Reaksi Kimia di Alam itu Rumit atau Sederhana?

Tergelitik untuk menanggapi pertanyaan apakah reaksi kimia di alam itu terjadi secara sederhana ataukah rumit?

Opini saya…. lho kok opini yah itulah…

Reaksi kimia di alam hakikatnya adalah rumit.
Manusia hanya bisa melakukan penyederhanaan terhadap reaksi-reaksi itu sehingga mudah untuk dipelajari (menurutnya) agar dapat digunakan untuk kemaslahatan hidupnya. Banyak keterbatasan yang dimiliki manusia dalam mempelajari reaksi kimia di alam ini. Tidak sedikit faktor yang mempengaruhi reaksi kimia dan karena keterbatasannya itu manusia lalu menetapkan sejumlah prasyarat dalam menentukan kebenaran pemahaman reaksi kimia itu. Oleh karena itu kebenaran menurut persepsi manusia menjadi relatif, artinya benar untuk saat ini tapi bisa jadi keliru untuk masa mendatang. Seiring berjalannya waktu maka terjadi perubahan-perubahan untuk perbaikan secara terus menerus terhadap pemahaman reaksi kimia itu sendiri sehingga menjadi benar menurut akal pikirannya. Ini merupakan bukti bahwa hakikat reaksi kimia di alam itu rumit. Manusia mempelajari ini sebagai wujud terhadap pelaksanaan perintah Tuhan untuk selalu membaca (iqra) tanda-tanda kebesaran-Nya yang ada di alam semesta, untuk menyingkap suatu tabir sebagai tantangan akan kecerdasan manusia.

Tinjauan reaksi kimia secara termodinamika adalah bukti penyederhanaan reaksi kimia itu sediri. Karena pada tataran ini belum diketemukan secara pasti model-bentuk kompleks teraktifasinya. Inilah keterbatasan manusia. Pada reaksi kimia yang kompleks atau rumit (tinjauan secara kinetika) zat antara (kompleks teraktifasi) telah dapat diketemukan.

14 responses

  1. Yah, itulah tadi. Memang yang terbaik menurut kita memang belum terbaik menurut Sang Maha Pencipta (ALLAH SWT).

    Baru berkunjung, pak.
    Makasih..

  2. Jelas rumit…
    kita gak ada apa-apanya.
    reaksi asam basa yang sederhana aja udah lumayan susah… 😀

  3. tergantung orangnya…
    kalau sering belajar ya ngeh.
    kalau ga ya blong-ting-tong sambil bengong.

    makanya blog seperti Bung Urip ini harus tetap memberi dan membagi ilmu. biar makin banyak orang cinta dengan hal yang kimiawi.

  4. Proses alam memang rumit pak dari tinjauan fisika, kimia ataupun biologi… kita hanya bisa menyederhanakan dari yang super rumit menjadi yang super sederhana

  5. Maaf kalau saya agak melantur neh, kayanya proses kimia pun kan pasti terjadi dalam tubuh manusia. Tapi yang saya ingin tahu bahwa rasa cinta, kecockan dan kebencian kan itu bagian dari proses kimiawi dalam tubuh kita juga. Kan kita sering m,nenemukan misalnya antara si A dan si B kelihatannya saling cocok ( walaupun untuk di luar percintaan), berarti mereka punya Chemistry yang bagus. Begitupun untuk sebaliknya. Nah yang saya ingin tau secara teori kimia sendiri bagaimanakah proses itu terjadi serta zat-zat apa yang berpengaruh dalam tubuh. Demikian midah-mudahan ada yang bisa membantu.

    Salam

    Ana

  6. reaksi kimia memang sesuatu yang rumit(dalam ukuran otak manusia)
    tapi itu sesungguhnya adalah sesuatu yang sederhana.kenapa?
    karena segala hukum-hukum kimia, fisika,dll sebenarnya hanyalah manifestasi dari kekuasaan tuhan atas jagat raya pada umumnya dan manusia pada khususnya.
    manusia memang dituntut untuk mempelajari hukum-hukum alam untuk meneruskan eksistensinya, tapi semua yang berhasil mereka pelajari tidaklah bisa menjadi kebenaran absolut.
    seandainya manusia menguasai kemutlakan maka tak akan ada kegagalan atas apa saja yang mereka kerjakan.
    kenyataanya manusia sering gagal meski teori yang berhasil di susun keliatan sangat rumit dan akurat. itu menjadi bukti bahwa kita tidak dapat menyandarkan diri sepenuhnya hanya kepada ilmu pengetahuan semata.
    ada tuhan yang menguasai alam semesta. reaksi-reaksi kimia itu adalah murni kehendak-Nya.

  7. *ndak mudeng mode on*

  8. tanpa pikir panjang : segala sesuatu pasti bakal sederhana bila kita mengerjakannya ga sembrono..
    tapi yang namanya kmia,, kan dari alamm.. berarti sederhana dunkk..
    (maap klu saya sotoy hehehe..)

    btw,, minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin..

  9. Pak, yang barusan dapat Nobel Kimia itu adalah ilmuwan yang mencoba menjelaskan dan menggambarkan reaksi-reaksi kimia yang terjadi di permukaan. Sangat sederhana konsepnya tetapi ternyata rumit juga. Memang nggak sesederhana yang kita bayangkan.

  10. penyederhanaan dari sesuatu yang dianggap rumit
    dan/ atau merumitkan sesuatu yg sederhana

  11. sulit dinalar tapi mudah diperbuat.Amrozi berhasil ngebom Bali toh? itu reaksi kimia.
    Anakku sudah 6 orang. Reaksi kimi juga kan??

  12. Apakah yang harus saya lakukan jika saya Ditugaskan mencari penelitian kimia, Dan penelitian itu seperti apa

  13. Yhanks you3c546fe3db1dffc9440e87afa000272b