Website Sertifikasi Guru

Sekedar memberi tahu saja untuk rekan guru senusantara (khusus yang belum tahu saja ๐Ÿ™‚ ), bahwa saat ini ternyata sudah ada website sertifikasi guru dengan url http://www.sertifikasiguru.org . Sayangnya website tersebut belum tergarap dengan baik. Semoga kedepan di situ kita bisa mendapatkan informasi terkait sertifikasi guru.

Meskipun saya agak pesimis tentang sertifikasi ini, namun sayang kalau hal yang sangat penting itu kita tidak mau ambil perduli. Setidaknya dari web tersebut lewat forum yang telah disediakan kita, para guru se indonesia bisa menjadikannya ajang untuk saling berbagai pengetahuan, informasi untuk kepentingan profesi kita.

Di situ kita bisa melihat peluang atau quota untuk masing-masing kabupaten/kota untuk tahun tertentu. Jadi kitapun bisa memberikan kontrol terhadap kebijakan yang dibuat oleh dinas pendidikan di masing-masing wilayah kita.

Yah memang masih baru maka kalau kita turut aktif maka tidak lama pasti akan mendapat pehatian dari pihak pengelola-nya (Direktorat Profesi Pendidik, Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan).

Ok ditunggu untuk aktif di forum-nya ๐Ÿ˜€

42 responses

  1. wah pertamax nih… ๐Ÿ™‚
    sudah ada tho..? baguslah jadinya bisa lihat-lihat kayak apa tho program yang terdengar begitu “menjanjikan” tersebut, meskipun kadang info di web sering nggak up to date juga: lho kok? padahal internet-kan andalan untuk mendapatkan informasi yang cepat 24 jam! … ???

  2. Pak Urip, apa kabarnya ?
    Wah, jd mahasiswa lagi ya ? selamat ๐Ÿ˜€

    Ttg web sertifikasi guru, saran u yg mau memanfaatkannya agar mencopy data2 nya tdk sekedar ngelink, krn suatu saat link bisa hilang. Saya berpengalaman buruk dg web diknas dan depag. Bebrp data penting yg terkait dg penelitian saya tak bisa ditunduh lagi ke link semula.

  3. Yang penting adalah realisasi, bukan sekedar retorika belaka. Meskipun payung hukum yuridis-formal sudah ada, tetapi selama pemerintah tidak punya political will untuk melaksanakannhya alias ndableg, ya percuma saja para guru berharap ini itu tentang sertifikasi. Mimpi kali ye …
    Ayo kita demo rame-rame pemerintah SBY-JK yang semasa kampanye mengiming-imingi kita dengan janji 20% untuk pendidikan, tetapi nyatanya, cuma omong doang alias tidak ditepati.
    Bagaimana hukumnya seseorang_apalagi pemimpin bangsa_ mengingkari janjinya?
    Neraka tempatnya, bukan? Bukan! Lho?!

  4. Sebenarnya sungguh bagus sertifikasi guru, tapi denger-denger, penilainya adalah pengawasnya sendiri. Jadi kasus sertifikasi ini nantinya akan sama saja dengan kenaikan pangkat guru IV b ke atas, yaitu guru yang aktif untuk menjadi pintar (bikin tulisan ilmiah sendiri)malah dipersulit oleh PS. Sementara guru yang ambil jalan pintas bayar sekian rupiah ke pejabat, semuanya mudah, nggak usah bikin syaratnya, tiba-tiba simsalabim semua sudah beres. Kapan to Mas sampean jadi pejabat? tak dongakno muga-muga sampean dadi penggede. Ning, ojo lali idealis sampean yoooooo!

  5. apa tanggapan mas urip tentang pelaksanaan sertifikasi guru 2007 ???? (mampir lagi ya, di blogku)

  6. Syukurlah kalau memang sudah ada, tentunya akan mendongkrak semangat kerja para guru. Lalu bagaimana dengan standardisasi yang menurut RPP Guru dan Dosen adalah juga
    beban Pemerintah baik Pusat maupun Daerah. Oh ya RPP itu udah disyahkan menjadi PP?

  7. Sertifikasi guru sangat baik dan angin segar buat profesi guru yang selama ini termarginalkan. Tapi sayang pelaksanaannya mereduksi kharisma (niat baik) sertifikasi, karena landasannya bukan kualitas guru ybs., sungguh sangat menyedihkan . . .. .Thank banget.

