Software Pembuat Diagram Terner (Ternary Diagram Creator)

Dalam beberapa bidang ilmu kadang memerlukan tampilan data agar mudah di mengerti dan dapat meringkas data menjadi suatu diagram. Meskipun bagi orang awam mungkin dengan diagram malah tidak dapat memahami data yang ingin kita sajikan.

Untuk diagram 2 dimensi yang terdiri dari 2 komponen (variabel) sering diagram cukup digambarkan dengan 2 sumbu (aksis dan ordinat) yang biasa ditandai dengan X dan Y. Jika 3 komponen maka harus ada 3 sumbu X, Y, dan Z. Yang terakhir ini biasanya harus dibuat dengan prespektif 3 dimensi. Namun jika dari data 3 komponen misanya campuran 3 zat dengan komposisi tertentu hingga totalnya 100% maka sering diagram yang dipakai adalah model diagram 3 sudut, yang sering dikenal dengan diagram terner (Ternary Diagram).

Jika secara manual kita akan mengambarkan – memplot suatu titik yang merupakan komposisi masing-masing komponen maka agak sedikit kesulitan. Karena kesulitan itu akhirnya saya cari suatu aplikasi untuk mengatasinya dalam membuat-mengambar diagram terner itu. Saya peroleh setidaknya 2 aplikasi yaitu Chemix versi 3.5 (demo), dan Prosim Ternary Diagram.

Untuk Chemix karena versi demo maka jika diubah menjadi file gambar maka akan muncul stempel bahwa gambar itu dibuat dengan Chemix demo (maklum mesti bayar sih). Kalau kita mau cari yang “gratis” ada saja meskpun versi lebih rendah (Chemix versi 3).

Klik di sini untuk Download Chemix 3 ukuran file 1,295 MB.

Untuk Prosim Ternary Diagram ini gratis, hanya penggunaannya di batasi hanya untuk 5 pengguna. Jika kita akan mendownloadnya mesti register dulu dengan mengisi form yang disediakan. No problem-lah.

Download Prosim Ternary Diagram dari sini dengan ukuran file 2,41 MB.

Saya lebih suka pakai yang terakhir ini, dengan berbagai kemudahan modifikasi dan tampilannya. Setelah diinstall maka kita pun akan memperoleh (manual) cara menggunakannya. Simpel.
Tambahan dari situsnya Prosim kita juga bisa mendownload dan menggunakan aplikasi gratis seperti:

  • Simulis® Conversions: Physical dimensions unit conversion management tool [ 20Mb ]
  • Component Plus: Pure components properties database management [ 7,5Mb ]
  • RegCin: Calculation of kinetic parameters [ 0,5Mb ]

Semoga bermanfaat.

One response

  1. untuk membuat bagan bisa gak ya