Beasiswa Depag 2009 Kans Besar untuk Guru Agama

Tahun 2009 ini departemen agama memberikan beasiswa guru mata pelajaran agama jauh lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya. Total ada 570 guru agama dari 1200 guru atau sebanyak 47,50%. Rincian jumlah guru:

  • Bahasa Arab 150;
  • Qur’an Hadits 120;
  • Aqidah Akhlak 120;
  • Fiqih 90;
  • Sejarah Kebudayaan Islam 90.

Artinya para guru agama akan memiliki kans lebih besar untuk bisa mengikuti pendidikan program magister. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya guru akan bersaing secara ketat, secara nasional, tanpa ada quota tiap daerah. Untuk itu perlu persiapan materi test yang meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Bahasa Inggris, dan materi minat masing-masing. Demikian juga untuk mata pelajaran lainnya.

Materi TPA bisa dilatih atau dengan mempelajari berbagai model soal seperti model psikotes dari buku-buku TPA yang banyak dijual. Bahasa Inggris bisa dengan mempelajari buku-buku bahasa inggris atau latihan soal layaknya TOEFL karena ada beberapa kampus yang memberikan tes seperti itu. Meliputi pemahaman membaca-menulis, mendengar/menyimak, struktur, penguasaan kosa kata dalam bahasa inggris.

Model soal kebanyakan adalah multiplechoice, dengan rentang waktu berbeda-beda bergantung universitas yang akan dituju.

Kepada rekan guru selamat berjuang menambah ilmu, semoga “kualitas pendidikan” di madrasah khususnya dan pendidikan di Indonesia akan jauh lebih baik. Terimakasih kepada Departemen Agama.

Iklan

22 responses

  1. selamat, selamat!
    bagi rekan yang memiliki kans buat meraih impian
    semoga barokah

  2. iya, mudah-mudahan para guru masih semangat menuntu ilmu…supaya hasil peserta didik yang mereka bisa leboh ok.

  3. tolong jika ada info yang mudah untuk mendapatkan beasiswa, hub saya. saya smtr 4

  4. Ana bersyukur sekali ada info beasiswa magister. Ana pingin nanya, karena saya tinggl di Cileungsi, bolehkah daftarnya langsung ke Depag Pusat Jakarta? Ditunggu jawabannya. Trima kasih.

  5. saya mengajar PAI di SMA swasta sudah lebih dari 15 tahun. apakah bisa mengikuti program s2 ? mohon jawab ke Mail : uu_ibnu@yahoo.co.id

    @ns: BOLEH, Silahkan hubungin kandepag daerah setempat

  6. Maju terus para GUru 😀

  7. assalamualaikum..
    afwan..untuk universitasnya itu boleh ditentuin oleh sendiri untuk beasiswa pasca sarjana depag?

  8. @ yelis: yah memang kita sendiri yang menentukan, itu pengalaman tahun2 sebelumnya.

  9. ANISA'UL KHAEROH

    kalo boleh tahu pendaftarannya kapan yaa….??? mohon informasi yanb selengkap-lengkapnya

  10. makasi buat informasinya pak,………

  11. pak saya mau tanya. bagaimana caranya menampilkan format kkkomentar seperti ini, biar tulisan saya dalam blog saya dapat dikomentari pembaca?
    selain itu kenapa blog saya kalo disimpan kok tiidak dalam bentuk mozila firefox melainkan dalam bentuk firefox dokumen microsof word. tolong dijawab ya pak…………..?makasih banyak

    @ns: Setahu saya secara default postingan kita di wordpress.com selalu muncul kolom komentar, tapi mungkin ada perubahan setting. silahkan di set kembali dari dashboard > pengaturan > diskusi : perhatikan di bagian ……Secara otomatis menutup komentar pada artikel yang berumur lebih dari …. hari non aktifkan tanda centangnya. semoga dari situ masalah terselesaikan.

  12. mushodikul umam

    pak saya odie guru madarasah di malang saya mau tanya tentang tempat ujian seleksi program beasiswa S2. apakah tempat ujianya di Universitas tujuan atau yang kita pilih trims. wasslm.

    @ns: mas odie, silahkan mendatangi atau menanyakan langsung (bisa via telpon mungkin) ke kanwil depag Jawa Timur atau kandepag Malang. Di mana tempat penyelenggaraannya nanti. Demikian. wassalam. Semoga sukses.

  13. guru SMA bidang study agama boleh ikut, informasi di DEPAG Prop. atau Kab/kota?

    @nswr: Seingat saya tahun lalu depag menyediakan beasiswa khusus guru agama yang ada di sekolah umum. Tapi apakah peruntukkannya untuk guru yang mengajar di diknas atau hanya madrasah sy tidak tahu persis.

  14. Apa akan terus gak diberi ksempatan unt IPK dibawah 2.75? Mungkin aja kalo diberi ksempatan tes seleksi hasilnya bisa bagus lho. Spt teman sy yg antusias bnget pngen dipanggil seleksi wlpn IPK hny 2.60.

    @nswr: Ada suatu pengalaman dari Jateng. Teman saya tidak ada masalah selama proses kuliah walaupun IPK-nya semula kurang dari yg dipersyaratkan. Hasil-hasil ujiannya tidak kalah dibanding yang lain. Menurut saya malah daya juang-nya tinggi hingga dapat mengikuti kuliah hingga selesai. Semua tergantung dari wilayah di mana kita akan mendaftar, memberikan kesempatan atau tidak.

  15. pak, ijazah saya belum keluar.misal pakai surat keterangan lulus gimana?

  16. ass. pengumuman beasiswa DEPAG 2009 untuk UIN syarif hidayatullah JAkarta Kapan ya..? mohon beritahu sya ke 08179878855>terimakasih Wass.

  17. Assalammu’alaikum, ww
    Mungkinkah ada program yang sama untuk semua guru/dosen honor di lingkungan DEPAG? Kalau ada prosedurnya gimana?

  18. Bang, ni mo tanya tentang contoh soal buat ni beasiswa, nyari di guugel tapi kok gak ada.
    Abang punya link or contoh soal seleksi nya gak?
    Temen pengen masuk e!
    Thanks …
    🙂

  19. Saya sangat senang cara seperti ini. Sebab di daerah saya, gaji guru agama sangat sedikit. Oleh penulis buku 40 Hari Di Tanah Suci.

  20. asalamu”alaikum Wr. Wb
    Sebenarnya kapan hasil seleksi S2 Guru MTs diuaumkan???????????!!!!!!!!!
    afwan Sukron.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

  21. bangbang sudarmawan

    sy ingin terus aktif melihat perkembangan pendidikan agama di indonesia, namun kadang sy suka ketinggalan dlam meng-update informasi. tolong yah, kalau ada info menegenai Beasiswa S2 dari Depag mohon dikabari lewat email ini. trimakasih sebelumnya!

  22. Wah muantep bener nih….sip deh