Blue Screen di Laptop Axioo TVS-612-PS dan Solusinya

Pengalaman baru untuk saya.

Beberapa saat lalu sy menghadapi malasah error saat install windows XP dan blue screen ketika berhasil install  pada laptop axioo TVS-612-PS milik teman. Kebetulan garansi habis tepat 1 tahun-nya. Jadi mesti ditanggung sendiri… kalau rusak. Dari berbagai sumber untuk mencari solusi masalah tersebut, telah dicoba. Mulai dari dugaan masalah di driver windows-nya, CDROM Drive, RAM, Hardisk, hingga VGA. Tapi tak terselesaikan.

Seperti yang biasa orang awam kebanyakan lakukan untuk menyelesaikan jika ada masalah pada komputer, harus di runut satu persatu. Dugaan pertama adalah pada master driver Installasi Windows XP, di coba sampai berkali-kali masalah belum kunjung selesai. Kadang muncul error selama proses pengkopian file menjelang proses instalasi. Pesan keselahan yang muncul adalah mungkin driver installasi windows yang kotor diminta untuk cek dan bersihkan. Dituruti tidak selesai juga. Sampai ganti master berkali-kali nih. Pernah suatu ketika berhasil install windowsnya tapi selalu muncul blue screen. Ternyata ini merupakan kelemahan si windows tidak bisa mengirim pesan error dengan benar kepada pengguna. Akhir kali ini saya putuskan coba jalankan beberapa linux live dari CD-ROM, e malah macet gak mau jalan juga. Semakin kuatlah dugaan saya bahwa yg bermasalah adalah drive CD-ROM-nya yang mungkin kotor atau bermasalah.

Saya anggap gak ada masalah pada master install windows-nya, sebab udah ganti-2 gitu ternyata tetap saja. Kesimpulan sementara yg di salahkan adalah drive CD-ROM-nya. Ok saya pakai drive CDROM eksternal yang kebetulan hasil pinjaman dari teman yang berbaik hati lainnya. Ternyata masalah serupa yang di atas terulang kembali dan bukan merupakan alternatif solusi dari masalah. Kali ini gak mungkin saya mencari pinjaman drive CDROM ke orang lain lagi. Diputuskan masalahnya bukan pada drive CDROM.

Beralih dengan menuduh si-RAM kali aja rewel. Coba bersihkan dan pasang lagi. Error sejenis sempat muncul dan sempat pula berhasil install meski blue screen muncul dengan kasus Physical Memory Dump error (Blue Screen). Coba saya ganti RAM dari laptop saya, masalah tak terselesaikan juga….

Ganti terdakwa berikutnya, karena terdakwa sebelumnya terbukti tidak bersalah. Hardisk pikir saya yang patut di dakwa bersalah. Kali ini saya coba partisi hardisk dan menyisahkan ruang kosong bagian awal hardisk (dugaan saya mungkin ada bad sector di bagian awal untuk load windows-nya). Ternyata sama saja ini bukan solusi. Karena teman saya “banyak duit” dan perlu juga hardisk eksternal akhirnya saya sarankan untuk memberi hardisk baru. OK beli juga. Pasang dan coba lagi… coba lagi. Apakah masalah terselesaikan…. oh tidaaaak. Jaaaan. Apane yo…. Selanjutnya saya lepas hardisk baru itu dan saya pasang dan install windows di laptop MSI Megabook saya. Ok-ok saja tuh… Selanjutnya saya kembali melepas dan memasang ke laptop AXIOO yang kali ini tidak axyik itu. Sempat jalan beberapa kali tapi akhirnya si-Physical Memory Dump error (Blue Screen) muncul lagi ketika install driver laptop. Bandel banget penyakit yang satu ini. Vonis yang saya jatuhkan salah berarti yang bermasalah adalah bukan terdakwa yang selama ini tersangka… lhoh gimana sih.

Masak saya menuduh si VGA yang onboard itu, berabe deh kalau memang itu. Tapi pikir saya mesti ada tertuduh lainnya. Saya candai ke teman saya, sudah diganti laptop-nya saja. :D. Ok saran terakhir adalah gotong tu laptop ke service center-nya Axioo yang di Yogya ada dekat Mirota kampus menuju bunderan UGM itu. Axioo memang laptop dengan harga miring. Dan ternyata ongkos servicenya mahal juga bok… 100 rb. Kali ini teman saya sendiri yg datang ke sana, dan ia mengiyakan saja untuk diapa-apakan laptopnya yang penting hidup. Singkat cerita perseolan yang sy hadapi tadi terselesaikan dengan mengganti keyboard laptop itu dengan total dana terkuras 475-an ribu. (…eh ternyata laptop murah ongkos serpis-nya mahal lho…). Sampai detik ini tuh laptop normal-normal saja.

