Depag akan Beri Beasiswa S-2 Bagi Guru Madrasah lagi

Sekedar info

Bagi guru yang ada di madrasah, tahun akademik 2009/2010 kabarnya (kabarnya lho… pastinya ya tunggu aja tanggalnya) akan diberikan beasiswa untuk S-2 lagi oleh Depag RI. Diperkirakan jumlahnya akan lebih banyak lagi dibanding periode tahun 2007/2008. Untuk itu kepada rekan guru madrasah dibawah naungan departemen agama yang berniat hendaknya mempersiapkan diri untuk belajar lagi menghadapi test S-2  kampus yang nantinya akan di tunjuk oleh Depag.

Untuk jurusan Kimia UGM yang tahun 2007/2008 hanya mendapat kuota hanya 1 rombongan belajar (30 orang guru) kabarnya tahun 2009/2010 akan mendapat kuota 2 rombogan belajar (mungkin sekitar 60 orang) belum lagi di kampus ITB dan ITS yang sebelumnya juga telah menerima para guru kimia (dan guru MIPA lainnya).

Persiapan yang diperlukan untuk rekan guru yang berminat untuk tes adalah menghadapi soal substansial (kimia dll sesuai jurusan masing-masing), test tertulis bahasa inggris (tergantung kampus yg dipilih, perlu tes atau tidak), juga mungkin tes potensi akademik. Jadi silahkan persiapkan diri baik-baik.

Waktunya belum tahu persis kapan tes dan pendaftarannya…. (tunggu saja) yang jelas sebelum tahun akademik 2009/2010 nanti. Untuk UGM biasanya akhir juni sudah masuk kampus untuk matrikulasi (defisiensi) selama 2 bulan.

Beasiswa biasanya agak telat, jadi siapkan dana hidup untuk bulan-bulan awal di Yogya. Tapi jangan khawatir menurut pengalaman saya jurusan UGM akan baik hati untuk meminjaminya.

Selamat mempersiapkan diri semoga sukses.

73 responses

  1. Turut bergembira. Semoga saja mereka menerima utuh-seutuh-utuhnya.

    Selamat tahun baru! SEmoga sehat dan bahagia selalu!

    @ns: Yah semoga saja mbak. Hemmm terimakasih selamat tahun baru juga, apakabar nih lama tak berjumpa, pada sibuk semua ya. Semoga segalanya jadi lebih baik.

  2. kang, lamo tak suo.. dah kelar ya sekolahnya?. bahabar lah sekarang aku dah rada-rada bisa ngeblog, ya itu semua berkat sampean yang jar-ngajari ta’iye. hatur nuhun sadayana

    @ns: belum ini masih di saat paling memusingkan, untuk tugas akhir, soal ngeblog tidak ada artinya kalau sekedar ngajari awal, selanjutnya ya berkat usaha sampean sendiri sehingga bisa ngeblog. Ok ngeblog aja terus.

  3. Salam kenal pak, trims atas infonya ya. Saya guru MAN dari banjarmasin

  4. Majulah Guru di bawah Depag…amien

  5. Wah asyik bagi guru Diniyah. Bagi guru smp adakah beasiswa semacam itu? Tolong infonya. Saya guru IPA smp tapi masih ingin sekolah S2 dengan beasiswa.

  6. kalau yang fisika gimana neh nasibnya ????

    @ns: Yah kemungkinan akan sama saya kira

  7. Boleh juga depag, kalo untuk guru smp negeri, boleh nggak ikutan? Tolong kalo ada info beasiswa S2 Pendidikan IPA untuk guru smp.

  8. saya pribadi menyambut baik beasiswa tersebut dan saya berharap sebagai guru mata pelajaran matematika sejak tahun 2004 mengabdi dapat tercover dalam seleksi penerima beasiswa tersebut. Insya Allah

    Muchlis Ahmadi, SSi,SPd
    Guru Pendidikan Matematika pada
    Madrasah Aliyah Negeri Makale
    Kabupaten Tana Toraja
    Propinsi Sulawesi Selatan

  9. Pak Muchlis ahmadi: sepertinya salah satu teman saya ada yang dari MAN Makale. Di Kimia UGM

  10. Moh. Sholihuddin, S.HI

    Guru wajib digugu lan ditiru
    Guru wajib diperhatikan dan dimuliakan
    Guru wajib difasilitasi dan dihormati