  8. ALhamdulillah, kao memang dah ada webnya. Minimal tahu lah, karena walaupun dah terdaftar saya masih pesimis kapan saya kegiliran. Bahkan yang telah mengumpulkan portofolio pun belum tahu kapan implikasi sertifikasi guru ini akan sampai ke guru.
    Hidup terus sertifikasi guru, jangan pernah mati, bahkan mundur sekalipun. Kau harapanku, kau idamanmu dan impianku yang ‘teuing” iraha datang
    Asef Aman Cinangka Serang

  9. untuk pengumun hasil sertifikasi dari unnes kok lama sekali nunggu apa kiranya? apa nunggu didatangi peserta hingga terjadi tawar menawar agar saya lulus berapa gitu. saya nunggu sampai bosan sedang dari perguruan tinggi dan rayon lain sudah pada tampil di internet.

  10. belum siap untuk menyertifikat para guru, kan ongkosnya wal,
    sampai hari ini Unpar sebagai salah satu tempat asesor ngendon untuk ngasi sertifikat guru di kalteng ja belum dapat bayaran … kalo nggak salah dari satu-dua anggota tim kebetulan ipar asesor cuma-cuma dibayar 150.000/berkas – itupun cuma dapat 2 sampai 3 dulu.
    Prinsif menilai para asesor pun beragam belum ada kesamaan persepsi jadi masih nungguuuu kacang ijo-ijo dari Dikti lagi atau Dirjen PMPTK

  11. sertifikasi jangan sampai menjadi “Proses Pengumpulan Sertifikat”. Itu mengotori kehormatan dan profesionalisme guru sendiri. Yang terjadi bukan guru yang menikmati program ini, tapi …..yang memegang proyek.Jauh panggang dari pada api kalau begitu.

  12. Sertifikasi guru merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan bagi guru yang memang benar-benar memiliki dedikasi yang tinggi. biarpun saya sendiri belum masuk kedalam kategori calon peserta sertifikasi guru,karena terganjal ijazah, harus S1. padahal saya belum menyelesaikan gelar kesarjanaanku. tapi saya sendiri sadar belum ketinggalan jika saya mempersiapkan portofolio sejak dini agar kelak ketika gelar kesarjanaanku sudah didapat, portofolioku sudah memenuhi standart kelulusan yaitu 850 point.

  13. Sertifikasi guru merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan bagi guru yang memang benar-benar memiliki dedikasi yang tinggi. biarpun saya sendiri belum masuk kedalam kategori calon peserta sertifikasi guru,karena terganjal ijazah, harus S1. padahal saya belum menyelesaikan gelar kesarjanaanku. tapi saya sendiri sadar belum ketinggalan jika saya mempersiapkan portofolio sejak dini agar kelak ketika gelar kesarjanaanku sudah didapat, portofolioku sudah memenuhi standart kelulusan yaitu 850 point.salam buat temen2 guru SMK MA’ARIF NU 02 ROWOSARI KENDAL. semoga guru smk dapat lulus sertifikasi semua amiiiiiiiiiiiiiiiiiin. Ryan_smknu02_rws@yahoo.com

  14. pak,mohon luluskan saya di sertifikasi guru 2007. saya guru SD Sumberkedawung 3 kab Probolinggo

  15. Guru itu ibarat petani yang setiap hari belepotan lumpur, kepanasan, kurang gizi, kurang wawasan, tidak diberi fasilitas, kurang kesejahteraan eh, giliran panen yang untung malah para tengkulak, dan para pejabat Bulog dan dirjen dan dinas pertaniannya. Sama persis seperti guru, coba anda jalan-jalan ke Direktorat Pendidikan yang sejahtera adalah mereka. Guru mah sangat ketahuan dari penampilannya saja yaitu sederhana dan jalan kaki. Tapi kalau pegawai Direktorat Pendidikan pejabat KASI saja Golongan III a mobilnya Toyota Camri, Sedangkan guru Gol IV a paling banter kendaraannya BMW (Bebek Merah Warnanya) itupun boleh kredit. Kasian deh LO para GURU.

  16. Guru itu ibarat petani yang setiap hari belepotan lumpur, kepanasan, kurang gizi, kurang wawasan, tidak diberi fasilitas, kurang kesejahteraan eh, giliran panen yang untung malah para tengkulak, dan para pejabat Bulog dan dirjen dan dinas pertaniannya. Sama persis seperti guru, coba anda jalan-jalan ke Direktorat Pendidikan yang sejahtera adalah mereka. Guru mah sangat ketahuan dari penampilannya saja yaitu sederhana dan jalan kaki. Tapi kalau pegawai Direktorat Pendidikan pejabat KASI saja Golongan III a mobilnya Toyota Camri, Sedangkan guru Gol IV a paling banter kendaraannya BMW (Bebek Merah Warnanya) itupun boleh kredit. Biar kata LULUS Sertifikasi Gaji guru mah masih jauh 1/10 nya kali dari gaji Kasubag Dirjen Depdiknas Kasian deh LO para GURU……. Gua mah kagak mau jadi guru amit-amit deh 7 turunan.