Jadi kalau saudara-saudara sekalian… menjumpai error saat installasi windows atau blue screen ketika berhasil install, keyboard bisa jadi sumber petaka laptop kita. Keyboard-lah sang biang kerok dalam hal ini. Meskipun bisa jadi masalahnya terdakwa-terdakwa yang sebelumnya itu.

Semoga pengalaman kecil ini dapat bermanfaat.

29 responses

  1. Pak, gimana kalau DVD RW di laptop kadang dikenal kadang nggak. Maksudnya ketika buka My Computer, DVD RW kadang terdeteksi kadang nggak. Laptop saya Acer Aspire 4520.
    Maslaahnya, waktu saya bawa ke servis, DVD RW dikenal dan bisa baca CD, tapi besoknya dihidupkan lagi, nggak dikenal lagi.
    Walah, dimana mau burning media pembelajarannya?

    @nswr: Basmalah dulu yah. Mungkin perlu dibersihkan head drive DVD-RW. Kalau masih garansi minta cek konektor-nya. Kalau sudah habis garansi buka sendiri untuk periksa konektor mungkin DVDRW kendor… kali aja sih. Tidak selesai juga, reinstall OS-nya. Tetap saja gak selesai, perlu ganti tuh DVDRW 😀

  2. Boss, kalo sound Dell Inspiron sering nggak jalan kenapa ya? Trims..

    @nswr: mungkin perlu install driver soundcardnya, kalau masih garansi bawa aja ke t4 semula beli. biar gak pusing. kalau info-nya segitu untuk diagnosa kurang nih hehehe

  3. hugemaildatabase

    lihat aja di errornya, aku malah sering kaya gitu
    soale laptop jadul kadang suka banyak yang kendor

    you can still connected with me when i’m offline
    http://seniorfriendsfinders.co.cc/alfach

  4. Aku pernah mengalami hal serupa pada Compaq Presario 2800, ternyata masalahnya ada pada perangkat external yang mengalami short, kemungkinan hal ini terjadi karena ada perangkat hardware yang mengalami kerusakan….
    Untuk adminnya met kenal dari ESC creation

  5. halo bos…!!!
    gw pny masalah sama laptop acer gw dengan tipe 4935…laptop baru 4 bulan…ga tau knp msalahnya tiba2 kenapa tombol volume, acer arcade, empowering, ga aktif ya???mungkin ada yang tau solusinya..thanks
    s.yadi@gmail.com

  6. Axioo saya blank setelah beberapa menit di hidupkan kenapa ya? Alamat Axioo center jogja tepatnya di mana? Mohon bantuannya

  7. Saya juga mengalami masalah yang sama. Setelah melakukan berbagai macam cara dan tidak berhasil, saya mencoba dengan mengubah ukuran paritisi c. Ternyata berhasil.

  8. hengky sipayung

    mohon advise nya…

    Laptop saya Model Neon MLC. sering blue screen pas lagi coding, dan nge-test di web. Kenapa ya? mungkin ada yang mau kasih tau solusinya??

    Terima kasih.

    hengkysipayung78@yahoo.co.id

  9. kalo dvd gak detek cb cek konektornya..barang kali karatan atau soket konektornya>>>>.pengalaman saya pernah di vonis oleh toko komputer ..maka saya utak atik..bersihkan konektornya akirnya dapat to penytakitnya,mkin gt aja sebagai pertimbangan da penglaman dari yg saya hadapi….eh to laptop acer aspire 4520 amd..ok itu aja bro mga sukses.

  10. saya ada masalah pada laptop saya (Acer aspire 4935)
    saya sudah berusaha untuk memperbaikinya berbagai solusi sudah saya lakukan (repair,restore,ganti memory,backup data dan format) tetap saja ga berhasil
    masalahnya persis dengan masalah komentar yg paling atas yaitu kasus Physical Memory Dump error (Blue Screen)ini laptop baru saya beli 3 bulan yg lalu.apakah rusak pada hardwarenya?
    tolong bantu saya bila ada yang mengalami masalah spt ini.

    thx

    GitaAwari@gmail.com atau bn_10f16@yahoo.com

  11. makasih pak buat sharingnya. Saya juga punya laptop Axioo jadi ngerti deh..:)

  12. Sekarang giliranku,..
    BLUE SCREEN..
    persis seperti apa yang di jelaskan di atas,..
    masalahnya DVD-ku udah ga deteksi,..gimana cara instal ulangnnya,..beli??entar dulu,..apa bisa instal ulang dengan menggunakan jaringan??

