Spin Elektron ±½

Mengapa spin elektron bernilai ±½, begitu saat saya ketemu rekan seprofesi di selah waktu istirahatnya. Mungkin ada yang belum tahu soal ini. Berikut jawaban singkatnya sehingga dapat diterima peserta didik di tingkatan SMA.

Bahwa posisi elektron pada orbital itu dapat dinyatakan (diproyeksikan) dalam koordinat cartesius xyz. Sumbu z arah vertikal, sumbu y arah horizontal, dan sumbu x arah mendekati atau menjauhi bidang gambar (kalau digambar) yang ketiganya saling tegak lurus. Putaran (rotasi) elektron pada sumbunya ada 2 macam, yaitu searah jaram jam (clockwise) dan berlawanan arah jaram jam (counter clockwise). Untuk elektron yang berotasi searah jarum jam maka sesuai kaidah putar skrup jika skrup diputar ke kanan searah jarum jam maka arahnya akan masuk ke bidang tancapnya, dengan demikian searah dengan sumbu x -. Sedangkan elektron yang berotasi ke kiri berlawanan arah jarum jam, sesuai kaidah putar skrup maka gerakan skrup seolah-olah lepas dari bidang tancap yang berarti searah sumbu x +.

Mengapa nilainya sin elektron ½ kok tidak 1 saja? Ini soal lain.

Dalam penentuan posisi elektron, keberadaan elektron dalam orbital hanya memiliki probabilitas 50% karena dalam tiap orbital hanya dapat dihuni oleh dua elektron. Kalau tidak putar kanan (searah jarum jam) ya putar kiri (berlawanan arah jarum jam). Oleh karena itu diberi nilai ½ untuk bilangan kuantum spin ini.

Demikian logika yang mungkin dapat diterima untuk siswa setingkat SMA kebanyakan dengan bahasa yang sederhana.

Untuk lebih detail bahasan mengenai spin elektron ini dapat dibaca di sini dan di sini atau dapat memanfaatkan search engine favorite.

Iklan

18 responses

  1. *Mata berputar-putar…*

  2. Spin elektron itu berbahaya, bisa membuat Sampeyan kena 8 fatcs/habits tag seperti saya.

  3. Waduh jadi inget pelajaran SMA nie..

    All About Tips and Tricks http://puthzel.com
    Free Link Exchange http://linklunk.blogspot.com

  4. anak sma: pak guru, skrup itu apa? orbital itu apa? elektron itu apa? probabilitas itu apa? kenapa juga diajarin spin, emang gunanya apa?

    pak guru: ….

    🙂

  5. Mas Urip, selamat hari raya idul fitri 1 syawal 1428 h ya…..
    Mohon maaf lahir dan batin.

  6. Waduh.., selain jagoan WP jago Kimia juga ya mas?
    Eh tinggal di Jogja dimana? Saya juga di Jogja soalnya..

    panduan.wordpress.com itu mas yang punya?

  7. kita lalu berpikir antara hidup dan mati, antara diam dan bergerak. ternyata semua benda selalu mengandung elektron, DUS pasti bergerak. HIDUP???
    Subhanallah… ternyata semua yg matipun bergerak.
    1. mungkin atom adalah miniatur alamraya?
    2. energi dari elektron itu dari mana? kok gak bbosan bergerak.
    3. bisakah manusia memanfaatkan atom/elektron yang ada pada dirinya
    4. yang kita tahu “dia” bergerak dg kecepatan cahaya. mungkinkah akan diketemukan kecepatan yg lebih tinggi dari cahaya. shg fenomena MI’RAJ dapat dijelaskan secara ilmiah
    5. mudahan kang Urip jadi Ilmuwan kimia yg islami.

    hidup-mati, diam-gerak termasuk relatifitas.SUNATULLAH???
    MINAL AIDIN WAL FAIDZIN

  8. wah…ternyata saya masih perlu belajar banyak tentang kimia…

    met lebaran pak guru…

  9. Wis lali….
    Wong le skolah taon 80an….

  10. agak OOT..ngaturaken sugeng riyadi sedoyo kalepaten, midal aidin wal faidzin

  11. Spin +1/2 dan -1/2 kalau di Tamiang Layang (Bartim/Kalteng) saya ajarkan pada anak: spintas kamu ini pintar, tapi kenyatannya bodoh.

  12. spin dari motor suzuki itu ya? kok 1/2 dan pake plus minus sih?

  13. spin itu tempat apa seh? misalkan kita ke sana mo liat bayar ndak pak?

  14. BOSS…….

    maap menyimpang dikit dari ex..why…zet…nya si elektone …

    dapatkah aku di bantu…..?
    aku sangat amat ….memerlukan masukan pengetahuan …dll mengenai elektroplating …etsa…molding dari karet silikon atauwa pasirsirka (ape pasir sirtu …ya…?…)

    pelapisan logam ….dan cor logam …
    mungkin boss ….dapat membantu saya….

    trims sebelumna

    harisamry@yahoo.com

  15. mas isi artikel tak link ke web saya yo….matur nuwun

  16. Subhanallah dari itung-itungan aja lha kok ya dapat spin dan angkanya…
    Lha dari komen-komen menunjukkan awam itu lutu-lutu ya Pak Urip

  17. apa yang terjadi bila pada orbital spin dua elektron bertabrakan?

  18. mohon di jawab