  17. yah mamemang beginilah nasib guru. Sudah ikut portofolio , tau lulus tahu tidak. Diminta ikut Diklat, dan sampai tanggal 14 Januari 2008, belum ketahuan nasbnya. Cape deh.

  18. eh akhirnya bener juga, temanku udah dapat tunjangan 2x gaji pokok

  19. Ngomongin Sertifikasi orang cenderung MEMELOTOTIN kesejahteraan alias uang. Lha bagaimana dengan NASIB KUALITAS Pendidikan Nasional kita? Memang sih sejak jaman purba nasib guru paling kasihan. Dah melarat, banyak pagar yang gak boleh dilanggar, harus terlihat perfect di depan siapa saja, e…. giliran tanggal muda… HANYA CUKUP MAKAN SEMINGGU!!!
    Makanya, kalau buat program seperti ini UTAMAKAN DULU KUALITASNYA,jangan hanya nonjolin banyaknya sertifikat, tapi gak datang waktu acara alias NITIP, pasti dech pada akhirnya hasil materi yang dia dapat di kemudian hari akan sebanding dengan KUALITAS INSAN yang dicetaknya. Murid2nya kan bisa mikirin kalau dah jadi pejabat!!!
    Gitu dech…

  20. Woro-woro…. Woro-woro…..
    Pengumuman……… Attention……… I’laan…….
    …………………………………………….
    SIAPA SAJA DIMANA SAJA….
    HADIR DAN IKUTI LALU PAHAMI ILMUNYA…
    Ada “SEMINAR NASIONAL SERTIFIKASI GURU&DOSEN” dengan Tema: “Problematika Seputar Sertifikasi Guru & Dosen dan Solusinya”.
    MINGGU 17 Pebruari 2008. Jam 07.00- selesai,
    Auditorium KPN ADIL – Jl. Raya Jepara – Kudus Km.15 Pecangaan-JEPARA
    Nara Sumber: Kasubid Ketenagaan dan Kesiswaan Kantor Pusat Departemen Agama, dan Tim ASESOR LPTK dari UNNES dan IAIN Walisongo Semarang.
    Kontribusi: Rp. 60.000 (Enam Puluh Ribu Rupiah)
    Syarat2: Nama Lengkap beserta Gelar (kalau ada gelar), NIP (Kalau punya), Tempat Tanggal lahir, Unit Kerja (sekolah), Foto diri uk.3X4 sebanyak 2 lembar.
    Mau ikut??? Hubungi: Uswatun Hasanah, S.Ag: 081 7 456 454 dan Midhan Anis: 081 7054 3039.
    Pendaftaran Paling lambat: SENIN 11 PEBRUARI 2008.
    CEPETAN… TEMPAT TERBATAS… Fasilitas ok buanget dech…
    Penyelenggara:
    Kerjasama antara:
    LEMBAGA PEMBERDAYAAN SOSIAL (LEPAS) JEPARA
    dan MADRASAH DEVELOPMENT CENTRE (MDC) JATENG.

  21. Siapa bilang jadi guru ngak sejahtera.
    Memang kalo diliat sebelah mata, guru seperti yg digambarkan “Mr. Bocoran”, tapi harus diingat bahwa tidak ada pekerjaan yang paling MULIA didunia ini kecuali Mengajar, Mendidik, dan Membimbing anak didik.

    Bagi seorang guru yang memiliki jiwa pendidik, maka prioritas utamanya adalah mengajar dengan sebaik-baiknya, adapun masalah “dapur ngebul” atawa “bensin BMW” bukan menjadi target utama.

    Mengapa demikian? karena kebahagiaan batin dan kebanggaan seorang Guru, tatkala melihat anak didiknya menjadi orang yang berhasil.

    Terkait dengan sertifikasi guru, kita ambil positifnya. Pemerintah memiliki niat baik di dalam meningkatkan kualitas pendidikan kita di Indonesia ini. Hal ini menjadi “trigger” bagi guru-guru untuk mengejar sertifikasi melalui berbagai prosedur yg harus dilalui.