  11. Salam Kenal Pak, Kunci Sukses untuk Bisa mendapatkan S2 gratis dari Depag apa pak, dan saya mengharap, serta memohon kepada Depag/ yang berwenang persyaratan jangan mencantumkan IP, IP belum tentu menjamin kualitas karena sekarang banyak perguruan tinggi yang asal memberi IP sembarangan pada Mahasiswanya tidak memandang mahasiswanya pandai atau tidak, pengalaman saya malah yang paling parah terkadang ada mahasiswa yang menyogok sama petugas BAK-nya agar mahasiswa itu nilai yang dari dosen jelek itu bisa diganti nilai baik. nah itu salah satu kejelekan pendidikan kita. saya meminta seperti ini sebab ketika ada pendaftaran S2 Depag gratis, berkas saya ditolak sebab IP saya kurang dari 2, 75. harusnya bukan itu tapi bisa langsung pakai hasil seleksi ujian dan wawancara serta perberkasan rencana studi dan tesis yang diajukan. jadi jangan membatasi dengan pakai IP. itu berarti tidak memberi kesempatan pada orang lain dan itu tidak adil belum tentu IP-nya bagus terus orangnya pandai belum bisa menjamin. seleksi yang semacam itu kurang pas sebab, guru yang lulus kuliah tahun 1990-2001 IP-nya itu dibawah 2,75 semuanya, tapi itu IP murni yang didapat tidak direkayasa. sedangkan pada tahun 2005 sampai sekarang IP mahasiswa dari perguruan tinggi itu minimal 3,00 setelah dikonfermasi ternyata katanya mahasiswa saya biar mudah diterima di pekerjaan walaupun orangnya Goblok. terima kasih tolong keluhan saya ini disampaikan pada yang berwenang agar ada perhatian. terima kasih

  12. Terima kasih atas infonya, tapi untuk formulir pendaftaran beasiswa S2 DEPAG 2009/2010 ko’ blm dipublikasikan ya? skrg kan memasuki prtngahan bln februari.

  13. kami tunggu infonya sobat, saya berharap bisa lanjut S2 dijawa.. thanks

  14. salam kenal mas…
    Nyuwunsewu, saya juga menantikan (sanget) beasiswa dari depag…tuker2 info ya mas ya…
    ‘Tur nuwun

  15. salam kenal mas…..
    matur suwun atas informasinya. kebetulan kulo jurusan pendidikan jasmani sO saya berharap ada beasiswa untuk jurusan itu.
    wasssalam…
    merdeka!!

  16. Pak, boleh minta contoh RPP Bahasa Indonesia SMP kelas 7 semester satu…

  17. assalamualaikum…saya pengen banget info beasiswa s2nya…saya guru bahasa inggris…tolong ya kirim ke email saya.(zahirah_82@yahoo.com)trimakasih

  18. Eris Rusdiana,S.Sos.I

    Pak salam kenal nama saya Eris. saya lulusan UIN Sunan Gunung Djati Bandung Fakultas Dakwah Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam lulusan tahun 2006 sekarang saya mengajar di SD Muhammadiyah 2 Bandung dan SMPN 39 Bandung. Jujur saya belum akta IV. dengar-dengar akta IV sudah tidak ada. apakah saya bisa mendapatkan beasiswa S2 untuk memperjelas profesi saya sebagai guru. inginnya sih S2 Jurusan Bimbingan dan Konseling di UPI yg insya Alloh kalau saya sudah mendapatkan beasiswa S2 mudah-mudahan saya bisa ngabdi di MTs, MA, atau bahkan PT yang berada di bawah naungan DEPAG

  19. kami guru swasta ya nunggu yang gratis2 kalau mau nambah ilmu tapi please dong …. info nya yang wadeh dan aktual

  20. saya guru bahasa inggris di MTsN kuta Binjei Aceh Timur, saya menyambut baik dengan di berikannya beasiswa S2 untuk guru depag tapi beasiswanya jangan cuma untuk guru kimia aja donk, kalau bisa untuk guru bahasa inggris juga ada…

  21. @ns: Pak Fadlin, info di blog ini hanyalah sebeatas info yang dari ugm jurusan kimia saja. info lainnya saya belum tahu, tapi biasanya seperti periode sebelumnya bahasa inggris juga ada kok.

