meskipun yah masih terus belajar. Untuk pelajaran kimia dan juga pelajaran lain di internet telah ada dan sudah memadai berbagai animasi flash yang bisa membantu memberikan pemahaman siswa. Sayang semuanya kalau digunakan begitu saja akan menjadi kurang komunikatif (lagi-lagi terkendala bahasa nih). Akhirnya saya putuskan untuk membuat sedikit modifikasi terhadap animasi-animasi itu yang akan saya gunakan untuk kepentingan pengajaran kimia di kelas saya.

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya bahwa animasi flash itu bisa dimodifikasi dalam hal ini saya lakukan untuk pembahasaannya saja. Tentu saya tidak akan menyembuyikan asal animasi itu, ini kode etik jurnalistik e… bukan dink 😀 . Terlepas boleh atau tidak boleh, itu sudah mulai saya lakukan…. dalihnya untuk dipakai kalangan sendiri ( halaaaah). Yah memanfaatkan yang sudah ada dulu, sebab mau bikin sendiri jelas belum bisa, masih perlu waktu lama untuk bisa, sementara itu sangat mendesak untuk digunakan.

Jadi hukum-nya ( halaaah sok tahu hukum nih) boleh atau tidak boleh kalau digunakan sendiri, meskipun tanpa seijin sang pembuat? Emmm entah-lah!!! Tapi kalau dilihat dari segi kemanfaatannya tidak sedikitpun merugi si pembuatnya. Toh semua animasi yang saya dapatkan itu saya dapatkan di internet yang siapa saja boleh mengunduh-nya dan menggunakannya. Bukan begitu?!

Bagaimana pendapat sodara-sodari sekalian….. 🙂

13 responses

  1. yup… asal tidak dipakai yang aslinya (yang belum diacak-acak) rasanya sah-sah saja…
    kalau mau pakai yang asli terus didistribusikan, nah exif-nya gak boleh dihapus… tapi kalau sudah diedit kembali sih gak masalah…
    itu menurut saya… ‘gak tau menurut temen2… soalnya kalau karya kita dipakai orang lain secara sembarangan kan pasti kesel atau marah, tapi kalau karya kita dipakai sebagai bahan kajian kan bangga juga…

  2. kalo menurut sayah (yang tidak terlalu paham hukum) sih boleh-boleh saja … seperti copyleft lah =). Tapi mungkin akan sangat baik kalau setidaknya memberi tahu (not necessarily meminta ijin) si pemilik ‘barang’… atau, menuliskan sumber?

  3. kalau menurut saya sih, selama dipakai di kalangan sendiri ya gak pa-pa…

  4. Betuuuuuuuuuuuuul, setiap yang ada di internet hukumny halal untuk di gunakan..kalau gak boleh ya jangan di perlihatkan di internet he he.

  5. halal nggak ya? tapi kalau untuk pendidikan boleh kali ya.. asal tidak dikomersilkan..
    btw : mempermasalahkan hal seperti ini “penting” lho untuk pendidikan juga, termasuk didalamnya kan mengenai menghargai hak cipta atas kekayaan intelektual..
    yang sudah “umum” bukan berarti “benar” .. iya ndak tho..?? 🙂

  6. gambar animasinya kk gk ada

  7. yang pentik asyik

  8. animasi untuk pembelajaran? kan sudah banyak dikembangkan jadi CD tutorial dan banyak dijumpai di rental CD.

  9. halo Pak, pake apa edit animasinya ? oh ya, dapat dari mana source animasinya sehingga bisa diedit2x ? kalau ada sourcenya (kalau bukan nyuri), pasti boleh di utak atik, kan gitu, betul tidak ? =)

  10. Saya kelihatannya kok mulai suka ya

  11. masalah boleh atawa tidak itu ga jadi soal, yang penting para penggunanya menggunakan dengan benar dan tujuannya baik. di dunia maya seperti ini apa kita bisa percaya 100 % dengan relasi2 kita? Toh kalau kita main nge-chatt banyak bo’ongnya. Yang ngga pernah bo’ong pasti yang nge-cet pintu, nge-cet rumah. Itu sih menurut pendapatku. OK?

  12. Mengeditnya pakai Macromedia Flash bajakan ? gimana ? Apakah tidak seperti mengajarkan siswa mencuri ? hehe… peace 🙂

  13. kalo menurut saya sih kalo ngerti mgeditnya ya ngak apa-apa////
    hi..hi..hi..