    Mudah2an semua niat baik dari guru, pemerintah dan seluruh stakeholder di dunia pendidikan menjadi harapan cerah bagi anak didik kita, dan mereka berkata : “Terima kasih, Guruku…”

  22. Halo…teman2 guru,
    aku punya sesuatu yang barangkali anda membutuhkan
    Bagi anda temen2 guru yang kebetulan dapat tugas jadi wakasekur kurikulum/tukang membuat jadwal KBM. Saya punya PROGRAM MEMBUAT JADWAL KBM DI SEKOLAH, dilengkapi cara penggunaannya. Hanya dengan Program Excel.
    Yang berminat hubungi: Sadono, M.Pd. Guru SMA Muh. 1 Yogyakarta. d/a Ratmakan GM I/623 YOgya.
    telp. 081328004667/ email: donmatmuhi2003@yahoo.com
    Cukup mengganti biaya mikir Rp. 100.000 + ongkos kirim
    Program akan kirim lewat email atau CD
    Selamat berkarya

    Sadono

  23. Saya,setuju-setuju saja kalau ada yang berpendapat, jangan pikirkan kesejahteraan kita,jangan pikirkan apa yang akan dimakan esok pagi, lebih-lebih jangan berangan-angan untuk beli BMW,Avanza. Tapi pikirkan saja bagaimana anak bangsa ini jadi cerdas. Sebab bukankah kita cukup puas, bangga,bahagia dan enta apa lagi kalau murid kita berhasil jadi orang sementara gurunya penampilan tetap tidak seperti orang. sekali lagi saya setuju asalkan kita jangan mendustai hati kita, asal kita jangan mendua, lain di luar lain di dalam. “tunjuak luruih kalingkiang bakaik”. apalagi sekedar “angkat telur” sekali lagi saya mendukung pendapat itu, sebab saya tidak enak juga, bila saya dikatakan oleh banyak orang, bahwa saya orang yang kehilangan idealis, orang yang yang lebih banyak pertimbangan materilnya dari morilnya. ke-berpihakan saya terhadap pendapat itu, karena saya mempertimbangkan apa kata orang terhadap saya.
    Akan tetapi bila saya mendengar hati kecil saya (tentu tanpa kehilangan idealis), sekali lagi hati saya, serta melihat akan kenyataan hari ini bukan masa lalu. (nostalgia seorang guru masa lalu)saya tak peduli orang mau bilang apa dengan saya, saya menyatakan perang terhadap pendapat di atas. Saya menyadari saya telah banyak dosa dalam hidup ini, saya tak mau lagi menambah dosa saya dengan berbuat munafik. mengatakan apa yang tidak sesuai dengan bisikan nurani saya. terus terang dalam bekerja, dalam mengajar, mendidik dan melatih anak-anak saya di sekolah. saya butuh duit, sekali lagi duit, saya butuh perhatian atasan saya. bagaimana saya bisa konsentrasi mengajar, sementara saya memikirkan dari mana saya memperoleh uang agar dapur istri saya tetap berasap, anak saya bisa beli buku untuk sekolahnya, serta bagaimana saya bisa dapat untuk on line di internet agak satu dua jam seminggu, guna melihat dunia orang? Ah kalau bisa saya berdoa ke pada Allah janganlah nasib Umar Bakri sama dengan nasib saya. terus terang yang saya butuhkan dalam hidup ini, bukan kemewahan, tapi hanya bagaimana bisa hidup normal / layak walau normal itu sifatnya relatif juga.

    wassalam dari saya
    DRS.ALFAHRI,M.Pd
    GURU SMA NEGERI 1 LINTAU BUO
    fahrii123@yahoo.com

  24. SErtifikasi Tai Kucing Aku Gak lolos Boel…

  25. kalau memang betul tunjang profesional guru akan dibayarkan kalau bisa jangan daerah yang akan membayar, pengalaman kami tunjangan lauk pauk yang menjadi keputusan pemerintah pusat yang pembayarannya diserahkan ke daerah samapai saat ini didaerah kami sudah satu tahun tidak dibayarkan, kalau tunjangan profesi daerah yang akan membayar saya kuatir akan mengalami nasib yang sama dengan tunjangan lauk pauk
    trima kasih atas dimuatnya surat ini

  26. Saya sudah lulus sertifikas awalnya saya tidak berminat untuk mengikuti tapi karena dorongan kepsek dan kluarga saya coba eh.. ternyata lulus, bahkan sudah pernah menerima tunjangan sebanyak 3 x gaji pokok melalui rekening bank pada bulan januari 2008.Mudah mudahan apa yang menjadi ke khawatiran bapak /ibu mendapat jawaban sesuai dengan harapan kita semua . Selamat berjuang selamat melaksanakan tugas mulia kita ini, Nasib kita masih lebih baik dari pada saudara kita yang hari ini masih bekerja untuk makan besok pagi .Marilah kita syukuri apa yang telah kita dapatkan.Semoga yang di atas kita mendengarkan keluhan kita para guru.Terima kasih.