  22. KAPAN INFORMASI PROGRAM BEASISWA GURU BHS INGGRIS?

  23. Hello,..senang Depag sanagt peduli terhadap pendidikan guru dengan memberikan banyak beasiswa,membantu guru meningktkan kualitasnya.
    Kapan beasiswa guru bio dibuka lagi?
    Go Depag!
    Wassaaalam

  24. wah peminat’a jurusan agama ky’a yg d BDG
    lebih banyak ni karna priode yg lalu jarak’a
    jauh2 baru d buka d BDG Tp g’ap lah gy ptng
    udah coba berhasil tidak’a kan tergantug oleH
    ALLAH manusia hanya berusaha……..

  25. Alhamdulillah…AKhirnya datang Juga…
    Ini sangat berguna sekali bagi sekolah dibawah naungan DEPAG..
    Mdh2n tiap Tahun selalu ada perbaikan mutu pendidik

  26. Bagaimana beasiswa untuk S2 guru Madrasah Ibtidaiyah, adakah? Karena guru madrasah ibtidaiyah pun ingin sekali menempuh S2.

  27. pak salam kenal saya hadiansyah, saya mahasiswa uin sgd bandung lulusan 2006. saya lulusan dari manajemen dakwah. sampai sekarang saya masih pengangguran saya sudah melamar beberapa kali ke sekolah dan depag tapi belum berhasil. jika berkenan saya ingin bekerja depag sesuai dengan profesi saya. jika bapak membutuhkan saya cantumkan no hp 081320262713 atau 081220955913. terimakasih

  28. kalo bisa, untuk guru-guru mata pelajaran agamanya donk

  29. Perbanyak lagi peluang untuk S2

  30. Sri Endang Agustina

    Assalamu’alaikum
    Saya mahasiswi jurusan Pendidikan Agama Islam angkatan 2006 UIN SGD BDG.Insya Alloh sekarang lg nyusun skripsi,saya juga punya pengalaman ngajar di madrasah ibtidaiyah.Saya punya rencana mau melanjutkan ke jenjang S2 di UIN SGD lg ataupun di Universitas islam lainnya pada jurusan PAI.Tolong infonya apabila ada beasiswa S2 untuk jurusan Pendidikan Agama Islam di daerah Bandung.Terima Kasih.

  31. tlong kalo ada beasiswa thun 2010/2011 dari depag upload formasnya ya, trimakasih..

  32. AL-HAMDULILLAH mudah-mudahan rejekinya nyampek ke Bondowoso Aminnnnnnnn

  33. wah……….pak terlambat! kira – kira ada lagi gak untuk periode 2009-2010 terimakasih!!!

  34. tahun depan ada lagi gak pak 2009-2010

  35. asw. terimakasih atas infonya…ehm mau nanya beasiswa itu berlaku juga untuk guru honor gak yang mengajar di sekolah swasta tapi masih berbasis islam?? mohon penjelasannya syarat-syarat yang perlu dilengkapi untuk mengikuti beasiswa ini..terimasih sebelumnya pak. wassalamualaikum.

  36. mas tolong kabari jika ada pengumuman beasiswa DEPAG tahun 2010-2011, makasih ya……………
    email ja kesini maifa_uin@yahoo.com

  37. iin setiani s.pdI

    mohon info. jika ada beasiswa s2 untuk tahun 2010-2011 mohon dikirim ke e-mail saya. maturnuwun

  38. mohon infonya klo ada beasiswa depag untuk 2010/2011….tlng krm ke email sy….terima kasih

  39. untuk infoo beasiswa s2 matematika mohon informasinya pak. salam kenal trims atas infonya..

  40. mohon infonya pak tentang beasiswa S-2 pendidikan Islam

  41. asssalamu’alaikum
    saya guru agama islam di suatu sekolah SMAN1 GAMBIRAN BANYUWANGI JAWA TIMUR.
    yang saya tanyakan apakah ada bea siswa s2 PAI
    kenapa yang ada kok guru agama bidang study umum?
    trus kapan STAIN ATAU IAIN mengadakan s2 bea siswa?
    kok bagi yang belum pns apakah boleh ikut?

