Koefisien dalam Kimia

Dalam pelajaran matematika koefisien adalah angka yang terletak di depan dari suatu variabel. Dalam kimia bilangan koefisien itu memiliki arti lebih dari itu. Bisa saja diartikan sebagai jumlah molekul, atau atom atau partikel lain. Seperti dalam persamaan reaksi berikut:

CH4 + 2O2 → CO2 + 2H2O

Berturut-turut koefisen zat-itu adalah 1, 2, 1, 2. Angka koefisien itu bisa dimaknai 1 molekul metana, 2 molekul gas oksigen, 1 molekul karbondioksida, 2 molekul air. Biasanya angka koefisien langsang begitu saja dituliskan untuk menyetarakan masing-masing jumlah atom. Namun sering terjadi, siswa lupa bahwa koefisien pada CH4 sering dikatakan tidak ada.

Dalam 1 molekul CH4 terdiri dari 1 atom C dan 4 atom H,  bandingkan dengan 2H2O yang terdiri dari 4 atom H dan 2 atom O. Ya, ini berarti koefisien merupakan faktor pengali untuk molekul yang mengikuti-nya.

Bagaimana jika koefisien dari suatu ion? Tentu akan memiliki penerapan yang sama. Misalnya pada 3 ion CH3COO, ini berarti terdapat 6 atom C, 9 atom H, 6 atom O. Jumlah muatan pada pada ion tetap 1, hanya pada konsep persamaan reaksi untuk penyetaraan atau perhitungan kimia muatan itu harus dikalikan dengan koefisien-nya.

Dalam proses perhitungan kimia (stoikiometri) kadang koefisien tidak dituliskan, maka perlu waspada agar sebelum melakukan perhitungan lanjut harus menyetarakan jumlah atom-atom pada reaktan (biasa disebelah kiri tanda panah) dengan produk/hasil reaksi (biasanya di sebelah kanan tanda panah). Caranya adalah dengan “memainkan” koefisien itu. Bisa dilakukan dengan cara coba-coba atau dengan model aljabar.

Penyetaraan persamaan reaksi secara online salah satunya dapat memanfaatkan situs Balance Chemical Equation. Atau yang dari www.gregthatcher.org ini. Tapi sebagai pelajar harus memahami konsep dan makna-nya, tidak hanya asal tahu jawaban kalau diminta menyeterakan persamaan suatu reaksi kimia.

Alternatif  lain untuk mempercepat proses penyetaraan reaksi kimia adalah dengan menggunakan software yang bisa dijalankan secara offline, silahkan mencarinya dengan menggunakan di search engine.

4 responses

  1. Mohon pencerahan,… cara memposting rumus kimia seperti diatas

  2. @ pak Seti@wan D. Untuk menulis rumus2 kimia di wordpress.com sudah ada fasilitasnya. pakai code html aja. misal untuk superscript kita pakai <sup>bla bla </sup> kalau subscript pakai <sub> bla bla </sub>.

  3. pak urip,, boleh tidak minta materi kimia tentang molekul selengkapnya,………. terima kasih

  4. pak apa materi kimia yang berkaitan dengan matematika? bls yoo…