Hati-hati Virus Bluefantasy Mengganas

Sekedar info bagi belum tahu dan masih bebas virus ini. Sore kemarin komputer lab komputer sekolah kami baru terserang virus yang berisi ungkapan kekecewan karena putus cinta. Virus ini menyerang operating system windows. Serangannya adalah mengubah semua folder yang berada di luar drive C (Ini sebatas yang saya amati secara kasat mata). Semua folder ukurannya berubah menjadi 58 kb. Setelah dilakukan pemformatan operating sistem dan dilakukan penginstallan ulang pada drive C, virus pada drive yg lain tersebut tidak segera minggat. Rupanya dia telah melakukan penggandaan diri pada setiap folder juga. Folderpun ukurannya tetap saja. Isi folder sepertinya tetap eksis dan masih tetap dapat dibuka. Sepertinya serangan ini dimulai saat komputer terhubung melalui USB flash Disk yang sudah terserang sebelumnya. Beberapa antivirus( PCMAV, AVG, NOD32, Kapersky) pun lumpuh total. Untuk yang lain belum tahu.

Jadi untuk amannya jangan lakukan koneksi dengan UFD dulu sampai didapat pemusnah virus tersebut.

Sementara untuk Linux (yang saya gunakan Ubuntu 7.04) sepertinya masih tetap aman. Maka jika hal ini benar maka rencana untuk me-linux-kan semua komputer di lab kami akan terealisasi demi keamanan.

35 responses

  1. Wadauw, makin ngeri aja nih virus-virus. Pindah linux aja kali ya ?

  2. heheheh kemaren notebook saya kena akhirnya diputuskan pake single os … Ubuntu Feisty Fawn tentu

  3. idup pirus……

    tu yang bikin pirus ternyata masih cemen, saya tantang kalo bisa hayo, mbuat pirus yang nyerang linuk, terutama linuk kubuntu.

    idup linuk, idup pembuat pirus buat windos

  4. Komputer di sekolahku biasanya selalu up2date firusnya, tapi yang satu ini kayaknya belum. Kalo gitu sementara ini ngga usah bawa2 flesdis dulu.

  5. selama windows masih sebeken sekarang maka selama itu pula banyak virus menyerang windows…
    sama kayak artis, makin beken tuh artis maka gosip akan semakin santer…;)

  6. Makasih warning-nya pak. 🙂

  7. Bluefantasy… namanya aja dah bikin bergidik

  8. lah.. ketiwasan.. ketiwasan… kayak nya saya terkena nih.. btw kenapa nama nya enggak blue film aja ya??

  9. seoga dengn bikin komentar disini, komputer say tidak terkena virus. He he he he

  10. apaan tuh virus bluefantasy…..???semakan makanan ya..?

  11. pake mcafee terbaru terdetect koq.. yang susah itu adalah virus selingkuh yang benar2 tidak bisa mengembalikan file doc/xls menjadi semula karena diubah filenya jadi extention 1rm.

  12. Makasih ya, jadi tahu lebih banyak tentng virus komputer.

  13. apapun-virus-destroyer

    semuanya musnah….. ada caranya bro.

  14. virus..???
    wadoeh makin ganas ajah..
    fiuhh.

  15. wah untung saya pakai Macs…

  16. makasih pa infonya. ntar saya pindahin dulu datanya.

  17. saya juga santai aja…la wong semuanya bisa di atasi….asal kita proteksinya…

  18. saya juga santai aja…la wong semuanya bisa di atasi….asal kita tahu protektornya…makasih ya pak urip infonya.

  19. Makasih infonya pak Guru.

  20. bari berdoa agar pembuat virus itu agar tenang di sisi-Nya…

  21. kalau doble os, agar aman kalau flesdis-an lewat linux saja.. terus yang 58kb-an dihapusssss….

  22. Komputer di tempat saya pernah kena tuh virus, waktu ngilanginya pake PCMAV-SE.

  23. Owy, skedar bagi2 pengalaman aja nih.
    Klo virusnya mulai waktu UFD dipasang.
    Solusinya, kita matiin aja fungsi autorunnya.
    kan otomatis virusnya ga langsung dieksekusi, jadi bisa dibersihin lebih dulu.
    Ok bro,,,,
    Pake program ada koq.
    Tapi sory nih lupa,,,he3x….

  24. kemaren dan hari ini seeting IP di sekolah saya hilang n ga bisa connect sebagian komputer, barangkali virus jg ini ya. saya blm tau ne, ada yang berpengalmn tentang ini ga ya??

  25. erm ader x nmer virus yg terbaru n tlong bg tahu smer sy tntang kesan virus ini..yer pak..

  26. untuk beberapa virus…
    coba di tangani manual dengan memakai tools hijackthis!
    siapa tahu bisa membantu…

    tapi baca aturan pakainya dulu yah…
    soalnya hijackthis ini juga powerfull buat bikin
    program kompi kita yang lainnya ga jalan…

  27. Jual lisensi Norman (single user),

    Valid Until september 2008,

    ( dapet dari vaksin.com krn ngirim sample virus yg belum terdeteksi )

    silakan mail: xerophie@gmail.com

    Stock 3 license,
    Rp 150.000 / license
    ( bolehlah kurang dikit daripada gak dipake T__T )
    transfer via bank,

    thanks,

  28. Inang….
    virus apa lagi tuh..

  29. coba jalan jalan ke http://www.forum.cyberpalu.org di sana ada pembahasan masalah virus tersebut, sekalian dengan antinya.

    Regards

  30. FiLe….Gw Ampe dibrak-Brik ama Nich Virus …Salam aja Dech yg Empunya Virus nich. ne lo bisa bg dong ilmunye biar gw bales loe…Sakit ati gw

  31. biarkan virus tetap exsis, bagi2 rejeki ama teknisi komputer. emang harus begitu supaya dunia tetap seimbang. he he he…

  32. “satuju” virus adalah virus, virus adalang troblemaker, tapi tanpa virus hidup bagai sayur lodeh tanpa garam, (yang lbh gawat lagi tanpa sayur sama sekali heheheheh)

  33. waduh…………. saya terkena firus bagai mana gatasinya? coz saya baru belajar internet…….

  34. eh……. aku ter kena perus juga neeee……………….