Cara Mengatur Nomor Halaman Dgn Peletakkan Berbeda-Beda di MS Word 2003

Sedikit perihal pengetikan di ms word.

Bermula dari teman yang ingin membuat tugas akhir untuk membuat peletakan nomor halaman sesuai ketentuan dari universitas. Untuk penomoran halaman awal bab nomor halaman diletakkan di bagian bawah kanan. penomoran bukan awal bab diletakkan pada bagian kanan atas. Pernah sih membuat hal seperti itu, tapi lupa. Akhirnya browsing bentar dapat deh caranya, maaf lupa link sumbernya. Dan dari pada terserak begitu saja yah diposting aja siapa tahu lupa lagi.

Caranya: Jika kita belum mempunyai section pada halamannya, insert a section break di mana kita akan mengubah nomor halaman . Untuk melakukan ini , Klik di mana kita akan insert a section break. Pada menu Insert , pilih Break, dan Klik Section break Continuous, kemudian Klik OK.

  1. Klik pada section pertama.
  2. Pada menu View , Klik Header and Footer.
  3. Klik pada footer dimana anda akan membuat nomor halaman.
  4. Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Insert Page Number.
  5. Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Format Page Number
  6. Dalam kotak Number format, Klik format yang anda ingin beri nomor halaman pada section ini. Klik OK.
  7. Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Page Setup.
  8. Dalam kotak Headers and Footers, Klik kotak “Different first page” untuk mematikan nomor halaman pada halaman awal.
  9. Klik pada footer dari section kedua.
  10. Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Link to Previous untuk memutus koneksi antara footers dari dua sections.
  11. Hapus nomor halaman pada footer section kedua.
  12. Klik dalam header dari section kedua.
  13. Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Link to Previous untuk memutus koneksi antara headers dari dua sections.
  14. Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Insert Page Number.
  15. Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Format Page Number.
  16. Dalam kotak Number format, Klik format yang anda inginkan untuk nomor dalam section ini.
  17. Tutup toolbar Header and Footer.

Demikian.

Untuk membuat daftar isi otomatis tutorialnya sudah ada klik aja di sini.

About these ads

18 responses

  1. trs kl mw bikin no halaman yg beda2 gmn ya?ex. hal i,ii,iii,dilanjutkan dg 1,2,3,4,…

  2. waduh, masih puyeng 7 putaran uy!!!

  3. kl bikin nomor halaman pada lembar lanscape gmn? supaya posisinya bisa dibawah!

  4. @ dagdo: coba disimak dari link ini.

  5. info nya bagus, thanks

  6. saya gabisa,,huhu
    kalo halaman 1 itu huruf i ditengah bawah,
    halaman 2, angka 1 ditengah bawah,
    halaman 3, angka 2 di kanan atas
    gmana?
    makasi

  7. Menyesatkan …!!!

  8. Terimakasih pak, atas tutorialnya. Bermanfaat banget buat saya,. :)

  9. Bisa liat hasilnya..?????

  10. masih bingung bos

  11. gmana…??? di word2007 link to previousnya ga bisa di inaktifkan..

  12. trus gmna caranya mengatur halaman yang berbeda – beda tetpi dalam satu dokumen?

    tlong mas dikasih pencerahan….

  13. mksh buat infonya….

  14. thank you mr. Urip

  15. praktikan dulu boy…. baru posting….. manjur apa gak ni jurus….? untung cuma bikin halaman, klo minum racun yang dibilang obat….. MATI dah!!!!

  16. masih keder keder utara mana utara

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.605 pengikut lainnya.