Menulis, Jangan Membaca…

Judulnya sengaja saya buat begitu meskipun tidak pas dengan maksud tulisan ini 😀 .

Banyak tulisan di blog saya ini yang ditulis begitu saja. Mengapa begitu? Karena selama ini asyik membaca (baca: berselancar, dan baca informasi sekedarnya saja alias sambil lalu). Jadi di kepala akhirnya bersarang banyak info yang tidak tersimpan dengan baik. Namun dari bacaan itu kadang dipikiran ingin memberi komentar namun tidak ada kehendak kuat untuk segera menulis di blog. Alhasil blog sering tak terisi untuk hari-hari tertentu.

Opini dalam menanggapi sesuatu jika segera tertulis akan membiasakan diri kita untuk berbahasa tulis.
Tulisan agitasi/provokasi tentang menulis banyak ditemukan di blog juga. Seperti agitator/provokator yang satu ini (http://webersis.com).

Mari membaca… Mari menulis… Jadi seperti pesan guru saya saat di sekolah dasar dulu saat belajar membaca dan menulis.

Tulisan ini saya buat untuk mengingatkan diri saya sendiri BUKAN untuk para pembaca tulisan ini.

Anda sudah lebih baik dari saya khan dalam hal ini…?

15 responses

  1. Anda sudah lebih baik dari saya khan dalam hal ini…?

    Sayangnya belum Pak. Jarang banget nulis di blog sekarang 😀

    @ns: Yah menulis di blog kita adalah tidak ada keharusan karena blog bukanlah segalanya 🙂

  2. salam kenal pak.
    kayaknya blog tentang pembahasan pendidikan nih kerennn pak mari kita hidupkan dunia pendidikan di dunia maya. silahkan kunjungi balik
    webku juga membahas soal tutorial dan interaktif pendidikan.

  3. Sama aja ko,pak tulisan2 di blog aku asalan semua,tapi biar asal-asalan yang penting aku kg nyontek,barusan juga aku bikin tulisan di sama.silahkan berkungjung keblog aku pak

  4. saya juga mencoba menulis kembali, walaupun kopi paste. harapannya gak keenakan kopas, trus mencoba nulis sendiri.. makasih nasehat yg mnecerahkan pak..walau awalnya untuk diri sendiri

  5. Anda sudah lebih baik dari saya khan dalam hal ini…?
    pertnyaaan itu kalau tak jawab SUDAH pasti semua pada tertawa, menertawai saya..ya iya lah saya lebih jelek, lha wong masih sering kopas
    tapi bukan itu kan maksudnya… melainkan lebih menggiatkan saya untuk lebih berani menulis walau diawali dari kopas

  6. benar pak, membaca tanpa menulis maka ilmu yang sudah diperoleh akan mudah melayang kembali entah kemana..

  7. Wah ”” Mengenai KTSP sebaiknya guru banyak membaca
    riwayat KTSP itu terbentuk, supaya ada suasana kemakluman dulu. Sehingga untuk memperoleh informasi terkait menjadi lebih gampang berdasarkan urutan proiritas dan bidang studi yang diajarkan.
    Cara : 1. beli buku
    2. internet
    3. rajin ikut mgmp

  8. rajin menulis itu berarti rajin membaca,
    rajin membaca belum tentu rajin menulis, heheheh 😀

  9. […] Menulis, Jangan Membaca… […]

  10. menulis dan membaca (menyimak) dua kegiatan yang tak terpisahkan. oarng kreatif menulis bila ide yang tersimpan di memori ingatannya memadai. ide itu didapat dari hasil membaca (dengan catatan “membaca” jangan hanya diartikan membaca tulisan / karangan, tapi juga termasuk membaca kehidupan dan tentang alam semesta)

  11. menulis dan membaca (menyimak) dua kegiatan yang tak terpisahkan. oarng kreatif menulis bila ide yang tersimpan di memori ingatannya memadai. ide itu didapat dari hasil membaca (dengan catatan “membaca” jangan hanya diartikan membaca tulisan / karangan, tapi juga termasuk membaca kehidupan dan tentang alam semesta)

    Salam kenal, mari kita tingkatkan dunia pendidikan kita dengan memanfaatkan sarana teknologi yang ada, semoga.

  12. “Menulis karya yang layak diterbit, mencari orang yang dapat dipercayai untuk menerbitkannya, dan mendapatkan orang yang waras untuk membacanya merupakan tiga kesukaran utama sebagai penulis.”

    – CHARLES CALEB COLTON

  13. Menulis postingan ini pun sudah dianggap sebagai menulis ^_^

  14. saya juga seorang pgawai..tapi sekarang juga mencoba menekuni untuk menulis.barangkali ada yang mau informasi tentang Sekolah kedinasan. saya ada-www.rahasiasekolahkedinasan.com

  15. setuju…sebab menurut kabar angin, kalau rajin menulis di blog, katanya pagerank di blog bisa naik… 🙂