Renovasi Seluruh Madrasah?

Membaca berita di Media Indonesia ini, ada sejumlah tanya di benak saya. Berikut pernyataan Menteri Agama RI itu.

“Tahun ini seluruh MI di Indonesia akan direnovasi dan tahun berikutnya untuk Madrasah Tsanawiyah serta dilanjutkan untuk Madrasah Aliyah. Akan tetapi, hal ini tergantung kebijakan pengganti saya,” kata Maftuh Basyuni saat memberi sambutan dalam Sosialisasi Program Pembangunan Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Roudhotuttolibin, Desa Sirau, Kecamatan Kemranjen, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (5/7).

Kalau pernyataan ini benar maka akan bersoraklah para pejabat depag di daerah, akan ada aliran dana yg bisa dipermainkan lebih banyak. PROYEK LAGEEE. Kalau perlu madrasah yg masih baik dilaporkan perlu di renovasi, karena bingung menghabiskan anggaran. Sementara suatu ketika ada madrasah yg perlu sekali tidak diperhatikan. Mengapa itu terjadi?

Bukan rahasia lagi kalau soal proyek terkait bangunan di instansi pemerintah, selalu mencecerkan uang rakyat di kantong para pejabat instansi terkait. Alhasil bangunan tidak beres. Sunat sana-sunat sini. Pihak-pihak yang tidak bisa bertindak kooperatif terkait pembagian dana dijamin tak akan kebagian rehab atau renovasi. Suatu ketika yg lain demi proyek dibagunlah suatu gedung-gedung madrasah yg akhirnya kesulitan mengisi siswa. Akibat itu pula maka pihak madrasah berlomba setiap tahunnya menambah jumlah siswanya, agar kebagian alasan kekurangan gedung, yg ujung-ujungnya proyek baru. Karena ini bisa menguntungkan para pejabat di atasnya.

Mental seperti inilah yg menghancurkan tatanan pemerintahan di negeri ini. Mencari keuntungan, menambah penghasilan, memanfaatkan dalih kepentingan umat. Oknum memang keterlaluan. Barang kali kebijakan atau niat menteri agama baik sekali jika niat itu ditindak lanjuti oleh bawahannya dengan keikhlasan bekerja.

duh endonesa-ku…

5 responses

  1. Indonesia gitu loooh, juga nih. Eh Depag gitu loooh, juga.

  2. This is time to change…
    *tetap semangat semua*
    Berdayakan diri untuk menjadi pengawas independen terhadap pelaksanaan proyek pemerintahan di lingkungan sekitar kita, maju Indonesia, hehe…

  3. iya, itulah pentingnya adanya pengawasan. Jangan hanya percaya dengan laporan di atas kertas, tetapi juga harus bisa mengecek kondisi rill di lapangan.

    Supervisi dalam hal ini sangat diperlukan.

  4. Met menikmati madrasah yang baru

  5. info yang sangat bagus, kritis dan membangun….. trim’s