  27. situs resmi yg ada kurang informasinya, juga kita harus mendorong asesor yg lambat kerjanya, tahun 2007 saja ada yg belum tuntas.

  28. Ujian nasional hanya melahirkan siswa-siswi yang unggul kualitas kognitifnya saja, karena sistem evaluasi yang berlangsung sekarang tidak komprehensif. Karenanya, mari kita ramai-ramai ke depdiknas dan depag agar bisa mengubah cara ujian nasional yang benar-benar mengukur kualitas manusia Indonesia yang ilmunya tinggi (kognitif), sikapnya mulia (afektif) dan amalnya baik (psikomotor).

  29. blt mau dibayar, kapan tunjangan sertifikasi tahun 2007 dibayarkan?

  30. upi bandung mah sampai sekarang sertifikasi 2007 teh belum dibagi sertifikatnya, kenapa yah?

  31. saya guru di SD di Kab.Probolinggo mau tanya bagaimana info kelanjutan nasib guru yang lolos diklat sertifikasi 2006 tahap I di malang, mohon dijelaskan pak….mohon….mohon…
    atas balasan bapak… saya mengucapkan Semoga bapak mendapatkan keberkahan dari Allah.

  32. apa artinya diklat sertifikasi? heran, semua syarat dah diberesin.. tapi ko tunjangan belum keluar. ok. TUAN 2, KAMI MINTA TENDANGAN AJA.

  33. Berita paling menyebalkan bagi saya adalah tentang SERTIFIKASI GURU . Betapa tidak , sudah lulus sudah diwisuda segala , eh masih juga suruh nglengkapi ini itu ke dinas P dan K dengan waktu yang mepet pula … buat apa sih kalo disuruh nyusun itu2 saja … padahal kemaren udah. Kalo niatnya mau ngasih tunjangan mbok sudah sana segera dicairkan jangan terkesan berte;e- tele dan nyusah2in melulu … Kayak ngga ada kerjaan laen saja … lagian petugasnya tuh .. data yang kemaren dikemanain ? huh….
    awalnya sih berita sertifikasi menyejukkan tapi akhirnya jadi BASI … nyebelin , ngrepotin dan ngerecokin melulu … tapi tauk ya kalo bener2 dah cair kali beda ? yah wait & see sajalah …. buat teman2 guru lainnya, cuekin sajalah sertifikasi yang penting mengajar disiplin meningkatkan mutu peserta didik agar mereka sukses… itu sajalah …. okey ?

  34. Jangankan tunjangan sertifikasi guru yg nilainya jutaan di Kab. Probolinggo tunjangan guru yg 100rb saja belum dibayar selama 21 bulan!!
    Padahal Pemerintah Pusat sudah mencairkan sejak Desember 2007

  35. Surat edaran Menkeu; gaji oktober diterimakan 26 september 2008 sedangkan surat edaran Ka Dinas Pendidikan Kab. Probolinggo: Gaji Oktober dibayar 6 Oktober 2008.
    Mengapa???? Ingat ‘bayarlah upah buruhmu sebelum keringatnya kering’ ingat itu

  36. aha……negeri ini akan penuh dengan manusia yang hidup dalam angan-angan dan mudah mengumbar janji tanpa bisa menepati……tahu mengapa……???? karena mereka dididik oleh guru yang biasa diberi angan-angan besar……mereka diasuh oleh guru yang sudah muak dengan janji-janji tanpa ada kenyataan……sebelllll……
    sayang negeri yang sebesar ini kalo nantinya jadi negeri dalam impian…….

  37. Saya Guru di lingk. Depag Kab. Garut. Kenapa pengumuman hasil sertifikasi guru Depag yang diperiksa di UPI Bandung, belum juga ada! padahal, kalau melihat jadwal, pengumuman akan dilakukan akhir Oktober 2008. tp sampai saat ini belum diumumkan juga. Dan juga teman saya yang ada di lingk. Dinas pend. sudah diumumkan kelulusannya. Kenapa nya?

  38. ass….minta anggota tim sukses sertifikasi guru sd…

  39. ADA EDARAN DINAS PENDIDIKAN KAB.PROBOLINGGO NO.840/086/426.101.2009 TTG PEMBERKASAN SERTIFIKASI GURU YG MEMBINGUNGKAN

  40. DINAS PENDIDIKAN KAB.PROBOLINGGO TERLALU LAMBAT MENANGANI PEMBERKASAN SERTIFIKASI YG PLPG,PADAHAL DAERAH LAIN SDH TUNTAS