  13. makasih informasinya….. thanks ya.. tak tunggu komentar baliknya di blogku

  14. alamat axioo center dijogja mn yah..

  15. MASALAH INI SANGAT SIMPEL……SAYA JUGA PERNAH DAN PUNYA SOLUSI PALING SIMPEL…..
    INI TERJADI KARENA DALAM CD INSTALASI ADA SALAH SATU DRVER YANG RUSAK ATAU MUNGKIN TERLEWAT……

    CARA GAMPANG…..Ganti CD INSTALASI DENGAN YANG BARU….
    atau saya biasa menggunakan XP Hack (Windows XP Extreem Edition)

    Usahakan jangan memakai XP/ Vista / WIndows 7 Standar…

    Dengan XP Hack cukup memasukan CD dan tanpa setup lain2….Tanpa serial dan lain2….
    Pokoknya sekali memasukan CD biarkan system yang bekerja sendiri…

    Salam GUDANG TUTOR…Drupal Menang Lagi Sebagai CMS Terbaik

  16. Asslmikum, maaf pak, apakah bapak punya driver axio TVS 720. punya saya ilang…? gimna ya atau mungkin anda punya solusi but saya, terimakaskih.
    email sy zip.waluyo@gmail.com HP 085334004969

  17. punyaku juga bermaslah mas…

  18. Hi Everyone,

    I just wanted to share this FDA warning about Reglan.

    Since there is presently no known permanent cure for serious gastrointestinal distress, it
    is not surprising that many patients seek out treatments to provide long-term relief.

    According to package insert dosage instructions, Reglan was only intended to be taken
    for up to three months. People who have taken this drug for longer than the three–month
    prescribed period have sometimes developed a seriously debilitating condition known as
    tardive dyskinesia.

    Recently, the FDA has issued a public health warning to both patients
    and physicians with the intention of avoiding additional instances of this devastating disorder.
    No treatment is currently available to treat tardive dyskinesia symptoms. Many of these side
    effects are irreversible and permanent.

    For more information on Reglan and a list of tardive dyskinesia symptoms check out the
    Reglan Precautions Site.

  19. thx bwt pengetahuannya mz……
    sy sudah brosing axio center d jogja tidak ketemu..
    laptop teman saya masalahnya hampir sama.,
    yaitu layarnya g mau nyala ketika laptop d hidupkan

  20. Klo mau liat spec dan harga terkini dari axioo, silahkan lihat di :

    http://www.mitraabadibogor.muncom.com/

  21. saya juga pernah ngalamin hal serupa…
    lapto saya kalo dinyalakan nggak muncul gambarnya di layar… tetapi kalo saya masuk ke bios ok ok aja…
    setelah saya selidik i… eh ternyata tombol PGDN nya konslet.. jadinya ya seperti kepencet terus.. akhirnya saya ganjal aja pake mika pada tombol nya.. dan selanjutnya jalan dech laptop saya tapi dengan tombol PGDN yang tidak fungsi….

  22. punya saya juga seperti itu? dan anehnya setelah dimatikan dan dinyalakan lagi gbr walpaper juga gak ada?? itu kenapa?

  23. Mukhlis Fajar T

    Asss. Mau tanya, axioo saya hardisk tidak terdetek, (tadinya 250GB) jika di bios masih terdeteksi tapi ketika diinstall os win atau linux tidak terdeteksi, jadi blue screen begitu, mohon penyelesaiannya. syukron katsir

  24. saya juga sama neh pak, berarti kemungkinan si keyboard ini yang jadi biang keroknya juga, karena blue screen setelah keyboardnya saya otak atik

  25. mas mau nanyak nie. lapto axioo ku eror. kalau di nyalain, layarnya gak nyala. bisa nayala kalu pas mau rebot diklik di keyboad. tersrah ngeklik yang mana. trus kalau dah nyala ak bisa di refresh. n pas masuk diekssplorernya kursornyalangsung di recycle ben. n habis ngeklik yanga lain lgsung balik lagi d recycle ben. gmna solusinya.

    1. Bawa saja ke service center, atau coba di install ulang.

  26. Mas Kalau keseringan blue screen di komputer PC biasanya masalahnya apa ya. Makasih Bantuannya

  27. wahhh makasih bangettt Mas Informasinya,.
    kebetulan saya kemarin juga habis ganti keyboard baru,.
    pas sebelum ganti mudah2 aja instalnya, tpi pas udah ganti sama penyakitnya Blue scrin,.

    ok lah,
    saya coba bawk ke center nya aj,.