  42. salam kenal pak…tolong guru PAI yang ada di SMP nasib S.2 nya bagaimana…?

  43. yogikurniawan S.Pd.I

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    pak saya juga guru PAI di SMP, Kab.Tegal.menurut saya DEPAG Pusat harusnya juga membagi jatah Kuota untuk S.2 PAI.yang ada di SMP.kasihan kan pak banyak diantara mereka yang hanya ngiler ketika melihat alokasi Mapel lain yang begitu nggelontor segitu banyaknya….sementara guru PAI SMP Kebingungan, dan menunggu nunggu kapan beasiswa S.2 nya muncul?padahal mereka juga butuh lho pak…. tolong pengambil kebijakan dengerin dan di sikapi suara kami. kami sering merasa di anaktirikan,……

  44. yogikurniawan S.Pd.I

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    .

  45. assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarrakatuh…………..
    kalau ada info beasiswa to guru SD or guru TK mohon infonya………….
    jazakumullah Khairan Katsiran

  46. ass.tolong mhn info untk bea siswa thn 2010-2011 n persyrtannya.
    jazakumullohu khoiron katsiiroo

  47. Aslmkm, pak…persyaratan untuk memperoleh beasiswa depag itu bagaimana, dan bagaimana prosedurenya, sekarang saya sedang menempuh skripsi, dan saya belum pernah punya pengalaman kerja seperti pengajar dll, apa bapak punya saran untuk saya….,kemudian beasiswa di berikan untuk jurusan apa saja, mengingat saya adalah anak dari jurusan psikologi, apakah kita bisa memilih universitas dan fakultas yang kita inginkan nantinya.
    sebelumnya terimakasih

  48. pak, tlng info beasiswa s2 depag th 2010/2011 ada pa tidak untuk pendidikan matematika???

  49. Untuk pencari beasiswa S2 Kementerian Agama tahun 2010/2011 nanti kata pak Firdaus (Direktur Pendidikan Madrasah) di tiadakan, alasannya dana tersedot untuk membayar sertifikasi Guru… Jadi sabar aja. mudahan tahun berikutnya ada kabar gembira lagi.

  50. Assalamualaikum. salam knl, mga bs bt t4 sharing hehehe…
    pak tlg mnt info beasiswa depag 2010-2011 utk S2, mhon bls scptnya cz ptg bgt for me. thanks b 4. waassalam.

  51. Ass, Pak Kapan nih beasiswa s2 tahun 2010 dibuka, ana udah nyiapin berkas nih, mau ngedaftar. sukron katsiron.

  52. amin,,Alhamdulillah,,,!!!!!!!!

  53. KAMI MOHON DENGAN HORMAT, PEMERINTAH JUGA MEMBERIKAN PELUANG BAGI GURU-GURU MI SWASTA KHUSUSNYA UNTUK BISA MENJADI PENERIMA BEASISWA S2. DEMI MAJUNYA PENDIDIKAN INDONESIA… BAGAIMANAPUN JUGA SWASTA MAUPUN NEGERI ADALAH SAMA, YAKNI MENCERDASKAN ANAK BANGSA. DAN LAGI SECARA UMUM LEMBAGA-LEMBAGA SWASTA MEMILIKI KETERBATASAN PENDANAAN.

    TERIMA KASIH

  54. Lagi… bagi para PEMINAT BEASISWA S2… MARI KITA BAGI-BAGI INFO.. SUPAYA CITA-CITA CEPAT TERCAPAI…
    Sahabat-sahabat bisa take and give info ma aku…
    HP: 085 258 688 247
    Tak tunggu lo rek…!!

    by:
    MUKHLISH, S.PdI

  55. waaah aku ingin sekali dapat beasiswa S2, tapi gimana caranya yach? th2009 lalu, aku lihat dimetro tv siaran live, bahwa akan diberikan beasiswa utk guru madrasah, khususnya mi. setelah aku tanyakan ke depag dikotaku jember, kok gak ada realisasinya yaaa?
    pliiiz kasi info buat aku yach
    087857772566

  56. aslkum,sbelumnya slam knal pak.mohon informsi beasiswa depag jur pndkn mtmtka yang tahun 2010.sukron.jazakumulloh

  57. beasiswa s2 untuk guru diluar lingkungan madrasah bisa ngak ikutan???info beasiswa s2 2011 dong :>

  58. pak beasiswa yg th ajaran baru donk yg dpasang.yg diatas mah udah lewat…
    tengkyu…

  59. assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    pak, tolong infonya tentang beasiswa S2 depag untuk tahun ini, 2010-2011. kalau sudah dibuka pendaftarannya, tolong dikirim ke emailku yah?? makasih banyak sebelumnya,
    jazaakumullahu khairan katsira… (KENDARI-SULTRA)

  60. assalamu’alaikum war. wab.
    pleaaase donk pak, kami-kami ini direspon….

  61. saya cari cari info beasiswa s2 depag untuk guru madrasah tahun akademik 2010/2011 ko ga ada yah? apa untuk tahun ini depag tidak menyelenggarakan? mohon bagi2 infonya Pak. 08562619917

  62. ya saya ingi kuliah S2 beasiswa

  63. Linda Munawaroh Emod

    waaah !!! Linda ingin sekali dapat beasiswa S2, tapi gimana caranya yach…? Beasiswa untuk guru Madrasah, khususnya MI. setelah Linda tanyakan ke Depag dikotaku yaitu Kota Bandung, kok gak ada realisasinya yaaa?
    please…..?! kasih info buat Linda yach….?!

  64. saya guru di kab.ciamis ingin kuliah tak punya uang kirimkan dan mohon informasi beasiswanya..terima kasih

  65. Saya guru bahasa inggris di Madrasah Swasta di JEmber dan ingin banget kuliyah S-2x tuk tambah ilmu. mohon infonya kirim ke e-mail ; zaenurimuhammad@yahoo.com. Terima kasih

  66. kang mau tanya buat beasiswa s2 yang di ITB buat guru madrasah ada g
    khususnya buat tahun 2011
    bls ke email saya ya lukmans_gokil@yahoo.com
    makasih

    1. Sepertinya belum ada slentingan dari kemenag bakal ada S2 lagi di tahun 2011. Sabar yah.

  67. Ass.
    Salam kenal, sy ella kang, mengajar di salah satu madrasah swasta. sy pengen banget melanjutkan pendidikan ke S2 akan tetapi keinginan itu mandek tatkala dikaitkan dg kondisi ekonomi keluarga. sy senang skali mendengar ad kabar beasiswa s2 gratis dr depag. Sy di madrasah diberi kepercayaan mengjar TIK tidak sesuai dg ijazah sy (pddk Biologi), sedangkan yg saya tau, beasiswa gratis yg dikeluarkan oleh depag, mata pelajarn yg diajarkan harus sesuai dg ijazah..bahkan berkat mata peajaran TIK yg saya ajarkan sy mendapatkan sertifikat guru profesional. jk suatu saat akan ada program beaiswa gratis utk mata pelajaran TIK ataupun Biologi, kira2 menurut akang urip sy sebaiknya mendaftar ke jurusan yg mana ?
    Mohon diberi pandangan dan mohon informasi beasiswa S2 gratis tahun 2011 ke email apakabarlayl@yahoo.co.id. Trims be4..

    1. Waalaikumsalam…
      Senang nambah kenalan nih. Selamat atas perolehan sertifikat pendidik profesionalnya. Jika kelak ada tawaran beasiswa menurut saya sebaiknya disesuaikan dengan Ijazah S-1 sebab tidak akan mendapat kesulitan. Saran saya juga mulai dari sekarang coba untuk tetap membuka-buka buku biologi yah, sehingga pas ada kesempatan tes beasiswa S-2 bisa siap dan semoga memperoleh beasiswa tersebut. Setahu saya tahun 2011 belum akan ada pemberian beasiswa, alasannya karena dana diprioritaskan untuk sertifikasi guru dan me-S-1-kan guru yang belum S-1. Tapi tunggu aja siapa tahu ada perubahan kebijakan. Semoga!

  68. sy berharap bisa mendapatkan besiswa S-2, bagai mana caranya pak???

    1. Yah semoga saja begitu kl beasiswa ke LN banyak gitu infonya. Kalau di institusi kita ya kita pantau terus aja info yang ada di web masing-masing institusi kita itu.

    2. mohon informasi kalau ada pendaftaran dan sudah dibuka ya…..trm ksh.